RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema : Ayo, Selamatkan Hewan dan Tumbuhan (Sub Tema 3) Muatan Terpadu : IPS, SBdP Pembelajaran ke : 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020


Satuan Pendidikan       : SDN SUKAHURIP 02

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1)

Sub Tema                   : Ayo, Selamatkan Hewan dan Tumbuhan (Sub Tema 3)

Muatan Terpadu            :  IPS, SBdP

Pembelajaran ke        :  5

Alokasi waktu             :  1 hari

 

A.    TUJUAN

1.     Setelah membaca kesimpulan dari teks laporan hasil pengamatan, siswa mampu menyebutkan pokok-pokok penting dengan tepat.

2.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menilai kesimpulan teman dari teks yang dibaca dengan rinci.

3.     Setelah membaca komik tentang penerapan sila Pancasila, siswa mampu menemukan contoh pelaksanaan sila Pancasila terkait peduli tumbuhan/hewan.

4.     Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat komik terkait tentang peduli tumbuhan/hewan.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Ayo Membaca

·         Pada kesempatan ini, guru menyampaikan informasi kepada siswa bahwa mereka akan menilai kesimpulan teman.

·         Siswa melanjutkan kegiatan dengan membaca teks yang ada pada buku pelajaran. Siswa membaca teks dalam hati. Guru memberikan waktu sekitar 2 menit.

·         Siswa kemudian membuat kesimpulan dan menukarkannya dengan teman sebelah. 

·         Siswa menilai kesimpulan teman. Setelah itu, mereka saling mendiskusikan penilaian. Guru memberikan arahan kepada yang membutuhkan.(Communication)

·         Kesimpulan dan komentar terhadap kesimpulan teman disampaikan kepada guru.

 

Ayo Berkreasi

·         Siswa mengambil komik yang belum selesai.

·         Guru menginformasikan kepada siswa untuk menyelesaikannya.

·         Guru dapat memberikan motivasi atau bantuan apabila dibutuhkan. Guru dapat memastikan bahwa komik yang dibuat sudah sesuai dengan rubrik yang disampaikan di hari sebelumnya.

·         Setelah selesai dengan komiknya, siswa dapat menukarkannya kepada teman kelompoknya.

(Creativity and Innovatiion)

 

 

 

 

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

1.     Bahasa Indonesia

Tulisan siswa dinilai dengan menggunakan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Ide pokok

Ide pokok yang

dimasukkan

ke dalam

kesimpulan

semuanya

benar.

Sebagian besar

ide pokok yang

dimasukkan

ke dalam

kesimpulan

benar.

Sebagian kecil

ide pokok yang

dimasukkan

ke dalam

kesimpulan

benar.

Ide pokok yang

dimasukkan

ke dalam

kesimpulan

semuanya

salah.

Data penunjang

Kesimpulan

memasukkan

data penunjang

dan semuanya

benar.

Data

penunjang yang

dimasukkan

ke dalam

kesimpulan

sebagian besar

benar.

Data

penunjang yang

dimasukkan

ke dalam

kesimpulan

sebagian kecil

benar.

Kesimpulan

disusun tanpa

memasukkan

data

penunjang.

Penggunaan

kosakata baku

Kesimpulan

menggunakan

kosakata baku

dan semuanya

benar.

Kesimpulan

menggunakan

kosakata baku

dan sebagian

besar benar.

Kesimpulan

menggunakan

kosakata baku

dan sebagian

kecil benar.

Kesimpulan

tidak

menggunakan

kosakata

baku.

Catatan : Centang  () pada bagian yang memenuhi kriteria.

 

 

2.     PPKN

Produk dinilai dengan rubrik

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Konsep sila

Pancasila

Komik memuat

konsep

penerapan

sila Pancasila 

terkait

pelestarian

hewan/

tumbuhan.

Komik memuat

konsep

penerapan

sila Pancasila 

terkait

pelestarian

hewan/

tumbuhan,

namun kurang

tepat.

Komik memua

konsep

penerapan

sila Pancasila,

namun

tidak terkait

pelestarian

hewan/

tumbuhan.

Komik tidak

memuat

konsep

penerapan

sila Pancasila

terkait

pelestarian

hewan/

tumbuhan.

Konsep

pelestarian

Pelestarian

hewan/

tumbuhan

diceritakan

melalui contoh

dengan benar

seluruhnya.

Pelestarian

hewan/

tumbuhan

diceritakan

melalui contoh

namun hanya

sebagian besar

saja.

Pelestarian

hewan/

tumbuhan

diceritakan

melalui contoh,

namun hanya

sebagian kecil

saja.

Pelestarian

hewan/

tumbuhan

diceritakan

melalui

contoh,

namun tidak

berhubungan.

Gambar

Gambar dan

pesan memiliki

kesesuaian

yang sangat

kuat.

Gambar dan

pesan memiliki

kesesuaian

yang kuat.

Gambar dan

pesan memiliki

kesesuaian

yang tidak

kuat. 

Gambar dan

pesan tidak

memiliki

kesesuaian.

Catatan : Centang  () pada bagian yang memenuhi kriteria.

3.     Catatan anekdot untuk mencatat sikap (tanggung jawab)

(Contoh terlampir di lampiran  pada Buku Guru).

 

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

Siswa yang masih memiliki kesulitan dalam membuat kesimpulan dapat melatihnya dengan guru.

Guru memilihkan paragraf yang sederhana kemudian siswa membuat kesimpulan.

2.     Pengayaan

Guru dapat mengumpulkan komik dan dijadikan buku sehingga dapat dibaca oleh siswa dan adik kelas.

 

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.       Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.       Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.       Lingkungan sekitar

4.       kertas HVS dan alat tulis

 

 

 

Comments