RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Globalisasi (Tema 4) Sub Tema : Globalisasi dan Manfaatnya (Sub Tema 2) Muatan Terpadu : IPS, SBdP Pembelajaran ke : 6

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020



Satuan Pendidikan       : SD/MI

Kelas / Semester        :  6 /1

Tema                           :  Globalisasi (Tema 4)

Sub Tema                   :  Globalisasi dan Manfaatnya (Sub Tema 2)

Muatan Terpadu         :  IPS, SBdP

Pembelajaran ke        :  6

Alokasi waktu             :  1 hari

 

A.   TUJUAN

1.    Dengan membaca, siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri kosakata baku pada teks yang dibaca

2.    Setelah membaca, siswa mampu menulis informasi penting dari teks ekplanasi yang dibaca dalam bentuk tulisan dan visual dengan kalimat efektif dan kosakata baku.

3.    Dengan diskusi dan pemecahan masalah, siswa mampu mengidentifikasi manfaat cinta produk Indonesia dengan kepedulian yang tinggi.

4.    Dengan diskusi dan pemecahan masalah, siswa mampu menceritakan manfaat cinta produk Indonesia dengan kepedulian yang tinggi.

 

B.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Ayo Berdiskusi

·         Siswa secara berpasangan membaca teks percakapan terkait materi mencintai produk Indonesia.

·         Siswa berdiskusi menjawab pertanyaan bacaandan pemecahan masalah.

·         Siswa menyimpulkan tentang manfaat dari sikap bangga dan mencintai produk Indonesia yang perlu dimiliki di era globalisasi sekarang ini.

·         Siswa menuliskan jawaban pertanyaan hasil diskusi.

(Critical Thinking and Problem Formulation)

Ayo Menulis

·         Siswa membaca kembali teks “Mengapa Harus Hemat Listrik” yang dibacakan guru pada kegiatan pembelajaran 3.

·         Siswa mengidentifikasi kosakata non baku pada teks tersebut, dan menuliskannya dalam tabel yang tersedia.

·         Siswa menemukan padanan kata bakunya, kemudian menuliskan contoh kalimat menggunakan kata baku tersebut dengan memperhatikan penggunaan kalimat efektif.

·         Siswa membaca kembali teks, kemudian mengidentifikasi informasi- informasi penting dari setiap paragraf dalam teks tersebut.

·         Siswa menuliskan informasi-informasi penting tersebut dalam bentuk gambar berseri dengan memerhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif.

(Creativity and Innovation)

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

1.    PPKn

Jawaban siswa tentang mencintai produk Indonesia dinilai menggunakan rubrik (penilaian 2)

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Keberagaman

ekonomi

masyarakat

dalam bingkai

Bhineka

Tunggal Ika

Mampu

menjelaskan

tentang

manfaat

mencintai

produk

Indonesia,

disertai contoh,

dengan jelas.

Menjelaskan

tentang

manfaat

mencintai

produk

Indonesia,

disertai contoh,

dengan cukup

jelas.

Menjelaskan

tentang

manfaat

mencintai

produk

Indonesia,

disertai contoh,

namun kurang

jelas.

Belum mampu

menjelaskan

tentang

manfaat

mencintai

produk

Indonesia,

disertai contoh,

dengan jelas.

Tanggung

jawab terkait

keberagaman

ekonomi

masyarakat

dalam bingkai

Bhinneka

Tunggal Ika

Mampu

menjelaskan

tentang dampak

dari mencintai

produk

Indonesia,

disertai contoh,

dengan jelas.

Mampu

menjelaskan

tentang dampak

dari mencintai

produk

Indonesia,

disertai contoh,

dengan cukup

jelas.

 

Mampu

menjelaskan

tentang dampak

dari mencintai

produk

Indonesia,

disertai contoh,

namun kurang

jelas.

Belum mampu

menjelaskan

tentang dampak

dari mencintai

produk

Indonesia,

disertai contoh,

dengan jelas.

 

2.    Bahasa Indonesia

Gambar berseri siswa berisi informasi penting dari teks tulis eksplanasi ilmiah tentang “Mengapa Harus Hemat Listrik?” diperiksa menggunakan rubrik pada halaman 38.

Penilaian Sikap

Guru dapat menambahkan catatan penilaian sikap, contoh terlampir pada lampiran pertama Buku Guru.

C.   Remedial dan Pengayaan

1.    RemediaL

Siswa yang belum dapat membuat kalimat efektif, akan mengulang materi dengan pendampingan guru.

2.    Pengayaan

Jika memiliki waktu, siswa dapat melakukan wawancara kepada guru dan staf sekolah untuk memperkaya informasi tentang pentingnya mencintai dan membeli produk Indonesia.

 

D.   SUMBER DAN  MEDIA

1.    Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.    Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.    Lingkungan sekitar

4.    kertas HVS dan alat tulis

5.    Karton putih/kalender bekas, alat tulis untuk membuat poster.

 

E.    MATERI

  1. Teks bacaan   “Mengapa Harus Hemat Listrik”.
  2. Ciri- ciri kosakata baku.
  3. Contoh kalimat efektif.
  4. Macam- macam manfaat cinta produk Indonesia.

 

 

F.    PENDEKATAN & METODE

       Pendekatan          : Scientific

Strategi                 : Cooperative Learning

Teknik                  : Example Non Example

Metode                 : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

 

 

 

 

 

Comments