RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Globalisasi (Tema 4) Sub Tema : Globalisasi dan Cinta Tanah Air (Sub Tema 3) Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA, IPS Pembelajaran ke : 1
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas /
Semester : 6 /1
Tema : Globalisasi (Tema 4)
Sub
Tema :
Globalisasi dan Cinta Tanah Air (Sub Tema 3)
Muatan
Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA, IPS
Pembelajaran
ke : 1
Alokasi
waktu : 1 hari
A. TUJUAN
1. Dengan membaca, siswa mampu mengidentifikasi
ciri-ciri kosakata baku pada teks yang dibaca dengan tepat.
2. Dengan membaca, siswa mampu menulis informasi
penting dari teks ekplanasi yang dibaca dalam bentuk tulisan dan visual dengan
kalimat efektif dan kosakata baku dengan sistematis.
3. Dengan mencari dan mengolah informasi, siswa mampu
menyajikan informasi tentang peran Indonesia dalam berbagai bentuk kerja sama
di bidang IPTEK dalam lingkup ASEAN dengan mandiri.
4. Dengan mencari dan mengolah informasi, siswa mampu
menyajikan informasi tentang peran Indonesia di bidang IPTEK dalam lingkup ASEAN
dengan mandiri.
5. Dengan pengamatan, siswa, mampu menjelaskan manfaat
sumber alternatif energi listrik dengan tepat.
6. Dengan pengamatan, siswa mampu menjelaskan prinsip
kerja sel surya sebagai sumber alternatif energi listrik dengan sistematis.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
|
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran Kegiatan Pembuka: ·
Guru memberikan
penguatan tentang globalisasi, dampak postif dan negatifnya, serta
memanfaatkan kemajuan teknologi informasi di era globalisasi untuk hal-hal
yang positif. ·
Guru dapat
menceritakan beberapa prestasi anak-anak Indonesia di tingkat internasional,
seperti berikut ini: ·
Guru dapat mengajukan
beberapa pertanyaan tentang pentingnya memiliki sikap cinta tanah air,
memegang nilai-nilai bangsa, dan tidak mudah terpengaruh oleh kebudayaan
asing yang tidak sesuai dengan bangsa Indonesia. Ayo Membaca ·
Siswa membaca teks
eksplanasi ilmiah tentang peran Indonesia dalam rencana penerapan energi
alternatif sel surya. ·
Siswa menuliskan
informasi penting dalam setiap paragra dari teks tersebut pada diagram yang
tersedia. (Mandiri) Ayo Berdiskusi ·
Siswa mendiskusikan pertanyaan
berdasarkan teks yang telah dibaca, yaitu tentang: 1. Bentuk kerja sama Indonesia dengan negara-negara Asia Tenggara di era
globalisasi. 2. Peran Indonesia dalam kerja sama tersebut. (Critical
Thinking and Problem Formulation) ·
Siswa kemudian menuliskan
jawaban berdasarkan hasil diskusi dalam diagram yang tersedia. Ayo Mengamati ·
Siswa mengamati alur
dari prinsip kerja sel surya dari gambar yang tersedia di buku. ·
Siswa diminta
menuliskan prinsip kerja sel surya. Dengan berbekal informasi dari teks eksplanasi
yang telah dibaca.(Critical Thinking and Problem Formulation) Ayo Mencoba ·
Siswa melakukan
percobaan mandiri membuat rangkaian lampu sederhana dengan sumber energi
tumbuhan (jeruk lemon, kentang, atau singkong).(Creativity and Innovation) ·
Siswa melakukan
percobaan secara mandiri dengan mengikuti instruksi tertulis yang terdapat di
buku. Siswa dapat menyiapkan bahan-bahan percobaan secara mandiri, atau telah
disiapkan oleh guru, ·
Siswa menuliskan
laporan hasil percobaan.(Mandiri) |
140 menit |
|
|
|||
Kegiatan Penutup |
A.
Kerja Sama dengan Orang Tua Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai
warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15 menit |
|
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi
ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan
guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses
dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian
kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan
laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1.
IPS
Diagram hasil diskusi
siswa berdasarkan informasi bacaan, diperiksa
menggunakan rubrik pada
halaman 9.
2. Bahasa Indonesia
Diagram siswa berisi
informasi penting dari teks tulis eksplanasi ilmiah tentang “Akademi Surya
pertama di Asia Tenggara” diperiksa menggunakan rubrik pada halaman 38.
3. IPA
Tulisan siswa
berdasarkan hasil pengamatan tentang cara kerja sel surya, diperiksa
menggunakan rubrik:
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
|
Cara menghemat energi listrik (KD 3.6) |
Mampu menuliskan proses percobaan hemat listrik dengan lengkap |
Mampu menuliskan proses percobaan hemat listrik dengan cukup lengkap |
Mampu menuliskan proses percobaan hemat listrik dengan kurang lengkap. |
Belum mampu menuliskan proses percobaan hemat listrik dengan jelas dan sistematis. |
Penyajian karya tentang cara hemat energi listrik |
Mampu menuliskan laporan proses percobaan hemat listrik dengan jelas dan sistematis. |
Mampu menuliskan laporan proses percobaan hemat listrik dengan cukup jelas dan sistematis. |
Mampu menuliskan laporan proses percobaan hemat listrik dengan kurang jelas dan kurang sistematis. |
Belum mampu menuliskan laporan proses percobaan hemat listrik dengan jelas dan sistematis. |
Sikap : Kemandirian |
Tulisan dan gambar diselesaikan dengan mandiri. |
Tulisan dan gambar diselesaikan dengan cukup mandiri. |
Tulisan dan gambar diselesaikan dengan bimbingan. |
Belum mampu membuat tulisan dan gambar meski dengan bimbingan. |
Penilaian
Sikap
Guru dapat menambahkan catatan penilaian sikap,
contoh terlampir pada lampiran pertama
Buku Guru.
C. Remedial dan Pengayaan
1. Remedial
Siswa yang belum mampu memilah informasi dari teks
eksplanasi akan mendapatkan latihan tambahan yang dapat berupa tugas rumah.
Komunikasikan pada orang tua untuk ikut membimbing siswa mengulang tugasnya di
rumah.
2. Pengayaan
Siswa dapat ditugaskan untuk mencari informasi
tambahan tentang contoh-contoh sikap sikap ‘Berpikir global, bertindak lokal’,
dari berbagai sumber.
D. SUMBER DAN MEDIA
1.
Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013,
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
2. Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3. Lingkungan sekitar
4. kertas HVS dan alat tulis
5. Tambahan gambar tentang prinsip kerja sel surya.
E. MATERI
- Ciri-ciri kosakata baku pada sebuah teks.
- Informasi penting dengan kalimat efektif dan kosakata baku.
- Berbagai
bentuk kerja sama di bidang IPTEK dalam lingkup ASEAN.
- Manfaat
sumber alternatif energi listrik.
- prinsip
kerja sel surya sebagai sumber alternatif energi listrik.
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
Comments