RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Tokoh dan Penemuan (Tema 3) Sub Tema : Penemuan dan Manfaatnya (Sub Tema 2) Muatan Terpadu : PPkN, SBdP Pembelajaran ke : 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : 6 /1
Tema : Tokoh dan Penemuan
(Tema 3)
Sub Tema : Penemuan dan Manfaatnya (Sub
Tema 2)
Muatan Terpadu : PPkN, SBdP
Pembelajaran ke
: 2
Alokasi waktu
: 1 hari
A.
TUJUAN
1. Setelah berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi
contoh kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
2. Setelah berdiskusi, siswa mampu melaporkan makna
kewajiban, contoh kewajiban, dan hal yang dilakukan supaya dapat menjalankan
dengan baik secara terinci.
3. Setelah berlatih, siswa mampu mengidentifikasi
interval nada lagu Mariam Tomong dengan benar.
4. Setelah berlatih, siswa mampu menyanyikan lagu
Mariam Tomong sesuai dengan interval nada dengan tepat.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
|
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran Ayo Berdiskusi ·
Guru membawa berbagai
contoh jam (jam dinding, jam tangan, jika ada jam pasir). Guru menanyakan
kepada siswa. ·
Siswa menjawab
pertanyaan secara bergantian. Siswa diminta membaca teks penemuan jam mekanik
yang ada di buku siswa. (Collaburation) ·
Siswa membaca dengan
membaca berantai. Setelah selesai membaca secara bertanyaan siswa
mendiskusikan pertanyaan berikut. ·
Siswa akan berganti
pasangan dan menyampaikan hasil diskusinya. ·
Guru menguatkan bahwa
jam adalah pengukur waktu yang sangat erat dengan kehidupan manusia. Dengan
adanya jam, kita dapat menentukan waktu kapan melakukan aktivitas. Dengan
mengatur waktu yang baik, kita tidak akan khawatir untuk terlambat melakukan
untuk mengerjakan tugas atau datang terlambat. Kita menjadi pribadi yang
disiplin waktu. ·
Guru mengajak siswa
untuk membaca cerita Siti yang ingin berusaha menjadi pribadi yang disiplin. Ayo Mengamati ·
Siswa membaca teks
tentang Siti dengan membaca dalam hati. Guru membagi siswa ke dalam kelompok,
satu kelompok akan terdiri dari 5 siswa. Dalam kelompok siswa akan
mendiskusikan pertanyaan berikut. ·
Siswa menulis hasil
diskusi kelompoknya pada sehelai kertas/kalender bekas. Siswa menuliskan
dalam ukuran yang cukup besar. Setiap kelompok akan memajang hasil
pekerjaannya pada jendela. Siswa lain akan mengunjungi pekerjaan tersebut
dengan aba-aba tepuk tangan dari guru. ·
Guru menguatkan bahwa
kita harus mencontoh Siti yang berusaha untuk tepat waktu. Tepat waktu adalah
kewajiban kita semua. ·
Siswa mendiskusikan
kembali tentang kewajiban datang ke sekolah dan mengumpulkan tugas dengan
tepat waktu. Siswa mengisinya pada tabel yang ada di buku siswa.Datang ke
sekolah tepat waktu dan mengumpulkan tugas tepat waktu adalah kewajiban yang
dari seorang pelajar. Mengapa hal tersebut merupakan kewajiban? Apa dampaknya
ketika kita tidak melakukannya? Siapa saja yang akan kita rugikan? (Critical Thinking and
Problem Formulation) ·
Guru memberikan
penguatan tentang pentingnya tepat waktu untuk datang ke sekolah dan
mengumpulkan tugas. ·
Secara individu siswa
akan menuliskan contoh-contoh kewajiban, arti kewajiban dan hal-hal yang
harus dilakukan supaya dapat menjalankan kewajiban dengan baik. Siswa
menuliskan pada kolom yang ada di buku siswa. ·
Di akhir kegiatan,
guru memotivasi siswa untuk mencontoh Siti yang berusaha untuk tepat waku. Ayo Berkreasi ·
Siswa kembali berlatih
menyanyikan lagu “Mariam Tomong”. ·
Siswa berlatih
menyanyikan syair lagu “Mariam Tomong” dengan interval yang tepat. Awalnya
guru mencontohkan cara menyanyikan lagu tersebut. Siswa mengikuti
bersama-sama. Guru memberikan aba-aba tepuk tangan atau ketukan. ·
Siswa berlatih secara
berpasangan. Setiap pasangan diminta untuk memberikan masukan kepada
temannya. Guru berkeliling dan memberikan bimbingan kepada siswa yang masih
membutuhkan. (Creativity and
Innovation) ·
Guru melakukan
penilaian tentang kemampuan siswa bernyanyi dengan interval yang tepat. Siswa
maju satu persatu guru menilai dengan menggunakan Penilaian 3. |
140 menit |
|
|
|||
Kegiatan Penutup |
A. Kerja Sama dengan
Orang Tua Siswa bersama kedua
orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di
lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15 menit |
|
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru
untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian
digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
1.
PPKn: Hak
Aspek |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Pengertian kewajiban |
Menuliskan pengertian tentang kewajiban dengan benar, detail dan mudah dimengerti. |
Menuliskan pengertian tentang kewajiban dengan hanya memenuhi 2 kriteria yang diharapkan. |
Menuliskan pengertian tentang kewajiban dengan hanya memenuhi 1 kriteria yang diharapkan. |
Belum memenuhi kriteria yang diharapkan. |
Contoh kewajiban |
Menuliskan 6 contoh kewajiban dan memasukkannya ke dalam kolom(rumah, sekolah dan tengah masyarakat) dengan benar. |
Menuliskan 45 contoh kewajiban dan memasukkannya ke dalam kolom(rumah, sekolah dan tengah masyarakat) dengan benar. |
Menuliskan 23 contoh kewajiban dan memasukkannya ke dalam kolom(rumah, sekolah dan tengah masyarakat) dengan benar. |
Menuliskan 1 contoh kewajiban dan memasukkannya ke dalam kolom(rumah, sekolah dan tengah masyarakat) dengan benar. |
Hal yang dapat dilakukan untuk menjalankan kewajiban dengan baik |
Menuliskan 4 hal yang dapat dilakukan supaya menjalankan kewajiban dengan baik. |
Menuliskan 3 hal yang dapat dilakukan supaya menjalankan kewajiban dengan baik. |
Menuliskan 2 hal yang dapat dilakukan supaya menjalankan kewajiban dengan baik. |
Menuliskan 1 hal yang dapat dilakukan supaya menjalankan kewajiban dengan baik. |
2. SBdP: Menyanyikan lagu sesuai dengan interval nada.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Artikulasi |
Pengucapan jelas, tidak ada kerancuan dari kata yang diucapkan. |
Pengucapan jelas namun ada sedikit kata yang diucapkan tidak jelas. |
Pengucapan jelas namun banyak kata yang diucapkan salah. |
Pengucapan tidak jelas, banyak kata yang diucapkan salah. |
Nada |
Satu lagu utuh dinyanyikan dengan interval nada yang sesuai. |
Sebagian besar lagu dinyanyikan dengan interval nada yang sesuai. |
Sebagian lagu dinyanyikan dengan interval nada yang sesuai. |
Sebagian kecil lagu dinyanyikan sesuai dengan interval nada yang sesuai. |
Penjiwaan |
Ekspresi sesuai dengan makna lagu. |
Sebagian besar ekspresi sesuai dengan makna lagu. |
Sebagian kecil ekspresi sesuai dengan makna lagu. |
Ekspresi tidak sesuai dengan makna lagu. |
3. Diskusi saat membahas tentang sikap Siti
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
|
Mendengarkan |
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Mendengarkan teman yang berbicara, namun sesekali masih perlu diingatkan. |
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara, namun tidak mengindahkan. |
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur,ekspresi wajah,
suara). |
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. |
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan ide,perasaan, pikiran) |
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. |
Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung. |
4. Catatan singkat untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung
jawab)
(Contoh terlampir di bagian lampiran Buku Guru).
C. Remedial dan Pengayaan
1. Remedial
Siswa yang belum paham tentang kewajiban warga
masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.dapat mengulang kegiatan bersama guru. Kegiatan dapat dilakukan seusai
jam belajar. Kegiatan dilakukan sekitar 30 menit – 60 menit. Kegiatan dapat dilakukan untuk beberapa siswa sekaligus.
2. Pengayaan
Siswa menemukan macam- macam
interval nada melaui lagu.
D. SUMBER DAN MEDIA
1. Buku
Pedoman Guru Tema 1
Kelas 6 dan
Buku Siswa Tema 3
Kelas 6
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2018).
2. Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3. Lingkungan sekitar
4. kertas
HVS dan
alat tulis
5. Penggaris, benang kasur, kertas, jam
E. MATERI
- Teks bacaan yang berjudul ” Jam
Membantu Siti Tepat Waktu”.
- Berbagai contoh jam.
- Lirik lagu Mariam tOmong.
- Interval Nada.
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
Comments