RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Tokoh dan Penemuan (Tema 3) Sub Tema : Penemuan dan Manfaatnya (Sub Tema 2) Muatan Terpadu : PPkN, Bahasa Indonesia Pembelajaran ke : 6
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : 6 /1
Tema : Tokoh dan Penemuan
(Tema 3)
Sub Tema : Penemuan dan Manfaatnya (Sub
Tema 2)
Muatan Terpadu : PPkN, Bahasa Indonesia
Pembelajaran ke
: 6
Alokasi waktu
: 1 hari
A. TUJUAN
1. Dengan membaca, siswa mampu menyebutkan informasi
penting dari teks eksplanasi yang dibaca tentang manfaat penemuan pensil dengan tepat.
2. Setelah membaca, siswa mampu menuliskan informasi
penting dari teks eksplanasi yang dibaca tentang manfaat penemuan pensil dalam bentuk peta pikiran dengan
sistematis.
3. Dengan diskusi, siswa mampu mengidentifikasi contoh
manfaat kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
4. Setelah diskusi, siswa mampu menjelaskan
pentingnya bertanggung jawab atas
kewajiban yang harus dijalankan dan
contohnya dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
|
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran Ayo Membaca ·
Siswa membaca senyap teks
eksplanasi ilmiah tentang penemuan pensil dan manfaatnya dari teks berjudul
“Si Kecil dengan Banyak Manfaat”. ·
Siswa menuliskan
jawaban pada diagram yang tersedia dan disesuaikan dengan urutan paragraf
pada teks eksplanasi ilmiah. Pastikan siswa memahami bagian-bagian yang
ditulis dalam diagram. ·
Siswa menemukan
kata-kata bercetak miring pada teks eksplanasi tersebut, kemudian
menuliskannya pada tabel yang tersedia dan akan dibahas pada pembelajaran di
minggu berikutnya. (Mandiri) ·
Siswa mengingat kembali
arti dari hak dan kewajiban. Kerja Mandiri: ·
Siswa kembali membaca
senyap cerita pendek yang sama tentang seorang anak yang diberikan hak oleh
orang tuanya sekaligus menjalankan kewajibannya dengan bertanggung jawab. ·
Siswa menganalisis dan
mengidentifikasi kewajiban anak dalam cerita tersebut. (Critical Thinking and Problem
Formulation) ·
Siswa menuliskan
jawaban dalam peta pikiran yang tersedia. ·
Siswa saling mendiskusikan dan melengkapi
jawaban bersama teman yang lain. ·
Siswa melakukan
refleksi atau perenungan tentang sikap mereka selama ini, jika mereka telah
bertanggung jawab terhadap hak-hak yang telah didapatkan. ·
Siswa menuliskannya
dalam peta pikiran yang tersedia.(Mandiri) |
140 menit |
|
|
|||
Kegiatan Penutup |
A. Kerja Sama dengan
Orang Tua Siswa bersama kedua
orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di
lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15 menit |
|
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru
untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian
digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
1. Bahasa Indonesia
Diagram siswa menemukan informasi penting dari teks tulis
eksplanasi ilmiah tentang penemuan pensil diperiksa menggunakan rubrik berikut.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
|
Isi teks eksplanasi |
Pernyataan Umum |
Menuliskan topik utama bacaan dengan tepat |
Menuliskan topik utama bacaan dengan cukup
tepat |
Menuliskan topik utama bacaan dengan kurang
tepat |
Belum mampu menuliskan topik utama bacaan dengan tepat |
Penjelasan |
Menuliskan fakta yang mendukung topik bacaan dengan lengkap dan berurutan |
Menuliskan fakta yang mendukung topik bacaan dengan cukup lengkap dan cukup
berurutan |
Menuliskan fakta yang mendukung topik bacaan dengan kurang lengkap dan
kurang berurutan |
Belum mampu menuliskan fakta yang mendukung topik bacaan dengan lengkap dan berurutan |
|
Kesimpulan Umum |
Menuliskan kesimpulan umum dan pendapat penulis dengan tepat |
Menuliskan kesimpulan umum dan pendapat penulis dengan cukup
tepat |
Menuliskan kesimpulan umum dan pendapat penulis dengan kurang tepat |
Belum mampu menuliskan kesimpulan umum dan pendapat penulis dengan tepat |
|
Penyajian isi teks dalam peta pikiran |
Menyajikan peta pikiran dengan rapi dan sistematis. |
Menyajikan peta pikiran dengan cukup rapi dan sistematis. |
Menyajikan peta pikiran dengan kurang
rapi dan kurang
sistematis. |
Belum mampu menyajikan peta pikiran dengan rapi dan sistematis. |
|
Sikap Kemandirian |
Tugas diselesaikan dengan mandiri |
Sebagian besar tugas
diselesaikan dengan mandiri |
Tugas diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru |
Belum dapat
menyelesaikan tugas meski telah diberikan motivasi dan bimbingan |
2.
PPKn
Peta pikiran siswa tentang hak dan tangung jawab dinilai
menggunakan
rubrik berikut ini.
Aspek |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari. |
Memberikan 10 contoh hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga, sekolah dan keluarga. |
Memberikan
5-9 contoh hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga, sekolah dan keluarga. |
Memberikan
1-4 contoh hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga, sekolah dan keluarga. |
Belum mampu memberikan
contoh hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga, sekolah dan keluarga. |
Pelaksanaan tanggung jawab atas hak dan kewajiban sebagai warga negara. |
Menceritakan
5 pengalaman bertanggung jawab atas hak dan kewajiban sebagai warga, sekolah dan keluarga. |
Menceritakan
3-4 pengalaman bertanggung jawab atas hak dan kewajiban sebagai warga, sekolah dan keluarga. |
Menceritakan
2 pengalaman bertanggung jawab atas hak dan kewajiban sebagai warga, sekolah dan keluarga. |
Belum mampu menceritakan
pengalaman bertanggung jawab atas hak dan kewajiban sebagai warga, sekolah dan keluarga. |
Sikap : Tanggung Jawab |
Bertanggung jawab pada tugas dengan meyelesaikannya tepat waktu dengan hasil yang rapi. |
Cukup bertanggung jawab pada tugas dengan meyelesaikannya tepat waktu dengan hasil yang cukup
rapi. |
Kurang bertanggung jawab pada tugas dengan meyelesaikannya tidak tepat
waktu dengan hasil tidak rapi. |
Belum bertanggung jawab pada tugas dengan tidak meyelesaikan tepat waktu. |
C. Remedial dan Pengayaan
1. Remedial
·
Bagi siswa yang belum memahami materi tentang
kewajiban, dapat dibimbing guru mengulang kembali materi tersebut.
2. Pengayaan
·
iswa dapat melakukan wawancara kepada guru dan staf
sekolah tentang pengalaman melakukan kewajiban serta manfaatnya bagi diri
sendiri dan lingkungan sekitar.
D. SUMBER DAN MEDIA
1. Buku
Pedoman Guru Tema 1
Kelas 6 dan
Buku Siswa Tema 3
Kelas 6
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2018).
2. Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3. Lingkungan sekitar
4. kertas
HVS dan
alat tulis
5. Buku UUD 1945 untuk kegiatan pada pelajaran PPKn
E. MATERI
- Teks bacaan yang berjudul “Si Kecil dengan Banyak Manfaat”.
- Hak dan kewajiba warga
masyarakat.
- Manfaat kewajiban dalam kehidupan sehari- hari.
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
Comments