RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) METODE DARING Kelas / Semester : 1 /1 Tema : Diriku (Tema 1) Sub Tema : Aku dan Teman Baru (Sub Tema 1) Pembelajaran ke : 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
METODE DARING
Satuan Pendidikan :
SD (Dicariguru,com)/MI
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Diriku
(Tema 1)
Sub Tema : Aku dan Teman Baru (Sub
Tema 1)
Pembelajaran ke : 4
Alokasi waktu : 1 Hari
A.
TUJUAN
1. Dengan mendengar arahan dari guru, siswa dapat mempraktikkan gerakan
berjalan lurus ke satu arah dengan benar.
2. Dengan memperhatikan contoh dari guru, siswa dapat
mempraktikkan jalan berpasangan sambil bergandengan tangan.
3. Dengan permainan jalan berpasangan, siswa dapat mengenali huruf pertama
nama sendiri dan nama-nama teman sekelas.
4. Dengan arahan dari guru, siswa dapat mengidentifikasi suara teman.
B.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
1. Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan Membaca
Doa dipandu melalui Group Whats Apps, Zoom, Google Meet, dan Aplikasi Daring
laiinya (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15
menit |
Kegiatan Inti |
(Sintak Model Discovery Learning) A.
Ayo Berlatih 1.
Seluruh pasangan
dibagi dalam dua kelompok yang sama banyaknya dan berdiri berjajar saling
berhadapan. 2.
Guru kemudian
menyediakan 2 set kartu huruf a-z. Masing-masing set kartu huruf dimasukkan
di dalam sebuah kotak dan diletakkan di belakang masing-masing barisan. 3.
Kali ini setiap
pasangan berlomba untuk mencari kartu huruf yang sesuai dengan huruf pertama
nama masing-masing.(Critical Thinking and Problem
Formulation) 4.
Setiap pasangan akan
mencari kartu huruf tersebut di dalam kotak yang ada di seberang barisannya. 5.
Sekali lagi seluruh
siswa diminta berjalan lurus ke satu arah menuju siswa yang berjajar di
hadapan masing-masing. Kedua kelompok siswa
saling bertukar posisi bersama pasangan masing-masing. 6.
Setiap pasangan tidak
boleh menyenggol pasangan lainnya saat bertukar posisi. C. Ayo Berkreasi (Penugasan Melalui Soal – Soal Daring) 1.
Guru menyampaikan
bahwa siswa akan bermain tebak suara. (Communication). 2.
Setelah itu, secara
acak salah satu dari sembilan siswa menyanyikan bait pertama lagu “Siapa
namamu?”. Siswa yang memakai penutup lalu menebak nama siswa yang sedang
menyanyi (berdasarkan warna suaranya), sambil menyayikan bait kedua lagu
“Siapa namamu?” 3.
Guru kemudian membagi
siswa menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 8-10 siswa. Setiap siswa di
setiap kelompok secara bergiliran memakai penutup mata dan menebak suara
teman yang menjadi anggota kelompoknya. 4.
Agar para siswa dapat
focus dengan suara teman kelompoknya, maka setiap kelompok diatur posisinya
agak berjauhan. 5.
Guru melihat jalannya
permainan dengan mendatangi setiap kelompok dan mengamatinya. |
140 menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
tentang materi yang baru dilakukan. Guru : 1.
Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. |
15 menit |
C.
PENILAIAN
Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut
Mengetahui Kepala Sekolah, ……………………………… NIP. ………………………… |
…………………, ............... Guru Kelas 1 , ……………………………… NIP…………………………. |
LAMPIRAN
1. Penilaian Sikap: Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan
1.a.
Contoh Format Jurnal Sikap Spiritual
No |
Tanggal |
Nama Peserta didik |
Catatan perilaku |
Butir Sikap |
1. |
|
|
Mengajak
teman untuk sholat berjamaah |
Taat
beribadah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.b.
Contoh Format Jurnal Sikap Sosial
No |
Tanggal |
Nama Peserta didik |
Catatan perilaku |
Butir Sikap |
1. |
|
|
Diskusi
menyelesaikan masalah |
Bekerja
Sama |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.c.
Contoh Format Penilaian Diri Aspek Sikap:
2.
Penilaian pengetahuan:
- Tes tertulis
(Guru meminta siswa
untuk menjawab pertanyaan mengapa mereka bisa menebak nama teman dari suaranya.
Jawabannya karena setiap teman memiliki suara yang berbeda)
Cara penilaian:
Skor penilaian: 0- 100
Penilaian :
Skor yang diperoleh x 100
Skor maksimal
Contoh:
Misalnya setiap jawaban benar
akan mendapat nilai 2. Jadi, skor maksimalnya adalah 3 x 2 = 6.
Jika siswa hanya
menjawab dengan benar dua soal, maka nilainya adalah sebagai berikut:
3. Penilaian keterampilan:
- Penilaian Unjuk kerja: Berjalan lurus ke
satu arah
No |
Nama Siswa |
Kriteria |
||||
Berbarupis lurus saling berhadapan |
Berjalan lurus ke satu arah(sendiri) dan bertukar
posisi |
Berjalan lurus bergandengan tangan |
Rapi dan teratur |
Predikat |
||
1 |
Dayu |
√ |
√ |
√ |
√ |
Sangat baik |
2 |
Udin |
√ |
√ |
√ |
- |
Baik |
3 |
... |
|
|
|
|
|
- Penilaian Unjuk kerja: Membedakan warna
suara teman di kelas
Kriteria |
Baik sekali 4 |
Baik 3 |
Cukup 2 |
Perlu Pendampingan 1 |
1. Kemampuan membedakan warna suara teman |
Siswa
mampu membedakan warna suara teman sebanyak 8- 10 orang |
Siswa
mampu membedakan warna suara teman sebanyak 6- 7 orang |
Siswa
hanya mampu membedakan warna suara teman sebanyak 4- 5 orang |
Siswa
belum mampu membedakan warna suara teman sebanyak 1- 3 orang |
2. Kemampuan menjalankan peraturan pada
permainan |
Siswa
mampu melakukan permainan sesuai dengan intruksi tanpa pengarahan ulang. |
Siswa
mammpu melakukan permainan sesuai aturan tetapi dengan 1 kali arahan |
Siswa
mampu melakukan sesuai aturan tetapi dengan lebih dari 1 kali arahan ulang |
Siswa
belum mampu melakukan permainan sesuai dengan aturan |
D. SUMBER DAN MEDIA
1.
Diri anak, Lingkungan
keluarga, dan Lingkungan sekolah.
2.
Buku Pedoman Guru Tema 1
Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013,
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
3. Software Pengajaran
kelas 1 SD/MI.
4. Beberapa set kartu huruf (a-z) berbentuk lingkaranPensil
5. Potongan karton berukuran 7 x 20 cm
Refeksi
Guru
Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Comments