RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Globalisasi (Tema 4) Sub Tema : Globalisasi dan Manfaatnya (Sub Tema 2) Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA, IPS Pembelajaran ke : 1
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas /
Semester : 6 /1
Tema : Globalisasi (Tema 4)
Sub
Tema :
Globalisasi dan Manfaatnya (Sub Tema 2)
Muatan
Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA, IPS
Pembelajaran
ke : 1
Alokasi
waktu : 1 hari
A.
TUJUAN
1. Dengan menyimak, siswa mampu menyebutkan informasi
penting dan teks ekplanasi yang didengar dengan tepat.
2. Setelah menyimak, siswa mampu menulis informasi
penting dari teks ekplanasi yang didengar dalam bentuk peta pikiran dengan
sistematis
3. Dengan mencari dan mengolah informasi, siswa mampu
menjelaskan peran Indonesia dalam berbagai bentuk kerja sama di bidang politik
dalam lingkup ASEAN dengan mandiri.
4. Setelah mencari dan mengolah informasi, siswa mampu
menyajikan informasi tentang peran Indonesia dalam berbagai bentuk kerja
samabidang politik dalam lingkup ASEAN dengan sistematis.
5. Dengan percobaan, siswa mampu menjelaskan cara
menghemat energi listrik dengan tepat.
6. Setelah percobaan, siswa mampu menyajikan laporan
hasil percobaan
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
|
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran Jika siswa telah
berdoa di pagi hari. Guru dapat mengawali kegiatan dengan mengajak siswa
untuk menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” dan lagu-lagu perjuangan
lainnya. (Nasionalisme) Diharapkan kegiatan
menyanyikan lagu perjuangan ini dapat dilakukan setiap pagi sebelum kegiatan
pembelajaran dimulai. Minta semua siswa untuk berdiri tegak dan memusatkan
pandangan pada lambang Garuda Pancasila saat bernyanyi. Tujuan dari kegiatan
ini adalah: ·
Membangun rasa cinta
tanah air dan rasa bangga sebagai bangsa Indonesia, di tengah maraknya arus
infomasi di era globalisasi saat ini. ·
Meningkatkan semangat
perjuangan untuk ikut memajukan bangsa dan tanah air Indonesia. ·
Mengingatkan kembali
akan jasa para pahlawan dan menumbuhkan semangat bela negara. Diharapkan kegiatan
ini juga akan menjadi pemicu bagi siswa untuk mengawali hari-harinya di
sekolah dengan penuh semangat. Ayo
Menulis ·
Sebagai kegiatan pembuka, siswa
diminta mengamati foto kegiatan Indonesia dalam pertemun KTT APEC. ·
Siswa berdiskusi untuk menjawab
pertanyaan yang terdapat di buku. (Critical
Thinking and Problem Formulation) ·
Guru memperlihatkan
beberapa foto presiden RI dalam forum-forum di wilayah Asia Tenggara/Asia
Pasifik. ·
Guru mengajukan
pertanyaan: Apa yang kamu ketahui tentang peran Indonesia di antara negara-negara di
wilayah Asia pada umumnya dan di wilayah AsiaTenggara pada khususnya? ·
Siswa diingatkan
kembali tentang beberapa peran Indonesia di wilayah Asia Tenggara yang telah
dipelajari pada tema sebelumnya. ·
Guru membacakan teks
eksplanasi tentang wacana Bahasa Indonesia akan menjadi bahasa di Asia
Tenggara, serta dampaknya pada kerja sama antarnegara ASEAN. ·
Siswa akan menyimak
dan menuliskan informasi penting dari setiap paragraf tersebut. ·
Siswa menuliskannya
dalam diagram yang tersedia. ·
Guru memberikan
penguatan: Ayo Berdiskusi ·
Siswa membaca kembali
dengan teliti informasi penting yang telah mereka temukan dari isi teks yang
dibacakan guru.Siswa berdiskusi bersama teman tentang jenis kerja sama yang
dilakukan Indonesia, serta peran Indonesia dalam kerja sama tersebut. ·
Siswa menuliskan dalam
kolom yang tersedia. ·
Siswa mencari
informasi lain tentang kerja sama di bidang politik antara Indonesia dengan
negara-negara anggota ASEAN. ·
Siswa mengidentifikasi
posisi dan peran Indonesia dalam setiap kerjasama tersebut. ·
Siswa mengolah
informasi dan menuliskannya dalam diagram yang tersedia. (Creativity and
Innovation) Ayo Mencoba ·
Siswa membaca artikel
singkat tentang hemat energi. ·
Siswa melakukan
percobaan mandiri dengan alat dan bahan yang telah disiapkan guru. (Creativity and
Innovation) ·
Siswa menuliskan
laporan berdasarkan hasil percobaan yang dilakukan. ·
Diskusikanlah hasilnya
dengan teman dan gurumu. |
140 menit |
|
|
|||
Kegiatan Penutup |
A.
Kerja Sama dengan Orang Tua Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai
warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15 menit |
|
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi
ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan
guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses
dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian
kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan
laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1.
Bahasa Indonesia
Tulisan peta pikiran
siswa menyajikan informasi penting dari teks lisan eksplanasi ilmiah yang
dibacakan tentang peran Bahasa Indonesia di wilayah Asia Tenggara, diperiksa
menggunakan rubrik pada halaman 10.
2. IPS
Diagram hasil pencarian
dan pengolahan informasi siswa, diperiksa menggunakan rubrik pada halaman 9.
3. IPA
Tulisan laporan siswa
berdasarkan hasil percobaan lampu hemat listrik, diperiksa menggunakan rubrik:
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
|
Cara menghemat energi listrik (KD 3.6) |
Mampu menuliskan proses percobaan hemat listrik dengan lengkap |
Mampu menuliskan proses percobaan hemat listrik dengan cukup lengkap |
Mampu menuliskan proses percobaan hemat listrik dengan kurang lengkap. |
Belum mampu menuliskan proses percobaan hemat listrik dengan jelas dan sistematis. |
Penyajian karya tentang cara hemat energi listrik (KD 4.6) |
Mampu menuliskan laporan proses percobaan hemat listrik dengan jelas dan sistematis. |
Mampu menuliskan laporan proses percobaan hemat listrik dengan cukup jelas dan sistematis. |
Mampu menuliskan laporan proses percobaan hemat listrik dengan kurang jelas dan kurang sistematis. |
Belum mampu menuliskan laporan proses percobaan hemat listrik dengan jelas dan sistematis. |
Sikap : Kemandirian |
Tulisan dan gambar diselesaikan dengan mandiri. |
Tulisan dan gambar diselesaikan dengan cukup mandiri. |
Tulisan dan gambar diselesaikan dengan bimbingan. |
Belum mampu membuat tulisan dan gambar meski dengan bimbingan. |
Catatan: Rubrik ini
berlaku juga untuk penilaian di bidang kebudayaan, politik,
dan iptek.
Penilaian
Sikap
Guru dapat menambahkan catatan penilaian sikap,
contoh terlampir pada lampiran pertama Buku Guru.
F. Remedial dan Pengayaan
1. Remedial
Bagi siswa yang belum dapat menyimak dan memilah
informasi dengan tepat pada pelajaran Bahasa Indonesia, akan ditingkatkan kemampuan
menyimak dengan bimbinganguru atau teman Peer Assistance
2. Pengayaan
Jika memiliki waktu, siswa dapat menambah waktu
pecarian informasi tentang peran penting dan posisi strategis Indonesia di
wilayah Asia Tenggara.
Siswa dapat saling berbagi informasi untuk
memperkaya wawasan mereka terutama tentang perkembangan peranan Indonesia di
dunia Internasional.
Bagi siswa yang belum dapat menyimak dan memilah
informasi dengan
tepat pada pelajaran Bahasa Indonesia, akan
ditingkatkan kemampuan
menyimak dengan bimbingan guru atau teman Peer
Assistance
G. SUMBER DAN MEDIA
1.
Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013,
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
2. Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3. Lingkungan sekitar
4. kertas HVS dan alat tulis
5. Foto, artikel berita terbaru tentang peran Indonesia di
wilayah ASEAN.
C. MATERI
- Berbagai bentuk kerja sama di bidang politik
dalam lingkup ASEAN.
- Cara
menghemat energi listrik.
D. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan :
Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
Comments