RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Kelas / Semester : IV/ 1 (Satu) Tema 2 : Selalu Berhemat Energi Sub Tema 3 : Energi Alternatif Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia dan PPKn Pembelajaran ke : 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : IV/ 1 (Satu)
Tema 2 : Selalu Berhemat Energi
Sub Tema 3 : Energi Alternatif
Muatan Terpadu :
Bahasa Indonesia dan PPKn
Pembelajaran ke : 4
Alokasi waktu : 1 hari
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan
tetangga.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar,
melihat, membaca) dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis,
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.4 Membandingkan teks petunjuk penggunaan dua alat yang sama dan
berbeda. |
3.4.2 Membuat teks petunjuk tentang menghemat
energi. |
4.4 Menyajikan petunjuk penggunaan alat dalam bentuk teks tulis dan
visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif. |
4.4.2 Menyajikan teks petunjuk dalam bentuk
poster. |
PPKn
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan
kewajiban dan hak sebagai warga
masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. |
3.2.5 Menganalisis pelaksanaan hak dan kewajiban
pada masyrakat di sekitarnya. |
4.2 Menyajikan hasil
identifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalamkehidupan sehari-hari. |
4.2.5
Mempresentasikan hasil temuannya
tentang pelaksanaan hak dan |
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Setelah mengamati, siswa mampu menganalisis pelaksanaan hak dan kewajiban
pada masyrakat di sekitarnya dengan teliti.
2.
Setelah menganalisis, siswa mampu mempresentasikan hasil temuannya tentang
pelaksanaan hak dan kewajiban masyarakat di sekitarnya dengan benar.
3.
Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat teks petunjuk tentang menghemat
energi dengan benar.
4.
Setelah berdiskusi, siswa mampu menyajikan teks petunjuk dalam
bentuk poster dengan benar.
D. MATERI POKOK
1.
Petunjuk menghemat energi.
2.
Membuat poster.
E. METODE
PEMBELAJARAN
PendekatanPembelajaran : Saintifik.
MetodePembelajaran : Simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.
F. MEDIA/ ALAT
BANTU DAN SUMBER BELAJAR
Media :
-
Bahan :
-.
Sumber Belajar : 1.Buku Guru dan Buku Siswa Kelas
IV, Tema2: Selalu Berhemat Energi,
Subtema 3: Energi
Alternatif, Pembelajaran
4. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi
2017). Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan
Pembuka |
1.
Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek
kehadiran siswa. 2.
Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa. 3.
Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali
setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan
tentang sikap syukur. 4.
Menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan
tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan. 5.
Mintalah siswa untuk memeriksa kerapian diri dan kebersihan
kelas. 6.
Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat, dan
aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan. 7.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap disiplindantanggungjawabyang
akan dikembangkan dalam pembelajaran. 8.
Pembiasaan membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan
kegiatan literasi yang telah dilakukan. 9.
Siswamengamati siswa mengamati poster Hemat Air pada buku
siswa. 10. Siswa mengingat kembali kegiatan
pengamatan terhadap perilaku masyarakat dalam menghemat energi. |
15 menit |
Kegiatan Inti |
1.
Siswa
akan mempresentasikan hasil pekerjaannya tentang pengamatan yang dilakukannya
di dalam kelompok. Setiap kelompok terdiri atas lima siswa. Setiap kelompok
memberikan pendapat mengenai presentasi yang disampaikan temanya. 2.
Isi
presentasi tersebut dinilai oleh guru. 3.
Setelah
presentasi, siswa membuat petunjuk hemat energi sesuai dengan masalah yang
ditemukan di lingkungan. 4.
Siswa
membaca lagi hasil belajar pada pembelajaran 2, yaitu tentang kesadaran
masyarakat akan hemat energi. 5.
Siswa
membuat petunjuk menghemat energi sesuai dengan masalah yang mereka temukan. 6.
Siswa
dapat membuat brosur yang berisi tentang ajakan untuk hemat listrik. poster
tersebut dapat dipasang di lingkungan. |
110 menit |
Kegiatan
Penutup |
1. Siswa melakukan perenungan dengan menjawab
pertanyaan yang terdapat dalam Buku Siswa halaman 130 dan pertanyaan dari
guru berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran pertama Buku Guru
halaman 173-174. 2. Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran. 3. Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran
pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menerima penjelasan tentang kegiatan
bersama orangtua, yaitu siswa diminta membuat kesepakatan dengan anggota
keluarganya untuk hemat energi. Hasil kesepakatan tersebut akan disampaikan
hari berikutnya. 4. Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplindan
tanggungjawab. 5. Siswa melakukan operasi untuk menjaga kebersihankelas. 6. Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa. |
15 menit |
H. PENILAIAN
1.
TeknikPenilaian
a.
Penilaian Sikap
Mencatat hal-hal menonjol (positif atau negatif) yang ditunjukkan siswa
dalam sikap disiplin dan tanggungjawabmelaluijurnal.
b. Penilaian
Pengetahuan
Muatan |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instumen |
Bahasa Indonesia |
3.4.2 Membuat teks petunjuk tentang menghemat
energi. |
Tes tertulis |
Soal pilihanganda Soalisian Soaluraian |
PPKn |
3.2.5 Menganalisis pelaksanaan hak dan kewajiban
pada masyrakat di sekitarnya. |
Tes tertulis |
Soal pilihanganda Soalisian Soaluraian |
c.
Unjuk Kerja
Muatan |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instumen |
Bahasa Indonesia |
4.4.2 Menyajikan teks petunjuk dalam bentuk
poster. |
Unjuk hasil |
Rubrik penilaian pada BG halaman
132. |
PPKn |
4.2.5 Mempresentasikan hasil temuannya tentang
pelaksanaan hak dan |
Unjuk hasil |
Rubrik penilaian pada BG halaman
131. |
d.
Pengayaan
Apabila
memiliki waktu, siswa dapat mempresentasikan hasil temuannya tentang
pelaksanaan hak dan kewajiban masyarakat disekitarnya.
e.
Remedial
Siswa yang
belum terampil menyajikan teks petunjuk dalam bentuk poster, akan diberikan
pendampingan oleh guru.
2.
BentukInstrumenPenilaian
a.
Jurnal
Penilaian Sikap
No. |
Tanggal |
Nama Siswa |
Catatan Perilaku |
Butir Sikap |
Tindak Lanjut |
1. |
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
4. |
|
|
|
|
|
5. |
|
|
|
|
|
b.
Rubrik
Penilaian PPKn
Presentasi hasil pengamatan.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Fakta |
Menuliskan
10 |
Menuliskan |
Menuliskan |
Yang
lainnya |
Pengelompokkan |
Dari fakta yang |
Dari fakta yang |
Dari fakta yang |
Dari fakta yang |
Kesimpulan |
Siswa mampu |
Siswa mampu |
Menuliskan |
Masih belum |
Dampak |
Menuliskan 3 |
Menuliskan 2 |
Menuliskan 1 |
Belum mampu |
Saran |
Menuliskan 3 |
Menuliskan 2 |
Menuliskan 1 |
Belum mampu |
Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.
c.
Rubrik
Penilaian Bahasa Indonesia
Membuat teks petunjuk hemat energi.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Topikjelas |
Memilih satu topik yang fokus tentang hemat
energi. |
Topik yang dipilih kurang fokus. |
|
Belum mampu memilih topik untuk posternya
sehingga membutuhkan pendampingan penuh. |
Teks petunjuk |
Terdapat teks petunjuk
untuk hemat energi dengan: a. langkah-langkah jelas b. runtut, dan c. bisa diaplikasikan |
Memenuhi 2 dari 3
kriteria yang diberikan. |
Memenuhi 1 dari 3
kriteria yang diberikan. |
Belum memenuhi kriteria yang diberikan. |
Hak dan kewajiban |
Semua contoh-contoh yang
diberikan di teks petunjuk hemat energi mengaplikasikan pelaksanaan hak dan
kewajiban secara seimbang. |
Sebagian besar
contoh-contoh yang diberikan di teks petunjuk hemat energi mengapliksikan
pelaksanaan hak dan kewajiban secara seimbang. |
Sebagian contoh-contoh
yang diberikan di teks petunjuk hemat energi mengaplikasikan pelaksanaan hak
dan kewajiban secara seimbang. |
Sebagian kecil
contoh-contoh yang diberikan di teks petunjuk hemat energi mengaplikasikan
pelaksanaan hak dan kewajiban secara seimbang. |
Penyajian poster menarik
dan mudah dipahami. |
Penyajian poster menarik
dan mudah dipahami. |
Penyajian poster mudah
dipahami namun kurang menarik. |
Penyajian poster kurang
menarik dan kurang bisa dipahami. |
Penyajian poster tidak
menarik dan sulit dipahami. |
Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.
Refleksi Guru:
Mengetahui, Kepala SDN SUKAHURIP 02 .................................................... NIP.
............................................ |
..............., ..................20... Guru Kelas IV NIP.
........................................3 2 007 |
Comments