RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Persatuan dalam Perbedaan (Tema 2) Sub Tema : Bekerja Sama Mencapai Tujuan (Sub Tema 2) Muatan Terpadu : IPS, SBdP Pembelajaran ke : 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020


 

Satuan Pendidikan       : SDN SUKAHURIP 02

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Persatuan dalam Perbedaan (Tema 2)

Sub Tema                   : Bekerja Sama Mencapai Tujuan (Sub Tema 2)

Muatan Terpadu            : IPS, SBdP

Pembelajaran ke        :  5

Alokasi waktu             :  1 hari

 

 

A.    TUJUAN

1.     Setelah menggali informasi dari berbagai sumber, siswa mampu menyebutkan makna upaya mempertahankan kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari melalui peta pikiran.

2.     Setelah menggali informasi dari berbagai sumber, siswa mampu mempresentasikan contoh makna upaya mempertahankan kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari melalui peta pikiran.

3.     Setelah mengamati gambar, membaca penjelasan, dan memperhatikan peragaan oleh guru, siswa mampu mengidentifikasi gerakan pada tari Indang.

4.     Setelah mengamati gambar, membaca penjelasan, dan memperhatikan peragaan oleh guru, siswa mampu mempraktikkan gerakan pada tari Indang.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah pembelajarann

Ayo Berdiskusi

·         Siswa diminta mempresentasikan peta pikiran yang telah mereka buat secara berkelompok dengan pembagian:

·         Ketika presentasi berlangsung, setiap siswa diminta mencatat informasi penting berdasarkan presentasi yang dilaksanakan setiap kelompok.

·         Setelah melakukan presentasi, siswa diminta menuliskan hasil refleksi tentang kerja sama yang telah mereka lakukan ketika mencari informasi dan melakukan presentasi bersama-sama.

·         Siswa menuliskan apakah tujuan setiap kelompok tercapai melalui kerja sama tersebut.

·         Siswa diajak berlatih tari Indang untuk gerakan selanjutnya.

(Creativity and Innovation)

 

Ayo Berkreasi

Sebelum berlatih, siswa diminta menjawab pertanyaan yang terdapat di buku siswa.

·         Siswa diminta menuliskan gerakan yang telah mereka kuasai.

·         Selain itu, siswa juga diminta menuliskan gerakan yang belum mereka kuasai dengan baik.

·         Siswa diminta menuliskan rencana mereka agar gerakan tersebut lebih baik lagi.

·         Kemudian, siswa diminta mempelajari lebih lanjut gerakan tari Indang berikutnya.

 

Ayo Mengamati

·         Siswa diminta mengamati gambar dan penjelasan untuk gerakan tari Indang selanjutnya.

·         Setelah mengamati gambar dan membaca penjelasan, siswa diminta mempraktikkan setiap gerakan.

·         Sebelum mempraktikkan, siswa diminta memperhatikan peragaan dari guru.

(Creativity and Innovation)

 

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

1.     IPS

Presentasi dinilai dengan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Keakuratan

Informasi

Seluruh

informasi yang

disampaikan

akurat

(   )

Sebagian besar

informasi yang

disampaikan

akurat

(   )

Sebagian kecil

informasi yang

disampaikan

akurat

(  )

Informasi yang

disampaikan tidak

akurat

(   )

Makna

Makna ten-

tang upaya

meperta  hankan

kemerdekaan

disampaikan

dengan sa  ngat

jelas

(   )

Makna

tentang upaya

memperta-

hankan

kemerdekaan

disampaikan

dengan cukup

jelas

(  )

Makna tentang

upaya mem-

pertahankan

kemerdekaan

disampaikan

dengan kurang

jelas

(   )

Makna

tentang upaya

mempertahankan

kemerdekaan

disampaikan

dengan tidak jelas

(   )

Contoh

Contoh yang

dberikan sangat

jelas

(   )

Contoh yang

dberikan cukup

jelas

(   )

Contoh yang

dberikan kurang

jelas

(   )

Contoh yang

dberikan tidak

jelas

(  )

Catatan : Centang () pada bagian yang memenuhi kriteria.

 

1.     SBdP

Praktik gerakan tari dan pola lantai dinilai dengan daftar periksa.

Indikator Penilaian

Ada

Tidak Ada

Catatan

Siswa dapat mempraktikkan pola lantai dengan baik

 

 

 

Siswa dapat mempraktikkan gerakan tangan kiri menumpu tangan kanan (membentuk sudut siku-siku) sembari menggerakkan ujung-ujung jari agar berbunyi (tuk). Dilakukan bergantian

selama tiga kali. Kemudian, tangan kanan diayunkan ke arah kiri sehingga posisi tangan kanan menumpu tangan kiri.

 

 

 

Siswa dapat mempraktikkan gerakan tangan kanan menumpu tangan kiri (membentuk sudut siku-siku) sembari menggerakkan ujung-ujung jari agar berbunyi (tuk). Dilakukan bergantian selama tiga kali. Kemudian, tangan kiri diayunkan ke arah kanan sehingga posisi tangan kiri menumpu tangan kanan.

 

 

 

Siswa dapat mempraktikkan gerakan posisi badan ke arah kanan. Kedua tangan diletakkan di atas paha kanan. Tangan kanan di atas tangan kiri. Kemudian pergelangan kedua tangan digerakkan; kaki digerakkan (ngeper). Digerakkan selama empat hitungan.

 

 

 

Siswa dapat mempraktikkan gerakan

Posisi badan ke arah kiri. Kedua tangan

diletakkan di atas paha kiri. Tangan 

kiri di atas tangan kanan. Kemudian

pergelangan kedua tangan digerakkan;

kaki digerakkan (ngeper). Digerakkan

selama empat hitungan.

 

 

 

 

2.     Catatan pengamatan sikap (Peduli, Santun)

Contoh dapat dilihat pada bagian akhir (lampiran) buku ini.

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

Siswa yang belum mampu menyelesaikan soal cerita terkait hitung campur yang melibatkan pecahan dan desimal akan mengikuti penguatan materi dengan pendampingan guru. Siswa dapat diberikan contoh soal yang lebih mudah dan diselesaikan secara bertahap sesuai langkah-langkah dalam pemecahan masalah (problem solving).

 

2.     Pengayaan

Siswa dapat berlatih menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah terkait hitung campur yang melibatkan pecahan dan desimal.

 

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.     Lingkungan sekitar

4.     kertas HVS dan alat tulis

5.     Teks bacaan Kami Berbeda, namun Kami Bekerja Sama.

 

 

E.    MATERI

  1. Upaya mempertahankan kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Contoh makna upaya mempertahankan kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Gerakan pada tari Sindang.

 

 

 

F.    PENDEKATAN & METODE

       Pendekatan            : Scientific

Strategi                  : Cooperative Learning

Teknik                    : Example Non Example

Metode                  : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

 

 

 

Comments