RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Persatuan dalam Perbedaan (Tema 2) Sub Tema : Rukun dalam Perbedaan (Sub Tema 1) Muatan Terpadu : PPkN, SBdP Pembelajaran ke : 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester :
6 /1
Tema : Persatuan dalam
Perbedaan (Tema 2)
Sub Tema : Rukun dalam Perbedaan (Sub
Tema 1)
Muatan Terpadu : PPkN, SBdP
Pembelajaran ke :
2
Alokasi waktu :
1 hari
A.
TUJUAN
1.
Setelah mengamati gambar dan membaca cerita tentang persatuan dalam
perbedaan, siswa mampu menyebutkan manfaat persatuan dalam kehidupan melalui
diagram dengan benar.
2.
Setelah berdiskusi, siswa mampu menuliskan contoh tentang pengalaman
hidup rukun dalam kehidupan sehari-hari dan manfaatnya sebagai wujud semangat
persatuan.
3.
Setelah berdiskusi tentang pola lantai berbagai tarian daerah, siswa
mampu menyebutkan pola lantai tariannya dengan benar.
4.
Setelah berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan pola lantai tarian dari
salah satu tarian daerah yang dipilih dengan benar.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiat |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran Sebelum memulai pembelajaran, guru meminta siswa untuk
memperhatikan kelas dan merapikan barang-barang yang ada. Guru kemudian mengajak siswa untuk curah pendapat: ‘Apa yang terjadi apabila pekerjaan tadi dilakukan sendiri?’ ‘Apa manfaatnya bersatu dalam bekerja?’ ‘Apa yang harus diperhatikan saat bekerja bersama?’ Guru memimpin curah pendapat dan menyampaikan kepada
siswa bahwa hari ini mereka akan belajar tentang bagaimana hidup rukun dengan
semangat persatuan. Ayo Mengamati ·
Siswa mengamati gambar
dan melanjutkannya dengan membaca teks dalam hati. Guru memberi waktu sekitar
3 menit. ·
Siswa kemudian membuat
pertanyaan terkait bacaan dan gambar. Mereka mendiskusikan pertanyaan dengan
teman di sebelahnya. ·
Guru berkeliling untuk
memastikan bahwa setiap siswa ikut aktif berpartisipasi. ·
Siswa kemudian
melanjutkan pekerjaannya dengan mengisi kolom yang ada pada buku pelajaran.
Guru meminta satu atau dua siswa untuk menyampaikan hasilnya dan memberi
kesempatan kepada siswa lain untuk memberikan masukan atau mengajukan
pertanyaan. ·
Siswa menulis
pengalamannya tentang hidup rukun dalam persatuan pada tempat yang
disediakan. Siswa saling berbagi tulisannya kepada teman di kelompoknya dan
guru meminta satu orang perwakilan untuk membacakannya dan memberi masukan. Ayo Berkreasi ·
Siswa melanjutkan
kegiatan dengan membaca teks tentang tari Lego-Lego. Guru kemudian mengajukan
pertanyaan untuk mengetahui pemahaman siswa. ·
Siswa mendiskusikan
tentang tarian Lego-Lego dan guru kemudian membahasnya bersama. ·
Guru memberi penguatan
tentang pola lantai tari. (Creativity and Innovation) ·
Siswa kemudian membaca
teks tentang pola lantai tari daerah. ·
Secara individu, siswa menuliskan contoh
tari daerah dan pola lantai tariannya. Guru mendiskusikan jawabannya secara
klasikal. Guru meminta salah seorang dari siswa untuk mempresentasikan hasilnya.
Siswa lain bisa memberikan komentar atau mempertanyakan isi dari yang
dipresentasikan. (Collaburation) ·
Bersama teman
kelompoknya, siswa kemudian mempraktikkan salah satu pola lantai tarian yang
dipilihnya dan setiap siswa menuliskan langkah pola lantai dan menggambarnya. ·
Di akhir kegiatan,
guru bersama siswa mendiskusikan kembali tentang pola lantai tari daerah. ·
Guru mencatat gerakan
pola lantai dengan menggunakan catatan anekdot (Creativity and Innovation) |
140
menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
A.
Kerja Sama dengan Orang Tua Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai
warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15 menit |
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian
terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur
tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai
bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses
pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1. PPKn
Produk
siswa dinilai dengan daftar periksa
Indikator
Penilaian |
Ada
|
Tidak
Ada |
Memberikan
3 contoh perbedaan yang ada |
|
|
Menuliskan kegiatan yang dilakukan teman/warga |
|
|
Memberikan 3 contoh sikap yang diterapkan |
|
|
Menuliskan 3 manfaat dari persatuan dan kesatuan |
|
|
2.
SBdP
Catatan pengamatan keterampilan praktik
pola lantai.
3.
Catatan
pengamatan sikap (Peduli)
(Contoh terlampir di lampiran pada Buku
Guru).
C. Remedial dan Pengayaan
1. Remedial
·
Siswa yang belum memahami konsep bilangan pecahan
dapat dibantu dengan benda konkret dan kartu bilangan.
·
Kegiatan dapat dilakukan untuk beberapa siswa
sekaligus.
2. Pengayaan
Siswa dapat bermain kartu bilangan untuk membandingkan bilangan pecahan. Kartu bilangan bisa disiapkan
guru sebelumnya.
D. SUMBER DAN MEDIA
1.
Buku
Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 6 (Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
2.
Media
Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3.
Lingkungan
sekitar
4.
kertas HVS dan
alat tulis
5.
Teks
bacaan tentang persatuan dalam perbedaan.
E. MATERI
- Teks bacaan tentang persatuan
dalam perbedaan.
- Pengalaman hidup rukun dalam kehidupan sehari- hari.
- Tarian lego- lego.
- Macam- macam pola lantai.
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
Comments