RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Persatuan dalam Perbedaan (Tema 2) Sub Tema : Bekerja Sama Mencapai Tujuan (Sub Tema 2) Muatan Terpadu : IPS, SBdP Pembelajaran ke : 5
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : 6 /1
Tema : Persatuan dalam
Perbedaan (Tema 2)
Sub Tema : Bekerja Sama Mencapai
Tujuan (Sub Tema 2)
Muatan Terpadu :
IPS, SBdP
Pembelajaran ke
: 5
Alokasi waktu
: 1 hari
A.
TUJUAN
1. Setelah menggali informasi dari berbagai sumber,
siswa mampu menyebutkan makna upaya mempertahankan kemerdekaan dalam kehidupan
sehari-hari melalui peta pikiran.
2. Setelah menggali informasi dari berbagai sumber,
siswa mampu mempresentasikan contoh makna upaya mempertahankan kemerdekaan
dalam kehidupan sehari-hari melalui peta pikiran.
3.
Setelah mengamati gambar, membaca penjelasan, dan memperhatikan peragaan
oleh guru, siswa mampu mengidentifikasi gerakan pada tari Indang.
4.
Setelah mengamati gambar, membaca penjelasan, dan memperhatikan peragaan
oleh guru, siswa mampu mempraktikkan gerakan pada tari Indang.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah
pembelajarann Ayo Berdiskusi ·
Siswa diminta
mempresentasikan peta pikiran yang telah mereka buat secara berkelompok
dengan pembagian: ·
Ketika presentasi
berlangsung, setiap siswa diminta mencatat informasi penting berdasarkan
presentasi yang dilaksanakan setiap kelompok. ·
Setelah melakukan
presentasi, siswa diminta menuliskan hasil refleksi tentang kerja sama yang
telah mereka lakukan ketika mencari informasi dan melakukan presentasi
bersama-sama. ·
Siswa menuliskan
apakah tujuan setiap kelompok tercapai melalui kerja sama tersebut. ·
Siswa diajak berlatih
tari Indang untuk gerakan selanjutnya. (Creativity and Innovation) Ayo Berkreasi Sebelum berlatih, siswa diminta menjawab pertanyaan yang terdapat di buku
siswa. ·
Siswa diminta
menuliskan gerakan yang telah mereka kuasai. ·
Selain itu, siswa juga
diminta menuliskan gerakan yang belum mereka kuasai dengan baik. ·
Siswa diminta
menuliskan rencana mereka agar gerakan tersebut lebih baik lagi. ·
Kemudian, siswa
diminta mempelajari lebih lanjut gerakan tari Indang berikutnya. Ayo Mengamati ·
Siswa diminta
mengamati gambar dan penjelasan untuk gerakan tari Indang selanjutnya. ·
Setelah mengamati
gambar dan membaca penjelasan, siswa diminta mempraktikkan setiap gerakan. ·
Sebelum mempraktikkan,
siswa diminta memperhatikan peragaan dari guru. (Creativity and Innovation) |
140 menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
A. Kerja Sama dengan
Orang Tua Siswa bersama kedua
orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di
lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15 menit |
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Presentasi
dinilai dengan rubrik.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Keakuratan Informasi |
Seluruh informasi yang disampaikan akurat ( ) |
Sebagian besar informasi yang disampaikan akurat ( ) |
Sebagian kecil informasi yang disampaikan akurat ( ) |
Informasi yang disampaikan tidak akurat ( ) |
Makna |
Makna ten- tang upaya meperta hankan kemerdekaan disampaikan dengan sa ngat jelas ( ) |
Makna tentang upaya memperta- hankan kemerdekaan disampaikan dengan cukup jelas ( ) |
Makna tentang upaya mem- pertahankan kemerdekaan disampaikan dengan kurang jelas ( ) |
Makna tentang upaya mempertahankan kemerdekaan disampaikan dengan tidak jelas ( ) |
Contoh |
Contoh yang dberikan sangat jelas ( ) |
Contoh yang dberikan cukup jelas ( ) |
Contoh yang dberikan kurang jelas ( ) |
Contoh yang dberikan tidak jelas ( ) |
Catatan
: Centang () pada bagian yang memenuhi kriteria.
1.
SBdP
Praktik gerakan tari dan pola lantai dinilai dengan daftar
periksa.
Indikator Penilaian |
Ada |
Tidak Ada |
Catatan |
Siswa
dapat mempraktikkan pola lantai dengan baik |
|
|
|
Siswa
dapat mempraktikkan gerakan tangan kiri menumpu tangan kanan (membentuk sudut
siku-siku) sembari menggerakkan ujung-ujung jari agar berbunyi (tuk).
Dilakukan bergantian selama
tiga kali. Kemudian, tangan kanan diayunkan ke arah kiri sehingga posisi
tangan kanan menumpu tangan kiri. |
|
|
|
Siswa
dapat mempraktikkan gerakan tangan kanan menumpu tangan kiri (membentuk sudut
siku-siku) sembari menggerakkan ujung-ujung jari agar berbunyi (tuk).
Dilakukan bergantian selama tiga kali. Kemudian, tangan kiri diayunkan ke
arah kanan sehingga posisi tangan kiri menumpu tangan kanan. |
|
|
|
Siswa
dapat mempraktikkan gerakan posisi badan ke arah kanan. Kedua tangan
diletakkan di atas paha kanan. Tangan kanan di atas tangan kiri. Kemudian
pergelangan kedua tangan digerakkan; kaki digerakkan (ngeper). Digerakkan selama empat hitungan. |
|
|
|
Siswa
dapat mempraktikkan gerakan Posisi
badan ke arah kiri. Kedua tangan diletakkan
di atas paha kiri. Tangan kiri
di atas tangan kanan. Kemudian pergelangan
kedua tangan digerakkan; kaki
digerakkan (ngeper). Digerakkan selama
empat hitungan. |
|
|
|
2. Catatan pengamatan sikap (Peduli, Santun)
Contoh dapat dilihat pada bagian akhir (lampiran) buku ini.
C. Remedial dan Pengayaan
1. Remedial
Siswa yang belum mampu
menyelesaikan soal cerita terkait hitung campur yang melibatkan pecahan dan
desimal akan mengikuti penguatan materi dengan pendampingan guru. Siswa dapat
diberikan contoh soal yang lebih mudah dan diselesaikan secara bertahap sesuai
langkah-langkah dalam pemecahan masalah (problem solving).
2. Pengayaan
Siswa dapat berlatih
menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah terkait hitung campur yang melibatkan
pecahan dan desimal.
D. SUMBER DAN MEDIA
1. Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan
Buku Siswa Tema 2 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
2. Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3. Lingkungan sekitar
4. kertas
HVS dan
alat tulis
5. Teks bacaan Kami Berbeda, namun Kami Bekerja
Sama.
E. MATERI
- Upaya mempertahankan kemerdekaan dalam
kehidupan sehari-hari.
- Contoh makna upaya mempertahankan
kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari.
- Gerakan pada tari Sindang.
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
Comments