RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema : Hewan Sahabatku (Sub Tema 2) Muatan Terpadu : PPkn, SBdP Pembelajaran ke : 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020


Satuan Pendidikan       : SD/MI NEGERI SUKAHURIP 02

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1)

Sub Tema                   : Hewan Sahabatku (Sub Tema 2)

Muatan Terpadu            :  PPkn, SBdP

Pembelajaran ke        :  2

Alokasi waktu             :  1 hari

 

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menemukan tiga contoh pelaksanaan sila keempat Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

2.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menerapkan dua kegiatan yang sesuai dengan sila keempat Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

3.     Setelah mengamati berbagai contoh patung nusantara, siswa mampu merencanakan desain patung dan maknanya secara rinci.

4.     Dengan menggunakan bahan tanah liat, lilin malam, atau adonan plastisin, siswa mampu membuat patung dengan rinci.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

·         Sebelum memulai pembelajaran, guru mengajak siswa untuk bercurah pendapat tentang pengalaman berkunjung ke tempat yang tidak menyenangkan.

Apa yang mereka lakukan?

 

Ayo Mencoba

·         Siswa melanjutkan kegiatan dengan membaca teks bacaan. Guru kemudian mengajukan pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.

·         Secara individu, siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku teks dan menukarkan jawabannya dengan teman sekelompok. Mereka kemudian mendiskusikan jawabannya.

·         Guru mendiskusikan jawabannya secara klasikal. Guru meminta salah seorang dari siswa untuk mempresentasikan  hasilnya. Siswa lain bisa memberikan komentar atau mempertanyakan isi persentasi.

·         Di akhir kegiatan, guru bersama siswa mendiskusikan kembali tentang pengamalan nilai Pancasila.

(Critical Thinking and Problem Formulation)

 

·         Secara individu siswa harus menemukan contoh pengamalan sila keempat dalam kehidupan sehari-hari dan penerapannya. (Mandiri)

·         Guru menerangkan daftar periksa yang akan digunakan dalam penilaian.

 

Ayo Berkreasi

·         Siswa mengamati patung tanah liat. Kalau memungkinkan, guru dapat membawa contoh patung asli.

·         Siswa menuliskan beberapa rencana model patung dan mendiskusikannya dengan teman sebelah. Mereka  mendiskusikan pilihan rancangan, makna, dan alasannya.

 

 

 

·         Siswa akhirnya harus memilih salah satu dari beberapa model patung dan mulai membuatnya.

(Creativity and Innovation)

 

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Ayo Renungkan

·         Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam Buku Siswa.

·         Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran Buku Guru.

B.    Kerja Sama dengan Orang Tua      

·         Siswa diminta berdiskusi bersama orangtua bagaimana caranya menerapkan nilai-nilai dari sila keempat di lingkungan sekitar rumah.

·         Siswa menyampaikan hasilnya kepada guru.

C.    Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan Nasionalisme, Persatuan, dan Toleransi

D.    Salam dan doa penutup dipimpin oleh salah satu siswa (Religius)

    15

    menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

1.     PPKn

Tulisan siswa dinilai dengan daftar periksa.

 

Indikator Penilaian

Ada dan Benar

Tidak Benar

Memberikan 3 contoh penerapan sila keempat dalam kehidupan sehari-hari

 

 

Menuliskan pelaksanaan2 kegiatan terkait penerapan sila keempat dalam kehidupan sehari-hari

 

 

 

 

2.     SBdP

Catatan anekdot untuk mencatat proses pengerjaan patung. 

(keterampilan, kemandirian, kreatifitas, kerapian, kedisiplinan dalam berkarya)

 

3.     Catatan anekdot untuk mencatat sikap (tanggung jawab)

(Contoh terlampir di lampiran  pada Buku Guru).

 

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

·         Siswa yang belum memahami konsep operasi bilangan hitung campur dapat belajar dengan guru.

·         Kegiatan dapat dilakukan untuk beberapa siswa sekaligus dengan menggunakan benda konkrit.

 

2.     Pengayaan

Siswa dapat membuat dua soal matematika dan disimpan di meja.  Soal-soal ini kemudian dikerjakan oleh temannya.

 

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.     Lingkungan sekitar

4.     kertas HVS dan alat tulis

5.     Tanah liat/lilin malam/ plastisin.

6.     Patung nusantara (apabila ada).

 

 

 

 

Comments