RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Globalisasi (Tema 4) Sub Tema : Globalisasi di Sekitarku (Sub Tema 1) Muatan Terpadu : PPkN, SBdP Pembelajaran ke : 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : 6 /1
Tema : Globalisasi (Tema 4)
Sub Tema
: Globalisasi di Sekitarku (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : PPkN, SBdP
Pembelajaran ke
: 1
Alokasi waktu
: 1 hari
A.
TUJUAN
1. Setelah mengamati reklame, siswa mampu
mengidentifikasi ciri-ciri reklame dari contoh yang diberikan dengan cermat
2. Setelah mengamati reklame, siswa mampu membedakan
reklame dan bukan reklame dengan benar
3. Setelah membaca teks, siswa mampu mengidentifikasi
contoh keberagamanan ekonomi dengan benar
4. Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan sikap
yang perlu dikembangkan dalam hal keberagaman ekonomi dengan benar.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
|
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran ·
Di awal pembelajaran
guru membawa kain batik. Guru menyampaikan bahwa di era globalisasi batik
sudah dikenal di dunia. Batik mendapatkan pengakuan dari UNESO sebagai
warisan budaya dunia. ·
Guru memotivasi siswa
untuk bangga terhadap kebudayaan Indonesia. Ayo Mengamati ·
Siswa mengamati
reklame yang ada di buku siswa. Siswa menuliskan hal-hal yang ingin mereka
ketahui tentang reklame. ·
Siswa dibagi ke dalam
kelompok. Pada kelompoknya siswa dibagikan berbagai brosur, poster, tulisan
biasa, artikel, dll. Siswa mengelompokkan reklame dan bukan reklame. Guru
menanyakan apa itu reklame? ·
Dalam kelompoknya
siswa mendiskusikan pertanyaan berikut. (Critical Thinking and Problem Formulation) ·
Setiap kelompok
menyampaikan pendapatnya. Guru memberikan penguatan tentang reklame.Slogan
adalah kalimat yang menarik dan mudah diingat untuk memberitahukan suatu hal.
·
Secara individu siswa
akan mengamati reklame yang ada di sekitarnya. Siswa memberikan pendapat
tentang reklame tersebut berdasarkan ciri-ciri reklame yang baik. Siswa
menuliskan pada tabel isian yang ada di buku siswa. (Mandiri) ·
Siswa menukarkan hasil
pekerjaannya kepada temannya. |
140 menit |
|
|
|||
Kegiatan Penutup |
A. Kerja Sama dengan
Orang Tua Siswa bersama kedua
orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di
lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15 menit |
|
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru
untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian
digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki
proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1. SBdP: Kemampuan siswa menjelaskan reklame yang baik ditulis
dalam catatan anekdot.
2. PPKn: Diskusi saat membahas pertanyaan berdasarkan cerita
Sahabat tak Terpisahkan
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
|
Mendengarkan |
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Mendengarkan teman yang berbicara, namun sesekali masih perlu diingatkan. |
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara, namun tidak mengindahkan. |
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur,ekspresi wajah,
suara). |
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. |
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan ide,perasaan, pikiran) |
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. |
Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung. |
3.
Catatan Anekdot untuk
mencatat sikap (tanggung jawab dan santun)
(Contoh terlampir di bagian lampiran Buku Guru).
C. Remedial dan Pengayaan
1. Remedial
Siswa yang belum memahami keberagaman
ekonomi masyarakat akan mengulang materi tersebut dengan bimbingan guru.
2. Pengayaan
Siswa bisa mengomentari lagi
reklame yang dia temukan di sepanjang jalan.
D. SUMBER DAN MEDIA
1. Buku
Pedoman Guru Tema 4
Kelas 6 dan
Buku Siswa Tema 4
Kelas 6
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2018).
2. Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3. Lingkungan sekitar
4. kertas
HVS dan
alat tulis
5. Daun-daun, ranting, lem, kertas, sketsa gambar kupu-kupu
(atau lainnya), dan gunting
E. MATERI
- Teks bacaan tentang batik di
indonesia.
- Sikap- sikap yang perlu di kembangkan dalam keberagaman ekonomi.
- Contoh
keberagamanan ekonomi.
- Reklame.
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
Comments