RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Tokoh dan Penemuan (Tema 3) Sub Tema : Penemuan dan Manfaatnya (Sub Tema 2) Muatan Terpadu : PPkN, Bahasa Indonesia Pembelajaran ke : 6

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020


Satuan Pendidikan       : SDN SUKAHURIP 02

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Tokoh dan Penemuan (Tema 3)

Sub Tema                   : Penemuan dan Manfaatnya (Sub Tema 2)

Muatan Terpadu            :  PPkN, Bahasa Indonesia

Pembelajaran ke        :  6

Alokasi waktu             :  1 hari

 

A.    TUJUAN

1.     Dengan membaca, siswa mampu menyebutkan informasi penting dari teks eksplanasi yang dibaca tentang manfaat penemuan  pensil dengan tepat.

2.     Setelah membaca, siswa mampu menuliskan informasi penting dari teks eksplanasi yang dibaca tentang manfaat penemuan  pensil dalam bentuk peta pikiran dengan sistematis.

3.     Dengan diskusi, siswa mampu mengidentifikasi contoh manfaat kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

4.     Setelah diskusi, siswa mampu menjelaskan pentingnya  bertanggung jawab atas kewajiban yang harus dijalankan dan  contohnya dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Ayo Membaca

·         Siswa membaca senyap teks eksplanasi ilmiah tentang penemuan pensil dan manfaatnya dari teks berjudul “Si Kecil dengan Banyak Manfaat”.

·         Siswa menuliskan jawaban pada diagram yang tersedia dan disesuaikan dengan urutan paragraf pada teks eksplanasi ilmiah. Pastikan siswa memahami bagian-bagian yang ditulis  dalam diagram.

·         Siswa menemukan kata-kata bercetak miring pada teks eksplanasi tersebut, kemudian menuliskannya pada tabel yang tersedia dan akan dibahas pada pembelajaran di minggu berikutnya. (Mandiri)

 

·         Siswa mengingat kembali arti dari hak dan kewajiban.

 Kerja Mandiri:

·         Siswa kembali membaca senyap cerita pendek yang sama tentang seorang anak yang diberikan hak oleh orang tuanya sekaligus menjalankan kewajibannya dengan bertanggung jawab.

·         Siswa menganalisis dan mengidentifikasi kewajiban anak dalam cerita tersebut. (Critical Thinking and Problem Formulation)

·         Siswa menuliskan jawaban dalam peta pikiran yang tersedia.

·          Siswa saling mendiskusikan dan melengkapi jawaban bersama teman yang lain.

·         Siswa melakukan refleksi atau perenungan tentang sikap mereka selama ini, jika mereka telah bertanggung jawab terhadap hak-hak yang telah didapatkan.

·         Siswa menuliskannya dalam peta pikiran yang tersedia.(Mandiri)

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

1.     Bahasa Indonesia

Diagram siswa menemukan informasi penting dari teks tulis eksplanasi ilmiah tentang penemuan pensil diperiksa  menggunakan rubrik berikut.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Isi teks

eksplanasi

Pernyataan

Umum

Menuliskan

topik utama

bacaan

dengan tepat

Menuliskan topik

utama bacaan

dengan cukup 

tepat

Menuliskan topik

utama bacaan

dengan kurang 

tepat

Belum mampu

menuliskan topik

utama bacaan

dengan tepat

 

Penjelasan

Menuliskan

fakta yang

mendukung

topik bacaan

dengan

lengkap dan

berurutan

Menuliskan

fakta yang

mendukung

topik bacaan

dengan cukup

lengkap dan

cukup  berurutan

Menuliskan fakta

yang mendukung

topik bacaan

dengan kurang

lengkap dan 

kurang berurutan

Belum mampu

menuliskan fakta

yang mendukung

topik bacaan

dengan lengkap

dan berurutan

Kesimpulan

Umum

Menuliskan

kesimpulan

umum dan

pendapat

penulis

dengan tepat

Menuliskan

kesimpulan

umum dan

pendapat

penulis dengan

cukup  tepat

Menuliskan

kesimpulan

umum dan

pendapat penulis

dengan kurang

tepat

Belum mampu

menuliskan

kesimpulan umum

dan pendapat

penulis dengan

tepat

Penyajian isi teks

dalam peta pikiran

Menyajikan

peta pikiran

dengan rapi dan

sistematis.

Menyajikan peta

pikiran dengan

cukup rapi dan

sistematis.

Menyajikan peta

pikiran dengan

kurang  rapi

dan kurang 

sistematis.

Belum mampu

menyajikan

peta pikiran

dengan rapi dan

sistematis.

Sikap Kemandirian

Tugas

diselesaikan

dengan

mandiri

Sebagian

besar tugas 

diselesaikan

dengan mandiri

Tugas

diselesaikan

dengan motivasi

dan bimbingan

guru

Belum dapat 

menyelesaikan

tugas meski telah

diberikan motivasi

dan bimbingan

 

2.   PPKn 

Peta pikiran siswa tentang hak dan tangung jawab dinilai menggunakan

rubrik berikut ini.

Aspek

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Hak, kewajiban,

dan tanggung

jawab sebagai

warga negara

dalam

kehidupan

sehari-hari.

Memberikan

10 contoh hak,

kewajiban, dan

tanggung jawab

sebagai warga,

sekolah dan

keluarga.

Memberikan 

5-9 contoh hak,

kewajiban, dan

tanggung jawab

sebagai warga,

sekolah dan

keluarga.

Memberikan 

1-4 contoh hak,

kewajiban, dan

tanggung jawab

sebagai warga,

sekolah dan

keluarga.

Belum mampu

memberikan  contoh

hak, kewajiban,

dan tanggung

jawab sebagai

warga, sekolah dan

keluarga.

Pelaksanaan

tanggung

jawab atas hak

dan kewajiban

sebagai warga

negara.

Menceritakan  5

pengalaman

bertanggung jawab

atas hak dan

kewajiban sebagai

warga, sekolah dan

keluarga.

Menceritakan 

3-4 pengalaman

bertanggung

jawab atas hak

dan kewajiban

sebagai warga,

sekolah dan

keluarga.

Menceritakan  2

pengalaman

bertanggung jawab

atas hak dan

kewajiban sebagai

warga, sekolah dan

keluarga.

Belum mampu

menceritakan  

pengalaman

bertanggung jawab

atas hak dan

kewajiban sebagai

warga, sekolah dan

keluarga.

Sikap :

Tanggung

Jawab

Bertanggung jawab

pada tugas dengan

meyelesaikannya

tepat waktu

dengan hasil yang

rapi.

Cukup 

bertanggung

jawab pada

tugas dengan

meyelesaikannya

tepat waktu

dengan hasil yang

cukup  rapi.

Kurang

bertanggung jawab

pada tugas dengan

meyelesaikannya

tidak tepat  waktu

dengan hasil tidak

rapi.

Belum bertanggung

jawab pada tugas

dengan tidak

meyelesaikan tepat

waktu.

 

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

·         Bagi siswa yang belum memahami materi tentang kewajiban, dapat dibimbing guru mengulang kembali materi tersebut.

2.     Pengayaan

·         iswa dapat melakukan wawancara kepada guru dan staf sekolah tentang pengalaman melakukan kewajiban serta manfaatnya bagi diri sendiri dan lingkungan sekitar.

 

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 3 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.     Lingkungan sekitar

4.     kertas HVS dan alat tulis

5.     Buku UUD 1945 untuk kegiatan pada pelajaran PPKn

 

 

E.    MATERI

  1. Teks bacaan  yang berjudul “Si Kecil dengan Banyak Manfaat”.
  2.  Hak dan kewajiba warga masyarakat.
  3. Manfaat kewajiban dalam kehidupan sehari- hari.

 

F.    PENDEKATAN & METODE

       Pendekatan            : Scientific

Strategi                  : Cooperative Learning

Teknik                    : Example Non Example

Metode                  : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

 

 

 

 

 

Comments