RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Globalisasi (Tema 4) Sub Tema : Globalisasi dan Manfaatnya (Sub Tema 2) Muatan Terpadu : IPS, SBdP Pembelajaran ke : 6
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 6 /1
Tema : Globalisasi (Tema 4)
Sub Tema
: Globalisasi dan Manfaatnya (Sub Tema 2)
Muatan Terpadu : IPS, SBdP
Pembelajaran ke
: 6
Alokasi waktu
: 1 hari
A.
TUJUAN
1. Dengan membaca, siswa mampu mengidentifikasi
ciri-ciri kosakata baku pada teks yang dibaca
2. Setelah membaca, siswa mampu menulis informasi
penting dari teks ekplanasi yang dibaca dalam bentuk tulisan dan visual dengan
kalimat efektif dan kosakata baku.
3. Dengan diskusi dan pemecahan masalah, siswa mampu
mengidentifikasi manfaat cinta produk Indonesia dengan kepedulian yang tinggi.
4. Dengan diskusi dan pemecahan masalah, siswa mampu
menceritakan manfaat cinta produk Indonesia dengan kepedulian yang tinggi.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
|
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran Ayo Berdiskusi ·
Siswa secara
berpasangan membaca teks percakapan terkait materi mencintai produk
Indonesia. ·
Siswa berdiskusi menjawab
pertanyaan bacaandan pemecahan masalah. ·
Siswa menyimpulkan
tentang manfaat dari sikap bangga dan mencintai produk Indonesia yang perlu
dimiliki di era globalisasi sekarang ini. ·
Siswa menuliskan
jawaban pertanyaan hasil diskusi. (Critical Thinking and Problem Formulation) Ayo Menulis ·
Siswa membaca kembali
teks “Mengapa Harus Hemat Listrik” yang dibacakan guru pada kegiatan
pembelajaran 3. ·
Siswa mengidentifikasi
kosakata non baku pada teks tersebut, dan menuliskannya dalam tabel yang
tersedia. ·
Siswa menemukan
padanan kata bakunya, kemudian menuliskan contoh kalimat menggunakan kata
baku tersebut dengan memperhatikan penggunaan kalimat efektif. ·
Siswa membaca kembali
teks, kemudian mengidentifikasi informasi- informasi penting dari setiap
paragraf dalam teks tersebut. ·
Siswa menuliskan
informasi-informasi penting tersebut dalam bentuk gambar berseri dengan
memerhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif. (Creativity and Innovation) |
140 menit |
|
|
|||
Kegiatan Penutup |
A. Kerja Sama dengan Orang
Tua Siswa bersama kedua
orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di
lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15 menit |
|
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru
untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian
digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
1.
PPKn
Jawaban siswa tentang
mencintai produk Indonesia dinilai menggunakan rubrik (penilaian 2)
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Keberagaman ekonomi masyarakat dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika |
Mampu menjelaskan tentang manfaat mencintai produk Indonesia, disertai contoh, dengan jelas. |
Menjelaskan tentang manfaat mencintai produk Indonesia, disertai contoh, dengan cukup jelas. |
Menjelaskan tentang manfaat mencintai produk Indonesia, disertai contoh, namun kurang jelas. |
Belum mampu menjelaskan tentang manfaat mencintai produk Indonesia, disertai contoh, dengan jelas. |
Tanggung jawab terkait keberagaman ekonomi masyarakat dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika |
Mampu menjelaskan tentang dampak dari mencintai produk Indonesia, disertai contoh, dengan jelas. |
Mampu menjelaskan tentang dampak dari mencintai produk Indonesia, disertai contoh, dengan cukup jelas. |
Mampu menjelaskan tentang dampak dari mencintai produk Indonesia, disertai contoh, namun kurang jelas. |
Belum mampu menjelaskan tentang dampak dari mencintai produk Indonesia, disertai contoh, dengan jelas. |
2.
Bahasa Indonesia
Gambar berseri siswa
berisi informasi penting dari teks tulis eksplanasi ilmiah tentang “Mengapa
Harus Hemat Listrik?” diperiksa menggunakan rubrik pada halaman 38.
Penilaian Sikap
Guru dapat
menambahkan catatan penilaian sikap, contoh terlampir pada lampiran pertama
Buku Guru.
C.
Remedial dan
Pengayaan
1. RemediaL
Siswa yang belum dapat membuat
kalimat efektif, akan mengulang materi dengan pendampingan guru.
2. Pengayaan
Jika memiliki waktu, siswa
dapat melakukan wawancara kepada guru dan staf sekolah untuk memperkaya
informasi tentang pentingnya mencintai dan membeli produk Indonesia.
D. SUMBER DAN MEDIA
1.
Buku
Pedoman Guru Tema 4
Kelas 6
dan Buku Siswa Tema 4
Kelas 6
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2018).
2.
Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3.
Lingkungan sekitar
4.
kertas HVS dan alat tulis
5.
Karton putih/kalender bekas, alat tulis untuk membuat
poster.
E. MATERI
- Teks bacaan “Mengapa Harus Hemat Listrik”.
- Ciri- ciri kosakata baku.
- Contoh kalimat efektif.
- Macam- macam manfaat
cinta produk Indonesia.
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
Comments