RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Tokoh dan Penemuan (Tema 3) Sub Tema : Penemu yang Mengubah Dunia (Sub Tema 1) Muatan Terpadu : PPkN, Bahasa Indonesia Pembelajaran ke : 6

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020


Satuan Pendidikan       : SDN SUKAHURIP 02

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Tokoh dan Penemuan (Tema 3)

Sub Tema                   : Penemu yang Mengubah  Dunia (Sub Tema 1)

Muatan Terpadu            :  PPkN, Bahasa Indonesia

Pembelajaran ke        :  6

Alokasi waktu             :  1 hari

 

A.    TUJUAN

1.     Setelah  membaca teks tentang penemuan listrik, siswa mampu menyebutkan informasi penting dari teks eksplanasi ilmiah dengan mandiri.  

2.     Setelah membaca teks tentang penemuan listrik, siswa mampu mempresentasikan informasi penting dari teks eksplanasi ilmiah dengan  peta pikiran secara tepat.

3.     Dengan diskusi, siswa mampu mengidentifikasi contoh manfaat hak dalam kehidupan sehari-hari dengan  tepat.

4.     Setelah diskusi, siswa mampu menjelaskan pentingnya bertanggung jawab atas hak yang didapat dengan tepat.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Ayo Berdiskusi

·         Siswa membaca senyap teks eksplanasi ilmiah tentang penemuan roda.

·         Siswa secara berpasangan menganalisis garis waktu perkembangan penemuan roda berdasarkan bacaan.

·         Siswa menuliskan informasi penting dari teks tersebut berdasarkan ciri-ciri dan urutan paragraf dari teks eksplanasi ilmiah.

(Critical Thinking and Problem Formulation)

·         Siswa mengingat kembali arti dari hak dan kewajiban,

Contoh-contoh lain dari hak dan kewajiban sebagai warga negara:

Kerja Mandiri:

·         Siswa membaca senyap cerita pendek tentang seorang anak yang mendapatkan hak yang diberikan orang tuanya, dan sekaligus  menjalankan kewajibannya dengan bertanggung jawab.

·         Siswa menganalisis dan mengidentifikasi hak anak dalam cerita tersebut. (Critical Thining and Problem Formulation)

·         Siswa, menuliskan jawaban dalam peta pikiran yang tersedia.

·         Siswa kembali saling mendiskusikan dan melengkapi jawaban bersama teman yang lain.

·         Siswa melakukan refleksi/perenungan tentang sikap mereka selama ini, jika mereka telah bertanggung  jawab terhadap  hak-hak yang telah didapatkan.

·         Siswa menuliskannya dalam peta pikiran yang tersedia.

(Creativity and Innovation)

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

1.     Bahasa Indonesia

Diagram siswa menemukan informasi penting dari teks tulis eksplanasi ilmiah tentang penemuan listrik, diperiksa menggunakan rubrik:

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Isi teks

eksplanasi

Pernyataan

Umum

Menuliskan

topik utama

bacaan

dengan tepat

Menuliskan topik

utama bacaan

dengan cukup 

tepat

Menuliskan topik

utama bacaan

dengan kurang 

tepat

Belum mampu

menuliskan topik

utama bacaan

dengan tepat

Deret

Penjelasan

Menuliskan

fakta yang

mendukung

topik bacaan

dengan

lengkap dan

berurutan

Menuliskan

fakta yang

mendukung

topik bacaan

dengan cukup

lengkap dan

cukup  berurutan

Menuliskan fakta

yang mendukung

topik bacaan

dengan kurang

lengkap dan 

kurang berurutan

Belum mampu

menuliskan fakta

yang mendukung

topik bacaan

dengan lengkap

dan berurutan

Kesimpulan

Umum

Menuliskan

kesimpulan

umum dan

pendapat

penulis

dengan tepat

Menuliskan

kesimpulan

umum dan

pendapat

penulis dengan

cukup  tepat

Menuliskan

kesimpulan

umum dan

pendapat penulis

dengan kurang

tepat

Belum mampu

menuliskan

kesimpulan umum

dan pendapat

penulis dengan

tepat

Penyajian isi teks

dalam peta pikiran

Menyajikan

peta pikiran

dengan rapi dan

sistematis.

Menyajikan peta

pikiran dengan

cukup rapi dan

sistematis.

Menyajikan peta

pikiran dengan

kurang  rapi

dan kurang 

sistematis.

Belum mampu

menyajikan

peta pikiran

dengan rapi dan

sistematis.

Sikap Kemandirian

Tugas

diselesaikan

dengan

mandiri

Sebagian

besar tugas 

diselesaikan

dengan mandiri

Tugas

diselesaikan

dengan motivasi

dan bimbingan

guru

Belum dapat 

menyelesaikan

tugas meski telah

diberikan motivasi

dan bimbingan

 

2.   PPKn 

Peta pikiran siswa tentang hak dan tangung jawab dinilai menggunakan rubrik (Penilaian 3).

Aspek

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Hak, kewajiban,

dan tanggung

jawab sebagai

warga negara

dalam

kehidupan

sehari-hari.

Memberikan

10 contoh hak,

kewajiban, dan

tanggung jawab

sebagai warga,

sekolah dan

keluarga.

Memberikan 

5-9 contoh hak,

kewajiban, dan

tanggung jawab

sebagai warga,

sekolah dan

keluarga.

Memberikan 

1-4 contoh hak,

kewajiban, dan

tanggung jawab

sebagai warga,

sekolah dan

keluarga.

Belum mampu

memberikan  contoh

hak, kewajiban,

dan tanggung

jawab sebagai

warga, sekolah dan

keluarga.

Pelaksanaan

tanggung

jawab atas hak

dan kewajiban

sebagai warga

negara.

Menceritakan  5

pengalaman

bertanggung jawab

atas hak dan

kewajiban sebagai

warga, sekolah dan

keluarga.

Menceritakan 

3-4 pengalaman

bertanggung

jawab atas hak

dan kewajiban

sebagai warga,

sekolah dan

keluarga.

Menceritakan  2

pengalaman

bertanggung jawab

atas hak dan

kewajiban sebagai

warga, sekolah dan

keluarga.

Belum mampu

menceritakan  

pengalaman

bertanggung jawab

atas hak dan

kewajiban sebagai

warga, sekolah dan

keluarga.

Sikap :

Tanggung

Jawab

Bertanggung jawab

pada tugas dengan

meyelesaikannya

tepat waktu

dengan hasil yang

rapi.

Cukup 

bertanggung

jawab pada

tugas dengan

meyelesaikannya

tepat waktu

dengan hasil yang

cukup  rapi.

Kurang

bertanggung jawab

pada tugas dengan

meyelesaikannya

tidak tepat  waktu

dengan hasil tidak

rapi.

Belum bertanggung

jawab pada tugas

dengan tidak

meyelesaikan tepat

waktu.

 

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

·         Bagi siswa yang belum memahami konsep hak dan tanggung jawab, akan mengulang materi tersebut dengan pendampingan guru.

2.     Pengayaan

·         Jika memiliki waktu, siswa dapat saling melakukan penilaian sikap diri terkait hak dan kewajiban menggunakan daftar periksa, seperti berikut:

·         Centang pada kolom yang sesuai dengan sikap temanmu!

Hak dan Tanggung Jawab

4

3

2

1

Temanku selalu datang ke sekolah tepat watu

 

 

 

 

Temanku selalu mengerjakan dan mengumpulkan tugas rumah tepat waktu

 

 

 

 

Temanku selalu menyelesaikan tugas sekolah tepat waktu

 

 

 

 

Rencana ke depan untuk menjadi lebih baik lagi:

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

·         4: konsisten dilakukan setiap hari

·         3: kurang konsisten

·         2: kadang-kadang saja

1: Tidak pernah dilakukan

 

 

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 3 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.     Lingkungan sekitar

4.     kertas HVS dan alat tulis

5.     Jangka, kertas bekas, penggaris

 

 

 

E.    MATERI

  1. Teks eksplanasi  ilmiah.
  2. Manfaat hak dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Pentingnya bertanggung jawab atas hak.

 

 

F.    PENDEKATAN & METODE

       Pendekatan            : Scientific

Strategi                  : Cooperative Learning

Teknik                    : Example Non Example

Metode                  : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

 

 

 

 

 

 

 

Comments