RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Persatuan dalam Perbedaan (Tema 2) Sub Tema : Bersatu Kita Teguh (Sub Tema 3) Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA Pembelajaran ke : 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020



Satuan Pendidikan       : SDN SUKAHURIP 02

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Persatuan dalam Perbedaan (Tema 2)

Sub Tema                   :  Bersatu Kita Teguh (Sub Tema 3)

Muatan Terpadu            :  Bahasa Indonesia, IPA

Pembelajaran ke        :  3

Alokasi waktu             :  1 hari

 

 

 

A.    TUJUAN

1.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menyebutkan cara melestarikan tumbuhan dan hewan dengan tepat.

2.     Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat poster tentang cara melestarikan tumbuhan dan hewan dengan tepat.

3.     Setelah membaca teks tentang Sang Saka Merah Putih, siswa mampu menyebutkan informasi penting menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana pada peta pikiran dengan tepat.

4.     Setelah berdiskusi, siswa mampu mengembangkan informasi pada peta pikiran melalui tulisan dengan menggunakan kata baku.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Ayo Berkreasi

·         Guru meminta siswa melanjutkan kegiatan dengan mengamati poster dan mengajak curah pendapat tentang poster.‘Apa yang disampaikan pada poster?’

·         Setiap siswa memilih satu tumbuhan atau hewan terkait habitat dan manfaatnya. Mereka dapat mendiskusikan terlebih dahulu pilihannya. Guru dapat memimpin diskusi secara klasikal dan memastikan apa yang mereka pilih adalah benar.

·         Siswa membuat poster sesuai kriteria yang disampaikan.

(Creativity and Innovation)

·         Setelah selesai, siswa menyampaikan posternya kepada teman kelompoknya dan diberikan masukan.

 

Ayo Membaca

·         Siswa melanjutkan kegiatan dengan membaca teks tentang Sang Saka Merah Putih dan mengisi peta pikiran berikut.

·         Guru meminta salah satu siswa untuk membacakan peta pikirannya di depan kelas dan memberikan masukan. Siswa lain diberi kesempatan untuk berkomentar.

·         Setiap siswa kemudian mengembangkan peta pikirannya dengan menggunakan kata baku dan membacakannya di depan kelas. (Mandiri, Creativity and Innovation)

 

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

  1. Diskusi

Saat berdiskusi, siswa dinilai dengan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Mendengarkan

 

Selalu

mendengarkan teman yang

sedang berbicara.

 

Mendengarkan

teman yang

berbicara, namun

sesekali masih

perlu diingatkan.

 

Masih perlu

diingatkan untuk

mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Sering

diingatkan untuk

mendengarkan teman yang

sedang berbicara,

namun tidak

mengindahkan.

 

Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur,ekspresi wajah, suara).

 

Merespon dan

menerapkan

komunikasi non verbal dengan tepat.

Merespon dengan

tepat terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Sering merespon

kurang tepat

terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Membutuhkan bantuan dalam

memahami

bentuk

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Partisipasi

(menyampaikan ide,perasaan,

pikiran)

Isi pembicaraan

menginspirasi

teman. Selalu

mendukung

dan memimpin

lainnya saat

diskusi.

Berbicara dan

menerangkan

secara rinci,

merespon sesuai

dengan topik.

Berbicara dan

menerangkan secara rinci,

namun terkadang

merespon kurang

sesuai dengan

topik.

Jarang berbicara

selama

proses diksusi

berlangsung.

Catatan : Centang  (v) pada bagian yang memenuhi kriteria.

 

2.     IPA

Poster dinilai dengan menggunakan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Konten

Konsep peles-

tarian sesuai

dengan jenis

hewan atau

tumbuhan

serta habitat

dan manfaat-

nya

(   )

Konsep peles-

tarian sesuai

dengan jenis

hewan atau

tumbuhan,

habitat tanpa

menyebut

manfaat

(   )

Konsep

pelestarian

sesuai dengan

jenis hewan

atau tumbuhan,

namun tidak

menyebut 

habitat dan

manfaatnya.

(  )

Konsep

pelestarian tidak

sesuai dengan

jenis hewan

atau tumbuhan

serta habitat dan

manfaatnya

(   )

Komunikasi

ajakan

Poster berisi

kalimat ajakan

yang jelas dan

singkat

(   )

Poster berisi

kalimat ajakan

singkat,

namun kurang

jelas.

(  )

Poster berisi

kalimat ajakan

panjang, namun

kurang jelas

(   )

Poster tidak berisi

kalimat ajakan

yang jelas dan

singkat

(   )

Gambar

Gambar

sesuai dengan

konsep

pelestarian

(   )

Gambar

sesuai konsep

pelestarian,

namun

terdapat

sebagian

kecil gambar

pendukung

yang

mengganggu

(   )

Gambar

sesuai konsep

pelestarian,

namun banyak

gambar

pendukung

yang

mengganggu

(   )

Gambar

tidak sesuai

dengan konsep

pelestarian.

(  )

Catatan : Centang () pada bagian yang memenuhi kriteria.

3.     Bahasa Indonesia

Tulisan siswa dinilai dengan menggunakan daftar periksa.

Indikator Penilaian

Ya

Tidak

Catatan

Menyebutkan informasi penting

dengan unsur APA secara tepat

 

 

 

Menyebutkan informasi penting

dengan unsur SIAPA secara tepat

 

 

 

Menyebutkan informasi penting

dengan unsur DI MANA secara tepat

 

 

 

Menyebutkan informasi penting

dengan unsur KAPAN secara tepat

 

 

 

Menyebutkan informasi penting

dengan unsur MENGAPA secara tepat

 

 

 

Menyebutkan informasi penting

dengan unsur BAGAIMANA secara

tepat

 

 

 

 

4.     Catatan pengamatan sikap (peduli)

(Contoh terlampir di lampiran pada Buku Guru).

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

Siswa yang masih memiliki kesulitan dalam menemukan informasi penting dapat melatihnya dengan guru.Guru memilihkan paragraf yang sederhana kemudian bersama menemukan informasi penting.

2.     Pengayaan

Poster yang dibuat siswa dapat dipergunakan untuk kampanye pelestarian hewan atau tumbuhan di sekolah.

 

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.     Lingkungan sekitar

4.     kertas HVS dan alat tulis

5.     Buku EYD

 

E.    MATERI

  1. Cara melestarikan tumbuhan dan hewan.
  2. Langkah- langkah membuat poster.
  3. Teks tentang Sang Saka Merah Putih.
  4. Penggunaan apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana pada peta pikiran dengan tepat.

 

 

F.    PENDEKATAN & METODE

       Pendekatan            : Scientific

Strategi                  : Cooperative Learning

Teknik                    : Example Non Example

Metode                  : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

 

 

 

 

 

 

 

Comments