RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) METODE DARING Kelas / Semester : 1 /1 Tema : Diriku (Tema 1) Sub Tema : Aku dan Teman Baru (Sub Tema 1) Pembelajaran ke : 2 Alokasi waktu : 1 Hari

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

METODE DARING


 

 

Satuan Pendidikan        : SDN SUKAHURIP 02

Kelas / Semester           :  1 /1

Tema                           :  Diriku (Tema 1)

Sub Tema                     :  Aku dan Teman Baru (Sub Tema 1)

Pembelajaran ke           :  2

Alokasi waktu                :  1 Hari

 

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

·         Setelah melakukan gerakan pada permainan sederhana, siswa dapat berjalan lurus ke satu arah dengan tepat.

·         Dengan permainan sederhana, siswa dapat bekerjasama dengan teman.

·         Dengan bermain “cerita teman”, siswa dapat mengikuti aturan sebuah permainan.

·         Setelah bermain “cerita teman”, siswa dapat mengingat nama lengkap dan panggilan teman saat memperkenalkan satu teman kepada teman yang lain.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

1.    Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan Membaca Doa dipandu melalui Group Whats Apps, Zoom, Google Meet, dan Aplikasi Daring laiinya (Orientasi)

2.    Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.    Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

15 menit

Kegiatan

Inti

A.        Ayo Berlatih

1.       Pada awal pelajaran, guru menyampaikan kepada siswa mereka akan bermain di luar kelas.

2.       Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, perempuan dan laki-laki terpisah. (Gotong Royong)

3.       Guru meminta setiap kelompok berdiri membentuk satu barisan ke belakang. Siswa di setiap kelompok berdiri sambil memegang pundak teman di depannya.

4.       Setelah kegiatan bermain di luar selesai, siswa dipersilahkan beristirahat di dalam kelas.

 

B.        Ayo Bercerita

1.       Selesai beristirahat, guru mengajak siswa bermain “Cerita teman” untuk mengenal lebih dekat teman barunya. Siswa akan berbagi informasi mengenai nama lengkap dan panggilan teman yang duduk di sebelahnya.(Creativity and Innovation)

2.       Minta siswa kembali berkumpul bersama teman kelompok yang sama saat bermain di luar kelas dan membentuk lingkaran.

3.       Guru memberi contoh cara bermain “Cerita teman” (lihat buku siswa halaman 10) sambil membagikan saputangan ke setiap kelompok. (Communication)

4.       Setiap kelompok memilih teman yang akan memberi aba-aba dalam permainan tersebut.

5.       Siswa yang lain mendengar dan membantu mengoreksi jika ada informasi yang tidak sesuai.
(Critical Thinking and Problem Formulation)

140 menit

 

Kegiatan

Penutup

1.     Guru menyampaikan tugas dirumah kerja sama dengan Orang Tua, Siswa menyelesaikan tugas rumah sendiri dengan bimbingan orang tua.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

2.     Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

15 menit

 

C.    PENILAIAN

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

………………………………

NIP. …………………………

…………………,    ...............

Guru Kelas 1  ,

 

 

 

………………………………

NIP………………………….

 

 

 

 

LAMPIRAN

1.     Penilaian Sikap: Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan

a. Contoh Format Jurnal Sikap Spiritual

No

Tanggal

Nama Peserta didik

Catatan perilaku

Butir Sikap

1.

 

 

Mengerjakan shalat

berjamaah

Taat beribadah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

b. Contoh Format Jurnal Sikap Sosial

No

Tanggal

Nama Peserta didik

Catatan perilaku

Butir Sikap

1.

 

 

Melaksanakan piket kebersihan kelas

Disiplin

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

c. Contoh Format Penilaian Diri Aspek Sikap:

2.     Penilaian pengetahuan:

  • Tes tertulis

(Guru meminta siswa menyebutkan 5 nama panggilan dan lengkap teman baru di kelas. Selain itu bisa guru mengembangkan jenis pertanyaan yang akan diberikan, misalnya siswa menyebutkan nama teman sambil menunjuk orang yang dimaksud atau menyebutkan ciri-ciri teman tersebut)

 

Cara penilaian:

Skor penilaian: 0- 100

Penilaian : Skor yang diperoleh   x 100

Skor maksimal

 

Contoh:

Misalnya setiap jawaban benar akan mendapat nilai 2. Jadi, skor maksimalnya adalah 3 x 2 = 6.

Jika siswa hanya menjawab dengan benar dua soal, maka nilainya adalah sebagai berikut:

 

3.     Penilaian keterampilan:

a. Penilaian Unjuk kerja: Berjalan lurus ke satu arah

 

No

Nama Siswa

Kriteria

Berbarupis lurus memegang pundak

Berjalan lurus ke satu arah

Mulai dan berhenti berjalan sesuai aba- aba

Rapi dan teratur

Predikat

1

Dayu

Sangat baik

2

Udin

-

Baik

3

...

 

 

 

 

 

 

b. Penilaian: Unjuk kerja: Memperkenalkan teman lewat permainan

 

Kriteria

Baik sekali

4

Baik

3

Cukup

2

Perlu Pendampingan

1

1.     Kemampuan memperkenalkan teman di kelas

Siswa mampu menyebutkan nama lengkap dan nam panggilan teman di kelas dengan mandiri

Siswa mampu menyebutkan nama lengkap dan nam panggilan teman di kelas dengan arahan dari guru 1 kali

Siswa hanya mampu menyebutkan nama lengkap dan nam panggilan teman di kelas dengan arahan dari guru lebih dari 1 kali

Siswa belum mampu menyebutkan nama lengkap dan nam panggilan teman di kelas

2.     Kemampuan menjalankan peraturan pada permainan

Siswa mampu melakukan permainan sesuai dengan intruksi tanpa pengarahan ulang.

Siswa mammpu melakukan permainan sesuai aturan tetapi dengan 1 kali arahan

Siswa mampu melakukan sesuai aturan tetapi dengan lebih dari 1 kali arahan ulang

Siswa belum mampu melakukan permainan sesuai dengan aturan

 

 

 

 

 

 

 

 

Refleksi Guru

 

 

 

 

 

 

 

Catatan Guru

1. Masalah                 :……….

2. Ide Baru                 :………..

3. Momen Spesial      :………….

 



Comments