RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema : Ayo, Selamatkan Hewan dan Tumbuhan (Sub Tema 3) Muatan Terpadu : IPS, SBdP Pembelajaran ke : 5
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester :
6 /1
Tema : Selamatkan Makhluk
Hidup (Tema 1)
Sub Tema : Ayo, Selamatkan Hewan dan
Tumbuhan (Sub Tema 3)
Muatan Terpadu : IPS, SBdP
Pembelajaran ke :
5
Alokasi waktu :
1 hari
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah membaca informasi tentang ASEAN dan kondisi
geografisnya, siswa mampu menyebutkan kehidupan sosial budaya, ekonomi, dan
politik dari dua negara ASEAN dengan benar.
2. Setelah berdiskusi, siswa mampu menulis laporan
tentang kehidupan sosial budaya,
ekonomi, dan politik dari dua negara ASEAN dengan benar.
3. Setelah melakukan uji coba dengan warna, siswa mampu
menemukanpewarnaan patung yang tepat.
4. Dengan bahan pewarna yang ada, siswa mampu mendesain
patung dengan lebih terampil.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran Guru menempel peta ASEAN di papan tulis dan kembali
mendiskusikan wilayahnya. Ayo Berlatih ·
Di awal pembelajaran,
guru meminta siswa untuk membaca teks tentang ASEAN. Guru mengajak siswa
untuk mendiskusikannya secara klasikal. ·
Siswa mengambil
seluruh diagram Venn yang berisi informasi tentang dua negara ASEAN dan
memahaminya. Siswa menyampaikan isi diagram Venn kepada teman kelompoknya dan
mendiskusikannya. ·
Guru membimbing
diskusi, berjalan berkeliling dari kelompok satu ke kelompok lain untuk
memastikan bahwa setiap anggota berpartisipasi aktif. ·
Guru dapat menawarkan
mereka untuk mencari informasi lebih melalui guru atau bahan bacaan lain
apabila tersedia. ·
Siswa harus membuat
tulisan tentang dua negara ASEAN berdasarkan informasi yang telah
dimilikinya. ·
Guru menunjukkan
daftar periksa yang akan digunakan untuk menilai pekerjaan siswa. ·
Guru kemudian mengajak
siswa untuk berdiskusi tentang hasil pekerjaannya. (Critical Thinking and Problem Formulation) Ayo Berkreasi ·
Siswa diingatkan untuk
mengambil patung dan melanjutkan pengerjaannya. ·
Guru berkeliling kelas
untuk mengamati kegiatan siswa dan memberikan bantuan apabila mereka
membutuhkan. ·
Setelah selesai dengan
kegiatan, siswa diingatkan untuk menjaga kebersihan dan menyimpan
pekerjaannya pada tempat yang disediakan. ·
Guru dapat mengajak
adik kelas untuk menikmati patung kakak kelasnya. (Creativity and Innovation) |
140
menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
A.
Kerja Sama dengan Orang Tua Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai
warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15
menit |
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil
pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta
didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan
hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi
ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan
guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
- Diskusi
Saat berdiskusi, siswa dinilai dengan rubrik.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan |
Selalu mendengarkan teman yang
sedang berbicara. |
Mendengarkan teman yang berbicara, namun sesekali masih perlu diingatkan. |
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang
sedang berbicara. |
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang
sedang berbicara, namun tidak mengindahkan. |
Komunikasi non verbal
(kontak mata, bahasa tubuh, postur,ekspresi wajah, suara). |
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal
dengan tepat. |
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Sering
merespon kurang
tepat terhadap
komunikasi
non verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan bantuan
dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan
ide,perasaan, pikiran) |
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. |
Berbicara dan menerangkan secara
rinci, namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. |
Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung. |
Catatan : Centang (v) pada bagian yang memenuhi kriteria.
2. IPS
Tugas dinilai dengan rubrik.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Negara ASEAN dan kondisi geografis |
Pemilihan negara dan kondisi geografis sesuai. |
Pemilihan salah satu negara dan kondisi geografis sesuai. |
Pemilihan negara dan kondisi geografis kurang sesuai. |
Pemilihan negara dan kondisi geografis tidak sesuai. |
Kehidupan sosial budaya, ekonomi, dan politik |
Ketiga aspek kehidupan sesuai dengan kondisi geografis. |
Dua aspek kehidupan sesuai dengan kondisi geografis. |
satu aspek kehidupan sesuai dengan kondisi geografis. |
Ketiga aspek kehidupan tidak sesuai dengan kondisi geografis. |
Data penunjang |
Seluruh data penunjang disampaikan dengan benar. |
Sebagian besar data penunjang disampaikan dengan benar. |
Sebagian kecil data penunjang disampaikan dengan benar. |
Tidak ada data penunjang disampaikan dengan benar. |
Catatan : Centang () pada bagian yang memenuhi kriteria.
3. SBdP
Patung dinilai dengan rubrik.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Desain |
Desain orisinil, bukan merupakan peniruan karya yang ada. |
Sebagian besar desain orisinil, hanya sebagian kecil saja terinspirasi dari karya orang lain. |
Sebagian kecil desain orisinil, masih ada bagian yang mengacu kepada karya orang lain. |
Desain tidak orisinil, bukan merupakan pemikiran sendiri. |
Pewarnaan dan motif |
Pewarnaan dan motif seluruhnya dikerjakan dengan memperhatikan keharmonisan. |
Pewarnaan dan motif sebagian besar dikerjakan dengan memperhatikan keharmonisan. |
Pewarnaan dan motif sebagian kecil dikerjakan dengan memperhatikan keharmonisan. |
Pewarnaan dan motif sebagian besar tidak dikerjakan dengan memperhatikan keharmonisan. |
Kerapian |
Seluruh permukaan patung dan pewarnaan serta desain dikerjakan dengan rapi. |
Dua pekerjaan diselesaikan dengan rapi. |
Satu pekerjaan diselesaikan dengan rapi. |
Seluruh pekerjaan tidak rapi. |
Catatan : Centang () pada bagian yang memenuhi kriteria.
4. Catatan anekdot untuk
mencatat sikap (tanggung jawab)
(contoh terdapat pada lampiran di Buku Guru)
C. Remedial dan Pengayaan
1.
Remedial
Siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita hitung
campuran dapat berlatih dengan guru.
Guru membantu siswa sesuai dengan kesulitan yang mereka miliki. Misalnya,
apabila siswa memiliki kesulitan dalam memahami soal, siswa diminta berlatih
untuk memahami setiap kalimat dan menuliskan kesimpulannya.
2. Pengayaan
Siswa dapat membuat pameran patung di sekolah yang dihadiri oleh adik
kelas dan orang tua.
D. SUMBER DAN MEDIA
1.
Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6
dan Buku Siswa Tema 1
Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
2.
Media
Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3.
Lingkungan
sekitar
4.
kertas
HVS
dan alat tulis
5.
Bahan
pewarna untuk patung yang dipakai sebelumnya
6.
Peta
ASEAN
Comments