RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema : Ayo, Selamatkan Hewan dan Tumbuhan (Sub Tema 3) Muatan Terpadu : PPkN, SBdP Pembelajaran ke : 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020


Satuan Pendidikan       : SD/MI NEGERISUKAHURIP 02

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1)

Sub Tema                   : Ayo, Selamatkan Hewan dan Tumbuhan (Sub Tema 3)

Muatan Terpadu            :  PPkN, SBdP

Pembelajaran ke        :  2

Alokasi waktu             :  1 hari

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.     Setelah membaca cerita, siswa mampu menemukan contoh pelaksanaan sila-sila Pancasila terkait menyayangi hewan dengan benar.

2.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menuliskan pendapat terkait penerapan sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

3.     Setelah mengamati berbagai contoh patung Nusantara, siswa mampu merencanakan pewarnaan dan desain/motif patung.

4.     Dengan menggunakan bahan pewarna yang ada, siswa mampu mewarnai dan membuat motif patung.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Guru mengajak siswa mengingat kegiatan yang sudah mencerminkan sila kelima dari Pancasila. Siswa kemudian berdiskusi dan guru membimbing dan menguatkan hasil diskusi.

 

Ayo Berdiskusi

·         Siswa melanjutkan kegiatan dengan membaca cerita. Guru kemudian mengajukan pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.

·         Secara individu, siswa menuliskan pendapatnya tentang penerapan sikap yang sesuai dengan sila Pancasila yang dilakukan oleh tokoh Lina.(Mandiri)

·         Guru mendiskusikan jawabannya secara klasikal. Guru meminta salah seorang dari siswa untuk mempresentasikan hasilnya. Siswa lain bisa memberikan komentar atau mempertanyakan isi dari yang dipresentasikan.

·         Di akhir kegiatan, guru bersama siswa mendiskusikan kembali tentang pengamalan nilai Pancasila.

·         Guru menerangkan daftar periksa yang akan digunakan dalam penilaian.

(Critical Thinking and Problem Formulation)

 

Ayo Berkreasi

·         Siswa mengamati kerajinan patung tanah liat melalui gambar atau dalam bentuk asli apabila memungkinkan.

·         Dengan menggunakan peralatan yang dibawa dari rumah, siswa dapat membuat motif dan mewarnai patungnya.

·         Guru mengingatkan siswa agar berhati-hati dalam pengerjaannya.

·         Setelah waktu habis, siswa harus meletakkan dan merapikan peralatan.

(Creativity and Innovation)

 

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

  1. PPKn

Produk siswa dinilai dengan daftar periksa.

Indikator Penilaian

Ada dan Benar

Tidak Benar

Memasukkan minimal 4 penerapan sila

Pancasila 

 

 

Memberikan contoh pelaksanaan

penerapan sila Pancasila terkait cerita

 

 

Memasukkan 4 contoh sikap pribadi terkait pelaksanaan sila Pancasila

 

 

 

  1. SBdP

Catatan anekdot untuk mencatat proses pengerjaan patung 

(keterampilan, kemandirian, kreatifitas, kerapian, kedisiplinan dalam berkarya).

 

3. Catatan anekdot untuk mencatat sikap (peduli)

(Contoh terlampir di lampiran  pada Buku Guru).

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

·         Siswa yang belum memahami konsep operasi bilangan hitung campuran dapat belajar dengan guru.

·         Kegiatan dapat dilakukan untuk beberapa siswa sekaligus dengan menggunakan benda konkrit.

2.     Pengayaan

Siswa dapat membuat dua soal matematika dan disimpan di meja.  Soal-soal ini kemudian dikerjakan oleh temannya.

 

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.     Lingkungan sekitar

4.     kertas HVS dan alat tulis

5.     Patung nusantara

 

 

 

 

 

 

Comments