RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema : Ayo, Selamatkan Hewan dan Tumbuhan (Sub Tema 3) Muatan Terpadu : PPkN, SBdP Pembelajaran ke : 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SD/MI NEGERISUKAHURIP 02
Kelas / Semester :
6 /1
Tema : Selamatkan Makhluk
Hidup (Tema 1)
Sub Tema : Ayo, Selamatkan Hewan dan
Tumbuhan (Sub Tema 3)
Muatan Terpadu : PPkN, SBdP
Pembelajaran ke :
2
Alokasi waktu :
1 hari
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah membaca cerita, siswa mampu menemukan contoh
pelaksanaan sila-sila Pancasila terkait menyayangi hewan dengan benar.
2. Setelah berdiskusi, siswa mampu menuliskan pendapat
terkait penerapan sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
3. Setelah mengamati berbagai contoh patung Nusantara, siswa
mampu merencanakan pewarnaan dan desain/motif patung.
4. Dengan menggunakan bahan pewarna yang ada, siswa mampu
mewarnai dan membuat motif patung.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran Guru mengajak siswa mengingat
kegiatan yang sudah mencerminkan sila kelima dari Pancasila. Siswa kemudian
berdiskusi dan guru membimbing dan menguatkan hasil diskusi. Ayo Berdiskusi ·
Siswa melanjutkan
kegiatan dengan membaca cerita. Guru kemudian mengajukan pertanyaan untuk
mengecek pemahaman siswa. ·
Secara individu, siswa
menuliskan pendapatnya tentang penerapan sikap yang sesuai dengan sila Pancasila
yang dilakukan oleh tokoh Lina.(Mandiri) ·
Guru mendiskusikan
jawabannya secara klasikal. Guru meminta salah seorang dari siswa untuk
mempresentasikan hasilnya. Siswa lain bisa memberikan komentar atau
mempertanyakan isi dari yang dipresentasikan. ·
Di akhir kegiatan,
guru bersama siswa mendiskusikan kembali tentang pengamalan nilai Pancasila. ·
Guru menerangkan
daftar periksa yang akan digunakan dalam penilaian. (Critical Thinking and Problem Formulation) Ayo Berkreasi ·
Siswa mengamati
kerajinan patung tanah liat melalui gambar atau dalam bentuk asli apabila
memungkinkan. ·
Dengan menggunakan
peralatan yang dibawa dari rumah, siswa dapat membuat motif dan mewarnai
patungnya. ·
Guru mengingatkan
siswa agar berhati-hati dalam pengerjaannya. ·
Setelah waktu habis,
siswa harus meletakkan dan merapikan peralatan. (Creativity and Innovation) |
140
menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
A.
Kerja Sama dengan Orang Tua Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai
warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15
menit |
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
- PPKn
Produk siswa dinilai dengan daftar periksa.
Indikator
Penilaian |
Ada
dan Benar |
Tidak
Benar |
Memasukkan
minimal 4 penerapan sila Pancasila |
|
|
Memberikan
contoh pelaksanaan penerapan
sila Pancasila terkait cerita |
|
|
Memasukkan
4 contoh sikap pribadi terkait pelaksanaan sila Pancasila |
|
|
- SBdP
Catatan anekdot untuk mencatat proses pengerjaan patung
(keterampilan, kemandirian, kreatifitas, kerapian,
kedisiplinan dalam berkarya).
3. Catatan anekdot untuk mencatat sikap (peduli)
(Contoh terlampir di lampiran
pada Buku Guru).
C. Remedial dan Pengayaan
1.
Remedial
·
Siswa yang belum memahami konsep operasi bilangan
hitung campuran dapat belajar dengan guru.
·
Kegiatan dapat dilakukan untuk beberapa siswa
sekaligus dengan menggunakan benda konkrit.
2. Pengayaan
Siswa dapat membuat dua soal matematika dan disimpan di meja. Soal-soal ini kemudian dikerjakan oleh
temannya.
D. SUMBER DAN MEDIA
1.
Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6
dan Buku Siswa Tema 1
Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
2.
Media
Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3.
Lingkungan
sekitar
4.
kertas
HVS
dan alat tulis
5.
Patung
nusantara
Comments