RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Globalisasi (Tema 4) Sub Tema : Globalisasi dan Manfaatnya (Sub Tema 2) Muatan Terpadu : IPS, SBdP Pembelajaran ke : 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020

 

Satuan Pendidikan       : SD/MI

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Globalisasi (Tema 4)

Sub Tema                   :  Globalisasi dan Manfaatnya (Sub Tema 2)

Muatan Terpadu            :  IPS, SBdP

Pembelajaran ke        :  5

Alokasi waktu             :  1 hari

 

A.    TUJUAN

1.     Setelah mencari informasi, siswa mampu menjelaskan bentuk kerja sama di bidang politik dalam lingkup ASEAN dengan benar

2.     Setelah mencari informasi, siswa mampu menyajikan informasi tentang peran Indonesia dalam kerja sama di bidang politik dalam lingkup ASEAN

3.     Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat brosur berdasarkan brosur yang baik dengan menarik

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Di awal pembelajaran guru menyampaikan bahwa era globalisasi membawa dampak positif dan dampak negatif bagi suatu negara. Guru bertanya kepada siswa apa saja dampak positif dan dampak negatif yang mengkin bisa ditimbulkan. Guru menyampaikan bahwa Indonesia membangun kerja sama politik dengan negara-negara ASEAN untuk mengurangi dampak negatif dari globalisasi.

 

Ayo Berdiskusi

·         Siswa membaca teks tentang masyarakat ASEAN bebas narkotika. Siswa membaca teks secara individu.(Mandiri )

·         Siswa akan dibagi dalam kelompok dengan setiap kelompok akan terdiri dari 4 siswa. Dalam kelompoknya siswa akan mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan di buku siswa. Siswa bisa menemukan informasi dari sumber-sumber lainnya. (Gotong Royong)

·         Siswa mempresentasikan jawabannya di depan kelas. Siswa lain bisa memberikan pertanyaan atau pendapatnya atas presentasi yang disampaikan oleh temannya. Guru bisa menunjuk perwakilan kelompok untuk menyampaikan jawabannya. Setiap perwakilan kelompok akan mempresentasikan 2 soal atau pertanyaan.

(Critical Thinking and Problem Formulation)

 

·         Guru menguatkan bahwa Indonesia melakukan berbagai kerja sama untuk memperkuat bangsa. Termasuk dalam hal penanganan narkoba. Sebagai warga negara kita harus selalu mendukung dengan bisa bersikap tidak untuk narkotika.

 

Ayo Berkreasi

·         Siswa berdiskusi langkah-langkah membuat brosur yang baik.

·         Siswa membuat brosur untuk mengampanyekan ajakan tidak menggunakan narkotika.

(Creativity and Innovation)

 

 

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

1.     IPS: Diskusi

Penilaian menggunakan rubrik pada halaman 17.

2.     SBdP: Brosur tentang narkotika

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Bahasa

Bahasa yang

digunakan baik,

menarik dan

mudah diingat.

Memenuhi 2 dari

3 kriteria yang

diharapkan.

Memenuhi 1 dari

3 kriteria yang

diharapkan.

Belum

memenuhi

kriteria yang

diharapkan.

Penyajian

Tertata baik,

menarik, dan

proporsional.

Memenuhi 2 dari

3 kriteria yang

diharapkan.

Memenuhi 1 dari

3 kriteria yang

diharapkan.

Belum

memenuhi

kriteria yang

diharapkan.

Ilustrasi

Ilustrasi menarik,

mudah diingat,

dan sesuai tema.

Memenuhi 2 dari

3 kriteria yang

diharapkan.

Memenuhi 1 dari

3 kriteria yang

diharapkan.

Belum

memenuhi

kriteria yang

diharapkan.

 

3.     Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (tanggung jawab dan santun)

(Contoh terlampir di bagian lampiran Buku Guru).

 

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

2.     Pengayaan

.

 

 

 

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.     Lingkungan sekitar

4.     kertas HVS dan alat tulis

5.     Karton putih/kalender bekas, alat tulis untuk membuat poster.

 

E.    MATERI

  1. Teks bacaan
  2. Era globalisasi membawa dampak positif dan dampak negatif bagi suatu negara.
  3.  

F.    PENDEKATAN & METODE

       Pendekatan            : Scientific

Strategi                  : Cooperative Learning

Teknik                    : Example Non Example

Metode                  : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

 

 

 

 

 

 

Comments