RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Tokoh dan Penemuan (Tema 3) Sub Tema : Penemuan dan Manfaatnya (Sub Tema 2) Muatan Terpadu : PPkN, Bahasa Indonesia Pembelajaran ke : 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : 6 /1
Tema : Tokoh dan Penemuan
(Tema 3)
Sub Tema : Penemuan dan Manfaatnya (Sub
Tema 2)
Muatan Terpadu : PPkN, Bahasa Indonesia
Pembelajaran ke
: 4
Alokasi waktu
: 1 hari
A. TUJUAN
1. Setelah berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi
contoh pelaksanaan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan terperinci.
2. Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan dampak
dari melaksanakan dan tidak melaksanakan tanggung jawab terhadap kewajiban
dengan terperinci.
3. Setelah berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi
kalimat efektif dari teks tentang penemuan dan manfaatnya dengan benar.
4. Setelah berdiskusi, siswa mampu menulis informasi
penting dari teks eksplanasi yang dibaca tentang penemuan dan manfaatnya dengan
menggunakan kalimat efektif dengan benar.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
|
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran Ayo Menulis ·
Di awal kegiatan guru
menyampaikan kembali betapa pentingnya penemuan jam dalam kehidupan
sehari-hari. Penemuan tersebut membantu kita menjadi tepat waktu. ·
Siswa diminta
menceritakan pengalamannya terambat datang kesekolah atau jika tidak pernah,
terlambat melakukan suatu kegiatan. ·
Siswa secara individu
menuliskan pengalamannya dengan panduan pertanyaan berikut. (Mandiri) ·
Setelah selesai, guru
meminta semua siswa untuk berdiri. Siswa akan mencari pasangan, kemudian
dengan pasangannya siswa akan menceritakan pengalamannya. Siswa berganti
pasangan sebanyak 3 kali dengan aba-aba tepuk tangan. Beberapa siswa dapat
diminta untuk menyampaikan pengalamannya. ·
Guru menguatkan bahwa
datang tepat waktu ke sekolah adalah salah satu kewajiban kita sebagai
pelajar. Ketika kita tidak melaksanakan kewajiban itu akan membuat orang di
sekitar kita menjadi tidak nyaman. Guru memotivasi siswa pentingnya
bertanggung jawab atas kewajiban yang dimiliki. ·
Siswa dibagi ke dalam
kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 4 siswa. Dalam kelompoknya, siswa
mengamati gambar dan mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berdasarkan gambar. (Collaburation,
Critical Thinking and Problem Formulation) ·
Setiap kelompok
memilih satu perwakilannya. Perwakilan kelompok akan berkunjung ke kelompok
lain dan mempresentasikan hasil pekerjaannya. Guru memberikan aba-aba tepuk
tangan. Siswa berputar searah jarum jam. ·
Guru memberikan
penguatan tentang kewajiban dan dampaknya jika melalaikan kewajiban tersebut.
Siswa secara individu akan menuliskan contoh kewajiban pelajar dan dampaknya
jika tidak melaksanakan dan melaksanakannya. Ayo Berlatih ·
Guru meminta siswa
membuka kembali pembelajaran 1, yaitu tentang teks “Si Kotak Ajaib dengan
Banyak Manfaat”. ·
Guru bertanya kepada
siswa, “Apa itu kalimat efektif?”. ·
Siswa menjawab dengan
mengangkat tangan. Guru menulis di papan tulis jawaban yang disampaikan oleh
siswa. ·
Guru menyampaikan
ciri-ciri kalimat efektif. Siswa membacanya di buku siswa dan menjawab
pertanyaan tentang kalimat efektif. Apa itu kalimat efektif? Kalimat yang efektif
mengungkapkan gagasan sehingga mudah dipahami. 1. Hemat, tidak menuliskan kata
yang bermakna sama. Para tamu-tamu duduk
di kursi. Perhatikan kata
“para”. Apa makna dari kata “para”? Perhatikan kata
“tamu-tamu”. Apa makna dari kata “tamu-tamu”? Kata “para”
menunjukkan banyak dan “tamu-tamu” juga menunjukkan tamu yang banyak. Kita
dapat menghilangkan salah satu. Efektif: Tamu-tamu
duduk di kursi. Efektif : Para tamu
duduk di kursi. ·
Siswa mengidentifikasi
kembali kalimat efektif yang ada pada teks “Si Kotak Ajaib dengan Banyak Manfaat”.
Siswa mengubah kalimat tidak efektif yang ditemukan ke kalimat efektif. ·
swa menukarkan jawaban
dengan teman sebelahnya. Siswa mengamati kalimat tidak efektif yang ditemukan
oleh temannya dan perbaikannya. ·
Guru memberikan
penguatan tentang kalimat tidak efektif pada teks dan perubahannya menjadi
kalimat efektif. ·
Siswa diminta
menuliskan kembali teks eksplanasi tentang “Si Kotak Ajaib dengan Banyak
Manfaat” dengan menggunakan kalimat efektif.(Mandiri) ·
Siswa diminta
mengidentifikasi kembali kalimat yang tidak efektif pada tulisan mereka.
Siswa menuliskan pada tabel dan memperbaikinya. ·
Guru berkeliling
melihat pekerjaan siswa dan memberikan bimbingan kepada siswa yang masih
membutuhkan. ·
Di akhir kegiatan,
guru bertanya kepada siswa. Siswa menjawabnya di buku siswa. ·
Guru menguatkan
pentingnya menulis dengan menggunakan kalimat efektif. |
140 menit |
|
|
|||
Kegiatan Penutup |
A. Kerja Sama dengan
Orang Tua Siswa bersama kedua
orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di
lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15 menit |
|
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru
untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian
digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1.
PPKn: Kewajiban
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Kewajiban pelajar |
Menuliskan 5 kewajiban sebagai pelajar dengan benar. |
Menuliskan 4 kewajiban sebagai pelajar dengan benar. |
Menuliskan 3 kewajiban sebagai pelajar dengan benar. |
Menuliskan 2 kewajiban sebagai pelajar dengan benar. |
Dampak jika melaksanakan |
Menjelaskan dampak jika melaksanakan dari 5 contoh yang ditulis dengan benar. |
Menjelaskan dampak jika melaksanakan dari 4 contoh yang ditulis dengan benar. |
Menjelaskan dampak jika melaksanakan dari 3 contoh yang ditulis dengan benar. |
Menjelaskan dampak jika melaksanakan dari 2 contoh yang ditulis dengan benar. |
Dampak jika tidak melaksanakan |
Menjelaskan dampak jika tidak melaksanakan dari 5 contoh yang ditulis dengan benar. |
Menjelaskan dampak jika tidak melaksanakan dari 4 contoh yang ditulis dengan benar. |
Menjelaskan dampak jika tidak melaksanakan dari 3 contoh yang ditulis dengan benar. |
Menjelaskan dampak jika tidak melaksanakan dari 2 contoh yang ditulis dengan benar. |
2.
Menceritakan kembali
teks eksplanasi dengan menggunakan kalimat efektif
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
|
Isi teks eksplanasi |
Pernyataan Umum |
Menuliskan topik utama bacaan dengan tepat |
Menuliskan topik utama bacaan dengan cukup
tepat |
Menuliskan topik utama bacaan dengan kurang
tepat |
Belum mampu menuliskan topik utama bacaan dengan tepat |
Penjelasan |
Menuliskan fakta yang mendukung topik bacaan dengan lengkap dan berurutan |
Menuliskan fakta yang mendukung topik bacaan dengan cukup lengkap dan cukup
berurutan |
Menuliskan fakta yang mendukung topik bacaan dengan kurang lengkap dan
kurang berurutan |
Belum mampu menuliskan fakta yang mendukung topik bacaan dengan lengkap dan berurutan |
|
Kesimpulan Umum |
Menuliskan kesimpulan umum dan pendapat penulis dengan tepat |
Menuliskan kesimpulan umum dan pendapat penulis dengan cukup
tepat |
Menuliskan kesimpulan umum dan pendapat penulis dengan kurang tepat |
Belum mampu menuliskan kesimpulan umum dan pendapat penulis dengan tepat |
|
Penyajian isi teks dalam peta pikiran |
Menyajikan peta pikiran dengan rapi dan sistematis. |
Menyajikan peta pikiran dengan cukup rapi dan sistematis. |
Menyajikan peta pikiran dengan kurang
rapi dan kurang
sistematis. |
Belum mampu menyajikan peta pikiran dengan rapi dan sistematis. |
|
Kalimat efektif |
Seluruh kalimat ditulis dengan mengguna kan kalimat efektif. |
Sebagian besar kalimat ditulis dengan menggunakan kalimat efektif. |
Sebagian kalimat ditulis dengan menggunakan kalimat efektif. |
|
|
Sikap Kemandirian |
Tugas diselesaikan dengan mandiri |
Sebagian besar tugas
diselesaikan dengan mandiri |
Tugas diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru |
Belum dapat
menyelesaikan tugas meski telah diberikan motivasi dan bimbingan |
3.
Diskusi saat membahas
tentang gambar-gambar terkait dengan pelaksanaan kewajiban
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan |
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Mendengarkan teman yang berbicara, namun sesekali masih perlu diingatkan. |
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara, namun tidak mengindahkan. |
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh,
postur,ekspresi wajah, suara). |
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. |
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan ide,perasaan, pikiran) |
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. |
Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung. |
4.
Catatan singkat untuk
mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab)
(Contoh
terlampir di bagian lampiran Buku Guru).
C. Remedial dan Pengayaan
1. Remedial
·
Siswa yang belum paham tentang pelajaran hari ini dapat mengulang kegiatan bersama guru.
Kegiatan dapat dilakukan seusai jam belajar. Kegiatan dilakukan sekitar 30
menit–60 menit. Kegiatan dapat dilakukan untuk beberapa siswa sekaligus.
2. Pengayaan
·
Siswa membaca artikel. Siswa dapat menemukan kalimat
kurang efektif pada artikel yang mereka temukan dan mengubahnya menjadi kalimat
efektif.
D. SUMBER DAN MEDIA
1. Buku
Pedoman Guru Tema 1
Kelas 6 dan
Buku Siswa Tema 3 Kelas 6
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2018).
2. Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3. Lingkungan sekitar
4. kertas
HVS dan
alat tulis
5. Penggaris, kertas, jangka, dan gunting
E. MATERI
- Teks bacaan yang berjudul “Si Kotak Ajaib dengan Banyak
Manfaat”.
- Kalimat efektif.
- Dampak dari melaksanakan dan meninggalkan kewajiban sebagai warga
masyarakat.
- Kewajiban warga masyarakat
dalam kehidupan sehari- hari.
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
Comments