RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Persatuan dalam Perbedaan (Tema 2) Sub Tema : Bekerja Sama Mencapai Tujuan (Sub Tema 2) Muatan Terpadu : PPkN, SBdP Pembelajaran ke : 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020


 

Satuan Pendidikan       : SDN SUKAHURIP 02

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Persatuan dalam Perbedaan (Tema 2)

Sub Tema                   : Bekerja Sama Mencapai Tujuan (Sub Tema 2)

Muatan Terpadu            :  PPkN, SBdP

Pembelajaran ke        :  2

Alokasi waktu             :  1 hari

 

A.    TUJUAN

1.     Setelah membaca teks, siswa mampu mengidentifikasi contoh manfaat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan masyarakat sekitar.

2.     Setelah membaca teks, siswa mampu menuliskan contoh manfaat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan masyarakat sekitar.

3.     Setelah mengamati gambar, membaca penjelasan, dan memperhatikan peragaan oleh guru, siswa mampu mengidentifikasi gerakan pada tari Indang.

4.     Setelah mengamati gambar, membaca penjelasan, dan memperhatikan peragaan oleh guru, siswa mampu mempraktikkan gerakan pada tari Indang.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah pembelajaran

 

Ayo Membaca

·         Siswa diminta mengamati gambar dan membaca teks tentang Kami Berbeda, namun Kami Bekerja Sama yang terdapat dalam buku siswa dalam hati.

·         Siswa diminta menjawab pertanyaan berdasarkan teks Kami Berbeda, namun Kami Bekerja Sama.

·          Kemudian, siswa diminta menuliskan perbedaan yang mereka temukan dalam cerita Kami Berbeda, namun Kami Bekerja Sama.

·         Setelah itu, siswa diminta menuliskan cara Edo dan kawan-kawan menyikapi perbedaan yang ada.

·         Selanjutnya, siswa diminta menuliskan penjelasan apakah perbedaan menghalangi Edo dan kawan-kawan dalam melakukan kerja sama.

·          Berikutnya, siswa diminta menuliskan manfaat yang diperoleh ketika mampu berkerja sama dengan orang-orang yang berbeda.

·         Kemudian, siswa diminta menuliskan contoh-contoh pengalaman bekerja sama dengan orang-orang yang berbeda.

·         Setelah itu, siswa diminta menuliskan penjelasan bagaimana mereka menyikapi perbedaan yang ada dalam kehidupan mereka sehari-hari.

·         Siswa diminta menuliskan penjelasan tentang manfaat kerja sama dan persatuan dalam kehidupan sehari-hari.

(Creativity and Innovation)

 

Ayo Berdiskusi

·         Setelah menjawab pertanyaan tentang teks Kami Berbeda, namun Kami Bekerja Sama, siswa diminta mendiskusikan naskah drama tentang makna dan manfaat persatuan dan kesatuan secara berkelompok. (Critical Thinking nad Problem Formulation)

·         Kemudian, siswa diminta menulis naskah drama tersebut.

Ayo Berkreasi

·         Siswa diminta menjawab pertanyaan yang terdapat di buku siswa.

·         Siswa diminta menuliskan berbagai pola lantai yang telah mereka ketahui ketika menari.

·         Kemudian, siswa diminta mendiskusikan jawaban mereka secara berkelompok dan memperagakan contoh-contoh pola lantai tersebut.

·         Setelah itu, siswa diminta menerapkan pola lantai tersebut dalam tari Indang yang berasal dari Sumatra Barat.

·         Selanjutnya, siswa diminta mengamati gambar dan membaca penjelasan tentang gerak dan pola lantai tari indang.Pola lantai dalam tari Indang.

(Creativity and Innovation)

 

·         Setelah itu, siswa diminta mempraktikkan pola lantai dan gerakan tari Indang.

·         Siswa diminta memperhatikan penjelasan dan mengikuti instruksi dari guru.

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

1.     PPKn

Jawaban pertanyaan dinilai dengan daftar periksa.

No

Indikator Penilaian

Ada

Tidak Ada

1

Siswa dapat menuliskan perbedaan yang

ditemukan dalam cerita Kami Berbeda, namun

Kami Bekerja Sama.

 

 

2

Siswa dapat menuliskan cara Edo dan kawan-

kawan menyikapi perbedaan yang ada.

 

 

3

Siswa dapat menuliskan penjelasan apakah

perbedaan menghalangi Edo dan kawan-kawa

dalam melakukan kerja sama.

 

 

4

Siswa dapat menuliskan manfaat yang

diperoleh ketika mampu bekerja sama dengan

orang-orang yang berbeda.

 

 

5

Siswa dapat menuliskan contoh-contoh

pengalaman bekerja sama dengan orang-orang

yang berbeda

 

 

6

Siswa dapat menuliskan penjelasan bagaimana

menyikapi perbedaan yang ada dalam

kehidupan mereka sehari-hari.

 

 

7

Siswa dapat menuliskan penjelasan tentang

manfaat kerja sama dan persatuan dalam

kehidupan sehari-hari.

 

 

2.     SBdP

Praktik gerakan tari dan pola lantai dinilai dengan daftar periksa.

No

Indikator Penilaian

Ada

Tidak Ada

1

Siswa dapat mempraktikkan pola lantai tari

Indang dengan baik

 

 

 

2

Siswa dapat mempraktikkan gerakan posisi

duduk bersila; tangan kanan diletakkan di atas

paha kanan; dagu di atas tangan kanan.

 

 

 

3

Siswa dapat mempraktikkan gerakan tangan

kanan ke depan, kemudian memukul lantai

(bagian depan badan). Sedangkan tangan kiri

ke belakang, kemudian memukul lantai (bagian

belakang badan). Dilakukan secara bergantian

selama tiga kali. Selanjutnya, tangan kanan dan

kiri ditarik ke arah badan membentuk sudut

siku-siku (tangan kiri menumpu tangan kanan).

 

 

3

Siswa dapat mempraktikkan gerakan tangan kiri

ke depan, kemudian memukul lantai (bagian

depan badan). Sedangkan tangan kanan ke

belakang, kemudian memukul lantai (bagian

belakang badan). Dilakukan secara bergantian

selama 3x. Selanjutnya, tangan kiri dan kanan

ditarik ke arah badan membentuk sudut siku-

siku (tangan kanan menumpu tangan kiri).

 

 

 

3.     Catatan pengamatan sikap (Peduli, Santun)

Contoh dapat dilihat pada bagian akhir (lampiran) buku ini.

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

Siswa yang belum mampu mengidentifikasi nilai bilangan desimal hingga per seribuan akan mengikuti penguatan materi dengan pendampingan guru. Siswa dapat menggunakan tabel nilai tempat untuk menentukan nilai dari masing-masing bilangan desimal. Siswa dapat diberikan bilangan yang sederhana terlebih dahulu.

 

2.     Pengayaan

Siswa dapat melakukan eksplorasi tentang bilangan desimal menggunakan tabel nilai tempat hingga per seribuan.

 

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.     Lingkungan sekitar

4.     kertas HVS dan alat tulis

5.     Teks bacaan Kami Berbeda, namun Kami Bekerja Sama.

 

E.    MATERI

  1. Teks bacaan  yang berjudul ” Kami Berbeda, namun Kami Bekerja Sama.”/
  2. Manfaat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan masyarakat.
  3. Gerakan pada tari Indang.

 

F.    PENDEKATAN & METODE

       Pendekatan            : Scientific

Strategi                  : Cooperative Learning

Teknik                    : Example Non Example

Metode                  : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

Comments