RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema : Tumbuhan Sahabatku (Sub Tema 1) Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA Pembelajaran ke : 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020


 

Satuan Pendidikan             : SD/MI

Kelas / Semester                 :  6 /1

Tema                                     :  Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1)

Sub Tema                               : Tumbuhan Sahabatku (Sub Tema 1)

Muatan Terpadu                  :  Bahasa Indonesia, IPA

Pembelajaran ke                :  3

Alokasi waktu                     :  1 hari

 

 

A.     TUJUAN

1.     Setelah mengamati dan mencari informasi, siswa mampu mengidentifikasi cara perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan dan manfaatnya dengan benar.

2.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menyampaikan cara perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan dan manfaatnya melalui tabel dengan benar.

3.     Setelah membaca teks tentang “Tumbuhan Sumber Kehidupan”, siswa mampu menemukan ide pokok dengan bantuan diagram. 

4.     Setelah menemukan ide pokok dari bacaan, siswa mampu mengembangkannya dengan menggunakan bahasanya sendiri secara rinci.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.   Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.   Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Ayo Mengamati

·         Guru menunjukkan buah atau sayuran yang dibawanya (yang berkembang biak secara vegetatif : bawang, pisang, wortel, atau lainnya). Guru dapat meminta siswa untuk menulis pertanyaan terkait tumbuhan/sayuran yang mereka lihat terkait perkembangbiakannya. (Mandiri)

·         Setiap siswa mendiskusikan pertanyaan yang ditulisnya dalam kelompok. (Critical Thinking and Probelm Formulation)

·         Guru menginformasikan kepada siswa bahwa mereka akan belajar tentang perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif.

·         Siswa memulai kegiatan dengan melakukan pengamatan gambar yang ada pada buku pelajaran dan melakukan diskusi setelahnya. Guru kembali berkeliling untuk memberikan motivasi.

·         Siswa dapat menambah pengetahuan mereka dengan meminta mereka untuk membaca buku di perpustakaan atau teks yang telah disiapkan tentang perkembangbiakan secara vegetatif (apabila tersedia). Apabila tidak memiliki sumber tersebut, guru dapat mendatangkan nara sumber dari orang tua.

·         Setelah mengamati tumbuhan di lingkungan sekolah, siswa mengisi tabel pada buku dan menulis manfaat perkembangbiakan secara vegetatif. (HOST, Mandiri)

 

Ayo Membaca

·         Siswa melanjutkan kegiatan dengan membaca teks dan menulis ide pokoknya dengan mengisi diagram.

 

·         Siswa menulis ide pokok pada diagram yang tersedia.

 

·         Siswa mendiskusikan hasilnya dengan teman kelompok dan membuat perbaikan yang perlu. Setelah itu mereka mengembangkannya dengan kalimat sendiri.

(Creativity and Innovation)

 

 

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.     Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                           

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

1.     Diskusi

Saat berdiskusi, siswa dinilai dengan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Mendengarkan

 

Selalu

mendengarkan teman yang

sedang berbicara.

 

Mendengarkan

teman yang

berbicara, namun

sesekali masih

perlu diingatkan.

 

Masih perlu

diingatkan untuk

mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Sering

diingatkan untuk

mendengarkan teman yang

sedang berbicara,

namun tidak

mengindahkan.

 

Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur,ekspresi wajah, suara).

 

Merespon dan

menerapkan

komunikasi non verbal dengan tepat.

Merespon dengan

tepat terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Sering merespon

kurang tepat

terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Membutuhkan bantuan dalam

memahami

bentuk

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Partisipasi

(menyampaikan ide,perasaan,

pikiran)

Isi pembicaraan

menginspirasi

teman. Selalu

mendukung

dan memimpin

lainnya saat

diskusi.

Berbicara dan

menerangkan

secara rinci,

merespon sesuai

dengan topik.

Berbicara dan

menerangkan secara rinci,

namun terkadang

merespon kurang

sesuai dengan

topik.

Jarang berbicara

selama

proses diksusi

berlangsung.

Catatan : Centang  (v) pada bagian yang memenuhi kriteria.

 

2.     IPA

Tabel dan tulisan manfaat perkembangbiakan vegetatif dinilai dengan daftar periksa.

Indikator Penilaian

Ada dan Benar

Tidak Benar

Laporan memuat paling sedikit 3 nama

tumbuhan

 

 

Tabel memuat cara perkembangbiakan

 

 

Tabel memuat penjelasan cara

perkembangbiakan

 

 

Manfaat perkembangbiakan secara

vegetatif ditulis dengan menyertakan

contoh

 

 

 

3.     Bahasa Indonesia

Tulisan siswa dinilai dengan menggunakan daftar periksa.

Indikator Penilaian

Ada dan Benar

Tidak Benar

Menyebutkan ide pokok untuk setiap

paragraf dengan benar

 

 

Tulisan memuat seluruh ide pokok

 

 

Tulisan memuat fakta bukan opini

 

 

Sebagian tulisan menggunakan kosakata

baku

 

 

 

4.     Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (peduli)

(Contoh terlampir di bagian lampiran Buku Guru).

 

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

Siswa yang masih memiliki kesulitan dalam menemukan ide pokok dapat melatihnya dengan guru.Guru memilihkan paragraf yang sederhana kemudian bersama siswa menemukan ide pokoknya.

 

2.     Pengayaan

Siswa dapat memilih satu tanaman yang berkembang biak secara vegetatif  dan membuat penelitian kecil.

 

 

 

Comments