RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Globalisasi (Tema 4) Sub Tema : Globalisasi dan Manfaatnya (Sub Tema 2) Muatan Terpadu : IPS, SBdP Pembelajaran ke : 5
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 6 /1
Tema : Globalisasi (Tema 4)
Sub Tema
: Globalisasi dan Manfaatnya (Sub Tema 2)
Muatan Terpadu : IPS, SBdP
Pembelajaran ke
: 5
Alokasi waktu
: 1 hari
A.
TUJUAN
1. Setelah mencari informasi, siswa mampu menjelaskan
bentuk kerja sama di bidang politik dalam lingkup ASEAN dengan benar
2. Setelah mencari informasi, siswa mampu menyajikan
informasi tentang peran Indonesia dalam kerja sama di bidang politik dalam
lingkup ASEAN
3. Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat brosur
berdasarkan brosur yang baik dengan menarik
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
|
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran Di awal pembelajaran guru menyampaikan bahwa era globalisasi membawa
dampak positif dan dampak negatif bagi suatu negara. Guru bertanya kepada
siswa apa saja dampak positif dan dampak negatif yang mengkin bisa
ditimbulkan. Guru menyampaikan bahwa Indonesia membangun kerja sama politik
dengan negara-negara ASEAN untuk mengurangi dampak negatif dari globalisasi. Ayo Berdiskusi ·
Siswa membaca teks
tentang masyarakat ASEAN bebas narkotika. Siswa membaca teks secara individu.(Mandiri ) ·
Siswa akan dibagi
dalam kelompok dengan setiap kelompok akan terdiri dari 4 siswa. Dalam
kelompoknya siswa akan mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan di buku siswa.
Siswa bisa menemukan informasi dari sumber-sumber lainnya. (Gotong Royong) ·
Siswa mempresentasikan
jawabannya di depan kelas. Siswa lain bisa memberikan pertanyaan atau
pendapatnya atas presentasi yang disampaikan oleh temannya. Guru bisa
menunjuk perwakilan kelompok untuk menyampaikan jawabannya. Setiap perwakilan
kelompok akan mempresentasikan 2 soal atau pertanyaan. (Critical Thinking and Problem Formulation) ·
Guru menguatkan bahwa
Indonesia melakukan berbagai kerja sama untuk memperkuat bangsa. Termasuk
dalam hal penanganan narkoba. Sebagai warga negara kita harus selalu
mendukung dengan bisa bersikap tidak untuk narkotika. Ayo Berkreasi ·
Siswa berdiskusi
langkah-langkah membuat brosur yang baik. ·
Siswa membuat brosur
untuk mengampanyekan ajakan tidak menggunakan narkotika. (Creativity and Innovation) |
140 menit |
|
|
|||
Kegiatan Penutup |
A. Kerja Sama dengan
Orang Tua Siswa bersama kedua
orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di
lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15 menit |
|
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru
untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian
digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
1.
IPS: Diskusi
Penilaian menggunakan rubrik pada halaman 17.
2.
SBdP: Brosur tentang
narkotika
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Bahasa |
Bahasa yang digunakan baik, menarik dan mudah diingat. |
Memenuhi 2 dari 3 kriteria yang diharapkan. |
Memenuhi 1 dari 3 kriteria yang diharapkan. |
Belum memenuhi kriteria yang diharapkan. |
Penyajian |
Tertata baik, menarik, dan proporsional. |
Memenuhi 2 dari 3 kriteria yang diharapkan. |
Memenuhi 1 dari 3 kriteria yang diharapkan. |
Belum memenuhi kriteria yang diharapkan. |
Ilustrasi |
Ilustrasi menarik, mudah diingat, dan sesuai tema. |
Memenuhi 2 dari 3 kriteria yang diharapkan. |
Memenuhi 1 dari 3 kriteria yang diharapkan. |
Belum memenuhi kriteria yang diharapkan. |
3.
Catatan Anekdot untuk
mencatat sikap (tanggung jawab dan santun)
(Contoh terlampir di bagian lampiran Buku Guru).
C.
Remedial dan Pengayaan
1. Remedial
2. Pengayaan
.
D. SUMBER DAN MEDIA
1. Buku
Pedoman Guru Tema 4
Kelas 6 dan
Buku Siswa Tema 4
Kelas 6
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2018).
2. Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3. Lingkungan sekitar
4. kertas
HVS dan
alat tulis
5. Karton putih/kalender bekas, alat tulis untuk membuat
poster.
E. MATERI
- Teks bacaan
- Era globalisasi membawa dampak positif
dan dampak negatif bagi suatu negara.
-
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Permaianan, Penugasan, Tanya
Jawab, Diskusi dan Ceramah
Comments