RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) METODE DARING Kelas / Semester : 1 /1 Tema : Diriku (Tema 1) Sub Tema : Aku dan Teman Baru (Sub Tema 1) Pembelajaran ke : 2 Alokasi waktu : 1 Hari
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
METODE
DARING
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Diriku
(Tema 1)
Sub Tema : Aku
dan Teman Baru (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke
: 2
Alokasi waktu : 1 Hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
·
Setelah melakukan gerakan pada permainan sederhana, siswa dapat berjalan
lurus ke satu arah dengan tepat.
·
Dengan permainan sederhana, siswa dapat bekerjasama dengan teman.
·
Dengan bermain “cerita teman”, siswa dapat mengikuti aturan sebuah
permainan.
·
Setelah bermain “cerita teman”, siswa dapat mengingat nama lengkap dan
panggilan teman saat memperkenalkan satu teman kepada teman yang lain.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
1. Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan Membaca
Doa dipandu melalui Group Whats Apps, Zoom, Google Meet, dan Aplikasi Daring
laiinya (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
Kegiatan Inti |
A.
Ayo Berlatih 1.
Pada awal pelajaran, guru menyampaikan kepada siswa mereka akan bermain
di luar kelas. 2.
Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, perempuan dan laki-laki
terpisah. (Gotong Royong) 3.
Guru meminta setiap kelompok berdiri membentuk satu barisan ke belakang.
Siswa di setiap kelompok berdiri sambil memegang pundak teman di depannya. 4.
Setelah kegiatan bermain di luar selesai, siswa dipersilahkan
beristirahat di dalam kelas. B.
Ayo
Bercerita 1.
Selesai beristirahat, guru mengajak siswa bermain “Cerita teman” untuk mengenal
lebih dekat teman barunya. Siswa akan berbagi informasi mengenai nama lengkap
dan panggilan teman yang duduk di sebelahnya.(Creativity and Innovation) 2.
Minta siswa kembali berkumpul bersama teman kelompok yang sama saat
bermain di luar kelas dan membentuk lingkaran. 3.
Guru memberi contoh cara bermain “Cerita teman” (lihat buku siswa
halaman 10) sambil membagikan saputangan ke setiap kelompok. (Communication) 4.
Setiap kelompok memilih teman yang akan memberi aba-aba dalam permainan
tersebut. 5.
Siswa yang lain mendengar dan membantu mengoreksi jika ada informasi
yang tidak sesuai. |
140 menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
1. Guru menyampaikan tugas dirumah kerja sama
dengan Orang Tua, Siswa menyelesaikan tugas rumah
sendiri dengan bimbingan orang tua. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : 2.
Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. |
15 menit |
C. PENILAIAN
Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Mengetahui Kepala Sekolah, ……………………………… NIP. ………………………… |
…………………, ............... Guru Kelas 1 , ……………………………… NIP…………………………. |
LAMPIRAN
1.
Penilaian Sikap: Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan
a. Contoh Format Jurnal Sikap Spiritual
No |
Tanggal |
Nama Peserta didik |
Catatan perilaku |
Butir Sikap |
1. |
|
|
Mengerjakan
shalat berjamaah |
Taat
beribadah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Contoh Format Jurnal Sikap Sosial
No |
Tanggal |
Nama Peserta didik |
Catatan perilaku |
Butir Sikap |
1. |
|
|
Melaksanakan
piket kebersihan kelas |
Disiplin |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Contoh Format Penilaian Diri Aspek Sikap:
2. Penilaian
pengetahuan:
- Tes tertulis
(Guru meminta siswa
menyebutkan 5 nama panggilan dan lengkap teman baru di kelas. Selain itu bisa
guru mengembangkan jenis pertanyaan yang akan diberikan, misalnya siswa
menyebutkan nama teman sambil menunjuk orang yang dimaksud atau menyebutkan
ciri-ciri teman tersebut)
Cara penilaian:
Skor penilaian: 0- 100
Penilaian : Skor yang
diperoleh x 100
Skor
maksimal
Contoh:
Misalnya setiap jawaban
benar akan mendapat nilai 2. Jadi, skor maksimalnya adalah 3 x 2 = 6.
Jika siswa hanya
menjawab dengan benar dua soal, maka nilainya adalah sebagai berikut:
3. Penilaian
keterampilan:
a. Penilaian Unjuk
kerja: Berjalan lurus ke satu arah
No |
Nama Siswa |
Kriteria |
||||
Berbarupis lurus memegang pundak |
Berjalan lurus ke satu arah |
Mulai dan berhenti berjalan sesuai aba- aba |
Rapi dan teratur |
Predikat |
||
1 |
Dayu |
√ |
√ |
√ |
√ |
Sangat baik |
2 |
Udin |
√ |
√ |
√ |
- |
Baik |
3 |
... |
|
|
|
|
|
b. Penilaian: Unjuk
kerja: Memperkenalkan teman lewat permainan
Kriteria |
Baik sekali 4 |
Baik 3 |
Cukup 2 |
Perlu Pendampingan 1 |
1. Kemampuan memperkenalkan teman di kelas |
Siswa
mampu menyebutkan nama lengkap dan nam panggilan teman di kelas dengan
mandiri |
Siswa
mampu menyebutkan nama lengkap dan nam panggilan teman di kelas dengan arahan
dari guru 1 kali |
Siswa
hanya mampu menyebutkan nama lengkap dan nam panggilan teman di kelas dengan
arahan dari guru lebih dari 1 kali |
Siswa
belum mampu menyebutkan nama lengkap dan nam panggilan teman di kelas |
2. Kemampuan menjalankan peraturan pada
permainan |
Siswa
mampu melakukan permainan sesuai dengan intruksi tanpa pengarahan ulang. |
Siswa
mammpu melakukan permainan sesuai aturan tetapi dengan 1 kali arahan |
Siswa
mampu melakukan sesuai aturan tetapi dengan lebih dari 1 kali arahan ulang |
Siswa
belum mampu melakukan permainan sesuai dengan aturan |
Refleksi
Guru
Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Comments