RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Persatuan dalam Perbedaan (Tema 2) Sub Tema : Bekerja Sama Mencapai Tujuan (Sub Tema 2) Muatan Terpadu : PPkN, SBdP Pembelajaran ke : 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : 6 /1
Tema : Persatuan dalam
Perbedaan (Tema 2)
Sub Tema : Bekerja Sama Mencapai
Tujuan (Sub Tema 2)
Muatan Terpadu : PPkN, SBdP
Pembelajaran ke
: 2
Alokasi waktu
: 1 hari
A.
TUJUAN
1. Setelah membaca teks, siswa mampu mengidentifikasi
contoh manfaat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan masyarakat sekitar.
2. Setelah membaca teks, siswa mampu menuliskan contoh
manfaat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan masyarakat sekitar.
3.
Setelah mengamati gambar, membaca penjelasan, dan memperhatikan peragaan
oleh guru, siswa mampu mengidentifikasi gerakan pada tari Indang.
4.
Setelah mengamati gambar, membaca penjelasan, dan memperhatikan peragaan
oleh guru, siswa mampu mempraktikkan gerakan pada tari Indang.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah
pembelajaran Ayo Membaca ·
Siswa diminta
mengamati gambar dan membaca teks tentang Kami Berbeda, namun Kami Bekerja Sama
yang terdapat dalam buku siswa dalam hati. ·
Siswa diminta menjawab
pertanyaan berdasarkan teks Kami Berbeda, namun Kami Bekerja Sama. ·
Kemudian, siswa diminta menuliskan perbedaan
yang mereka temukan dalam cerita Kami Berbeda, namun Kami Bekerja Sama. ·
Setelah itu, siswa
diminta menuliskan cara Edo dan kawan-kawan menyikapi perbedaan yang ada. ·
Selanjutnya, siswa
diminta menuliskan penjelasan apakah perbedaan menghalangi Edo dan
kawan-kawan dalam melakukan kerja sama. ·
Berikutnya, siswa diminta menuliskan manfaat
yang diperoleh ketika mampu berkerja sama dengan orang-orang yang berbeda. ·
Kemudian, siswa
diminta menuliskan contoh-contoh pengalaman bekerja sama dengan orang-orang
yang berbeda. ·
Setelah itu, siswa
diminta menuliskan penjelasan bagaimana mereka menyikapi perbedaan yang ada
dalam kehidupan mereka sehari-hari. ·
Siswa diminta
menuliskan penjelasan tentang manfaat kerja sama dan persatuan dalam
kehidupan sehari-hari. (Creativity and Innovation) Ayo Berdiskusi ·
Setelah menjawab
pertanyaan tentang teks Kami Berbeda, namun Kami Bekerja Sama, siswa diminta
mendiskusikan naskah drama tentang makna dan manfaat persatuan dan kesatuan
secara berkelompok. (Critical Thinking nad Problem
Formulation) ·
Kemudian, siswa
diminta menulis naskah drama tersebut. Ayo Berkreasi ·
Siswa diminta menjawab
pertanyaan yang terdapat di buku siswa. ·
Siswa diminta
menuliskan berbagai pola lantai yang telah mereka ketahui ketika menari. ·
Kemudian, siswa
diminta mendiskusikan jawaban mereka secara berkelompok dan memperagakan
contoh-contoh pola lantai tersebut. ·
Setelah itu, siswa
diminta menerapkan pola lantai tersebut dalam tari Indang yang berasal dari
Sumatra Barat. ·
Selanjutnya, siswa
diminta mengamati gambar dan membaca penjelasan tentang gerak dan pola lantai
tari indang.Pola lantai dalam tari Indang. (Creativity and Innovation) ·
Setelah itu, siswa
diminta mempraktikkan pola lantai dan gerakan tari Indang. ·
Siswa diminta
memperhatikan penjelasan dan mengikuti instruksi dari guru. |
140 menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
A. Kerja Sama dengan
Orang Tua Siswa bersama kedua
orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di
lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15 menit |
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian
sebagai berikut.
Jawaban
pertanyaan dinilai dengan daftar periksa.
No |
Indikator
Penilaian |
Ada
|
Tidak
Ada |
1 |
Siswa dapat menuliskan perbedaan yang ditemukan dalam cerita Kami Berbeda, namun Kami
Bekerja Sama. |
|
|
2 |
Siswa dapat menuliskan cara Edo dan kawan- kawan menyikapi perbedaan yang ada. |
|
|
3 |
Siswa dapat menuliskan penjelasan apakah perbedaan menghalangi Edo dan kawan-kawa dalam
melakukan kerja sama. |
|
|
4 |
Siswa dapat menuliskan manfaat yang diperoleh ketika mampu bekerja sama dengan orang-orang
yang berbeda. |
|
|
5 |
Siswa dapat menuliskan contoh-contoh pengalaman bekerja sama dengan orang-orang yang
berbeda |
|
|
6 |
Siswa dapat menuliskan penjelasan bagaimana menyikapi perbedaan yang ada dalam kehidupan
mereka sehari-hari. |
|
|
7 |
Siswa dapat menuliskan penjelasan tentang manfaat kerja sama dan persatuan dalam kehidupan
sehari-hari. |
|
|
2.
SBdP
Praktik gerakan tari dan pola lantai dinilai dengan daftar
periksa.
No
|
Indikator Penilaian |
Ada |
Tidak Ada |
1 |
Siswa
dapat mempraktikkan pola lantai tari Indang dengan baik |
|
|
2 |
Siswa
dapat mempraktikkan gerakan posisi duduk
bersila; tangan kanan diletakkan di atas paha
kanan; dagu di atas tangan kanan. |
|
|
3 |
Siswa
dapat mempraktikkan gerakan tangan kanan
ke depan, kemudian memukul lantai (bagian
depan badan). Sedangkan tangan kiri ke
belakang, kemudian memukul lantai (bagian belakang
badan). Dilakukan secara bergantian selama
tiga kali. Selanjutnya, tangan kanan dan kiri
ditarik ke arah badan membentuk sudut siku-siku
(tangan kiri menumpu tangan kanan). |
|
|
3 |
Siswa
dapat mempraktikkan gerakan tangan kiri ke
depan, kemudian memukul lantai (bagian depan
badan). Sedangkan tangan kanan ke belakang,
kemudian memukul lantai (bagian belakang
badan). Dilakukan secara bergantian selama
3x. Selanjutnya, tangan kiri dan kanan ditarik
ke arah badan membentuk sudut siku- siku
(tangan kanan menumpu tangan kiri). |
|
|
3. Catatan pengamatan sikap (Peduli, Santun)
Contoh dapat dilihat pada bagian akhir (lampiran) buku ini.
C. Remedial dan Pengayaan
1. Remedial
Siswa yang belum mampu
mengidentifikasi nilai bilangan desimal hingga per seribuan akan mengikuti
penguatan materi dengan pendampingan guru. Siswa dapat menggunakan tabel nilai
tempat untuk menentukan nilai dari masing-masing bilangan desimal. Siswa dapat diberikan bilangan yang sederhana
terlebih dahulu.
2. Pengayaan
Siswa dapat melakukan
eksplorasi tentang bilangan desimal menggunakan tabel nilai tempat hingga per
seribuan.
D. SUMBER DAN MEDIA
1. Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan
Buku Siswa Tema 2 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
2. Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3. Lingkungan sekitar
4. kertas
HVS dan
alat tulis
5. Teks bacaan Kami Berbeda, namun Kami Bekerja
Sama.
E. MATERI
- Teks bacaan yang berjudul ” Kami Berbeda, namun Kami Bekerja
Sama.”/
- Manfaat persatuan dan kesatuan dalam
kehidupan masyarakat.
- Gerakan pada tari Indang.
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
Comments