RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema : Ayo, Selamatkan Hewan dan Tumbuhan (Sub Tema 3) Muatan Terpadu : IPS, SBdP Pembelajaran ke : 5
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester :
6 /1
Tema : Selamatkan Makhluk
Hidup (Tema 1)
Sub Tema : Ayo, Selamatkan Hewan dan
Tumbuhan (Sub Tema 3)
Muatan Terpadu : IPS, SBdP
Pembelajaran ke :
5
Alokasi waktu :
1 hari
A. TUJUAN
1. Setelah membaca kesimpulan dari teks laporan hasil
pengamatan, siswa mampu menyebutkan pokok-pokok penting dengan tepat.
2. Setelah berdiskusi, siswa mampu menilai kesimpulan
teman dari teks yang dibaca dengan rinci.
3. Setelah membaca komik tentang penerapan sila
Pancasila, siswa mampu menemukan contoh pelaksanaan sila Pancasila terkait peduli
tumbuhan/hewan.
4. Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat komik
terkait tentang peduli tumbuhan/hewan.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran Ayo Membaca ·
Pada kesempatan ini,
guru menyampaikan informasi kepada siswa bahwa mereka akan menilai kesimpulan
teman. ·
Siswa melanjutkan
kegiatan dengan membaca teks yang ada pada buku pelajaran. Siswa membaca teks
dalam hati. Guru memberikan waktu sekitar 2 menit. ·
Siswa kemudian membuat
kesimpulan dan menukarkannya dengan teman sebelah. ·
Siswa menilai
kesimpulan teman. Setelah itu, mereka saling mendiskusikan penilaian. Guru
memberikan arahan kepada yang membutuhkan.(Communication) ·
Kesimpulan dan
komentar terhadap kesimpulan teman disampaikan kepada guru. Ayo Berkreasi ·
Siswa mengambil komik
yang belum selesai. ·
Guru menginformasikan
kepada siswa untuk menyelesaikannya. ·
Guru dapat memberikan
motivasi atau bantuan apabila dibutuhkan. Guru dapat memastikan bahwa komik
yang dibuat sudah sesuai dengan rubrik yang disampaikan di hari sebelumnya. ·
Setelah selesai dengan
komiknya, siswa dapat menukarkannya kepada teman kelompoknya. (Creativity and Innovatiion) |
140
menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
A.
Kerja Sama dengan Orang Tua Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai
warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15
menit |
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil
pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi
peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan
kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap
materi ini dapat dilakukan sesuai
kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1. Bahasa Indonesia
Tulisan siswa dinilai dengan menggunakan
rubrik.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Ide pokok |
Ide pokok yang dimasukkan ke dalam kesimpulan semuanya benar. |
Sebagian besar ide pokok yang dimasukkan ke dalam kesimpulan benar. |
Sebagian kecil ide pokok yang dimasukkan ke dalam kesimpulan benar. |
Ide pokok yang dimasukkan ke dalam kesimpulan semuanya salah. |
Data penunjang |
Kesimpulan memasukkan data penunjang dan semuanya benar. |
Data penunjang yang dimasukkan ke dalam kesimpulan sebagian besar benar. |
Data penunjang yang dimasukkan ke dalam kesimpulan sebagian kecil benar. |
Kesimpulan disusun tanpa memasukkan data penunjang. |
Penggunaan kosakata baku |
Kesimpulan menggunakan kosakata baku dan semuanya benar. |
Kesimpulan menggunakan kosakata baku dan sebagian besar benar. |
Kesimpulan menggunakan kosakata baku dan sebagian kecil benar. |
Kesimpulan tidak menggunakan kosakata baku. |
Catatan : Centang () pada bagian yang memenuhi kriteria.
2. PPKN
Produk dinilai dengan rubrik
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Konsep sila Pancasila |
Komik memuat konsep penerapan sila Pancasila terkait pelestarian hewan/ tumbuhan. |
Komik memuat konsep penerapan sila Pancasila terkait pelestarian hewan/ tumbuhan, namun kurang tepat. |
Komik memua konsep penerapan sila Pancasila, namun tidak terkait pelestarian hewan/ tumbuhan. |
Komik tidak memuat konsep penerapan sila Pancasila terkait pelestarian hewan/ tumbuhan. |
Konsep pelestarian |
Pelestarian hewan/ tumbuhan diceritakan melalui contoh dengan benar seluruhnya. |
Pelestarian hewan/ tumbuhan diceritakan melalui contoh namun hanya sebagian besar saja. |
Pelestarian hewan/ tumbuhan diceritakan melalui contoh, namun hanya sebagian kecil saja. |
Pelestarian hewan/ tumbuhan diceritakan melalui contoh, namun tidak berhubungan. |
Gambar |
Gambar dan pesan memiliki kesesuaian yang sangat kuat. |
Gambar dan pesan memiliki kesesuaian yang kuat. |
Gambar dan pesan memiliki kesesuaian yang tidak kuat. |
Gambar dan pesan tidak memiliki kesesuaian. |
Catatan :
Centang () pada bagian yang memenuhi
kriteria.
3. Catatan anekdot untuk
mencatat sikap (tanggung jawab)
(Contoh terlampir di lampiran pada Buku Guru).
C. Remedial dan Pengayaan
1.
Remedial
Siswa yang masih memiliki kesulitan dalam membuat kesimpulan dapat
melatihnya dengan guru.
Guru memilihkan paragraf yang sederhana kemudian siswa membuat kesimpulan.
2. Pengayaan
Guru dapat mengumpulkan komik dan dijadikan buku sehingga dapat dibaca
oleh siswa dan adik kelas.
D. SUMBER DAN MEDIA
1.
Buku
Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6
dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 6
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2018).
2. Media
Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3. Lingkungan
sekitar
4. kertas HVS dan alat tulis
Comments