RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Tokoh dan Penemuan (Tema 3) Sub Tema : Ayo, Menjadi Penemu (Sub Tema 3) Muatan Terpadu : PPkN, SBdP Pembelajaran ke : 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020


Satuan Pendidikan       : SDN SUKAHURIP 02

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Tokoh dan Penemuan (Tema 3)

Sub Tema                   :  Ayo, Menjadi Penemu (Sub Tema 3)

Muatan Terpadu            :  PPkN, SBdP

Pembelajaran ke        :  2

Alokasi waktu             :  1 hari

 

A.    TUJUAN

1.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menyebutkan contoh-contoh tindakan yang menunjukkan tanggung jawab atas hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

2.     Setelah berdiskusi, siswa mampu memberikan pendapat atas pelaksanaan tanggung jawab terhadap hak dan kewajiban dengan terperinci.

3.     Setelah berlatih, siswa mampu mengidentifikasi interval nada lagu Mariam Tomong dengan benar.

4.     Setelah berlatih, siswa mampu memainkan lagu Mariam Tomong sesuai dengan interval nada dengan tepat.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Ayo Membaca

·         Guru membawa radio ke kelas dan memutarnya. Guru bertanya kepada siswa apa yang ingin kalian ketahui tentang radio? Siswa menuliskan hal-hal yang ingin mereka ketahui pada potongan kertas. Siswa menukarkan hasil pekerjaannya dengan teman. Siswa mendiskusikan hal-hal yang ingin mereka ketahui tentang radio.

·         Guru menanyakan hal-hal yang ingin diketahui oleh siswa dan menuliskan hasilnya di papan tulis. Guru menyampai-kan hari ini kita akan belajar tentang tokoh yang menemukan radio dan manfaat radio. Pertanyaan-pertanyaan tersebut disimpan terlebih dahulu.(Communication)

·         Siswa diminta membaca teks tentang “Guglielmo Marconi, Sang Penemu Radio”. Siswa membaca teks dalam hati. Siswa secara berpasangan mendiskusikan pertanyaan berikut.

(Critical Thinkng nad Problem Formulation)

·         Guru memberikan penguatan bahwa dengan penemuan tersebut kita menjadi mudah menerima informasi baru atau mendengarkan lagu-lagu. Guru menyampaikan semua orang yang mempunyai radio berhak untuk menyalakan radio, lalu bagaimana dengan hak dan kewajiban orang lain yang ada di sana? Guru meminta siswa untuk berkelompok. Satu kelompok terdiri dari 5 siswa.

 

Ayo Berdiskusi

Siswa mendiskusikan masalah tentang Lani.

Guru meminta perwakilan kelompok untuk maju ke depan dan menyampaikan pendapatnya. Guru memberikan penguatan bahwa Hak kita dibatasi oleh hak orang lain. Lani punya hak mendengarkan radio, tetapi adik Lani juga punya hak untuk dapat belajar dengan nyaman. Lani juga punya tanggung jawab untuk menjaga kenyamanan rumah. Kita semua harus menjalankan hak dan kewajiban dengan tanggung jawab.

(Critical Thinking, Creativity and Innovation)

 

·         Dalam kelompoknya, siswa kembali mendiskusikan masalah yang diberikan. Siswa mengamati gambar dan mendiskusikan pertanyaan berdasarkan gambar.

·         Siswa mendikusikan kesimpulan berikut.

·         Setiap perwakilan kelompok menyampaikan pendapatnya di depan kelas. Teman lain dapat memberikan pendapat dan pertanyaan.

 

Ayo Berkreasi

·         Siswa memainkan solmisasi lagu ”Mariam Tomong” dengan interval nada yang tepat.

·         Awalnya, guru mencontohkan terlebih dahulu cara memainkan solmisasi lagu tersebut. Siswa bersama-sama akan menirukan guru.

·         Siswa dibagi ke dalam kelompok. Guru memastikan bahwa dalam kelompok kemampuan siswa beragam.

·         Dalam kelompoknya siswa sama-sama berlatih untuk memainkan solmisasi lagu tersebut. Guru berkeliling bahwa siswa sudah membaca solmisasi dengan benar dan memainkannya sesuai dengan interval nada.

·         Di akhir kegiatan, guru membuka kembali pertanyaan-pertanyaan siswa yang disimpan. Guru dan siswa bersama-sama menjawab pertanyaan tersebut berdasarkan kegiatan hari ini. Jika ada pertanyaan yang belum terjawab, siswa dapat mencari informasi dari sumber lainnya.

(Creativity and Innovation)

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

1.     PPKn: Diskusi tentang tanggung jawab melaksanakan hak dan kewajiban.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Mendengarkan

 

Selalu

mendengarkan teman yang

sedang berbicara.

 

Mendengarkan

teman yang

berbicara, namun

sesekali masih

perlu diingatkan.

 

Masih perlu

diingatkan untuk

mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Sering

diingatkan untuk

mendengarkan teman yang

sedang berbicara,

namun tidak

mengindahkan.

 

Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur,ekspresi wajah, suara).

 

Merespon dan

menerapkan

komunikasi non verbal dengan tepat.

Merespon dengan

tepat terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Sering merespon

kurang tepat

terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Membutuhkan bantuan dalam

memahami

bentuk

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Partisipasi

(menyampaikan ide,perasaan,

pikiran)

Isi pembicaraan

menginspirasi

teman. Selalu

mendukung

dan memimpin

lainnya saat

diskusi.

Berbicara dan

menerangkan

secara rinci,

merespon sesuai

dengan topik.

Berbicara dan

menerangkan secara rinci,

namun terkadang

merespon kurang

sesuai dengan

topik.

Jarang berbicara

selama

proses diksusi

berlangsung.

 

2.     SBdP: Menyanyikan lagu sesuai dengan interval nada.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Sikap badan

Saat bernyanyi

memperlihat­

kan sikap badan

berikut: bahu tegak

namun rileks,

kaki tidak ditekuk,

wajah tegak, dan

percaya diri sudah

terlihat.

Saat bernyanyi

memperlihat­

kan sikap badan

berikut: bahu tegak

namun rileks, kaki

tidak ditekuk, dan

wajah tegak.

Satu sikap

badan saat

bernyanyi tidak

diperlihatkan.

Dua sikap

badan saat

bernyanyi belum

diperlihatkan.

Nada

Satu lagu utuh

dinyanyikan dengan

interval nada yang

sesuai.

Sebagian besar

lagu dinyanyikan

dengan interval

nada yang sesuai.

Sebagian lagu

dinyanyikan

dengan interval

nada yang sesuai.

Sebagian kecil lagu

dinyanyikan sesuai

dengan interval

nada yang sesuai.

Penjiwaan

Ekspresi sesuai

dengan makna

lagu.

Sebagian besar

ekspresi sesuai

dengan makna

lagu.

Sebagian kecil

ekspresi sesuai

dengan makna

lagu.

Ekspresi tidak

sesuai dengan

makna lagu.

 

3.     Catatan singkat untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab)

(Contoh terlampir di bagian lampiran Buku Guru).

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

Siswa yang belum paham tentang tanggung jawab atas hak dan kewajiban warga masyarakat  dalam kehidupan sehari-hari.dapat mengulang kegiatan bersama guru. Kegiatan dapat dilakukan seusai jam belajar. Kegiatan dilakukan sekitar 30 menit – 60 menit. Kegiatan dapat dilakukan untuk beberapa siswa sekaligus.

 

2.     Pengayaan

·         Siswa dapat mengerjakan soal-soal yang tingkat kesulitannya lebih tinggi.

 

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 3 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.     Lingkungan sekitar

4.     kertas HVS dan alat tulis

5.     Radio

 

E.    MATERI

  1. Teks bacaan  yang berjudul ” “Guglielmo Marconi, Sang Penemu Radio”.
  2. Tanggung jawab masyarakat terhadap hak dan kewajiban.
  3. Pelaksanaan hak dan kewajiban warga masyarakat.
  4.  Interval nada pada lagu Mariam Tomong.

 

 

F.    PENDEKATAN & METODE

       Pendekatan            : Scientific

Strategi                  : Cooperative Learning

Teknik                    : Example Non Example

Metode                  : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

 

 

 

 

Comments