RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Tokoh dan Penemuan (Tema 3) Sub Tema : Penemuan dan Manfaatnya (Sub Tema 2) Muatan Terpadu : PPkN, Bahasa Indonesia Pembelajaran ke : 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020


Satuan Pendidikan       : SDN SUKAHURIP 02

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Tokoh dan Penemuan (Tema 3)

Sub Tema                   : Penemuan dan Manfaatnya (Sub Tema 2)

Muatan Terpadu            :  PPkN, Bahasa Indonesia

Pembelajaran ke        :  4

Alokasi waktu             :  1 hari

 

A.    TUJUAN

1.     Setelah berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi contoh pelaksanaan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan terperinci.

2.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan dampak dari melaksanakan dan tidak melaksanakan tanggung jawab terhadap kewajiban dengan terperinci.

3.     Setelah berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi kalimat efektif dari teks tentang penemuan dan manfaatnya dengan benar.

4.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menulis informasi penting dari teks eksplanasi yang dibaca tentang penemuan dan manfaatnya dengan menggunakan kalimat efektif dengan benar.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Ayo Menulis

·         Di awal kegiatan guru menyampaikan kembali betapa pentingnya penemuan jam dalam kehidupan sehari-hari. Penemuan tersebut membantu kita menjadi tepat waktu.

·         Siswa diminta menceritakan pengalamannya terambat datang kesekolah atau jika tidak pernah, terlambat melakukan suatu kegiatan.

·         Siswa secara individu menuliskan pengalamannya dengan panduan pertanyaan berikut. (Mandiri)

 

·         Setelah selesai, guru meminta semua siswa untuk berdiri. Siswa akan mencari pasangan, kemudian dengan pasangannya siswa akan menceritakan pengalamannya. Siswa berganti pasangan sebanyak 3 kali dengan aba-aba tepuk tangan. Beberapa siswa dapat diminta untuk menyampaikan pengalamannya.

·         Guru menguatkan bahwa datang tepat waktu ke sekolah adalah salah satu kewajiban kita sebagai pelajar. Ketika kita tidak melaksanakan kewajiban itu akan membuat orang di sekitar kita menjadi tidak nyaman. Guru memotivasi siswa pentingnya bertanggung jawab atas kewajiban yang dimiliki.

·         Siswa dibagi ke dalam kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 4 siswa. Dalam kelompoknya, siswa mengamati gambar dan mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berdasarkan gambar. (Collaburation, Critical Thinking and Problem Formulation)

 

 

·         Setiap kelompok memilih satu perwakilannya. Perwakilan kelompok akan berkunjung ke kelompok lain dan mempresentasikan hasil pekerjaannya. Guru memberikan aba-aba tepuk tangan. Siswa berputar searah jarum jam.

·         Guru memberikan penguatan tentang kewajiban dan dampaknya jika melalaikan kewajiban tersebut. Siswa secara individu akan menuliskan contoh kewajiban pelajar dan dampaknya jika tidak melaksanakan dan melaksanakannya.

Ayo Berlatih

·         Guru meminta siswa membuka kembali pembelajaran 1, yaitu tentang teks “Si Kotak Ajaib dengan Banyak Manfaat”.

·         Guru bertanya kepada siswa, “Apa itu kalimat efektif?”.

·         Siswa menjawab dengan mengangkat tangan. Guru menulis di papan tulis jawaban yang disampaikan oleh siswa.

·         Guru menyampaikan ciri-ciri kalimat efektif. Siswa membacanya di buku siswa dan menjawab pertanyaan tentang kalimat efektif.

Apa itu kalimat efektif?

Kalimat yang efektif mengungkapkan gagasan sehingga mudah dipahami.

1.  Hemat, tidak menuliskan kata yang bermakna sama.

Para tamu-tamu duduk di kursi.

Perhatikan kata “para”. Apa makna dari kata “para”?

Perhatikan kata “tamu-tamu”. Apa makna dari kata “tamu-tamu”?

Kata “para” menunjukkan banyak dan “tamu-tamu” juga menunjukkan

tamu yang banyak. Kita dapat menghilangkan salah satu.

Efektif: Tamu-tamu duduk di kursi.

Efektif : Para tamu duduk di kursi.

·         Siswa mengidentifikasi kembali kalimat efektif yang ada pada teks “Si Kotak Ajaib dengan Banyak Manfaat”. Siswa mengubah kalimat tidak efektif yang ditemukan ke kalimat efektif.

·         swa menukarkan jawaban dengan teman sebelahnya. Siswa mengamati kalimat tidak efektif yang ditemukan oleh temannya dan perbaikannya.

·         Guru memberikan penguatan tentang kalimat tidak efektif pada teks dan perubahannya menjadi kalimat efektif.

·         Siswa diminta menuliskan kembali teks eksplanasi tentang “Si Kotak Ajaib dengan Banyak Manfaat” dengan menggunakan kalimat efektif.(Mandiri)

·         Siswa diminta mengidentifikasi kembali kalimat yang tidak efektif pada tulisan mereka. Siswa menuliskan pada tabel dan memperbaikinya.

·         Guru berkeliling melihat pekerjaan siswa dan memberikan bimbingan kepada siswa yang masih membutuhkan.

·         Di akhir kegiatan, guru bertanya kepada siswa. Siswa menjawabnya di buku siswa.

·         Guru menguatkan pentingnya menulis dengan menggunakan kalimat efektif.

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

1.     PPKn: Kewajiban

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Kewajiban pelajar

Menuliskan

5 kewajiban

sebagai pelajar

dengan benar.

Menuliskan 4

kewajiban sebagai

pelajar dengan

benar.

Menuliskan

3 kewajiban

sebagai pelajar

dengan benar.

Menuliskan 2

kewajiban sebagai

pelajar dengan

benar.

Dampak jika

melaksanakan

Menjelaskan

dampak jika

melaksanakan

dari 5 contoh

yang ditulis

dengan benar.

Menjelaskan

dampak jika

melaksanakan

dari 4 contoh

yang ditulis

dengan benar.

Menjelaskan

dampak jika

melaksanakan

dari 3 contoh

yang ditulis

dengan benar.

Menjelaskan dampak

jika melaksanakan

dari 2 contoh yang

ditulis dengan benar.

Dampak jika tidak

melaksanakan

Menjelaskan

dampak jika tidak

melaksanakan

dari 5 contoh

yang ditulis

dengan benar.

Menjelaskan

dampak jika tidak

melaksanakan

dari 4 contoh

yang ditulis

dengan benar.

Menjelaskan

dampak

jika tidak

melaksanakan

dari 3 contoh

yang ditulis

dengan benar.

Menjelaskan

dampak jika tidak

melaksanakan dari

2 contoh yang ditulis

dengan benar.

 

2.   Menceritakan kembali teks eksplanasi dengan menggunakan kalimat efektif

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Isi teks

eksplanasi

Pernyataan

Umum

Menuliskan

topik utama

bacaan

dengan tepat

Menuliskan topik

utama bacaan

dengan cukup 

tepat

Menuliskan topik

utama bacaan

dengan kurang 

tepat

Belum mampu

menuliskan topik

utama bacaan

dengan tepat

Penjelasan

Menuliskan

fakta yang

mendukung

topik bacaan

dengan

lengkap dan

berurutan

Menuliskan

fakta yang

mendukung

topik bacaan

dengan cukup

lengkap dan

cukup  berurutan

Menuliskan fakta

yang mendukung

topik bacaan

dengan kurang

lengkap dan 

kurang berurutan

Belum mampu

menuliskan fakta

yang mendukung

topik bacaan

dengan lengkap

dan berurutan

Kesimpulan

Umum

Menuliskan

kesimpulan

umum dan

pendapat

penulis

dengan tepat

Menuliskan

kesimpulan

umum dan

pendapat

penulis dengan

cukup  tepat

Menuliskan

kesimpulan

umum dan

pendapat penulis

dengan kurang

tepat

Belum mampu

menuliskan

kesimpulan umum

dan pendapat

penulis dengan

tepat

Penyajian isi teks

dalam peta pikiran

Menyajikan

peta pikiran

dengan rapi dan

sistematis.

Menyajikan peta

pikiran dengan

cukup rapi dan

sistematis.

Menyajikan peta

pikiran dengan

kurang  rapi

dan kurang 

sistematis.

Belum mampu

menyajikan

peta pikiran

dengan rapi dan

sistematis.

Kalimat efektif

Seluruh

kalimat

ditulis

dengan

mengguna­

kan kalimat

efektif.

Sebagian

besar kalimat

ditulis dengan

menggunakan

kalimat efektif.

Sebagian kalimat

ditulis dengan

menggunakan

kalimat efektif.

 

Sikap Kemandirian

Tugas

diselesaikan

dengan

mandiri

Sebagian

besar tugas 

diselesaikan

dengan mandiri

Tugas

diselesaikan

dengan motivasi

dan bimbingan

guru

Belum dapat 

menyelesaikan

tugas meski telah

diberikan motivasi

dan bimbingan

 

3.     Diskusi saat membahas tentang gambar-gambar terkait dengan pelaksanaan kewajiban

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Mendengarkan

 

Selalu

mendengarkan teman yang

sedang berbicara.

 

Mendengarkan

teman yang

berbicara, namun

sesekali masih

perlu diingatkan.

 

Masih perlu

diingatkan untuk

mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Sering

diingatkan untuk

mendengarkan teman yang

sedang berbicara,

namun tidak

mengindahkan.

 

Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur,ekspresi wajah, suara).

 

Merespon dan

menerapkan

komunikasi non verbal dengan tepat.

Merespon dengan

tepat terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Sering merespon

kurang tepat

terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Membutuhkan bantuan dalam

memahami

bentuk

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Partisipasi

(menyampaikan ide,perasaan,

pikiran)

Isi pembicaraan

menginspirasi

teman. Selalu

mendukung

dan memimpin

lainnya saat

diskusi.

Berbicara dan

menerangkan

secara rinci,

merespon sesuai

dengan topik.

Berbicara dan

menerangkan secara rinci,

namun terkadang

merespon kurang

sesuai dengan

topik.

Jarang berbicara

selama

proses diksusi

berlangsung.

 

4.     Catatan singkat untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab)

(Contoh terlampir di bagian lampiran Buku Guru).

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

·         Siswa yang belum paham  tentang pelajaran hari ini  dapat mengulang kegiatan bersama guru. Kegiatan dapat dilakukan seusai jam belajar. Kegiatan dilakukan sekitar 30 menit–60 menit. Kegiatan dapat dilakukan untuk beberapa siswa sekaligus.

2.     Pengayaan

·         Siswa membaca artikel. Siswa dapat menemukan kalimat kurang efektif pada artikel yang mereka temukan dan mengubahnya menjadi kalimat efektif.

 

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 3 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.     Lingkungan sekitar

4.     kertas HVS dan alat tulis

5.     Penggaris, kertas, jangka, dan gunting

 

E.    MATERI

  1. Teks bacaan  yang berjudul “Si Kotak Ajaib dengan Banyak Manfaat”.
  2. Kalimat efektif.
  3. Dampak dari melaksanakan dan meninggalkan kewajiban sebagai warga masyarakat.
  4.  Kewajiban warga masyarakat dalam kehidupan sehari- hari.

 

 

F.    PENDEKATAN & METODE

       Pendekatan            : Scientific

Strategi                  : Cooperative Learning

Teknik                    : Example Non Example

Metode                  : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

 

 

 

 

Comments