RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema : Ayo, Selamatkan Hewan dan Tumbuhan (Sub Tema 3) Muatan Terpadu : IPS, SBdP Pembelajaran ke : 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020



Satuan Pendidikan       : SDN SUKAHURIP 02

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1)

Sub Tema                   : Ayo, Selamatkan Hewan dan Tumbuhan (Sub Tema 3)

Muatan Terpadu            :  IPS, SBdP

Pembelajaran ke        :  5

Alokasi waktu             :  1 hari

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.     Setelah membaca informasi tentang ASEAN dan kondisi geografisnya, siswa mampu menyebutkan kehidupan sosial budaya, ekonomi, dan politik dari dua negara ASEAN dengan benar.

2.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menulis laporan tentang  kehidupan sosial budaya, ekonomi, dan politik dari dua negara ASEAN dengan benar.

3.     Setelah melakukan uji coba dengan warna, siswa mampu menemukanpewarnaan patung yang tepat.

4.     Dengan bahan pewarna yang ada, siswa mampu mendesain patung dengan lebih terampil.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Guru menempel peta ASEAN di papan tulis dan kembali mendiskusikan wilayahnya.

 

Ayo Berlatih

·         Di awal pembelajaran, guru meminta siswa untuk membaca teks tentang ASEAN. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikannya secara klasikal.

·         Siswa mengambil seluruh diagram Venn yang berisi informasi tentang dua negara ASEAN dan memahaminya. Siswa menyampaikan isi diagram Venn kepada teman kelompoknya dan mendiskusikannya.

·         Guru membimbing diskusi, berjalan berkeliling dari kelompok satu ke kelompok lain untuk memastikan bahwa setiap anggota berpartisipasi aktif.

 

 

·         Guru dapat menawarkan mereka untuk mencari informasi lebih melalui guru atau bahan bacaan lain apabila tersedia.

·         Siswa harus membuat tulisan tentang dua negara ASEAN berdasarkan informasi yang telah dimilikinya.

·         Guru menunjukkan daftar periksa yang akan digunakan untuk menilai pekerjaan siswa.

·         Guru kemudian mengajak siswa untuk berdiskusi tentang hasil pekerjaannya.

(Critical Thinking and Problem Formulation)

 

Ayo Berkreasi

·         Siswa diingatkan untuk mengambil patung dan melanjutkan pengerjaannya. 

·         Guru berkeliling kelas untuk mengamati kegiatan siswa dan memberikan bantuan apabila mereka membutuhkan.

·         Setelah selesai dengan kegiatan, siswa diingatkan untuk menjaga kebersihan dan menyimpan pekerjaannya pada tempat yang disediakan.

·         Guru dapat mengajak adik kelas untuk menikmati patung kakak kelasnya.

(Creativity and Innovation)

 

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

  1. Diskusi

Saat berdiskusi, siswa dinilai dengan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Mendengarkan

 

Selalu

mendengarkan teman yang

sedang berbicara.

 

Mendengarkan

teman yang

berbicara, namun

sesekali masih

perlu diingatkan.

 

Masih perlu

diingatkan untuk

mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Sering

diingatkan untuk

mendengarkan teman yang

sedang berbicara,

namun tidak

mengindahkan.

 

Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur,ekspresi wajah, suara).

 

Merespon dan

menerapkan

komunikasi non verbal dengan tepat.

Merespon dengan

tepat terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Sering merespon

kurang tepat

terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Membutuhkan bantuan dalam

memahami

bentuk

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Partisipasi

(menyampaikan ide,perasaan,

pikiran)

Isi pembicaraan

menginspirasi

teman. Selalu

mendukung

dan memimpin

lainnya saat

diskusi.

Berbicara dan

menerangkan

secara rinci,

merespon sesuai

dengan topik.

Berbicara dan

menerangkan secara rinci,

namun terkadang

merespon kurang

sesuai dengan

topik.

Jarang berbicara

selama

proses diksusi

berlangsung.

Catatan : Centang  (v) pada bagian yang memenuhi kriteria.

 

 

2.     IPS

Tugas dinilai dengan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Negara ASEAN

dan kondisi

geografis

Pemilihan

negara dan

kondisi geografis

sesuai.

Pemilihan salah

satu negara dan

kondisi geografis

sesuai.

Pemilihan

negara dan

kondisi geografis

kurang sesuai.

Pemilihan

negara dan

kondisi

geografis tidak

sesuai.

Kehidupan

sosial budaya,

ekonomi, dan

politik

Ketiga aspek

kehidupan

sesuai dengan

kondisi

geografis.

Dua aspek

kehidupan

sesuai dengan

kondisi

geografis.

satu aspek

kehidupan

sesuai dengan

kondisi

geografis.

Ketiga aspek

kehidupan

tidak sesuai

dengan kondisi

geografis.

Data penunjang

Seluruh data

penunjang

disampaikan

dengan benar.

Sebagian besar

data penunjang

disampaikan

dengan benar.

Sebagian kecil

data penunjang

disampaikan

dengan benar.

Tidak ada data

penunjang

disampaikan

dengan benar.

Catatan : Centang  () pada bagian yang memenuhi kriteria.

 

3.     SBdP

Patung dinilai dengan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Desain

Desain

orisinil, bukan

merupakan

peniruan karya

yang ada.

Sebagian besar

desain orisinil,

hanya sebagian

kecil saja

terinspirasi dari

karya orang lain.

Sebagian kecil

desain orisinil,

masih ada

bagian yang

mengacu kepada

karya orang lain.

Desain tidak

orisinil, bukan

merupakan

pemikiran

sendiri.

Pewarnaan dan

motif

Pewarnaan dan

motif seluruhnya

dikerjakan

dengan

memperhatikan

keharmonisan.

Pewarnaan dan

motif sebagian

besar dikerjakan

dengan

memperhatikan

keharmonisan.

Pewarnaan dan

motif sebagian

kecil dikerjakan

dengan

memperhatikan

keharmonisan.

Pewarnaan dan

motif sebagian

besar tidak

dikerjakan

dengan

memperhatikan

keharmonisan.

Kerapian

Seluruh

permukaan

patung dan

pewarnaan serta

desain dikerjakan

dengan rapi.

Dua pekerjaan

diselesaikan

dengan rapi.

Satu pekerjaan

diselesaikan

dengan rapi.

Seluruh

pekerjaan tidak

rapi. 

Catatan : Centang  () pada bagian yang memenuhi kriteria.

 

4.     Catatan anekdot untuk mencatat sikap (tanggung jawab)

(contoh terdapat pada lampiran di Buku Guru)

 

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

Siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita hitung campuran dapat berlatih dengan guru. 

Guru membantu siswa sesuai dengan kesulitan yang mereka miliki. Misalnya, apabila siswa memiliki kesulitan dalam memahami soal, siswa diminta berlatih untuk memahami setiap kalimat dan menuliskan kesimpulannya.

2.     Pengayaan

Siswa dapat membuat pameran patung di sekolah yang dihadiri oleh adik kelas dan orang tua.

 

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.     Lingkungan sekitar

4.     kertas HVS dan alat tulis

5.     Bahan pewarna untuk patung yang dipakai sebelumnya

6.     Peta ASEAN

 

Comments