RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Persatuan dalam Perbedaan (Tema 2) Sub Tema : Bersatu Kita Teguh (Sub Tema 3) Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA Pembelajaran ke : 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : 6 /1
Tema : Persatuan dalam
Perbedaan (Tema 2)
Sub Tema : Bersatu Kita Teguh (Sub Tema 3)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA
Pembelajaran ke
: 3
Alokasi waktu
: 1 hari
A.
TUJUAN
1.
Setelah berdiskusi, siswa mampu menyebutkan cara melestarikan tumbuhan
dan hewan dengan tepat.
2.
Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat poster tentang cara melestarikan
tumbuhan dan hewan dengan tepat.
3.
Setelah membaca teks tentang Sang Saka Merah Putih, siswa mampu
menyebutkan informasi penting menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa,
mengapa, dan bagaimana pada peta pikiran dengan tepat.
4.
Setelah berdiskusi, siswa mampu mengembangkan informasi pada peta pikiran
melalui tulisan dengan menggunakan kata baku.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran Ayo Berkreasi ·
Guru meminta siswa
melanjutkan kegiatan dengan mengamati poster dan mengajak curah pendapat
tentang poster.‘Apa yang disampaikan pada poster?’ ·
Setiap siswa memilih
satu tumbuhan atau hewan terkait habitat dan manfaatnya. Mereka dapat
mendiskusikan terlebih dahulu pilihannya. Guru dapat memimpin diskusi secara
klasikal dan memastikan apa yang mereka pilih adalah benar. ·
Siswa membuat poster
sesuai kriteria yang disampaikan. (Creativity and Innovation) ·
Setelah selesai, siswa
menyampaikan posternya kepada teman kelompoknya dan diberikan masukan. Ayo Membaca ·
Siswa melanjutkan
kegiatan dengan membaca teks tentang Sang Saka Merah Putih dan mengisi peta
pikiran berikut. ·
Guru meminta salah
satu siswa untuk membacakan peta pikirannya di depan kelas dan memberikan
masukan. Siswa lain diberi kesempatan untuk berkomentar. ·
Setiap siswa kemudian
mengembangkan peta pikirannya dengan menggunakan kata baku dan membacakannya
di depan kelas. (Mandiri, Creativity and Innovation) |
140 menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
A. Kerja Sama dengan
Orang Tua Siswa bersama kedua
orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di
lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15 menit |
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Saat berdiskusi, siswa dinilai dengan rubrik.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan |
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Mendengarkan teman yang berbicara, namun sesekali masih perlu diingatkan. |
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara, namun tidak mengindahkan. |
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur,ekspresi wajah,
suara). |
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. |
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan ide,perasaan, pikiran) |
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. |
Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung. |
Catatan : Centang (v) pada bagian
yang memenuhi kriteria.
2. IPA
Poster
dinilai dengan menggunakan rubrik.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Konten |
Konsep peles- tarian sesuai dengan jenis hewan atau tumbuhan serta habitat dan manfaat- nya ( ) |
Konsep peles- tarian sesuai dengan jenis hewan atau tumbuhan, habitat tanpa menyebut manfaat ( ) |
Konsep pelestarian sesuai dengan jenis hewan atau tumbuhan, namun tidak menyebut habitat dan manfaatnya. ( ) |
Konsep pelestarian tidak sesuai dengan jenis hewan atau tumbuhan serta habitat dan manfaatnya ( ) |
Komunikasi ajakan |
Poster berisi kalimat ajakan yang jelas dan singkat ( ) |
Poster berisi kalimat ajakan singkat, namun kurang jelas. ( ) |
Poster berisi kalimat ajakan panjang, namun kurang jelas ( ) |
Poster tidak berisi kalimat ajakan yang jelas dan singkat ( ) |
Gambar |
Gambar sesuai dengan konsep pelestarian ( ) |
Gambar sesuai konsep pelestarian, namun terdapat sebagian kecil gambar pendukung yang mengganggu ( ) |
Gambar sesuai konsep pelestarian, namun banyak gambar pendukung yang mengganggu ( ) |
Gambar tidak sesuai dengan konsep pelestarian. ( ) |
Catatan
: Centang () pada bagian yang memenuhi kriteria.
3.
Bahasa Indonesia
Tulisan
siswa dinilai dengan menggunakan daftar periksa.
Indikator Penilaian |
Ya |
Tidak |
Catatan |
Menyebutkan
informasi penting dengan
unsur APA secara tepat |
|
|
|
Menyebutkan
informasi penting dengan
unsur SIAPA secara tepat |
|
|
|
Menyebutkan
informasi penting dengan
unsur DI MANA secara tepat |
|
|
|
Menyebutkan
informasi penting dengan
unsur KAPAN secara tepat |
|
|
|
Menyebutkan
informasi penting dengan
unsur MENGAPA secara tepat |
|
|
|
Menyebutkan
informasi penting dengan
unsur BAGAIMANA secara tepat |
|
|
|
4. Catatan pengamatan
sikap (peduli)
(Contoh terlampir di lampiran pada Buku
Guru).
C. Remedial dan Pengayaan
1. Remedial
Siswa yang masih memiliki
kesulitan dalam menemukan informasi penting dapat melatihnya dengan guru.Guru
memilihkan paragraf yang sederhana kemudian bersama menemukan informasi
penting.
2. Pengayaan
Poster yang dibuat siswa dapat
dipergunakan untuk kampanye pelestarian hewan atau tumbuhan di sekolah.
D. SUMBER DAN MEDIA
1. Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan
Buku Siswa Tema 1 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
2. Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3. Lingkungan sekitar
4. kertas
HVS dan
alat tulis
5. Buku EYD
E. MATERI
- Cara melestarikan tumbuhan dan hewan.
- Langkah- langkah membuat poster.
- Teks tentang Sang Saka Merah Putih.
- Penggunaan apa,
di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana pada peta pikiran dengan
tepat.
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
Comments