RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Persatuan dalam Perbedaan (Tema 2) Sub Tema : Bersatu Kita Teguh (Sub Tema 3) Muatan Terpadu : PPkN, Bahasa Indonesia Pembelajaran ke : 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : 6 /1
Tema : Persatuan dalam
Perbedaan (Tema 2)
Sub Tema : Bersatu Kita Teguh (Sub
Tema 3)
Muatan Terpadu :
PPkN, Bahasa Indonesia
Pembelajaran ke
: 4
Alokasi waktu
: 1 hari
A.
TUJUAN
1.
Setelah membaca teks tentang semangat persatuan, siswa mampu
mengidentifikasi ciri-ciri kosakata baku dengan benar.
2.
Setelah membaca teks tentang semangat persatuan, siswa mampu menulis
peristiwa penting tentang semangat persatuan dan kesatuan berdasarkan teks
sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana
dengan menggunakan kalimat efektif dan kosakata baku.
3.
Setelah membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu menyebutkan contoh
manfaat persatuan dan kesatuan untuk kesejahteraan kehidupan masyarakat Negara
Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam bentuk buku mini.
4.
Setelah membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu menulis cerita tentang
contoh manfaat persatuan dan kesatuan untuk kesejahteraan kehidupan masyarakat
Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam bentuk buku mini.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
·
Apa yang tergambar pada sampul buku. ·
Apa judul buku ·
Kira-kira ini menceritakan tentang apa ·
Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini |
15 menit |
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran Ayo Membaca ·
Siswa diminta
mengamati gambar dan membaca teks tentang pentingnya persatuan dan kesatuan
untuk menciptakan kesejahteraan umum. ·
Setelah membaca teks,
siswa diminta melengkapi peta pikiran yang terdapat di buku siswa. (Creativity and Innovation) ·
Siswa diminta
mempresentasikan peta pikiran yang telah mereka buat di depan kelas. Ayo Menulis ·
Siswa diminta
melanjutkan pembuatan buku mindengan memperhatikan: ·
Siswa diminta
memastikan judul sesuai dengan tema. ·
Siswa diminta
menuliskan dan menggambar 4 contoh kegiatan yang mencerminkan persatuan dan
kesatuan. ·
Siswa diminta
menuliskan dan menggambar 4 manfaat persatuan dan kesatuan untuk
kesejahteraan rakyat. ·
Kemudian, siswa diminta memastikan bahwa
seluruh gambar sesuai dengan tema. (Critical Thinking and Problem Formulation, Creativity and Innovation) |
140 menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
A. Kerja Sama dengan
Orang Tua Siswa bersama kedua
orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di
lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15 menit |
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
1. Bahasa Indonesia
Peta pikiran dinilai dengan daftar periksa.
Indikator Penilaian |
Ya |
Tidak |
Catatan |
Siswa
menuliskan jawaban berdasarkan aspek pertanyaan ‘APA’ menggunakan kalimat
efektif pada peta pikiran.efektif pada peta pikiran. |
|
|
|
Siswa
menuliskan jawaban berdasarkan aspek pertanyaan ‘SIAPA’menggunakan kalimat
efektif pada peta pikiran. |
|
|
|
Siswa
menuliskan jawaban berdasarkan aspek pertanyaan ‘DI MANA’ menggunakan kalimat
efektif pada peta pikiran. |
|
|
|
Siswa
menuliskan jawaban berdasarkan aspek pertanyaan ‘KAPAN’ menggunakan kalimat |
|
|
|
Siswa
menuliskan jawaban berdasarkan aspek pertanyaan ‘BAGAIMANA’ menggunakan
kalimat efektif pada peta pikiran. |
|
|
|
Siswa
menuliskan jawaban berdasarkan aspek pertanyaan ‘MENGAPA’ menggunakan
kalimat efektif pada peta pikiran. |
- PPKn
Buku mini dinilai dengan rubrik.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Judul |
Judul buku sangat sesuai dengan tema ( ) |
Judul buku cukup sesuai dengan tema ( ) |
Judul buku kurang sesuai dengan tema ( ) |
Judul buku tidak sesuai dengan tema ( ) |
Contoh |
Menuliskan 4 contoh ben- tuk persatuan dan kesatuan untuk mense- jahterakan rakyat ( ) |
Menuliskan 3 contoh ben- tuk persatuan dan kesatuan untuk mense- jahterakan rakyat. ( ) |
Menuliskan 2 contoh bentuk persatuan dan kesatuan untuk mensejahte- rakan rakyat ( ) |
Menuliskan 1 contoh bentuk persatuan dan kesatuan untuk mensejahterakan rakyat ( ) |
Manfaat |
Menuliskan 4 manfaat persatuan dan kesatuan untuk ke- sejahteraan rakyat ( ) |
Menuliskan 3 manfaat persatuan dan kesatuan untuk kesejahteraan rakyat ( ) |
Menuliskan 2 manfaat persatuan dan kesatuan untuk kesejahteraan rakyat ( ) |
Menuliskan 1 manfaat persatu- an dan kesatuan untuk kesejahte- raan rakyat ( ) |
Gambar |
Seluruh gambar sesuai dengan tema ( ) |
Sebagian besar gambar sesuai dengan tema ( ) |
Sebagian kecil gambar sesuai dengan tema ( ) |
Gambar tidak sesuai dengan tema ( ) |
Catatan : Centang () pada bagian yang memenuhi kriteria.
- Catatan pengamatan sikap (peduli,
santun)
Contoh dapat dilihat pada bagian akhir
(lampiran) buku ini.
C. SUMBER DAN MEDIA
1. Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan
Buku Siswa Tema 1 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
2. Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3. Lingkungan sekitar
4. kertas
HVS dan
alat tulis
5. Teks bacaan tentang pentingnya persatuan dan
kesatuan untuk menciptakan kesejahteraan umum.
D. MATERI
- Ciri- ciri kosakata baku.
- Teks bacaan tentang manfaat semangat persatuan.
- Manfaat persatuan dan kesatuan untuk
kesejahteraan kehidupan masyarakat Negara Kesatuan Republik Indonesia
(NKRI).
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
Comments