RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Persatuan dalam Perbedaan (Tema 2) Sub Tema : Bersatu Kita Teguh (Sub Tema 3) Muatan Terpadu : PPkN, Bahasa Indonesia Pembelajaran ke : 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020


Satuan Pendidikan       : SDN SUKAHURIP 02

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Persatuan dalam Perbedaan (Tema 2)

Sub Tema                   : Bersatu Kita Teguh (Sub Tema 3)

Muatan Terpadu            : PPkN, Bahasa Indonesia

Pembelajaran ke        :  4

Alokasi waktu             :  1 hari

 

 

A.    TUJUAN

1.     Setelah membaca teks tentang semangat persatuan, siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri kosakata baku dengan benar.

2.     Setelah membaca teks tentang semangat persatuan, siswa mampu menulis peristiwa penting tentang semangat persatuan dan kesatuan berdasarkan teks sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana dengan menggunakan kalimat efektif dan kosakata baku.

3.     Setelah membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu menyebutkan contoh manfaat persatuan dan kesatuan untuk kesejahteraan kehidupan masyarakat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam bentuk buku mini.

4.     Setelah membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu menulis cerita tentang contoh manfaat persatuan dan kesatuan untuk kesejahteraan kehidupan masyarakat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam bentuk buku mini.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

  1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
  2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
  3. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
  4. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
  5. Pembiasaan membaca/menulis 15-20  menit dimulai dengan guru menceritakan tentang kisah masa kecil salah satu tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat, cerita inspirasi atau motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:

·         Apa yang tergambar pada sampul buku.

·         Apa judul buku

·         Kira-kira ini menceritakan tentang apa

·         Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini

 

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Ayo Membaca

 

·         Siswa diminta mengamati gambar dan membaca teks tentang pentingnya persatuan dan kesatuan untuk menciptakan kesejahteraan umum.

·         Setelah membaca teks, siswa diminta melengkapi peta pikiran yang terdapat di buku siswa.

(Creativity and Innovation)

·         Siswa diminta mempresentasikan peta pikiran yang telah mereka buat di depan kelas.

 

Ayo Menulis

 

·         Siswa diminta melanjutkan pembuatan buku mindengan memperhatikan:

·         Siswa diminta memastikan judul sesuai dengan tema.

·         Siswa diminta menuliskan dan menggambar 4 contoh kegiatan yang mencerminkan persatuan dan kesatuan.

·         Siswa diminta menuliskan dan menggambar 4 manfaat persatuan dan kesatuan untuk kesejahteraan rakyat.

·          Kemudian, siswa diminta memastikan bahwa seluruh gambar sesuai dengan tema.

(Critical Thinking and Problem Formulation, Creativity and Innovation)

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

1.     Bahasa Indonesia

Peta pikiran dinilai dengan daftar periksa.

Indikator Penilaian

Ya

Tidak

Catatan

Siswa menuliskan jawaban berdasarkan aspek pertanyaan ‘APA’ menggunakan kalimat efektif pada peta pikiran.efektif pada peta pikiran.

 

 

 

Siswa menuliskan jawaban berdasarkan aspek pertanyaan ‘SIAPA’menggunakan kalimat efektif pada peta pikiran.

 

 

 

Siswa menuliskan jawaban berdasarkan aspek pertanyaan ‘DI MANA’ menggunakan kalimat efektif pada peta pikiran.

 

 

 

Siswa menuliskan jawaban berdasarkan aspek pertanyaan ‘KAPAN’ menggunakan kalimat

 

 

 

Siswa menuliskan jawaban berdasarkan aspek pertanyaan ‘BAGAIMANA’ menggunakan kalimat efektif pada peta pikiran.

 

 

 

Siswa menuliskan jawaban berdasarkan aspek pertanyaan ‘MENGAPA’

menggunakan kalimat efektif pada peta pikiran.

 

  1. PPKn

Buku mini dinilai dengan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Judul

Judul buku

sangat sesuai

dengan tema

(  )

Judul buku

cukup sesuai

dengan tema

(   )

Judul buku

kurang sesuai

dengan tema

(   )

Judul buku tidak

sesuai dengan

tema

(   )

Contoh

Menuliskan 4

contoh ben-

tuk persatuan

dan kesatuan

untuk mense-

jahterakan

rakyat

(   )

Menuliskan 3

contoh ben-

tuk persatuan

dan kesatuan

untuk mense-

jahterakan

rakyat.

(  )

Menuliskan 2

contoh bentuk

persatuan dan

kesatuan untuk

mensejahte-

rakan rakyat

(   )

Menuliskan 1

contoh bentuk

persatuan dan

kesatuan untuk

mensejahterakan

rakyat

(   )

Manfaat

Menuliskan

4 manfaat

persatuan

dan kesatuan

untuk ke-

sejahteraan

rakyat

(   )

Menuliskan

3 manfaat

persatuan

dan kesatuan

untuk

kesejahteraan

rakyat

(  )

Menuliskan

2 manfaat

persatuan dan

kesatuan untuk

kesejahteraan

rakyat

(   )

Menuliskan 1

manfaat persatu-

an dan kesatuan

untuk kesejahte-

raan rakyat

(   )

Gambar

Seluruh

gambar sesuai

dengan tema

(  )

Sebagian

besar gambar

sesuai dengan

tema

(   )

Sebagian kecil

gambar sesuai

dengan tema

(   )

Gambar tidak

sesuai dengan

tema

(   )

Catatan : Centang () pada bagian yang memenuhi kriteria.

  1. Catatan pengamatan sikap (peduli, santun)

Contoh dapat dilihat pada bagian akhir (lampiran) buku ini.

C.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.     Lingkungan sekitar

4.     kertas HVS dan alat tulis

5.     Teks bacaan tentang pentingnya persatuan dan kesatuan untuk menciptakan kesejahteraan umum.

 

 

D.    MATERI

  1. Ciri- ciri kosakata baku.
  2. Teks bacaan tentang manfaat semangat persatuan.
  3. Manfaat persatuan dan kesatuan untuk kesejahteraan kehidupan masyarakat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

 

 

E.    PENDEKATAN & METODE

       Pendekatan            : Scientific

Strategi                  : Cooperative Learning

Teknik                    : Example Non Example

Metode                  : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

 

 

 

 

 

 

 

Comments