RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Persatuan dalam Perbedaan (Tema 2) Sub Tema : Bersatu Kita Teguh (Sub Tema 3) Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA, IPS Pembelajaran ke : 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : 6 /1
Tema : Persatuan dalam
Perbedaan (Tema 2)
Sub Tema : Bersatu Kita Teguh (Sub Tema 3)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA, IPS
Pembelajaran ke
: 1
Alokasi waktu
: 1 hari
A.
TUJUAN
1.
Setelah mengamati dan membaca teks tentang tokoh Proklamasi Kemerdekaan,
siswa mampu menyebutkan ciri kata baku dengan benar.
2.
Setelah berdiskusi, siswa mampu mengembangkan informasi pada peta pikiran
melalui tulisan menggunakan kata baku dan detail.
3.
Setelah mengamati gambar dan membaca teks, siswa mampu menyebutkan
manfaat tumbuhan dan hewan terkait habitatnya melalui tabel.
4.
Setelah melakukan pengamatan di luar kelas, siswa mampu menulis laporan
tentang hasil pengamatannya terkait manfaat tumbuhan dan hewan sesuai
habitatnya dengan tepat.
5.
Setelah mengamati gambar, siswa mampu menyebutkan makna kemerdekaan dan
upaya mengembangkannya dalam kehidupan melalui tulisan dengan tepat.
6.
Setelah berdiskusi, siswa mampu menuliskan makna kemerdekaan dan upaya
mengembangkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai pelajar melalui tulisan
dengan tepat..
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran Ayo Membaca ·
Siswa diminta untuk
mengamati teks proklamasi asli dan hasil ketikkan serta foto BM Diah selama
satu menit. ·
Setiap siswa kemudian
menjawab pertanyaan dan menukarkannya dengan teman di sebelah dan
mendiskusikan jawabannya. ·
Guru membimbing
diskusi, berjalan berkeliling dari kelompok satu ke kelompok lain untuk
memastikan bahwa setiap anggota berpartisipasi aktif. ·
Guru mengajak satu
atau dua siswa untuk menyampaikan hasil diskusinya, lalu memberi penguatan
kepada seluruh siswa mengenai jawaban yang diharapkan. Guru dapat memberi
kesempatan kepada seluruh siswa untuk memberikan komentar dari jawaban yang
ada. Guru tidak menjawab langsung, namun memberi kesempatan kepada siswa lain
untuk mencoba menjawab pertanyaan yang diajukan oleh temannya. Guru dapat
menguatkan jawaban-jawaban yang ada. ·
Siswa kemudian membaca
teks tentang salah satu tokoh Proklamasi Kemerdekaan, yaitu BM Diah. Guru
memberi kesempatan kepada siswa untuk membacanya selama 2 menit. ·
Siswa memikirkan kata
baku yang terdapat pada bacaan dan menduga ciri-cirinya. Bersama temannya,
siswa mendiskusikan hasil dugaannya. Guru berkeliling untuk memastikan semua
siswa aktif. ·
Guru meminta satu atau
dua siswa untuk menyampaikan hasil diskusinya. ·
Guru membagikan buku
EYD untuk satu kelompok dan meminta siswa untuk mengidentifikasi apakah ada
kata pada bacaan yang tidak baku.
Siswa kemudian mendiskusikan hasilnya di kelompok. ·
Guru memberi masukan
tentang kata baku. ·
Siswa membaca teks
sekali lagi dan mengisi peta pikiran yang ada. ·
Siswa mengembangkan
informasi pada peta pikiran dalam bentuk tulisan dengan menggunakan kata baku
dan kalimat efektif. ·
Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk mempresentasikannya di kelompok masing-masing. (Critical Thinking and Problem Formulation) Ayo Mengamati ·
Setiap siswa membaca teks
tentang manfaat beluntas dan keong serta manfaat tumbuhan dan hewan secara
umum. Guru memberi waktu selama lima menit. ·
Siswa secara
berkelompok akan berpetualang di lingkungan sekolah.Secara individu siswa
mengamati dan mencatat habitat hewan dan tumbuhan serta manfaatnya. Siswa
mencatat pengamatannya pada tabel. ·
Siswa mendiskusikan
isi tabel dalam kelompok. Mereka harus melihat perbedaan yang ada dan belajar
dari hal yang berbeda tersebut. ·
Siswa kemudian
mengembangkan informasi pada tabel dalam bentuk laporan tertulis. Ayo Berdiskusi ·
Siswa melanjutkan
kegiatan dengan mengamati gambar dan menjawab pertanyaan. ·
Guru mengajak siswa
mendiskusikan jawabannya dengan teman kelompok dan meminta perwakilan
menyampaikan hasilnya. Guru memberikan penguatan. ·
Siswa kemudian
menuliskan contoh upaya menjadi seorang pembelajar yang sukses dalam rangka
menjadi warga yang sejahtera. Tulisan bisa diperlihatkan kepada teman di
sebelahnya. |
140 menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
A. Kerja Sama dengan
Orang Tua Siswa bersama kedua
orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di
lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15 menit |
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Saat berdiskusi, siswa dinilai dengan rubrik.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan |
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Mendengarkan teman yang berbicara, namun sesekali masih perlu diingatkan. |
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara, namun tidak mengindahkan. |
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur,ekspresi wajah,
suara). |
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. |
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan ide,perasaan, pikiran) |
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. |
Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung. |
Catatan : Centang (v) pada bagian
yang memenuhi kriteria.
- Bahasa Indonesia
Tulisan
siswa dinilai dengan menggunakan daftar periksa.
Indikator
Penilaian |
Ya
|
Tidak
|
Catatan
|
Menyebutkan informasi penting dengan aspek APA secara
tepat |
|
|
|
Menyebutkan informasi penting dengan aspek SIAPA secara
tepat |
|
|
|
Menyebutkan informasi penting dengan aspek DI MANA
secara tepat |
|
|
|
Menyebutkan informasi penting dengan aspek KAPAN secara
tepat |
|
|
|
Menyebutkan informasi penting dengan aspek MENGAPA
secara tepat |
|
|
|
Menyebutkan informasi penting dengan aspek BAGAIMANA
secara tepat |
|
|
|
3.
IPS
Tugas dinilai dengan daftar periksa.
Indikator Penilaian |
Ya |
Tidak |
Catatan |
Menyebutkan
makna kemerdekaan bagi rakyat terkait kesejahteraan |
|
|
|
Menyebutkan
makna kemerdekaan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan melalui pendidikan |
|
|
|
4. IPA
Laporan IPA dinilai dengan daftar
periksa.
Indikator Penilaian |
Ya |
Tidak |
Catatan |
Menyebutkan satu jenis tanaman |
|
|
|
Menyebutkan satu jenis hewan |
|
|
|
Menyebutkan habitat tanaman |
|
|
|
Menyebutkan habitat hewan |
|
|
|
Menyebutkan
manfaat tanaman terkait habitatnya |
|
|
|
Menyebutkan
manfaat tanaman terkait habitatnya |
|
|
|
5. Catatan pengamatan
sikap (peduli)
(Contoh terlampir di bagian lampiran
Buku Guru).
C. Remedial dan Pengayaan
1. Remedial
·
Siswa yang masih kesulitan menemukan informasi
penting dari bahan bacaan dengan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan
bagaimana dapat berlatih dengan guru.
·
Guru membantu siswa dengan memberikan teks dan
meminta siswa untuk membacanya berulang kali berdasarkan aspek yang difokuskan.
2. Pengayaan
Mintalah siswa untuk memajang
laporan hasil pengamatan tanaman dan tumbuhan sehingga dapat dibaca oleh adik
kelas.
D. SUMBER DAN MEDIA
1. Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan
Buku Siswa Tema 2 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
2. Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3. Lingkungan sekitar
4. kertas
HVS dan
alat tulis
5. Buku EYD
E. MATERI
- Teks bacaan tentang manfaat beluntas dan keong
serta manfaat tumbuhan dan hewan secara umum.
- Makna kemerdekaan dan
upaya mengembangkan dalam kehidupan sehari-hari.
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Permaianan, Penugasan, Tanya
Jawab, Diskusi dan Ceramah
Comments