RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema : Ayo, Selamatkan Hewan dan Tumbuhan (Sub Tema 3) Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA, IPS Pembelajaran ke : 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SD/MI NEGERI SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : 6 /1
Tema : Selamatkan Makhluk
Hidup (Tema 1)
Sub Tema : Ayo, Selamatkan Hewan dan
Tumbuhan (Sub Tema 3)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA, IPS
Pembelajaran ke
: 1
Alokasi waktu
: 1 hari
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah membaca teks laporan pengamatan, siswa mampu menemukan
ide pokok dengan bantuan diagram.
2. Setelah berdiskusi, siswa mampu menulis kesimpulan dengan
terperinci.
3. Setelah membaca teks, siswa mampu menjawab pertanyaan
tentang pelestarian hewan dengan tepat.
4. Setelah berdiskusi, siswa mampu melaporkan cara
melestarikan hewan di lingkungan setempat dengan tepat.
5. Setelah membaca teks tentang kehidupan politik di negara
ASEAN, siswa mampu menyebutkan kehidupan politiknya dari dua negara terkait
kondisi geografisnya dengan benar.
6. Setelah berdiskusi, siswa mampu menulis laporan
tentang perbedaan kehidupan politik dari
dua negara terkait kondisi geografisnya dengan benar melalui diagram Venn.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran Ayo Mengamati ·
Guru membuka pembelajaran dengan
mengajak siswa untuk menyampaikan apa yang mereka ketahui tentang hewan dan
tumbuhan terkait perkembangbiakan, manfaat atau pelestariannya apabila
memungkinkan. ·
Setiap siswa menuliskan masing-masing
dua hal. Guru mendiskusikannya secara klasikal. Setiap siswa bisa menanyakan
hal yang belum jelas. (Mandiri, Critical Thinking and Problem Fomulation) ·
iswa diminta untuk mengamati gambar
dan menjawab pertanyaannya. Guru memberi waktu sekitar lima menit. Jawaban siswa didiskusikan secara klasikal.
Guru dapat memberi penguatan. ·
Guru membimbing diskusi, berjalan
berkeliling dari kelompok satu ke kelompok lain untuk memastikan bahwa setiap
anggota berpartisipasi aktif. ·
Guru mengajak satu atau dua siswa
untuk menyampaikan hasil diskusinya, lalu memberi penguatan kepada seluruh
siswa mengenai jawaban yang diharapkan. Guru dapat memberi kesempatan kepada
seluruh siswa untuk memberikan komentar dari jawaban yang ada. Guru tidak
menjawab langsung, namun memberi kesempatan kepada siswa lain untuk mencoba
menjawab pertanyaan yang diajukan oleh temannya. Guru dapat menguatkan
jawaban-jawaban yang ada. ·
Siswa melanjutkan kegiatan dengan
membaca teks dan menjawab pertanyaannya. Guru dapat memberikan penguatan.(Collaburation) Ayo Menulis ·
Setiap siswa
melanjutkan kegiatan dengan menulis informasi tentang hewan yang ada di
sekitar berdasarkan: -
ciri-ciri khusus dan
habitat asli, -
manfaat hewan, -
jumlah populasinya
saat ini, -
penyebab kelangkaan, -
langkah-langkah yang dilakukan pemerintah
daerah untuk melindungi kelestariannya, dan -
langkah-langkahmu
sebagai pelajar untuk melindungi kelestariannya.Siswa menyampaikan tulisannya
di kelompoknya. Ayo Berdiskusi ·
Siswa membaca teks
tentang pelestarian hewan dan tumbuhan “Ayo Lestarikan Hewan dan Tumbuhan
Langka Indonesia”. Guru memberikan waktu sekitar tiga menit kepada siswa. ·
Siswa kemudian
menuliskan ide pokok dari bacaan dan mendiskusikannya dengan teman di sebelah
atau di kelompok. Setiap siswa mendengarkan masukan dan memperbaiki
tulisannya. Guru memberikan penguatan. ·
Berdasarkan penguatan
guru, siswa kemudian menulis kesimpulan dari apa yang dibaca dan
didiskusikan. Siswa diingatkan agar menggunakan kosakata baku. ·
Guru menyampaikan
daftar periksa penilaian kepada siswa. (Critical Thinking and
Problem Formulation) Ayo Membaca ·
Siswa membaca teks
tentang kehidupan politik dan kondisi geografis negara-negara ASEAN. ·
Dalam kelompoknya,
setiap siswa diminta untuk menyampaikan kondisi geografis negara ASEAN dan
kehidupan politiknya. Siswa kemudian
diminta untuk menyampaikan kembali apa yang dibacanya. ·
Guru memberikan
penguatan tentang kehidupan politik negara ASEAN. ·
Pada pertemuan sebelumnya,
siswa memilih dua negara ASEAN dan menuliskan kehidupan ekonominya. ·
Untuk melengkapi
informasi dua negara tersebut, siswa diminta untuk membandingkan
negara-negara tersebut dari kehidupan politiknya. Siswa menyampaikan hasilnya
kepada teman di sebelahnya. |
140 menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
A. Kerja Sama dengan
Orang Tua Siswa bersama kedua
orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di
lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15 menit |
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru
untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian
digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
- Diskusi
Saat berdiskusi, siswa dinilai dengan rubrik.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan |
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Mendengarkan teman yang berbicara, namun sesekali masih perlu diingatkan. |
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara, namun tidak mengindahkan. |
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa
tubuh, postur,ekspresi wajah, suara). |
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. |
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan ide,perasaan, pikiran) |
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. |
Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung. |
Catatan : Centang (v) pada
bagian yang memenuhi kriteria.
- Bahasa Indonesia
Tulisan
siswa dinilai dengan menggunakan daftar periksa.
Indikator Penilaian |
Ada dan Benar |
Tidak Benar |
Menyebutkan ide pokok untuk setiap paragraf
dengan benar |
|
|
Tulisan memuat seluruh ide pokok |
|
|
Tulisan memuat fakta bukan opini |
|
|
Sebagian tulisan menggunakan kosakata
baku |
|
|
- IPS
Tugas
dinilai dengan daftar periksa.
Indikator Penilaian |
Ada dan Benar |
Tidak Benar |
Diagram memuat dua negara ASEAN |
|
|
Diagram membandingkan kondisi
geografis dua negara |
|
|
Diagram membandingkan kehidupan
ekonomi dua negara |
|
|
- IPA
Diagram
Venn tentang perkembangbiakan hewan dinilai dengan daftar periksa.
Tulisan
tentang manfaat perkembangbiakan hewan dinilai dengan daftar periksa.
Indikator Penilaian |
Ada dan Benar |
Tidak Benar |
Menyebutkan ciri khusus hewan |
|
|
Menyebutkan habitat hewan |
|
|
Memuat jumlah populasi |
|
|
Memuat penyebab kelangkaan hewan |
|
|
Memuat manfaat hewan |
|
|
Menyebutkan langkah-langkah yang dilakukan pemerintah daerah untuk melindungi kelestariannya |
|
|
Menyebutkan langkah-langkah yang dilakukan siswa sebagai pelajar untuk melindungi kelestariannya |
|
|
- Catatan anekdot untuk mencatat sikap (peduli)
(Contoh terlampir di bagian lampiran Buku Guru).
F. Remedial dan Pengayaan
1. Remedial
·
Siswa yang belum memahami cara pelestarian hewan
dapat mendiskusikannya dengan guru dan mengamati kembali hewan yang ada di
sekitar.
·
Guru dapat meminta siswa untuk membaca buku untuk
menambah informasi.
2. Pengayaan
Mintalah seorang narasumber
untuk memberikan keterangan tentang pelestarian hewan.
G. SUMBER DAN MEDIA
1. Buku
Pedoman Guru Tema 1
Kelas 6 dan
Buku Siswa Tema 1
Kelas 6
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2018).
2. Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3. Lingkungan sekitar
4. kertas
HVS dan
alat tulis
5. Media gambar hutan dan perkotaan
Comments