RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema : Tumbuhan Sahabatku (Sub Tema 1) Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA Pembelajaran ke : 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 6 /1
Tema : Selamatkan
Makhluk Hidup (Tema 1)
Sub Tema :
Tumbuhan Sahabatku (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA
Pembelajaran ke :
3
Alokasi waktu :
1 hari
A.
TUJUAN
1. Setelah mengamati dan mencari informasi, siswa mampu
mengidentifikasi cara perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan dan manfaatnya
dengan benar.
2. Setelah berdiskusi, siswa mampu menyampaikan cara
perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan dan manfaatnya melalui tabel dengan
benar.
3. Setelah membaca teks tentang “Tumbuhan Sumber Kehidupan”,
siswa mampu menemukan ide pokok dengan bantuan diagram.
4. Setelah menemukan ide pokok dari bacaan, siswa mampu
mengembangkannya dengan menggunakan bahasanya sendiri secara rinci.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran Ayo Mengamati ·
Guru menunjukkan buah
atau sayuran yang dibawanya (yang berkembang biak secara vegetatif : bawang,
pisang, wortel, atau lainnya). Guru dapat meminta siswa untuk menulis
pertanyaan terkait tumbuhan/sayuran yang mereka lihat terkait
perkembangbiakannya. (Mandiri) ·
Setiap siswa
mendiskusikan pertanyaan yang ditulisnya dalam kelompok. (Critical Thinking and Probelm
Formulation) ·
Guru menginformasikan
kepada siswa bahwa mereka akan belajar tentang perkembangbiakan tumbuhan
secara vegetatif. ·
Siswa memulai kegiatan
dengan melakukan pengamatan gambar yang ada pada buku pelajaran dan melakukan
diskusi setelahnya. Guru kembali berkeliling untuk memberikan motivasi. ·
Siswa dapat menambah
pengetahuan mereka dengan meminta mereka untuk membaca buku di perpustakaan
atau teks yang telah disiapkan tentang perkembangbiakan secara vegetatif
(apabila tersedia). Apabila tidak memiliki sumber tersebut, guru dapat
mendatangkan nara sumber dari orang tua. ·
Setelah mengamati
tumbuhan di lingkungan sekolah, siswa mengisi tabel pada buku dan menulis
manfaat perkembangbiakan secara vegetatif. (HOST, Mandiri) Ayo Membaca ·
Siswa melanjutkan
kegiatan dengan membaca teks dan menulis ide pokoknya dengan mengisi diagram. ·
Siswa menulis ide
pokok pada diagram yang tersedia. ·
Siswa mendiskusikan
hasilnya dengan teman kelompok dan membuat perbaikan yang perlu. Setelah itu
mereka mengembangkannya dengan kalimat sendiri. (Creativity and Innovation) |
140
menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
A.
Kerja Sama dengan Orang Tua Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai
warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15
menit |
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil
pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi
peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan
kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap
materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan
guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1. Diskusi
Saat berdiskusi, siswa dinilai dengan rubrik.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan |
Selalu mendengarkan teman yang
sedang berbicara. |
Mendengarkan teman yang berbicara, namun sesekali masih perlu diingatkan. |
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang
sedang berbicara. |
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang
sedang berbicara, namun tidak mengindahkan. |
Komunikasi non verbal
(kontak mata, bahasa tubuh, postur,ekspresi wajah, suara). |
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal
dengan tepat. |
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Sering
merespon kurang
tepat terhadap
komunikasi
non verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan bantuan
dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan
ide,perasaan, pikiran) |
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. |
Berbicara dan menerangkan secara
rinci, namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. |
Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung. |
Catatan : Centang (v) pada bagian yang memenuhi kriteria.
2.
IPA
Tabel dan tulisan manfaat perkembangbiakan vegetatif dinilai
dengan daftar periksa.
Indikator
Penilaian |
Ada
dan Benar |
Tidak
Benar |
Laporan
memuat paling sedikit 3 nama tumbuhan |
|
|
Tabel
memuat cara perkembangbiakan |
|
|
Tabel
memuat penjelasan cara perkembangbiakan |
|
|
Manfaat
perkembangbiakan secara vegetatif
ditulis dengan menyertakan contoh |
|
|
3.
Bahasa
Indonesia
Tulisan siswa dinilai dengan menggunakan daftar periksa.
Indikator
Penilaian |
Ada
dan Benar |
Tidak
Benar |
Menyebutkan
ide pokok untuk setiap paragraf
dengan benar |
|
|
Tulisan
memuat seluruh ide pokok |
|
|
Tulisan
memuat fakta bukan opini |
|
|
Sebagian
tulisan menggunakan kosakata baku |
|
|
4.
Catatan
Anekdot untuk mencatat sikap (peduli)
(Contoh terlampir di bagian lampiran Buku Guru).
C. Remedial dan Pengayaan
1. Remedial
Siswa yang masih memiliki kesulitan dalam menemukan
ide pokok dapat melatihnya dengan guru.Guru memilihkan paragraf yang sederhana
kemudian bersama siswa menemukan ide pokoknya.
2. Pengayaan
Siswa dapat memilih satu tanaman yang berkembang
biak secara vegetatif dan membuat
penelitian kecil.
Comments