RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Globalisasi (Tema 4) Sub Tema : Globalisasi dan Manfaatnya (Sub Tema 2) Muatan Terpadu : Bahsasa Indonesia, IPA Pembelajaran ke : 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020


Satuan Pendidikan       : SDN SUKAHURIP 02

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Globalisasi (Tema 4)

Sub Tema                   :  Globalisasi dan Manfaatnya (Sub Tema 2)

Muatan Terpadu            :  Bahsasa Indonesia, IPA

Pembelajaran ke        :  4

Alokasi waktu             :  1 hari

 

A.    TUJUAN

1.     Setelah membaca teks, siswa mengidentifikasi kalimat efektif dari teks ekplanasi yang dibaca dengan benar.

2.     Setelah membaca teks, siswa mampu menulis informasi dalam bentuk tulisan dan visual penting dari teks ekplanasi yang dibaca dengan menggunakan kalimat efektif dengan benar.

3.     Setelah berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi keberagaman ekonomi masyarakat dan dampaknya bagi perekonomian bangsa dengan benar.

4.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menuliskan sikap yang harus dikembangkan dalam hal keberagaman ekonomi dengan terperinci.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Ayo Membaca

·         Siswa membaca teks tentang “Globalisasi, Bermanfaat atau Tidak?” siswa membaca berantai.

·         Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks

1.     Apa saja dampak positif dari globalisasi?

2.     Apa saja dampak negarif dari globalisasi?

3.     Mengapa globalisasi dapat memengaruhi budaya bangsa?

4.     Mengapa globalisasi menjadi tantangan tersendiri untuk kita?

5.     Apa yang harus kita lakukan untuk menghadapi era globaliasi?

(Critical Thinking and Problem Formulation)

·         Siswa mendikusikan jawaban dari pekerjaannya secara berpasangan. Guru memberikan penguatan dan membahas satu per satu pertanyaan yang ada.

·         Secara individu, siswa menuliskan kembali isi teks dan menggambarkansatu dampak globalisasi. Guru memotivasi untuk menulis dengan detail dan terperinci.

 

 

·         Siswa mempresentasikan hasil pekerjaanya kepada temannya. Guru berkeliling melihat cara siswa melakukan presentasi.

·         Guru menguatkan siswa bahwa pada era globalisasi haruslah memegang teguh nilai luhur bangsa.

 

Ayo Berdiskusi

·         Siswa dibagi dalam kelompok. Satu kelompok terdiri atas 5 siswa. Guru mengingatkan kembali tentang tokoh Mang Samad yang dibaca pada pembelajaran 2. Siswa kembali mendiskusikan pertanyaan tentang Mang Samad pada Buku Siswa. (Gotong Royong)

 

·      iswa menuliskan hasil pekerjaannya pada kalender bekas. Siswa memajang pekerjaannya di jendela. Setiap kelompok akan salingmengunjungi hasil pekerjaan kelompok lain. Siswa berputar searah jarum jam dengan aba-aba tepuk tangan. Pada saat mengunjung pekerjaan, siswa bisa membuat pertanyaan atau memberikan komentar.

·      Guru menguatkan bahwa pada saat kita berhasil dari sisi perokonomian juga membantu banyak orang untuk meningkatkan perekomoniannya sekaligus memperkuat perekonomian bangsa.

·      Siswa menuliskan sikap-sikap baik yang bisa dicontoh dari Mang Samad dan aplikasi sikap tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

(Critical Thinking and Problem Formulation)

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

1.     Bahasa Indonesia

Menceritakan kembali teks eksplanasi dan menggambar visual dinilai

2.     PPKn dinilai dengan rubrik diskusi pada halaman 17.

3.     Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (tanggung jawab dan santun)(Contoh terlampir di bagian lampiran Buku Guru).

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

Siswa yang belum mampu membuat poster, akan mendapat pendampingan guru untuk menyelesaikan tugasnya.

2.     Pengayaan

Siswa dapat melakukan kampanye hemat listrik ke seluruh kelas yang ada di sekolah.

 

 

 

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.     Lingkungan sekitar

4.     kertas HVS dan alat tulis

5.     Karton putih/kalender bekas, alat tulis untuk membuat poster.

 

E.    MATERI

  1. Teks bacaan  tentang Globalisasi, Bermanfaat atau tidak?.
  2. Keberagaman ekonomi masyarakat dan dampaknya bagi perekonomian bangsa.
  3. Sikap yang harus dikembangkan dalam hal keberagaman ekonomi.

 

 

F.    PENDEKATAN & METODE

       Pendekatan            : Scientific

Strategi                  : Cooperative Learning

Teknik                    : Example Non Example

Metode                  : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

 

 

 

 

 

 

 

Comments