RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) METODE DARING Kelas / Semester : 1 /1 Tema : Diriku (Tema 1) Sub Tema : Aku dan Teman Baru (Sub Tema 1) Pembelajaran ke : 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
METODE DARING
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester :
1 /1
Tema : Diriku (Tema 1)
Sub Tema : Aku dan Teman Baru (Sub
Tema 1)
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Melalui lagu, siswa dapat memperkenalkan diri dengan
menyebut nama panggilan.
- Melalui permainan “Suara siapakah itu?”, siswa dapat
mendengar perbedaan warna suara teman.
- Saat bernyanyi dan melakukan permainan, siswa dapat
menyebut nama teman dengan benar.
- Setelah selesai bernyanyi dan melakukan permainan,
siswa dapat mengingat semua nama teman dengan benar dan warna suara
masing-masing teman.
- Dengan berbagi cerita, siswa dapat memberikan
informasi dan memeragakan tentang aturan di rumah dengan memberi salam
pada orang tua saat ke luar rumah.
B.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
1. Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan Membaca
Doa dipandu melalui Group Whats Apps, Zoom, Google Meet, dan Aplikasi Daring
laiinya (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
Kegiatan Inti |
(Sintak Model Discovery Learning) Ayo Berlatih
B. Ayo Mencoba
C. C. Ayo Bernyanyi (Penugasan
Melalui Soal – Soal Daring)
|
140
menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
1. Guru menyampaikan tugas dirumah kerja sama
dengan Orang Tua, Siswa menyelesaikan tugas rumah
sendiri dengan bimbingan orang tua. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : 2.
Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. |
15
menit |
C.
ASSESMENT
Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Mengetahui Kepala Sekolah, ……………………………… NIP. ………………………… |
…………………, ............... Guru Kelas 1 , ……………………………… NIP…………………………. |
LAMPIRAN
1. Penilaian
Sikap: Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan
a. Contoh
Format Jurnal Sikap Spiritual
No |
Tanggal |
Nama Peserta didik |
Catatan perilaku |
Butir Sikap |
1. |
|
|
Mengajak
teman untuk berdoa |
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan kegiatan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Contoh Format Jurnal Sikap Sosial
No |
Tanggal |
Nama Peserta didik |
Catatan perilaku |
Butir Sikap |
1. |
|
|
Menjenguk
teman yang sakit |
Peduli |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Contoh Format Penilaian Diri Aspek Sikap:
2. Penilaian
pengetahuan
- Tes lisan
tentang nama-nama teman di kelas
(guru menyusun pertanyaan yang akan digunakan untuk tes
lisan)
3. Penilaian
keterampilan:
a. Penilaian
Unjuk Kerja
- Rubrik
kegiatan bercerita pengalaman beristirahat.
Aspek/ Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Jumlah
Kalimat |
Jumlah
kalimat lebih dari 10 kalimat |
Jumlah
kalimat 7- 10 kalimat |
Jumlah kalimat
4- 6 kalimat |
Kurang
dari 3 kalimat |
Volume
suara |
Suara
terdengar oleh semua anggota kelas |
Suara
terdengar hanya sebagian anggota kelas |
Suara
hanya terdengar oleh guru |
Suara tak
terdengar |
Isi
cerita |
Ada
pembukaan, bentuk istirahat, bagaimana beristirahat, manafaat istirahat |
Hanya
memenuhi 3 kriteria |
Hanya
memenuhi 2 kriteria |
Belum mau
bercerita |
* Kriteria penilaian masing-masing memiliki poin 25 di
setiap bobot angka. Jika bobotnya 4, maka skornya adalah 4 x 25 = 100, dan
seterusnya.
- Instrumen Penilaian
Kegiatan Bercerita
No |
Nama siswa |
Kriteria 1 ( √ ) |
Kriteria 2 ( √ ) |
Kriteria ( √ ) |
|||||||||
4 |
3 |
2 |
1 |
4 |
3 |
2 |
1 |
4 |
3 |
2 |
1 |
||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
T :
Terlihat ; BT : Belum Terlihat
Kriteria
1: Banyak kalimat di atas 10 kalimat
Kriteria
2: Suara terdengar
Kriteria
3: Menggunakan bahasa baku
b. Memperkenalkan
diri lewat permainan dan nyanyian
Kriteria |
Baik sekali 4 |
Baik 3 |
Cukup 2 |
Perlu Pendampingan 1 |
1. Kemampuan memperkenalkan diri |
Siswa
mampu menyebutkan nama panjang dan nama panggilan |
Siswa
mampu menyebutkan nama panjang |
Siswa
hanya mampu menyebutkan nama panggilan |
Siswa
belum mampu memperkenalkan diri |
2. Kemampuan menjalankan peraturan pada
permainan |
Siswa
mampu melakukan permainan sesuai dengan intruksi tanpa pengarahan ulang. |
Siswa
mammpu melakukan permainan sesuai aturan tetapi dengan 1 kali arahan |
Siswa
mampu melakukan sesuai aturan tetapi dengan lebih dari 1 kali arahan ulang |
Siswa
belum mampu melakukan permainan sesuai dengan aturan |
3. Kemampuan melakukan gerakan melempar dan
menangkap |
Siswa
mampu melempar dan menangkap bola dengan akurat (tidak pernah meleset) |
Siswa
melempar dan menangkap bola, tetapi 1- 2 kali meleset |
Siswa
melempar dan menangkap boal, tetapi lebih dari 3 kali meleset |
Siswa
belum mampu melempar dan menangkap |
Refleksi
Guru
Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Comments