RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Persatuan dalam Perbedaan (Tema 2) Sub Tema : Rukun dalam Perbedaan (Sub Tema 1) Muatan Terpadu : PPkN, Bahasa Indonesia Pembelajaran ke : 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester :
6 /1
Tema : Persatuan dalam
Perbedaan (Tema 2)
Sub Tema : Rukun dalam Perbedaan (Sub
Tema 1)
Muatan Terpadu : PPkN, Bahasa Indonesia
Pembelajaran ke :
4
Alokasi waktu :
1 hari
A. TUJUAN
1. Setelah membaca teks tentang tokoh Proklamasi
Kemerdekaan, siswa mampu menyebutkan informasi penting menggunakan unsur apa,
di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana pada peta pikiran dengan tepat.
2.
Setelah berdiskusi, siswa mampu mengembangkan informasi pada peta pikiran
melalui tulisan dengan detail.
3.
Setelah berdiskusi, siswa mampu menemukan tiga contoh pelaksanaan nilai
persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.
4.
Setelah berdiskusi, siswa mampu menerapkan tiga kegiatan yang sesuai
dengan nilai persatuan dan kesatuan dalam kegiatannya di kelas.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran Ayo Membaca ·
Siswa melanjutkan
kegiatan dengan membaca teks yang ada pada buku pelajaran. Siswa membaca teks
dalam hati. Guru memberikan waktu sekitar 2 menit. (Mandiri) ·
Siswa melanjutkan
kegiatan dengan menemukan informasi penting dan mengisinya pada peta pikiran. ·
Di dalam kelompoknya, siswa menyampaikan
peta pikirannya. ·
Guru meminta salah
satu siswa untuk membacakan peta pikirannya di depan kelas dan memberikan
masukan. Siswa lain diberi kesempatan untuk berkomentar. Guru memberikan
penguatan. ·
Setiap siswa kemudian
mengembangkan peta pikirannya dan membacakannya di depan kelas. (Creativity
and Innovation) Ayo Menulis ·
Guru dapat memulai
kegiatan berikutnya dengan mengajak siswa untuk berdiskusi tentang nilai
persatuan di kehidupan sehari-hari. Guru memimpin diskusi secara klasikal. ·
Setiap siswa kemudian
menulis rencana penerapan nilai persatuan di dalam kegiatan kelasnya. Tulisan
mereka harus memuat paling sedikit dua contoh kegiatan, rencana pelaksanaan
kerja sama, siapa saja yang dilibatkan, dan tempat pelaksanaan serta
manfaatnya. ·
Siswa menyampaikan
hasilnya kepada teman kelompok. Setelah itu, mereka menyampaikannya kepada
guru. (Creativity and
Innovation) |
140
menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
A. Ayo Renungkan ·
Siswa melakukan
perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam Buku Siswa. ·
Guru dapat menambahkan
pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran Buku
Guru. B.
Kerja Sama dengan Orang Tua ·
Siswa diminta
mendiskusikan tentang pentingnya hidup rukun dengan teman bersama orang tua. ·
Siswa menyampaikan
hasilnya kepada guru. C.
Menyanyikan salah satu
lagu daerah untuk menumbuhkan Nasionalisme,
Persatuan, dan Toleransi D.
Salam dan doa penutup
dipimpin oleh salah satu siswa (Religius)
|
15
menit |
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian
terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur
tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai
bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses
pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
Tulisan siswa dinilai dengan menggunakan daftar periksa.
Indikator Penilaian |
Ada |
Tidak Ada |
Menyebutkan
informasi penting dengan unsur APA secara tepat |
|
|
Menyebutkan
informasi penting dengan unsur SIAPA secara tepat |
|
|
Menyebutkan
informasi penting dengan unsur DI MANA secara tepat |
|
|
Menyebutkan
informasi penting dengan unsur KAPAN secara tepat |
|
|
Menyebutkan
informasi penting dengan unsur MENGAPA secara tepat |
|
|
Menyebutkan
informasi penting dengan unsur BAGAIMANA secara tepat |
|
|
- PPKn
Produk dinilai dengan daftar periksa.
Indikator
Penilaian |
Ada
|
Tidak
Ada |
Memberikan tiga contoh penerapan nilai persatuan dalam
kehidupan sehari-hari |
|
|
Menuliskan tiga rencana pelaksanaan nilai persatuan di
kelas |
|
|
Menuliskan siapa yang terlibat dan tempat pelaksanaan |
|
|
Menuliskan manfaat persatuan dalam kehidupan sehari-hari
di kelas |
|
|
- Catatan pengamatan sikap (Peduli)
(Contoh terlampir di lampiran pada Buku
Guru).
C. Remedial dan Pengayaan
1. Remedial
·
Siswa yang masih memiliki kesulitan dalam menemukan
informasi penting dapat melatihnya dengan guru.
·
Guru memilihkan paragraf yang sederhana, kemudian
bersama-sama menemukan informasi penting
setahap demi setahap.
2. Pengayaan
Siswa dapat berlatih menemukan informasi penting dari bahan bacaan lain
seperti majalah anak.
D. SUMBER DAN MEDIA
1.
Buku
Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 6 (Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
2.
Media
Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3.
Lingkungan
sekitar
4.
kertas
HVS
dan alat tulis
5.
Teks
bacaan tentang peristiwa penting menjelang Proklamasi Kemerdekaan.
6.
Gambar
terkait kerukunan dan persatuan.
E. MATERI
- Teks bacaan yang berjudul
” Pengibar Sang Saka Merah Putih”.
- Nilai persatuan di kehidupan sehari-hari.
- teks tentang tokoh proklamasi kemerdekaan.
5.
Penggunaan unsur apa, di mana,
kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana pada peta pikiran dengan tepat.
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
Comments