RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Kelas / Semester : IV/ 1 (Satu) Tema 2 : Selalu Berhemat Energi Sub Tema 3 : Energi Alternatif Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia dan PPKn
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
SUKAHURIP 02
Kelas / Semester :
IV/ 1 (Satu)
Tema 2 : Selalu Berhemat Energi
Sub Tema 3 : Energi Alternatif
Muatan Terpadu :
Bahasa Indonesia dan PPKn
Pembelajaran ke : 6
Alokasi waktu : 1 hari
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan
tetangga.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar,
melihat, membaca) dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.1 Menemutunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang
diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual. |
3.1.1 Menemukan gagasan pokok dan gagasan
pendukung yang diperoleh dari teks visual. |
4.1 Menata informasi yang didapat dari
teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis. |
4.1.1 Menyajikan gagasan pokok dan gagasan
pendukung yang diperoleh dari teks visual. |
PPKn
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan
kewajiban dan hak sebagai warga
masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. |
3.2.1 Menjelaskan hak dan kewajiban sebagai warga
masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. |
4.2 Menyajikan hasil
identifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalamkehidupan sehari-hari. |
4.2.1 Mengomunikasikan pentingnya melaksanakan
hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. |
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Setelah
mengamati gambar dan berdiskusi, siswa mampu menemukan gagasan pokok dan
gagasan pendukung yang diperoleh dari teks visual dengan tepat.
2. Setelah
mengamati gambar dan berdiskusi, siswa mampu menyajikan gagasan pokok dan
gagasan pendukung yang diperoleh dari teks visual dengan benar.
3. Setelah membaca
teks, siswa mampu menjelaskan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam
kehidupan sehari-hari dengan benar.
4. Setelah membaca
teks dan berdiskusi, siswa mampu mengomunikasikan pentingnya kerja sama dalam
melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari dengan percaya diri.
D. MATERI POKOK
1.
Menyajikan teks petunjuk dalam bentuk gambar.
2.
Hak dan kewajiban terhadap lingkungan.
E. METODE PEMBELAJARAN
PendekatanPembelajaran : Saintifik.
MetodePembelajaran :Simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.
F. MEDIA/ ALAT
BANTU DAN SUMBER BELAJAR
Media :
-
Bahan :
Kentang, kabel, dan bola lampu senter.
Sumber Belajar : 1.Buku Guru dan Buku Siswa Kelas
IV, Tema2: Selalu Berhemat Energi,
Subtema 3: Energi
Alternatif, Pembelajaran
6. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi
2017). Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan
Pembuka |
1.
Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek
kehadiran siswa. 2.
Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa. 3.
Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali
setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan
tentang sikap syukur. 4.
Menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan
tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan. 5.
Mintalah siswa untuk memeriksa kerapian diri dan kebersihan
kelas. 6.
Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat, dan
aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan. 7.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap disiplindantanggungjawabyang
akan dikembangkan dalam pembelajaran. 8.
Pembiasaan membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan
kegiatan literasi yang telah dilakukan. 9.
Siswa mengingat
kembali percobaan energi alternatif pada pembelajaran sebelumnya. 10. Siswa juga menerima penjelasan
bahwa ternyata kentang juga dapat menghasilkan energi listrik |
15 menit |
Kegiatan Inti |
1.
Siswa
duduk berpasangan dengan teman di sebelahnya. 2.
Siswa
mendiskusikan cara membuat energi alternatif sederhana yang pernah dilakukan
pada pembelajaran sebelumnya. 3.
Setelah
itu, siswa membaca teks petunjuk membuat energi sederhana dari kentang.Siswa juga diingatkan untuk membaca dengan
teliti setiap detail pada teks petunjuk tersebut. 4.
Siswa
kemudian diminta mengilustrasikan
teks petunjuk dalam bentuk gambar. Siswa menggambar pada kolom di Buku Siswa. 5.
Siswa
memastikan kembali bahwa gambar yang mereka buat telah sesuai dengan teks
petunjuk. 6.
Setelah
semua siswa selesai menggambar kelompok siap, guru meminta siswa untuk saling
menceritakan gambar yang dibuat kepada teman dalam satu kelompok. 7.
Siswa
menerima arahan dari guru untuk mencoba membuat energi alternatif sederhana
bersama orang tua di rumah. 8.
Siswa diminta tetap duduk berpasangan. 9.
Siswa menjawab pertanyaan mengenai alasan
mengembangkan energi alternatif dan manfaatnya bagi kehidupan.Siswa diminta untuk memberikan alasan yang
detail. 10. Siswa mendiskusikan
hasil pekerjaan. Setiap kelompok menyepakati jawaban yang paling tepat. 11. Perwakilan kelompok
siswa mempresentasikan jawabannya di depan kelas. 12. Masih dalam kelompok,
siswa lalu membaca teks di Buku Siwa dengan membaca dalam hati. 13. Siswa kembali diminta
mendiskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan dalam Buku Siswa. 14. Saat diskusi klasikal,
satu kelompok maju ke depan dan mempresentasikan jawabannya. Kelompok yang
lain memberikan masukan dan pendapat tentang hasil yang diberikan. |
110 menit |
Kegiatan
Penutup |
1. Siswa melakukan perenungan dengan menjawab
pertanyaan yang terdapat dalam Buku Siswa halaman 136 dan pertanyaan dari
guru berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran pertama Buku Guru
halaman 173-174. 2. Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran. 3.
Siswa
menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan
selanjutnya. Termasuk menerima penjelasan tentang kegiatan bersama orangtua,
yaitu siswa melakukan percobaan sumber energi alternatif listrik
menggunakan singkong atau kentang dengan orang tua di rumah. Kemudian, siswa
menulis laporan hasil percobaan pada kolom yang terdapat di Buku Siswa. 4. Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplindan tanggungjawab. 5. Siswa melakukan operasi untuk menjaga kebersihankelas. 6. Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa. |
15 menit |
H. PENILAIAN
1.
TeknikPenilaian
a.
Penilaian Sikap
Mencatat hal-hal menonjol (positif atau negatif) yang ditunjukkan siswa
dalam sikap disiplin dan tanggungjawabmelaluijurnal.
b. Penilaian
Pengetahuan
Muatan |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instumen |
Bahasa Indonesia |
3.1.1 Menemukan gagasan pokok dan gagasan
pendukung yang diperoleh dari teks visual. |
Tes tertulis |
Soal pilihanganda Soalisian Soaluraian |
PPKn |
3.2.1 Menjelaskan hak dan kewajiban sebagai warga
masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. |
Tes tertulis |
Soal pilihanganda Soalisian Soaluraian |
c.
Unjuk Kerja
Muatan |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instumen |
Bahasa Indonesia |
4.1.1 Menyajikan gagasan pokok dan gagasan
pendukung yang diperoleh dari teks visual. |
Unjuk hasil |
Rubrik penilaian pada BG halaman 144. |
PPKn |
4.2.1 Mengomunikasikan pentingnya melaksanakan
hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. |
Unjuk hasil |
Rubrik penilaian pada BG halaman
144. |
d.
Pengayaan
Apabila
ada waktu tersisa, siswa bisa berlatih menulis gagasan pokok dan gagasan
pendukung dari teks visual tambahan yang disediakan guru.
e.
Remedial
Siswa
yang belum mampu menentukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dengan baik
dapat diberikan beberapa bahan bacaan yang lebih sederhana dan diminta untuk
menggarisbawahi gagasan pokok paragraf demi paragraf di bawah arahan dari guru.
2.
BentukInstrumenPenilaian
a.
Jurnal
Penilaian Sikap
No. |
Tanggal |
Nama Siswa |
Catatan Perilaku |
Butir Sikap |
Tindak Lanjut |
1. |
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
4. |
|
|
|
|
|
5. |
|
|
|
|
|
b.
Daftar Periksa
untuk Penilaian Bahasa Indonesia
Gambar dinilai dengan daftar periksa.
Kriteria |
Ya |
Tidak |
Seluruh gambar sesuai tema. |
|
|
Setiap gambar tertata dengan baik dan serasi. |
|
|
Menggunakan bahasa ajakan. |
|
|
Menggunakan bahasa yang singkat dan benar. |
|
|
Bahasa mudah dimengerti. |
|
|
Menyeru hemat energi. |
|
|
c.
Catatan Anekdot
Penilaian PPKn
Dinilai dengan catatan anekdot.
No. |
Tanggal |
Nama Siswa |
Catatan Kemampuan Siswa |
Tindak Lanjut |
1. |
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
4. |
|
|
|
|
5. |
|
|
|
|
Refleksi Guru:
Mengetahui, Kepala SDN SUKAHURIP 02 .................................................... NIP.
............................................ |
..............., ..................20... Guru Kelas IV NIP.
........................................3 2 007 |
Comments