RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema : Tumbuhan Sahabatku (Sub Tema 1) Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, PPkN Pembelajaran ke : 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020


Satuan Pendidikan       : SD/MI NEGERI SUKAHURIP 02

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1)

Sub Tema                   : Tumbuhan Sahabatku (Sub Tema 1)

Muatan Terpadu            :  Bahasa Indonesia, PPkN

Pembelajaran ke        :  4

Alokasi waktu             :  1 hari

 

 

A.    TUJUAN

1.     Setelah membaca contoh beberapa kesimpulan, siswa mampu menyebutkan ciri-ciri kesimpulan yang baik dengan benar.

2.     Setelah berdiskusi, siswa mampu merumuskan komponen kesimpulan yang baik dengan benar.

3.     Setelah mengamati gambar situasi, siswa mampu menemukan tiga contoh pelaksanaan sila ketiga dari sila Pancasila dalam kehidupansehari-hari dengan benar.

Setelah berdiskusi, siswa mampu melakukan refleksi terkait penerapan sila ketiga dari sila Pancasila dengan benar.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Guru menunjukkan tumbuhan dalam pot dan mengajak siswa untuk memberikan pendapatnya tentang manfaat-manfaat tumbuhan.

Mengingat manfaatnya yang banyak, siswa diajak untuk menjaga tumbuhan di sekitar.

Siswa mengerjakan tugas yang ada di buku pelajaran tentang manfaat

tumbuhan dalam kehidupan, yaitu sebagai sumber oksigen.

 

Ayo Membaca

·         Siswa membaca instruksi yang ada di buku teks dan membaca teks bacaan.

·         Guru mengajak siswa membaca paragraf I dalam hati dan membaca kesimpulan yang ada di buku. Guru mengajak siswa menemukan ciri-ciri kesimpulan yang baik. Seorang siswa dapat menyampaikan pendapatnya dan guru memberikan penguatan. (Creativity and Innovation)

·         Guru melanjutkan kegiatan untuk paragraf kedua dengan kegiatan yang sama.

·         Setiap siswa diminta untuk membuat ciri-ciri kesimpulan yang baik. Pekerjaan siswa diperlihatkan kepada guru.

·         Guru memberikan informasi tentang daftar periksa yang akan digunakan untuk menilai pekerjaan siswa.

·         Guru memberikan penguatan tentang apa yang dimaksud dengan kesimpulan yang baik.

 

Ayo Berdiskusi

·         Siswa melanjutkan kegiatan dengan mengamati gambar dan menjawab pertanyaan dan mendiskusikannya dengan teman kelompoknya.

·         Guru mendiskusikan jawaban siswa secara klasikal. Guru meminta salah seorang dari siswa untuk mempresentasikan hasilnya. Siswa lain bisa memberikan komentar atau mempertanyakan isi dari yang dipresentasikan.

·         Siswa secara individu harus menemukan contoh pengamalan sila ketiga dalam kehidupan sehari-hari dan penerapannya.

·         Guru menerangkan daftar periksa yang akan digunakan dalam penilaian

·         Di akhir kegiatan, guru bersama siswa mendiskusikan kembali tentang pengamalan nilai Pancasila terkait sila ketiga.

(Critical Thinking and Problem Formulation)

 

 

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

 

1.       Bahasa Indonesia

Penilaian tulisan tentang ciri-ciri kesimpulan yang baik dinilai dengan daftar

periksa.

Indikator Penilaian

Ada dan Benar

Tidak Benar

Ciri-ciri memuat jenis kosakata yang harus digunakan

 

 

Ciri–ciri memuat tentang hubungannya dengan ide pokok

 

 

Ciri–ciri memuat tentang hubungannya dengan tujuan dari kesimpulan

 

 

 

2.       PPKn

Tulisan dinilai dengan daftar periksa.

Indikator Penilaian

Ada dan Benar

Tidak Benar

Memberikan 3 contoh penerapan sila ketiga dalamkehidupan sehari-hari

 

 

Menyebutkan sikap yang sudah dilaksanakan terkait sila ketiga

 

 

Menyebutkan sikap yang belum dilaksanakan terkait sila ketiga

 

 

Menyebutkan rencana perbaikan atas sikap yang belum sesuai dengan sila ketiga

 

 

 

3.          Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (peduli)

(Contoh terlampir di bagian lampiran Buku Guru).

 

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

·      Siswa yang belum memahami konsep operasi hitung campuran dapat dibimbing oleh guru. Pertama, guru harus memastikan bahwa siswa memahami soal cerita yang ada. Kemudian dibimbing untuk memahami konsep urutan operasi bilangannya.

·       Kegiatan dapat dilakukan untuk beberapa siswa sekaligus.

 

2.     Pengayaan

Semua soal siswa dikumpulkan di pojok kelas dan siswa lain dapat memilihnya untuk dikerjakan di waktu luang.

 

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.       Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.       Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.       Lingkungan sekitar

4.       alat tulis

5.       Tumbuhan dalam pot

 

 

 

 

 

Comments