RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2018 Kelas / Semester : 5 /1 Tema : Organ Gerak Hewan Dan Manusia (Tema 1) Sub Tema : Organ Gerak Hewan (Sub Tema 1) Pembelajaran ke : 6
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2018
Satuan Pendidikan : SD/MI NEGERI SUKAHURIP 02
Kelas / Semester :
5 /1
Tema : Organ Gerak Hewan Dan
Manusia (Tema 1)
Sub Tema : Organ Gerak Hewan (Sub Tema
1)
Pembelajaran ke :
6
Alokasi waktu : 1 Hari
A. TUJUAN
- Dengan mengamati gambar, siswa dapat
menyusun cerita secara benar.
- Dengan membaca, siswa dapat menemukan ide
pokok masing-masing paragraf secara percaya diri.
- Dengan membandingkan, siswa dapat
menyebutkan organ gerak hewan vertebrata dan hewan avertebrata secara
tepat.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pembukaan |
|
15 menit |
Inti |
A.
Ayo Berkreasi
Tumbuhkan
rasa ingin tahu siswa tentang pelajaran yang akan dilakukan
B.
Ayo Membaca
C. Ayo Mengamati
D. Ayo Berkreasi ·
Setelah membandingkan
antara hewan vertebrata dengan avertebrata, siswa membuat model sederhana
salah satu hewan yang termasuk vertebrata dan salah satu hewan yang termasuk
avertebrata. Model sederhana ini dibuat dengan bahan kawat. ·
Untuk memberikan
suasana yang berbeda, kegiatan ini dapat dilakukan di luar kelas, misalnya di
halaman, ruang kesenian, atau aula. E. Ayo Renungkan
F. Kerja Sama dengan Orang Tua -
Siswa diminta untuk
mengajak orang tua dan anggota keluarga lainnya untuk menyayangi hewan.untuk
mengoptimalkan interaksi dengan orang tua, siswa dapat bekerja sama dengan
orang tuanya. |
140 menit |
|
||
Penutup |
1. Siswa mampu mengemukan hasil belajar hari ini 2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan 3. Siswa diberikan kesempatan
berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.. 4.
Menyanyikan salah satu
lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi. 5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa. |
15 enit |
C.
PENILAIAN
(ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian.
|
Mengetahui Kepala Sekolah, ....................................
NIP. .................... |
.........., Juli .... Guru Kelas 5 ....................... NIP.
.................... |
||
|
|
|
||
Comments