RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema : Hewan Sahabatku (Sub Tema 2) Muatan Terpadu : PPkn, SBdP Pembelajaran ke : 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SD/MI NEGERI SUKAHURIP 02
Kelas / Semester :
6 /1
Tema : Selamatkan Makhluk
Hidup (Tema 1)
Sub Tema : Hewan Sahabatku (Sub Tema
2)
Muatan Terpadu : PPkn, SBdP
Pembelajaran ke :
2
Alokasi waktu :
1 hari
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah berdiskusi, siswa mampu menemukan tiga contoh
pelaksanaan sila keempat Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
2. Setelah berdiskusi, siswa mampu menerapkan dua kegiatan
yang sesuai dengan sila keempat Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan
benar.
3. Setelah mengamati berbagai contoh patung nusantara, siswa
mampu merencanakan desain patung dan maknanya secara rinci.
4. Dengan menggunakan bahan tanah liat, lilin malam, atau
adonan plastisin, siswa mampu membuat patung dengan rinci.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran ·
Sebelum memulai pembelajaran, guru
mengajak siswa untuk bercurah pendapat tentang pengalaman berkunjung ke
tempat yang tidak menyenangkan. Apa
yang mereka lakukan? Ayo
Mencoba ·
Siswa melanjutkan kegiatan dengan
membaca teks bacaan. Guru kemudian mengajukan pertanyaan untuk mengecek
pemahaman siswa. ·
Secara individu, siswa menjawab
pertanyaan yang ada di buku teks dan menukarkan jawabannya dengan teman
sekelompok. Mereka kemudian mendiskusikan jawabannya. ·
Guru mendiskusikan jawabannya secara
klasikal. Guru meminta salah seorang dari siswa untuk mempresentasikan hasilnya. Siswa lain bisa memberikan
komentar atau mempertanyakan isi persentasi. ·
Di akhir kegiatan, guru bersama siswa
mendiskusikan kembali tentang pengamalan nilai Pancasila. (Critical
Thinking and Problem Formulation) ·
Secara individu siswa harus menemukan
contoh pengamalan sila keempat dalam kehidupan sehari-hari dan penerapannya. (Mandiri) ·
Guru menerangkan daftar periksa yang
akan digunakan dalam penilaian. Ayo
Berkreasi ·
Siswa mengamati patung tanah liat.
Kalau memungkinkan, guru dapat membawa contoh patung asli. ·
Siswa menuliskan beberapa rencana
model patung dan mendiskusikannya dengan teman sebelah. Mereka mendiskusikan pilihan rancangan, makna, dan
alasannya.
·
Siswa akhirnya harus memilih salah
satu dari beberapa model patung dan mulai membuatnya. (Creativity
and Innovation) |
140
menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
A. Ayo Renungkan ·
Siswa melakukan
perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam Buku Siswa. ·
Guru dapat menambahkan
pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran Buku
Guru. B.
Kerja Sama dengan Orang Tua ·
Siswa diminta
berdiskusi bersama orangtua bagaimana caranya menerapkan nilai-nilai dari
sila keempat di lingkungan sekitar rumah. ·
Siswa menyampaikan
hasilnya kepada guru. C.
Menyanyikan salah satu
lagu daerah untuk menumbuhkan Nasionalisme,
Persatuan, dan Toleransi D.
Salam dan doa penutup
dipimpin oleh salah satu siswa (Religius)
|
15
menit |
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil
pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi
peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan
kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap
materi ini dapat dilakukan sesuai
kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1. PPKn
Tulisan siswa dinilai dengan daftar periksa.
Indikator
Penilaian |
Ada
dan Benar |
Tidak
Benar |
Memberikan
3 contoh penerapan sila keempat dalam kehidupan sehari-hari |
|
|
Menuliskan
pelaksanaan2 kegiatan terkait penerapan sila keempat dalam kehidupan
sehari-hari |
|
|
2.
SBdP
Catatan anekdot untuk mencatat proses pengerjaan patung.
(keterampilan, kemandirian, kreatifitas, kerapian, kedisiplinan
dalam berkarya)
3.
Catatan
anekdot untuk mencatat sikap (tanggung jawab)
(Contoh terlampir di lampiran
pada Buku Guru).
C. Remedial dan Pengayaan
1. Remedial
·
Siswa yang belum memahami konsep operasi bilangan
hitung campur dapat belajar dengan guru.
·
Kegiatan dapat dilakukan untuk beberapa siswa
sekaligus dengan menggunakan benda konkrit.
2. Pengayaan
Siswa dapat membuat dua soal matematika dan disimpan di meja. Soal-soal ini kemudian dikerjakan oleh
temannya.
D. SUMBER DAN MEDIA
1.
Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 6
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2018).
2.
Media
Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3.
Lingkungan
sekitar
4.
kertas
HVS
dan alat tulis
5.
Tanah
liat/lilin malam/ plastisin.
6.
Patung
nusantara (apabila ada).
Comments