RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Globalisasi (Tema 4) Sub Tema : Globalisasi dan Manfaatnya (Sub Tema 2) Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA, IPS Pembelajaran ke : 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020


Satuan Pendidikan       : SDN SUKAHURIP 02

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Globalisasi (Tema 4)

Sub Tema                   :  Globalisasi dan Manfaatnya (Sub Tema 2)

Muatan Terpadu            :  Bahasa Indonesia, IPA, IPS

Pembelajaran ke        :  1

Alokasi waktu             :  1 hari

 

A.    TUJUAN

1.     Dengan menyimak, siswa mampu menyebutkan informasi penting dan teks ekplanasi yang didengar dengan tepat.

2.     Setelah menyimak, siswa mampu menulis informasi penting dari teks ekplanasi yang didengar dalam bentuk peta pikiran dengan sistematis

3.     Dengan mencari dan mengolah informasi, siswa mampu menjelaskan peran Indonesia dalam berbagai bentuk kerja sama di bidang politik dalam lingkup ASEAN dengan mandiri.

4.     Setelah mencari dan mengolah informasi, siswa mampu menyajikan informasi tentang peran Indonesia dalam berbagai bentuk kerja samabidang politik dalam lingkup ASEAN dengan sistematis.

5.     Dengan percobaan, siswa mampu menjelaskan cara menghemat energi listrik dengan tepat.

6.     Setelah percobaan, siswa mampu menyajikan laporan hasil percobaan

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Jika siswa telah berdoa di pagi hari. Guru dapat mengawali kegiatan dengan mengajak siswa untuk menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” dan lagu-lagu perjuangan lainnya. (Nasionalisme)

Diharapkan kegiatan menyanyikan lagu perjuangan ini dapat dilakukan setiap pagi sebelum kegiatan pembelajaran dimulai. Minta semua siswa untuk berdiri tegak dan memusatkan pandangan pada lambang Garuda Pancasila saat bernyanyi.

Tujuan dari kegiatan ini adalah:

·         Membangun rasa cinta tanah air dan rasa bangga sebagai bangsa Indonesia, di tengah maraknya arus infomasi di era globalisasi saat ini.

·         Meningkatkan semangat perjuangan untuk ikut memajukan bangsa dan tanah air Indonesia.

·         Mengingatkan kembali akan jasa para pahlawan dan menumbuhkan semangat bela negara.

Diharapkan kegiatan ini juga akan menjadi pemicu bagi siswa untuk mengawali hari-harinya di sekolah dengan penuh semangat.

 

Ayo Menulis

·         Sebagai kegiatan pembuka, siswa diminta mengamati foto kegiatan Indonesia dalam pertemun KTT APEC.

·         Siswa berdiskusi untuk menjawab pertanyaan yang terdapat di buku.

(Critical Thinking and Problem Formulation)

 

 

·         Guru memperlihatkan beberapa foto presiden RI dalam forum-forum di wilayah Asia Tenggara/Asia Pasifik.

·         Guru mengajukan pertanyaan:

Apa yang kamu ketahui tentang peran Indonesia di antara negara-negara di wilayah Asia pada umumnya dan di wilayah AsiaTenggara pada khususnya?

·         Siswa diingatkan kembali tentang beberapa peran Indonesia di wilayah Asia Tenggara yang telah dipelajari pada tema sebelumnya.

·         Guru membacakan teks eksplanasi tentang wacana Bahasa Indonesia akan menjadi bahasa di Asia Tenggara, serta dampaknya pada kerja sama antarnegara ASEAN.

·         Siswa akan menyimak dan menuliskan informasi penting dari setiap paragraf tersebut.

 

·         Siswa menuliskannya dalam diagram yang tersedia.

·         Guru memberikan penguatan:

 

Ayo Berdiskusi

·         Siswa membaca kembali dengan teliti informasi penting yang telah mereka temukan dari isi teks yang dibacakan guru.Siswa berdiskusi bersama teman tentang jenis kerja sama yang dilakukan Indonesia, serta peran Indonesia dalam kerja sama tersebut.

·         Siswa menuliskan dalam kolom yang tersedia.

·         Siswa mencari informasi lain tentang kerja sama di bidang politik antara Indonesia dengan negara-negara anggota ASEAN.

·         Siswa mengidentifikasi posisi dan peran Indonesia dalam setiap kerjasama tersebut.

·         Siswa mengolah informasi dan menuliskannya dalam diagram yang tersedia.

(Creativity and Innovation)

 

Ayo Mencoba

·         Siswa membaca artikel singkat tentang hemat energi.

·         Siswa melakukan percobaan mandiri dengan alat dan bahan yang telah disiapkan guru.

(Creativity and Innovation)

·         Siswa menuliskan laporan berdasarkan hasil percobaan yang dilakukan.

·         Diskusikanlah hasilnya dengan teman dan gurumu.

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

1.     Bahasa Indonesia

Tulisan peta pikiran siswa menyajikan informasi penting dari teks lisan eksplanasi ilmiah yang dibacakan tentang peran Bahasa Indonesia di wilayah Asia Tenggara, diperiksa menggunakan rubrik pada halaman 10.

 

2.     IPS

Diagram hasil pencarian dan pengolahan informasi siswa, diperiksa menggunakan rubrik pada halaman 9.

3.     IPA

Tulisan laporan siswa berdasarkan hasil percobaan lampu hemat listrik, diperiksa menggunakan rubrik:

Aspek

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Cara

menghemat

energi listrik

 (KD 3.6)

Mampu

menuliskan

proses

percobaan

hemat listrik

dengan lengkap

Mampu

menuliskan

proses

percobaan

hemat listrik

dengan cukup

lengkap

Mampu

menuliskan

proses

percobaan

hemat listrik

dengan kurang

lengkap.

Belum mampu

menuliskan

proses

percobaan

hemat listrik

dengan jelas

dan sistematis.

Penyajian karya

tentang cara

hemat energi

listrik

(KD 4.6)

Mampu

menuliskan

laporan proses

percobaan

hemat listrik

dengan jelas

dan sistematis.

Mampu

menuliskan

laporan proses

percobaan

hemat listrik

dengan cukup

jelas dan

sistematis.

Mampu

menuliskan

laporan proses

percobaan

hemat listrik

dengan

kurang jelas

dan kurang

sistematis.

Belum mampu

menuliskan

laporan proses

percobaan

hemat listrik

dengan jelas

dan sistematis.

Sikap :

Kemandirian

Tulisan dan

gambar

diselesaikan

dengan

mandiri.

Tulisan dan

gambar

diselesaikan

dengan cukup

mandiri.

Tulisan dan

gambar

diselesaikan

dengan

bimbingan.

Belum mampu

membuat

tulisan dan

gambar

meski dengan

bimbingan.

Catatan: Rubrik ini berlaku juga untuk penilaian di bidang kebudayaan, politik,

dan iptek.

Penilaian Sikap

Guru dapat menambahkan catatan penilaian sikap, contoh terlampir pada lampiran pertama Buku Guru.

 

F.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

Bagi siswa yang belum dapat menyimak dan memilah informasi dengan tepat pada pelajaran Bahasa Indonesia, akan ditingkatkan kemampuan menyimak dengan bimbinganguru atau teman Peer Assistance

2.     Pengayaan

Jika memiliki waktu, siswa dapat menambah waktu pecarian informasi tentang peran penting dan posisi strategis Indonesia di wilayah Asia Tenggara.

Siswa dapat saling berbagi informasi untuk memperkaya wawasan mereka terutama tentang perkembangan peranan Indonesia di dunia Internasional.

Bagi siswa yang belum dapat menyimak dan memilah informasi dengan

tepat pada pelajaran Bahasa Indonesia, akan ditingkatkan kemampuan

menyimak dengan bimbingan guru atau teman Peer Assistance

 

G.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.     Lingkungan sekitar

4.     kertas HVS dan alat tulis

5.     Foto, artikel berita terbaru tentang peran Indonesia di wilayah ASEAN.

 

C.    MATERI

  1. Berbagai bentuk kerja sama di bidang politik dalam lingkup ASEAN.
  2. Cara menghemat energi listrik.
  3.  

 

D.    PENDEKATAN & METODE

       Pendekatan            : Scientific

Strategi                  : Cooperative Learning

Teknik                    : Example Non Example

Metode                  : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

 

 

 

 

Comments