RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Globalisasi (Tema 4) Sub Tema : Globalisasi dan Manfaatnya (Sub Tema 2) Muatan Terpadu : Bahsasa Indonesia, IPA Pembelajaran ke : 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : 6 /1
Tema : Globalisasi (Tema 4)
Sub Tema
: Globalisasi dan Manfaatnya (Sub Tema 2)
Muatan Terpadu : Bahsasa Indonesia, IPA
Pembelajaran ke
: 4
Alokasi waktu
: 1 hari
A.
TUJUAN
1. Setelah membaca teks, siswa mengidentifikasi kalimat
efektif dari teks ekplanasi yang dibaca dengan benar.
2. Setelah membaca teks, siswa mampu menulis informasi
dalam bentuk tulisan dan visual penting dari teks ekplanasi yang dibaca dengan
menggunakan kalimat efektif dengan benar.
3. Setelah berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi
keberagaman ekonomi masyarakat dan dampaknya bagi perekonomian bangsa dengan
benar.
4. Setelah berdiskusi, siswa mampu menuliskan sikap
yang harus dikembangkan dalam hal keberagaman ekonomi dengan terperinci.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
|
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran Ayo Membaca ·
Siswa membaca teks
tentang “Globalisasi, Bermanfaat atau Tidak?” siswa membaca berantai. ·
Siswa menjawab
pertanyaan berdasarkan teks 1.
Apa saja dampak
positif dari globalisasi? 2.
Apa saja dampak
negarif dari globalisasi? 3.
Mengapa globalisasi
dapat memengaruhi budaya bangsa? 4.
Mengapa globalisasi
menjadi tantangan tersendiri untuk kita? 5.
Apa yang harus kita
lakukan untuk menghadapi era globaliasi? (Critical Thinking and
Problem Formulation) ·
Siswa mendikusikan
jawaban dari pekerjaannya secara berpasangan. Guru memberikan penguatan dan
membahas satu per satu pertanyaan yang ada. ·
Secara individu, siswa
menuliskan kembali isi teks dan menggambarkansatu dampak globalisasi. Guru
memotivasi untuk menulis dengan detail dan terperinci. ·
Siswa mempresentasikan
hasil pekerjaanya kepada temannya. Guru berkeliling melihat cara siswa
melakukan presentasi. ·
Guru menguatkan siswa
bahwa pada era globalisasi haruslah memegang teguh nilai luhur bangsa. Ayo Berdiskusi ·
Siswa dibagi dalam
kelompok. Satu kelompok terdiri atas 5 siswa. Guru mengingatkan kembali
tentang tokoh Mang Samad yang dibaca pada pembelajaran 2. Siswa kembali
mendiskusikan pertanyaan tentang Mang Samad pada Buku Siswa. (Gotong Royong) ·
iswa menuliskan hasil
pekerjaannya pada kalender bekas. Siswa memajang pekerjaannya di jendela.
Setiap kelompok akan salingmengunjungi hasil pekerjaan kelompok lain. Siswa
berputar searah jarum jam dengan aba-aba tepuk tangan. Pada saat mengunjung
pekerjaan, siswa bisa membuat pertanyaan atau memberikan komentar. ·
Guru menguatkan bahwa
pada saat kita berhasil dari sisi perokonomian juga membantu banyak orang
untuk meningkatkan perekomoniannya sekaligus memperkuat perekonomian bangsa. ·
Siswa menuliskan
sikap-sikap baik yang bisa dicontoh dari Mang Samad dan aplikasi sikap
tersebut dalam kehidupan sehari-hari. (Critical Thinking and Problem Formulation) |
140 menit |
|
|
|||
Kegiatan Penutup |
A. Kerja Sama dengan
Orang Tua Siswa bersama kedua
orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di
lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15 menit |
|
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru
untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian
digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
1.
Bahasa Indonesia
Menceritakan kembali teks eksplanasi dan menggambar visual
dinilai
2.
PPKn dinilai dengan rubrik
diskusi pada halaman 17.
3.
Catatan Anekdot untuk
mencatat sikap (tanggung jawab dan santun)(Contoh terlampir di bagian lampiran
Buku Guru).
C. Remedial dan Pengayaan
1. Remedial
Siswa yang belum mampu membuat
poster, akan mendapat pendampingan guru untuk menyelesaikan tugasnya.
2. Pengayaan
Siswa dapat melakukan kampanye
hemat listrik ke seluruh kelas yang ada di sekolah.
D. SUMBER DAN MEDIA
1. Buku
Pedoman Guru Tema 4
Kelas 6 dan
Buku Siswa Tema 4
Kelas 6
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2018).
2. Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3. Lingkungan sekitar
4. kertas
HVS dan
alat tulis
5. Karton putih/kalender bekas, alat tulis untuk membuat
poster.
E. MATERI
- Teks bacaan tentang
Globalisasi, Bermanfaat atau tidak?.
- Keberagaman
ekonomi masyarakat dan dampaknya bagi perekonomian bangsa.
- Sikap
yang harus dikembangkan dalam hal keberagaman ekonomi.
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
Comments