RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Tokoh dan Penemuan (Tema 3) Sub Tema : Penemu yang Mengubah Dunia (Sub Tema 1) Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IIPA Pembelajaran ke : 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020


Satuan Pendidikan       : SDN SUKAHURIP 02

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Tokoh dan Penemuan (Tema 3)

Sub Tema                   : Penemu yang Mengubah  Dunia (Sub Tema 1)

Muatan Terpadu            :  Bahasa Indonesia, IIPA

Pembelajaran ke        :  3

Alokasi waktu             :  1 hari

 

A.    TUJUAN

1.     Setelah membaca teks tentang penemuan listrik, siswa mampu  menyebutkan informasi penting dari teks eksplanasi  ilmiah dengan mandiri.  

2.     Setelah membaca teks tentang penemuan listrik, siswa mampu mempresentasikan informasi penting dari teks eksplanasi  ilmiah denganpeta pikiran secara tepat.

3.     Dengan percobaan, siswa mampu mengidentifikasi rangkaian seri dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari dengan lengkap.

4.     Setelah percobaan, siswa mampu menyajikan laporan tentang rangkaian seri dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari dengan sistematis. 

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Ayo Berdiskusi

·         Siswa membaca kembali cerita tentang “Listrik, Pengubah Dunia” pada pembelajaran kedua.

·         Siswa menuliskan kembali jawaban pada diagram yang tersedia dan menyesuaikan dengan urutan paragrafnya. Pastikan siswa memahami bagian-bagian yang ditulis dalam diagram.

·         Siswa memeriksa ulang jawaban mereka dengan menjawab pertanyaan-pertayaan yang terdapat di buku untuk memastikan bahwa jawaban tersebut benar dan sesuai dengan isi bacaan.

·         Siswa mendiskusikan jawaban bersama teman dan menyampaikan hasil diskusi kepada guru.

(Critical Thinking and Problem Formulation)

·         Guru memberikan penguatan.

 

·         Guru mengomunikasikan rubrik penilaian teks eksplanasi ilmiah.

 

Ayo Mengamati

·         Siswa membaca kembali daftar alat dan bahan yang telah dibuat pada pembelajaran pertama.

·         Siswa menyiapkan  alat dan bahan yang telah dibawa.

·         Siswa mengamati  kembali gambar rangkaian seri pada lampu baterai.

·         Siswa menggambar rencana rangkaian lampu seri yang akan dibuat berdasarkan rangkaian pada senter.

·         Siswa menyesuaikan rancangan dengan bahan-bahan yang dimiliki.

·         Siswa dapat menambah jumlah lampu atau baterai pada gambar rancangannya, sehingga rangkaian lampu akan beragam.

(Creativity and Innovation)

·         Guru memeriksa gambar rangkaian seri siswa.

·         Siswa membaca panduan keselamatan kerja. Berikan pemahaman bahwa panduan tersebut dibuat untuk keselamatan mereka.

·         Siswa kemudian merakit rangkaian serinya berdasarkan gambar yang telah dibuat. (Creativity and Innovation)

·         Saat rangkaian selesai, siswa kemudian mengujinya, memastikan jika lampu mereka berhasil menyala.

·         Siswa melakukan pengujian dengan melakukan instruksi yang terdapat di buku.

 

Ayo Menulis

·         Siswa kembali menuliskan alat dan bahan yang akan dibawa untuk membuat rangkaian paralel dan lampu lalu lintas pada tabel yang tersedia.

·         Siswa kemudian menuliskan laporan hasil percobaan membuat rangkaian seri pada tabel yang tersedia. (Mandiri)

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

1.     Bahasa Indonesia

Diagram siswa menemukan informasi penting dari teks eksplanasi ilmiah tentang penemuan listrik, diperiksa  menggunakan rubrik berikut.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Isi teks

eksplanasi

Pernyataan

Umum

Menuliskan

topik utama

bacaan

dengan tepat

Menuliskan topik

utama bacaan

dengan cukup 

tepat

Menuliskan topik

utama bacaan

dengan kurang 

tepat

Belum mampu

menuliskan topik

utama bacaan

dengan tepat

Deret

Penjelasan

Menuliskan

fakta yang

mendukung

topik bacaan

dengan

lengkap dan

berurutan

Menuliskan

fakta yang

mendukung

topik bacaan

dengan cukup

lengkap dan

cukup  berurutan

Menuliskan fakta

yang mendukung

topik bacaan

dengan kurang

lengkap dan 

kurang berurutan

Belum mampu

menuliskan fakta

yang mendukung

topik bacaan

dengan lengkap

dan berurutan

Kesimpulan

Umum

Menuliskan

kesimpulan

umum dan

pendapat

penulis

dengan tepat

Menuliskan

kesimpulan

umum dan

pendapat

penulis dengan

cukup  tepat

Menuliskan

kesimpulan

umum dan

pendapat penulis

dengan kurang

tepat

Belum mampu

menuliskan

kesimpulan umum

dan pendapat

penulis dengan

tepat

Penyajian isi teks

dalam peta pikiran

Menyajikan

peta pikiran

dengan rapi dan

sistematis.

Menyajikan peta

pikiran dengan

cukup rapi dan

sistematis.

Menyajikan peta

pikiran dengan

kurang  rapi

dan kurang 

sistematis.

Belum mampu

menyajikan

peta pikiran

dengan rapi dan

sistematis.

Sikap Kemandirian

Tugas

diselesaikan

dengan

mandiri

Sebagian

besar tugas 

diselesaikan

dengan mandiri

Tugas

diselesaikan

dengan motivasi

dan bimbingan

guru

Belum dapat 

menyelesaikan

tugas meski telah

diberikan motivasi

dan bimbingan

 

2.     IPA

Laporan  hasil percobaan membuat rangkaian seri diperiksa menggunakan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Komponen-

komponen

listrik dan

fungsinya

dalam

rangkaian listrik

seri

Menjelaskan 

semua komponen

listrik dan

fungsinya dalam

rangkaian listrik

seri dengan tepat.

Menjelaskan 

sebagian besar

komponen listrik

dan fungsinya

dalam rangkaian

listrik seri dengan

tepat.

Menjelaskan 

sebagian kecil

komponen listrik

dan fungsinya

dalam rangkaian

listrik seri dengan

tepat.

Belum mampu

menjelaskan  semua

komponen listrik

dan fungsinya

dalam rangkaian

listrik seri dengan

tepat.

Rangkaian

listrik

sederhana

secara seri

Model rangkaian

seri rapi, tepat, dan

bekerja dengan

baik.

Model rangkaian

seri kurang  rapi,

namun tepat dan

bekerja dengan

baik.

Model rangkaian

tidak rapi, namun

tepat dan bekerja

dengan baik.

Model rangkaian

tidak bekerja

dengan baik.

Sikap

kemandirian

Model rangkaian

seri diselesaikan

dengan mandiri.

Sebagian besar

rangkaian seri

diselesaikan

dengan mandiri.

Model rangkaian 

seri diselesaikan

dengan motivasi

dan bimbingan

guru.

Belum dapat 

meyelesaikan

rangkaian seri, 

meskipun telah

diberikan motivasi

dan bimbingan.

 

3.     Catatan anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab).

(Contoh terlampir di bagian lampiran Buku Guru).

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

·         Bagi siswa yang belum berhasil membuat model rangkaian seri, akan membuat lagi dengan pendampingan guru.

2.     Pengayaan

·         Siswa memperkuat kembali pemahaman konsep dari rangkaian seri.

 

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.     Lingkungan sekitar

4.     kertas HVS dan alat tulis

5.     Lampu baterai

 

 

E.    MATERI

  1. Teks tentang penemuan listrik.
  2. Rangkaian seri dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari- hari.
  3.  Langkah- langkah membuat rangkaian seri. 

 

F.    PENDEKATAN & METODE

       Pendekatan            : Scientific

Strategi                  : Cooperative Learning

Teknik                    : Example Non Example

Metode                  : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

 

 

 

 

Comments