RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Tokoh dan Penemuan (Tema 3) Sub Tema : Penemuan dan Manfaatnya (Sub Tema 2) Muatan Terpadu : PPkN, SBdP Pembelajaran ke : 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020


Satuan Pendidikan       : SDN SUKAHURIP 02

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Tokoh dan Penemuan (Tema 3)

Sub Tema                   : Penemuan dan Manfaatnya (Sub Tema 2)

Muatan Terpadu            :  PPkN, SBdP

Pembelajaran ke        :  2

Alokasi waktu             :  1 hari

 

A.    TUJUAN

1.     Setelah berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi contoh kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

2.     Setelah berdiskusi, siswa mampu melaporkan makna kewajiban, contoh kewajiban, dan hal yang dilakukan supaya dapat menjalankan dengan baik secara terinci.

3.     Setelah berlatih, siswa mampu mengidentifikasi interval nada lagu Mariam Tomong dengan benar.

4.     Setelah berlatih, siswa mampu menyanyikan lagu Mariam Tomong sesuai dengan interval nada dengan tepat.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Ayo Berdiskusi

·         Guru membawa berbagai contoh jam (jam dinding, jam tangan, jika ada jam pasir). Guru menanyakan kepada siswa.

·         Siswa menjawab pertanyaan secara bergantian. Siswa diminta membaca teks penemuan jam mekanik yang ada di buku siswa. (Collaburation)

·         Siswa membaca dengan membaca berantai. Setelah selesai membaca secara bertanyaan siswa mendiskusikan pertanyaan berikut.

·         Siswa akan berganti pasangan dan menyampaikan hasil diskusinya.

·         Guru menguatkan bahwa jam adalah pengukur waktu yang sangat erat dengan kehidupan manusia. Dengan adanya jam, kita dapat menentukan waktu kapan melakukan aktivitas. Dengan mengatur waktu yang baik, kita tidak akan khawatir untuk terlambat melakukan untuk mengerjakan tugas atau datang terlambat. Kita menjadi pribadi yang disiplin waktu.

·         Guru mengajak siswa untuk membaca cerita Siti yang ingin berusaha menjadi pribadi yang disiplin.

 

Ayo Mengamati

·         Siswa membaca teks tentang Siti dengan membaca dalam hati. Guru membagi siswa ke dalam kelompok, satu kelompok akan terdiri dari 5 siswa. Dalam kelompok siswa akan mendiskusikan pertanyaan berikut.

 

·         Siswa menulis hasil diskusi kelompoknya pada sehelai kertas/kalender bekas. Siswa menuliskan dalam ukuran yang cukup besar. Setiap kelompok akan memajang hasil pekerjaannya pada jendela. Siswa lain akan mengunjungi pekerjaan tersebut dengan aba-aba tepuk tangan dari guru.

·         Guru menguatkan bahwa kita harus mencontoh Siti yang berusaha untuk tepat waktu. Tepat waktu adalah kewajiban kita semua.

·         Siswa mendiskusikan kembali tentang kewajiban datang ke sekolah dan mengumpulkan tugas dengan tepat waktu. Siswa mengisinya pada tabel yang ada di buku siswa.Datang ke sekolah tepat waktu dan mengumpulkan tugas tepat waktu adalah kewajiban yang dari seorang pelajar. Mengapa hal tersebut merupakan kewajiban? Apa dampaknya ketika kita tidak melakukannya? Siapa saja yang akan kita rugikan?

(Critical Thinking and Problem Formulation)

·         Guru memberikan penguatan tentang pentingnya tepat waktu untuk datang ke sekolah dan mengumpulkan tugas.

·         Secara individu siswa akan menuliskan contoh-contoh kewajiban, arti kewajiban dan hal-hal yang harus dilakukan supaya dapat menjalankan kewajiban dengan baik. Siswa menuliskan pada kolom yang ada di buku siswa.

·         Di akhir kegiatan, guru memotivasi siswa untuk mencontoh Siti yang berusaha untuk tepat waku.

 

Ayo Berkreasi

·         Siswa kembali berlatih menyanyikan lagu “Mariam Tomong”.

·         Siswa berlatih menyanyikan syair lagu “Mariam Tomong” dengan interval yang tepat. Awalnya guru mencontohkan cara menyanyikan lagu tersebut. Siswa mengikuti bersama-sama. Guru memberikan aba-aba tepuk tangan atau ketukan.

·         Siswa berlatih secara berpasangan. Setiap pasangan diminta untuk memberikan masukan kepada temannya. Guru berkeliling dan memberikan bimbingan kepada siswa yang masih membutuhkan.

(Creativity and Innovation)

 

·         Guru melakukan penilaian tentang kemampuan siswa bernyanyi dengan interval yang tepat. Siswa maju satu persatu guru menilai dengan menggunakan Penilaian 3.

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

1.     PPKn: Hak

Aspek

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Pengertian

kewajiban

Menuliskan

pengertian tentang

kewajiban dengan

benar, detail dan

mudah dimengerti.

Menuliskan

pengertian tentang

kewajiban dengan

hanya memenuhi

2 kriteria yang

diharapkan.

Menuliskan

pengertian tentang

kewajiban dengan

hanya memenuhi

1 kriteria yang

diharapkan.

Belum memenuhi

kriteria yang

diharapkan.

Contoh

kewajiban

Menuliskan

6 contoh

kewajiban dan

memasukkannya

ke dalam

kolom(rumah,

sekolah dan tengah

masyarakat)

dengan benar.

Menuliskan

4­5 contoh

kewajiban dan

memasukkannya

ke dalam

kolom(rumah,

sekolah dan tengah

masyarakat)

dengan benar.

Menuliskan

2­3 contoh

kewajiban dan

memasukkannya

ke dalam

kolom(rumah,

sekolah dan tengah

masyarakat)

dengan benar.

Menuliskan

1 contoh

kewajiban dan

memasukkannya

ke dalam

kolom(rumah,

sekolah dan tengah

masyarakat)

dengan benar.

Hal yang dapat

dilakukan

untuk

menjalankan

kewajiban

dengan baik

Menuliskan 4

hal yang dapat

dilakukan supaya

menjalankan

kewajiban dengan

baik.

Menuliskan 3

hal yang dapat

dilakukan supaya

menjalankan

kewajiban dengan

baik.

Menuliskan 2

hal yang dapat

dilakukan supaya

menjalankan

kewajiban dengan

baik.

Menuliskan 1

hal yang dapat

dilakukan supaya

menjalankan

kewajiban dengan

baik.

 

2.     SBdP: Menyanyikan lagu sesuai dengan interval nada.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Artikulasi

Pengucapan

jelas, tidak

ada kerancuan

dari kata yang

diucapkan.

Pengucapan jelas

namun

ada sedikit kata

yang diucapkan

tidak jelas.

Pengucapan

jelas namun

banyak kata yang

diucapkan salah.

Pengucapan tidak

jelas, banyak kata

yang diucapkan

salah.

Nada

Satu lagu utuh

dinyanyikan dengan

interval nada yang

sesuai.

Sebagian besar

lagu dinyanyikan

dengan interval

nada yang sesuai.

Sebagian lagu

dinyanyikan

dengan interval

nada yang sesuai.

Sebagian kecil lagu

dinyanyikan sesuai

dengan interval

nada yang sesuai.

Penjiwaan

Ekspresi sesuai

dengan makna

lagu.

Sebagian besar

ekspresi sesuai

dengan makna

lagu.

Sebagian kecil

ekspresi sesuai

dengan makna

lagu.

Ekspresi tidak

sesuai dengan

makna lagu.

 

3.     Diskusi saat membahas tentang sikap Siti

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Mendengarkan

 

Selalu

mendengarkan teman yang

sedang berbicara.

 

Mendengarkan

teman yang

berbicara, namun

sesekali masih

perlu diingatkan.

 

Masih perlu

diingatkan untuk

mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Sering

diingatkan untuk

mendengarkan teman yang

sedang berbicara,

namun tidak

mengindahkan.

 

Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur,ekspresi wajah, suara).

 

Merespon dan

menerapkan

komunikasi non verbal dengan tepat.

Merespon dengan

tepat terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Sering merespon

kurang tepat

terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Membutuhkan bantuan dalam

memahami

bentuk

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Partisipasi

(menyampaikan ide,perasaan,

pikiran)

Isi pembicaraan

menginspirasi

teman. Selalu

mendukung

dan memimpin

lainnya saat

diskusi.

Berbicara dan

menerangkan

secara rinci,

merespon sesuai

dengan topik.

Berbicara dan

menerangkan secara rinci,

namun terkadang

merespon kurang

sesuai dengan

topik.

Jarang berbicara

selama

proses diksusi

berlangsung.

 

4.     Catatan singkat untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab)

(Contoh terlampir di bagian lampiran Buku Guru).

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

Siswa yang belum paham tentang kewajiban warga masyarakat  dalam kehidupan sehari-hari.dapat mengulang kegiatan bersama guru. Kegiatan dapat dilakukan seusai jam belajar. Kegiatan dilakukan sekitar 30 menit – 60 menit. Kegiatan dapat dilakukan untuk beberapa siswa sekaligus.

 

2.     Pengayaan

Siswa menemukan macam- macam interval nada melaui lagu.

 

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 3 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.     Lingkungan sekitar

4.     kertas HVS dan alat tulis

5.     Penggaris, benang kasur, kertas, jam

 

E.    MATERI

  1. Teks bacaan  yang berjudul ” Jam Membantu Siti Tepat Waktu”.
  2.  Berbagai contoh jam.
  3. Lirik lagu Mariam tOmong.
  4. Interval Nada.

 

F.    PENDEKATAN & METODE

       Pendekatan            : Scientific

Strategi                  : Cooperative Learning

Teknik                    : Example Non Example

Metode                  : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

 

 

 

 

 

Comments