RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Tokoh dan Penemuan (Tema 3) Sub Tema : Penemu yang Mengubah Dunia (Sub Tema 1) Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IIPA Pembelajaran ke : 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : 6 /1
Tema : Tokoh dan Penemuan
(Tema 3)
Sub Tema : Penemu yang Mengubah Dunia (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IIPA
Pembelajaran ke
: 3
Alokasi waktu
: 1 hari
A. TUJUAN
1.
Setelah membaca teks tentang penemuan listrik, siswa mampu menyebutkan informasi penting dari teks
eksplanasi ilmiah dengan mandiri.
2.
Setelah membaca teks tentang penemuan listrik, siswa mampu
mempresentasikan informasi penting dari teks eksplanasi ilmiah denganpeta pikiran secara tepat.
3.
Dengan percobaan, siswa mampu mengidentifikasi rangkaian seri dan
pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari dengan lengkap.
4.
Setelah percobaan, siswa mampu menyajikan laporan tentang rangkaian seri
dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari dengan sistematis.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
|
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran Ayo Berdiskusi ·
Siswa membaca kembali
cerita tentang “Listrik, Pengubah Dunia” pada pembelajaran kedua. ·
Siswa menuliskan
kembali jawaban pada diagram yang tersedia dan menyesuaikan dengan urutan
paragrafnya. Pastikan siswa memahami bagian-bagian yang ditulis dalam
diagram. ·
Siswa memeriksa ulang
jawaban mereka dengan menjawab pertanyaan-pertayaan yang terdapat di buku
untuk memastikan bahwa jawaban tersebut benar dan sesuai dengan isi bacaan. ·
Siswa mendiskusikan
jawaban bersama teman dan menyampaikan hasil diskusi kepada guru. (Critical Thinking and Problem Formulation) ·
Guru memberikan
penguatan. ·
Guru mengomunikasikan
rubrik penilaian teks eksplanasi ilmiah. Ayo Mengamati ·
Siswa membaca kembali
daftar alat dan bahan yang telah dibuat pada pembelajaran pertama. ·
Siswa menyiapkan alat dan bahan yang telah dibawa. ·
Siswa mengamati kembali gambar rangkaian seri pada lampu
baterai. ·
Siswa menggambar
rencana rangkaian lampu seri yang akan dibuat berdasarkan rangkaian pada
senter. ·
Siswa menyesuaikan
rancangan dengan bahan-bahan yang dimiliki. ·
Siswa dapat menambah
jumlah lampu atau baterai pada gambar rancangannya, sehingga rangkaian lampu
akan beragam. (Creativity and Innovation) ·
Guru memeriksa gambar
rangkaian seri siswa. ·
Siswa membaca panduan
keselamatan kerja. Berikan pemahaman bahwa panduan tersebut dibuat untuk
keselamatan mereka. ·
Siswa kemudian merakit
rangkaian serinya berdasarkan gambar yang telah dibuat. (Creativity and Innovation) ·
Saat rangkaian
selesai, siswa kemudian mengujinya, memastikan jika lampu mereka berhasil
menyala. ·
Siswa melakukan pengujian
dengan melakukan instruksi yang terdapat di buku. Ayo Menulis ·
Siswa kembali
menuliskan alat dan bahan yang akan dibawa untuk membuat rangkaian paralel
dan lampu lalu lintas pada tabel yang tersedia. ·
Siswa kemudian
menuliskan laporan hasil percobaan membuat rangkaian seri pada tabel yang
tersedia. (Mandiri) |
140 menit |
|
|
|||
Kegiatan Penutup |
A. Kerja Sama dengan
Orang Tua Siswa bersama kedua
orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di
lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15 menit |
|
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
1. Bahasa Indonesia
Diagram siswa menemukan informasi
penting dari teks eksplanasi ilmiah tentang penemuan listrik, diperiksa menggunakan rubrik berikut.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
|
Isi teks eksplanasi |
Pernyataan Umum |
Menuliskan topik utama bacaan dengan tepat |
Menuliskan topik utama bacaan dengan cukup
tepat |
Menuliskan topik utama bacaan dengan kurang
tepat |
Belum mampu menuliskan topik utama bacaan dengan tepat |
Deret Penjelasan |
Menuliskan fakta yang mendukung topik bacaan dengan lengkap dan berurutan |
Menuliskan fakta yang mendukung topik bacaan dengan cukup lengkap dan cukup
berurutan |
Menuliskan fakta yang mendukung topik bacaan dengan kurang lengkap dan
kurang berurutan |
Belum mampu menuliskan fakta yang mendukung topik bacaan dengan lengkap dan berurutan |
|
Kesimpulan Umum |
Menuliskan kesimpulan umum dan pendapat penulis dengan tepat |
Menuliskan kesimpulan umum dan pendapat penulis dengan cukup
tepat |
Menuliskan kesimpulan umum dan pendapat penulis dengan kurang tepat |
Belum mampu menuliskan kesimpulan umum dan pendapat penulis dengan tepat |
|
Penyajian isi teks dalam peta pikiran |
Menyajikan peta pikiran dengan rapi dan sistematis. |
Menyajikan peta pikiran dengan cukup rapi dan sistematis. |
Menyajikan peta pikiran dengan kurang
rapi dan kurang
sistematis. |
Belum mampu menyajikan peta pikiran dengan rapi dan sistematis. |
|
Sikap Kemandirian |
Tugas diselesaikan dengan mandiri |
Sebagian besar tugas
diselesaikan dengan mandiri |
Tugas diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru |
Belum dapat
menyelesaikan tugas meski telah diberikan motivasi dan bimbingan |
2. IPA
Laporan
hasil percobaan membuat rangkaian seri diperiksa menggunakan rubrik.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Komponen- komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik seri |
Menjelaskan
semua komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik seri dengan tepat. |
Menjelaskan
sebagian besar komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik seri dengan tepat. |
Menjelaskan
sebagian kecil komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik seri dengan tepat. |
Belum mampu menjelaskan
semua komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik seri dengan tepat. |
Rangkaian listrik sederhana secara seri |
Model rangkaian seri rapi, tepat, dan bekerja dengan baik. |
Model rangkaian seri kurang
rapi, namun tepat dan bekerja dengan baik. |
Model rangkaian tidak rapi, namun tepat dan bekerja dengan baik. |
Model rangkaian tidak bekerja dengan baik. |
Sikap kemandirian |
Model rangkaian seri diselesaikan dengan mandiri. |
Sebagian besar rangkaian seri diselesaikan dengan mandiri. |
Model rangkaian
seri diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru. |
Belum dapat
meyelesaikan rangkaian seri,
meskipun telah diberikan motivasi dan bimbingan. |
3.
Catatan anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung
jawab).
(Contoh terlampir di bagian lampiran
Buku Guru).
C. Remedial dan Pengayaan
1. Remedial
·
Bagi siswa yang belum berhasil membuat model
rangkaian seri, akan membuat lagi dengan pendampingan guru.
2. Pengayaan
·
Siswa memperkuat kembali pemahaman konsep dari
rangkaian seri.
D. SUMBER DAN MEDIA
1. Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan
Buku Siswa Tema 1 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
2. Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3. Lingkungan sekitar
4. kertas
HVS dan
alat tulis
5. Lampu baterai
E. MATERI
- Teks tentang penemuan listrik.
- Rangkaian seri dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari- hari.
- Langkah- langkah membuat rangkaian
seri.
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
Comments