RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema : Tumbuhan Sahabatku (Sub Tema 1) Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, PPkN Pembelajaran ke : 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SD/MI NEGERI SUKAHURIP 02
Kelas / Semester :
6 /1
Tema : Selamatkan Makhluk
Hidup (Tema 1)
Sub Tema : Tumbuhan Sahabatku (Sub
Tema 1)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, PPkN
Pembelajaran ke :
4
Alokasi waktu :
1 hari
A.
TUJUAN
1.
Setelah membaca contoh beberapa kesimpulan, siswa mampu menyebutkan
ciri-ciri kesimpulan yang baik dengan benar.
2.
Setelah berdiskusi, siswa mampu merumuskan komponen kesimpulan yang baik
dengan benar.
3.
Setelah mengamati gambar situasi, siswa mampu menemukan tiga contoh
pelaksanaan sila ketiga dari sila Pancasila dalam kehidupansehari-hari dengan
benar.
Setelah berdiskusi, siswa mampu melakukan refleksi terkait penerapan sila
ketiga dari sila Pancasila dengan benar.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran Guru menunjukkan tumbuhan dalam pot dan mengajak siswa
untuk memberikan pendapatnya tentang manfaat-manfaat tumbuhan. Mengingat manfaatnya yang banyak, siswa diajak untuk
menjaga tumbuhan di sekitar. Siswa mengerjakan tugas yang ada di buku pelajaran
tentang manfaat tumbuhan dalam kehidupan, yaitu sebagai sumber oksigen. Ayo Membaca ·
Siswa membaca
instruksi yang ada di buku teks dan membaca teks bacaan. ·
Guru mengajak siswa
membaca paragraf I dalam hati dan membaca kesimpulan yang ada di buku. Guru
mengajak siswa menemukan ciri-ciri kesimpulan yang baik. Seorang siswa dapat
menyampaikan pendapatnya dan guru memberikan penguatan. (Creativity and Innovation) ·
Guru melanjutkan
kegiatan untuk paragraf kedua dengan kegiatan yang sama. ·
Setiap siswa diminta
untuk membuat ciri-ciri kesimpulan yang baik. Pekerjaan siswa diperlihatkan
kepada guru. ·
Guru memberikan
informasi tentang daftar periksa yang akan digunakan untuk menilai pekerjaan
siswa. ·
Guru memberikan
penguatan tentang apa yang dimaksud dengan kesimpulan yang baik. Ayo Berdiskusi ·
Siswa melanjutkan
kegiatan dengan mengamati gambar dan menjawab pertanyaan dan mendiskusikannya
dengan teman kelompoknya. ·
Guru mendiskusikan
jawaban siswa secara klasikal. Guru meminta salah seorang dari siswa untuk
mempresentasikan hasilnya. Siswa lain bisa memberikan komentar atau
mempertanyakan isi dari yang dipresentasikan. ·
Siswa secara individu
harus menemukan contoh pengamalan sila ketiga dalam kehidupan sehari-hari dan
penerapannya. ·
Guru menerangkan
daftar periksa yang akan digunakan dalam penilaian ·
Di akhir kegiatan,
guru bersama siswa mendiskusikan kembali tentang pengamalan nilai Pancasila
terkait sila ketiga. (Critical Thinking and Problem Formulation) |
140
menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
A. Kerja Sama dengan
Orang Tua Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai
warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15
menit |
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil
pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi
peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan
kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap
materi ini dapat dilakukan sesuai
kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1.
Bahasa Indonesia
Penilaian
tulisan tentang ciri-ciri kesimpulan yang baik dinilai dengan daftar
periksa.
Indikator Penilaian |
Ada dan Benar |
Tidak Benar |
Ciri-ciri memuat jenis kosakata
yang harus digunakan |
|
|
Ciri–ciri memuat tentang
hubungannya dengan ide pokok |
|
|
Ciri–ciri memuat tentang
hubungannya dengan tujuan dari kesimpulan |
|
|
2.
PPKn
Tulisan
dinilai dengan daftar periksa.
Indikator Penilaian |
Ada dan Benar |
Tidak Benar |
Memberikan 3 contoh penerapan sila
ketiga dalamkehidupan sehari-hari |
|
|
Menyebutkan sikap yang sudah
dilaksanakan terkait sila ketiga |
|
|
Menyebutkan sikap yang belum
dilaksanakan terkait sila ketiga |
|
|
Menyebutkan rencana perbaikan atas
sikap yang belum sesuai dengan sila ketiga |
|
|
3.
Catatan Anekdot untuk mencatat sikap
(peduli)
(Contoh
terlampir di bagian lampiran Buku Guru).
C. Remedial dan Pengayaan
1. Remedial
·
Siswa yang belum memahami konsep operasi hitung
campuran dapat dibimbing oleh guru. Pertama, guru harus memastikan bahwa siswa
memahami soal cerita yang ada. Kemudian dibimbing untuk memahami konsep urutan
operasi bilangannya.
·
Kegiatan
dapat dilakukan untuk beberapa siswa sekaligus.
2. Pengayaan
Semua soal siswa dikumpulkan di pojok kelas dan siswa lain dapat
memilihnya untuk dikerjakan di waktu luang.
D. SUMBER DAN MEDIA
1.
Buku
Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6
dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 6
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
2018).
2. Media
Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3. Lingkungan
sekitar
4. alat
tulis
5. Tumbuhan
dalam pot
Comments