RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Tokoh dan Penemuan (Tema 3) Sub Tema : Ayo, Menjadi Penemu (Sub Tema 3) Muatan Terpadu : PPkN, SBdP Pembelajaran ke : 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : 6 /1
Tema : Tokoh dan Penemuan (Tema 3)
Sub Tema :
Ayo, Menjadi Penemu (Sub Tema 3)
Muatan Terpadu : PPkN, SBdP
Pembelajaran ke
: 2
Alokasi waktu
: 1 hari
A.
TUJUAN
1. Setelah berdiskusi, siswa mampu menyebutkan
contoh-contoh tindakan yang menunjukkan tanggung jawab atas hak dan kewajiban
dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
2. Setelah berdiskusi, siswa mampu memberikan pendapat
atas pelaksanaan tanggung jawab terhadap hak dan kewajiban dengan terperinci.
3. Setelah berlatih, siswa mampu mengidentifikasi
interval nada lagu Mariam Tomong dengan benar.
4. Setelah berlatih, siswa mampu memainkan lagu Mariam
Tomong sesuai dengan interval nada dengan tepat.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
|
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran Ayo Membaca ·
Guru membawa radio ke
kelas dan memutarnya. Guru bertanya kepada siswa apa yang ingin kalian
ketahui tentang radio? Siswa menuliskan hal-hal yang ingin mereka ketahui
pada potongan kertas. Siswa menukarkan hasil pekerjaannya dengan teman. Siswa
mendiskusikan hal-hal yang ingin mereka ketahui tentang radio. ·
Guru menanyakan
hal-hal yang ingin diketahui oleh siswa dan menuliskan hasilnya di papan
tulis. Guru menyampai-kan hari ini kita akan belajar tentang tokoh yang
menemukan radio dan manfaat radio. Pertanyaan-pertanyaan tersebut disimpan
terlebih dahulu.(Communication) ·
Siswa diminta membaca
teks tentang “Guglielmo Marconi, Sang Penemu Radio”. Siswa membaca teks dalam
hati. Siswa secara berpasangan mendiskusikan pertanyaan berikut. (Critical Thinkng nad
Problem Formulation) ·
Guru memberikan
penguatan bahwa dengan penemuan tersebut kita menjadi mudah menerima
informasi baru atau mendengarkan lagu-lagu. Guru menyampaikan semua orang
yang mempunyai radio berhak untuk menyalakan radio, lalu bagaimana dengan hak
dan kewajiban orang lain yang ada di sana? Guru meminta siswa untuk
berkelompok. Satu kelompok terdiri dari 5 siswa. Ayo Berdiskusi Siswa mendiskusikan masalah tentang Lani. Guru meminta perwakilan kelompok untuk maju ke depan dan menyampaikan
pendapatnya. Guru memberikan penguatan bahwa Hak kita dibatasi oleh hak orang
lain. Lani punya hak mendengarkan radio, tetapi adik Lani juga punya hak
untuk dapat belajar dengan nyaman. Lani juga punya tanggung jawab untuk
menjaga kenyamanan rumah. Kita semua harus menjalankan hak dan kewajiban
dengan tanggung jawab. (Critical Thinking, Creativity and Innovation) ·
Dalam kelompoknya,
siswa kembali mendiskusikan masalah yang diberikan. Siswa mengamati gambar
dan mendiskusikan pertanyaan berdasarkan gambar. ·
Siswa mendikusikan
kesimpulan berikut. ·
Setiap perwakilan
kelompok menyampaikan pendapatnya di depan kelas. Teman lain dapat memberikan
pendapat dan pertanyaan. Ayo Berkreasi ·
Siswa memainkan
solmisasi lagu ”Mariam Tomong” dengan interval nada yang tepat. ·
Awalnya, guru
mencontohkan terlebih dahulu cara memainkan solmisasi lagu tersebut. Siswa
bersama-sama akan menirukan guru. ·
Siswa dibagi ke dalam
kelompok. Guru memastikan bahwa dalam kelompok kemampuan siswa beragam. ·
Dalam kelompoknya
siswa sama-sama berlatih untuk memainkan solmisasi lagu tersebut. Guru
berkeliling bahwa siswa sudah membaca solmisasi dengan benar dan memainkannya
sesuai dengan interval nada. ·
Di akhir kegiatan,
guru membuka kembali pertanyaan-pertanyaan siswa yang disimpan. Guru dan
siswa bersama-sama menjawab pertanyaan tersebut berdasarkan kegiatan hari
ini. Jika ada pertanyaan yang belum terjawab, siswa dapat mencari informasi
dari sumber lainnya. (Creativity and
Innovation) |
140 menit |
|
|
|||
Kegiatan Penutup |
A. Kerja Sama dengan
Orang Tua Siswa bersama kedua
orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di
lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai mengerjakan
tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian |
15 menit |
|
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk
kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru
untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian
digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
1.
PPKn: Diskusi tentang tanggung jawab melaksanakan hak dan
kewajiban.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan |
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Mendengarkan teman yang berbicara, namun sesekali masih perlu diingatkan. |
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara, namun tidak mengindahkan. |
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa
tubuh, postur,ekspresi wajah, suara). |
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. |
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan ide,perasaan, pikiran) |
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. |
Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung. |
2.
SBdP: Menyanyikan lagu
sesuai dengan interval nada.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Sikap badan |
Saat bernyanyi memperlihat kan sikap badan berikut: bahu tegak namun rileks, kaki tidak ditekuk, wajah tegak, dan percaya diri sudah terlihat. |
Saat bernyanyi memperlihat kan sikap badan berikut: bahu tegak namun rileks, kaki tidak ditekuk, dan wajah tegak. |
Satu sikap badan saat bernyanyi tidak diperlihatkan. |
Dua sikap badan saat bernyanyi belum diperlihatkan. |
Nada |
Satu lagu utuh dinyanyikan dengan interval nada yang sesuai. |
Sebagian besar lagu dinyanyikan dengan interval nada yang sesuai. |
Sebagian lagu dinyanyikan dengan interval nada yang sesuai. |
Sebagian kecil lagu dinyanyikan sesuai dengan interval nada yang sesuai. |
Penjiwaan |
Ekspresi sesuai dengan makna lagu. |
Sebagian besar ekspresi sesuai dengan makna lagu. |
Sebagian kecil ekspresi sesuai dengan makna lagu. |
Ekspresi tidak sesuai dengan makna lagu. |
3. Catatan singkat untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung
jawab)
(Contoh terlampir di bagian lampiran Buku Guru).
C. Remedial dan Pengayaan
1. Remedial
Siswa yang belum paham tentang
tanggung jawab atas hak dan kewajiban warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.dapat mengulang kegiatan
bersama guru. Kegiatan dapat dilakukan seusai jam belajar. Kegiatan dilakukan
sekitar 30 menit – 60 menit. Kegiatan dapat dilakukan untuk
beberapa siswa sekaligus.
2. Pengayaan
·
Siswa dapat mengerjakan soal-soal yang tingkat
kesulitannya lebih tinggi.
D. SUMBER DAN MEDIA
1. Buku
Pedoman Guru Tema 1
Kelas 6 dan
Buku Siswa Tema 3
Kelas 6
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2018).
2. Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3. Lingkungan sekitar
4. kertas
HVS dan
alat tulis
5. Radio
E. MATERI
- Teks bacaan yang berjudul ” “Guglielmo Marconi, Sang Penemu
Radio”.
- Tanggung jawab masyarakat terhadap hak dan kewajiban.
- Pelaksanaan hak dan kewajiban warga masyarakat.
- Interval nada pada lagu Mariam
Tomong.
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
Comments