RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2018 Kelas / Semester : 5 /1 Tema : Organ Gerak Hewan Dan Manusia Tema 1) Sub Tema : Organ Gerak Hewan (Sub Tema 1) Pembelajaran ke : 5
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2018
Satuan Pendidikan : SD/MI NEGERI SUKAHURIP 02
Kelas / Semester :
5 /1
Tema : Organ Gerak Hewan Dan
Manusia Tema 1)
Sub Tema : Organ Gerak Hewan (Sub Tema
1)
Pembelajaran ke :
5
Alokasi waktu : 1 Hari
A. TUJUAN
- Dengan mengamati gambar , siswa dapat
merangkai sebuah cerita dengan percaya diri.
- Dengan mengamati gambar, siswa dapat
mengetahui ciri-ciri hewan vertebrata dan avertebrata.
- Dengan membaca, siswa dapat menentukan ide
pokok dari masing-masing paragraf dengan tanggung jawab.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pembukaan |
·
Apa yang tergambar
pada sampul buku. ·
Apa judul buku ·
Kira-kira ini
menceritakan tentang apa ·
Pernahkan kamu membaca
judul buku seperti ini |
15 menit |
Inti |
Langkah-Langkah
Pembelajaran ·
Pada awal pembelajaran, guru meminta siswa untuk
mecermati gambar ilustrasi. ·
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
memberikan tanggapan terhadap gambar yang diamatinya. ·
Setelah semua siswa memberikan tanggapan, guru
memberikan penguatan dan penjelasan gambar dan kaitannya dengan
materi yang akan dipelajari. ·
Setelah semua siswa memahami apa yang dimaksud guru,
siswa kembali mengamati gambar untuk kemudian dibandingkan. A.
Ayo Mengamati · Siswa memerhatikan
gambar kelinci yang merupakan hewan vertebrata dan hewan siput yang merupakan
hewan avertebrata. ·
Selesai mengamati
gambar, siswa menuliskan perbandingan karakteristik kelinci dengan siput. B.
Ayo Mengamati
C. Ayo Berkreasi
D. Ayo Berdiskusi
E. Ayo Membaca
F. Ayo Berkreasi
G. Kerja Sama dengan Orang Tua
|
140 menit |
|
||
Penutup |
1. Siswa mampu mengemukan hasil belajar hari ini 2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan 3. Siswa diberikan kesempatan
berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.. 4.
Menyanyikan salah satu
lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi. 5.
Salam dan do’a penutup
di pimpin oleh salah satu siswa. |
15 enit |
C.
PENILAIAN
(ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian.
|
Mengetahui Kepala Sekolah, .........................................
NIP. .................... |
.........., Juli .... Guru Kelas 5 ....................... NIP.
.................... |
||
|
|
|
||
Comments