RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Tokoh dan Penemuan (Tema 3) Sub Tema : Penemu yang Mengubah Dunia (Sub Tema 1) Muatan Terpadu : PPkN, Bahasa Indonesia Pembelajaran ke : 6
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : 6 /1
Tema : Tokoh dan Penemuan
(Tema 3)
Sub Tema : Penemu yang Mengubah Dunia (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : PPkN, Bahasa Indonesia
Pembelajaran ke
: 6
Alokasi waktu
: 1 hari
A. TUJUAN
1.
Setelah membaca teks tentang
penemuan listrik, siswa mampu menyebutkan informasi penting dari teks
eksplanasi ilmiah dengan mandiri.
2.
Setelah membaca teks tentang penemuan listrik, siswa mampu
mempresentasikan informasi penting dari teks eksplanasi ilmiah dengan peta pikiran secara tepat.
3.
Dengan diskusi, siswa mampu mengidentifikasi contoh manfaat hak dalam
kehidupan sehari-hari dengan tepat.
4.
Setelah diskusi, siswa mampu menjelaskan pentingnya bertanggung jawab
atas hak yang didapat dengan tepat.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
|
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran Ayo Berdiskusi ·
Siswa membaca senyap
teks eksplanasi ilmiah tentang penemuan roda. ·
Siswa secara
berpasangan menganalisis garis waktu perkembangan penemuan roda berdasarkan
bacaan. ·
Siswa menuliskan
informasi penting dari teks tersebut berdasarkan ciri-ciri dan urutan
paragraf dari teks eksplanasi ilmiah. (Critical Thinking and Problem Formulation) ·
Siswa mengingat
kembali arti dari hak dan kewajiban, Contoh-contoh lain dari hak dan kewajiban sebagai warga negara: Kerja Mandiri: ·
Siswa membaca senyap
cerita pendek tentang seorang anak yang mendapatkan hak yang diberikan orang
tuanya, dan sekaligus menjalankan
kewajibannya dengan bertanggung jawab. ·
Siswa menganalisis dan
mengidentifikasi hak anak dalam cerita tersebut. (Critical Thining and Problem
Formulation) ·
Siswa, menuliskan
jawaban dalam peta pikiran yang tersedia. ·
Siswa kembali saling
mendiskusikan dan melengkapi jawaban bersama teman yang lain. ·
Siswa melakukan
refleksi/perenungan tentang sikap mereka selama ini, jika mereka telah
bertanggung jawab terhadap hak-hak yang telah didapatkan. ·
Siswa menuliskannya
dalam peta pikiran yang tersedia. (Creativity and Innovation) |
140 menit |
|
|
|||
Kegiatan Penutup |
A. Kerja Sama dengan
Orang Tua Siswa bersama kedua
orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di
lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15 menit |
|
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
1. Bahasa Indonesia
Diagram siswa menemukan informasi
penting dari teks tulis eksplanasi ilmiah tentang penemuan listrik, diperiksa
menggunakan rubrik:
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
|
Isi teks eksplanasi |
Pernyataan Umum |
Menuliskan topik utama bacaan dengan tepat |
Menuliskan topik utama bacaan dengan cukup
tepat |
Menuliskan topik utama bacaan dengan kurang
tepat |
Belum mampu menuliskan topik utama bacaan dengan tepat |
Deret Penjelasan |
Menuliskan fakta yang mendukung topik bacaan dengan lengkap dan berurutan |
Menuliskan fakta yang mendukung topik bacaan dengan cukup lengkap dan cukup
berurutan |
Menuliskan fakta yang mendukung topik bacaan dengan kurang lengkap dan
kurang berurutan |
Belum mampu menuliskan fakta yang mendukung topik bacaan dengan lengkap dan berurutan |
|
Kesimpulan Umum |
Menuliskan kesimpulan umum dan pendapat penulis dengan tepat |
Menuliskan kesimpulan umum dan pendapat penulis dengan cukup
tepat |
Menuliskan kesimpulan umum dan pendapat penulis dengan kurang tepat |
Belum mampu menuliskan kesimpulan umum dan pendapat penulis dengan tepat |
|
Penyajian isi teks dalam peta pikiran |
Menyajikan peta pikiran dengan rapi dan sistematis. |
Menyajikan peta pikiran dengan cukup rapi dan sistematis. |
Menyajikan peta pikiran dengan kurang
rapi dan kurang
sistematis. |
Belum mampu menyajikan peta pikiran dengan rapi dan sistematis. |
|
Sikap Kemandirian |
Tugas diselesaikan dengan mandiri |
Sebagian besar tugas
diselesaikan dengan mandiri |
Tugas diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru |
Belum dapat
menyelesaikan tugas meski telah diberikan motivasi dan bimbingan |
2.
PPKn
Peta pikiran siswa tentang hak dan
tangung jawab dinilai menggunakan rubrik (Penilaian 3).
Aspek |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari. |
Memberikan 10 contoh hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga, sekolah dan keluarga. |
Memberikan 5-9 contoh hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga, sekolah dan keluarga. |
Memberikan 1-4 contoh hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga, sekolah dan keluarga. |
Belum mampu memberikan
contoh hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga, sekolah dan keluarga. |
Pelaksanaan tanggung jawab atas hak dan kewajiban sebagai warga negara. |
Menceritakan
5 pengalaman bertanggung jawab atas hak dan kewajiban sebagai warga, sekolah dan keluarga. |
Menceritakan
3-4 pengalaman bertanggung jawab atas hak dan kewajiban sebagai warga, sekolah dan keluarga. |
Menceritakan
2 pengalaman bertanggung jawab atas hak dan kewajiban sebagai warga, sekolah dan keluarga. |
Belum mampu menceritakan
pengalaman bertanggung jawab atas hak dan kewajiban sebagai warga, sekolah dan keluarga. |
Sikap : Tanggung Jawab |
Bertanggung jawab pada tugas dengan meyelesaikannya tepat waktu dengan hasil yang rapi. |
Cukup bertanggung jawab pada tugas dengan meyelesaikannya tepat waktu dengan hasil yang cukup
rapi. |
Kurang bertanggung jawab pada tugas dengan meyelesaikannya tidak tepat
waktu dengan hasil tidak rapi. |
Belum bertanggung jawab pada tugas dengan tidak meyelesaikan tepat waktu. |
C. Remedial dan Pengayaan
1. Remedial
·
Bagi siswa yang belum memahami konsep hak dan
tanggung jawab, akan mengulang materi tersebut dengan pendampingan guru.
2. Pengayaan
·
Jika memiliki waktu, siswa dapat saling melakukan
penilaian sikap diri terkait hak dan kewajiban menggunakan daftar periksa,
seperti berikut:
·
Centang pada kolom yang sesuai dengan sikap temanmu!
Hak dan Tanggung Jawab |
4 |
3 |
2 |
1 |
Temanku selalu datang ke
sekolah tepat watu |
|
|
|
|
Temanku selalu mengerjakan
dan mengumpulkan tugas rumah tepat waktu |
|
|
|
|
Temanku selalu menyelesaikan
tugas sekolah tepat waktu |
|
|
|
|
Rencana ke depan untuk
menjadi lebih baik lagi: |
||||
Keterangan: ·
4: konsisten dilakukan setiap hari ·
3: kurang konsisten ·
2: kadang-kadang saja 1: Tidak pernah dilakukan |
D. SUMBER DAN MEDIA
1. Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan
Buku Siswa Tema 3 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
2. Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3. Lingkungan sekitar
4. kertas
HVS dan
alat tulis
5. Jangka, kertas bekas, penggaris
E. MATERI
- Teks eksplanasi ilmiah.
- Manfaat hak dalam kehidupan sehari-hari.
- Pentingnya bertanggung jawab atas hak.
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
Comments