RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Persatuan dalam Perbedaan (Tema 2) Sub Tema : Rukun dalam Perbedaan (Sub Tema 1) Muatan Terpadu : PPkN, Bahasa Indonesia Pembelajaran ke : 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020


Satuan Pendidikan       : SDN SUKAHURIP 02

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Persatuan dalam Perbedaan (Tema 2)

Sub Tema                   : Rukun dalam Perbedaan (Sub Tema 1)

Muatan Terpadu            :  PPkN, Bahasa Indonesia

Pembelajaran ke        :  4

Alokasi waktu             :  1 hari

 

 

 

A.    TUJUAN

1.     Setelah membaca teks tentang tokoh Proklamasi Kemerdekaan, siswa mampu menyebutkan informasi penting menggunakan unsur apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana pada peta pikiran dengan tepat.

2.     Setelah berdiskusi, siswa mampu mengembangkan informasi pada peta pikiran melalui tulisan dengan detail.

3.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menemukan tiga contoh pelaksanaan nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.

4.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menerapkan tiga kegiatan yang sesuai dengan nilai persatuan dan kesatuan dalam kegiatannya di kelas.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Ayo Membaca

·         Siswa melanjutkan kegiatan dengan membaca teks yang ada pada buku pelajaran. Siswa membaca teks dalam hati. Guru memberikan waktu sekitar 2 menit. (Mandiri)

·         Siswa melanjutkan kegiatan dengan menemukan informasi penting dan mengisinya pada peta pikiran.

·          Di dalam kelompoknya, siswa menyampaikan peta pikirannya.

·         Guru meminta salah satu siswa untuk membacakan peta pikirannya di depan kelas dan memberikan masukan. Siswa lain diberi kesempatan untuk berkomentar. Guru memberikan penguatan.

·         Setiap siswa kemudian mengembangkan peta pikirannya dan membacakannya di depan kelas. (Creativity and Innovation)

Ayo Menulis

·         Guru dapat memulai kegiatan berikutnya dengan mengajak siswa untuk berdiskusi tentang nilai persatuan di kehidupan sehari-hari. Guru memimpin diskusi secara klasikal.

·         Setiap siswa kemudian menulis rencana penerapan nilai persatuan di dalam kegiatan kelasnya. Tulisan mereka harus memuat paling sedikit dua contoh kegiatan, rencana pelaksanaan kerja sama, siapa saja yang dilibatkan, dan tempat pelaksanaan serta manfaatnya.

·         Siswa menyampaikan hasilnya kepada teman kelompok. Setelah itu, mereka menyampaikannya kepada guru.

(Creativity and Innovation)

 

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Ayo Renungkan

·         Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam Buku Siswa.

·         Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran Buku Guru.

B.    Kerja Sama dengan Orang Tua      

·         Siswa diminta mendiskusikan tentang pentingnya hidup rukun dengan teman bersama orang tua.

·         Siswa menyampaikan hasilnya kepada guru.

C.    Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan Nasionalisme, Persatuan, dan Toleransi

D.    Salam dan doa penutup dipimpin oleh salah satu siswa (Religius)

 

    15

    menit

 

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

  1. Bahasa Indonesia

Tulisan siswa dinilai dengan menggunakan daftar periksa.

Indikator Penilaian

Ada

Tidak Ada

Menyebutkan informasi penting dengan unsur APA secara tepat

 

 

Menyebutkan informasi penting dengan unsur SIAPA secara tepat

 

 

Menyebutkan informasi penting dengan unsur DI MANA secara tepat

 

 

Menyebutkan informasi penting dengan unsur KAPAN secara tepat

 

 

Menyebutkan informasi penting dengan unsur MENGAPA secara tepat

 

 

Menyebutkan informasi penting dengan unsur BAGAIMANA secara tepat

 

 

 

 

  1. PPKn

Produk dinilai dengan daftar periksa.

Indikator Penilaian

Ada

Tidak Ada

Memberikan tiga contoh penerapan nilai persatuan dalam kehidupan sehari-hari

 

 

Menuliskan tiga rencana pelaksanaan nilai persatuan di kelas

 

 

Menuliskan siapa yang terlibat dan tempat pelaksanaan

 

 

Menuliskan manfaat persatuan dalam kehidupan sehari-hari di kelas

 

 

 

  1. Catatan pengamatan sikap (Peduli)

(Contoh terlampir di lampiran pada Buku Guru).

 

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

·         Siswa yang masih memiliki kesulitan dalam menemukan informasi penting dapat melatihnya dengan guru.

·         Guru memilihkan paragraf yang sederhana, kemudian bersama-sama  menemukan informasi penting setahap demi setahap.

2.     Pengayaan

Siswa dapat berlatih menemukan informasi penting dari bahan bacaan lain seperti majalah anak.

 

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.     Lingkungan sekitar

4.     kertas HVS dan alat tulis

5.     Teks bacaan tentang peristiwa penting menjelang Proklamasi Kemerdekaan.

6.     Gambar terkait kerukunan dan persatuan.

 

 

E.    MATERI

  1. Teks bacaan  yang berjudul ”  Pengibar Sang Saka Merah Putih”.
  2. Nilai persatuan di kehidupan sehari-hari.
  3. teks tentang tokoh proklamasi kemerdekaan.

5.     Penggunaan unsur apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana pada peta pikiran dengan tepat.

 

F.    PENDEKATAN & METODE

       Pendekatan            : Scientific

Strategi                  : Cooperative Learning

Teknik                    : Example Non Example

Metode                  : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

 

 

Comments