RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Tokoh dan Penemuan (Tema 3) Sub Tema : Penemu yang Mengubah Dunia (Sub Tema 1) Muatan Terpadu : PPkN, SBdP Pembelajaran ke : 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : 6 /1
Tema : Tokoh dan Penemuan
(Tema 3)
Sub Tema : Penemu yang Mengubah Dunia (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : PPkN, SBdP
Pembelajaran ke
: 2
Alokasi waktu
: 1 hari
A.
TUJUAN
1.
Setelah berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi 6 contoh hak dalam
kehidupan sehari-hari dengan benar.
2.
Setelah berdiskusi, siswa mampu menuliskan pengertian, contoh, yang
memengaruhi hak dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
3.
Setelah mengamati partitur, siswa mampu mengidentifikasi berbagai contoh
interval nada dengan benar.
4.
Setelah berlatih, siswa mampu menyanyikan nada-nada sesuai intervalnya
dengan tepat.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
|
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran Ayo Mengamati ·
Di awal pembelajaran
guru membahas tentang Michael Faraday yang menemukan arus listrik. Banyak
sekali manfaat yang dapat dirasakan dari kehidupan sehari-hari berkat temuan
tersebut. ·
Siswa secara individu
diminta mengamati gambar rumah Edo yang ada di buku siswa. Siswa diminta
untuk mengidentifikasi benda-benda yang menggunakan listrik.
Siswamenuliskannya di buku siswa. ·
Siswa menuliskan
manfaat listrik untuk Edo. Guru menunjuk beberapa siswa untuk menyampaikan
jawabannya di depan kelas. ·
Guru bertanya kepada
siswa, “Apakah kalian juga merasakan manfaat listrik?”. Siswa menjawab secara
bergantian. ·
Siswa menuliskan
manfaat listrik yang mereka temukan di sekitar mereka. Siswa menuliskan
jawaban pada tabel yang sudah disiapkan di buku siswa. Siswa akan membentuk
sebuah kelompok yang terdiri dari 3 orang. Siswa saling menyampaikan manfaat
listrik yang mereka rasakan sehari-hari. Siswa akan menyimpulkan manfaat
listrik yang mereka rasakan sama atau tidak. ·
Guru menyampaikan
bahwa listrik banyak membantu manusia dalam kehidupan sehari-hari. Dengan
adanya listrik kita dapat menonton televisi, menyalakan radio, menyalakan
lampu, dan lain-lain. Setiap orang berhak merasakan manfaat listrik. Guru
akan mengajak siswa untuk belajar tentang konsep hak. (Critical Thinking and
Problem Formulation) Ayo Berdiskusi ·
Siswa akan duduk
secara berkelompok. Satu kelompok terdiri atas 4 siswa. Dalam kelompok, siswa
mengamati 4 gambar yang ada di buku siswa dan mendiskusikan pertanyaan
berdasarkan gambar. Siswa menuliskan jawabankelompoknya pada sehelai kertas
Guru memotivasi siswa untuk aktif memberikan pendapatnya. ·
Salah satu perwakilan
kelompok diminta untuk menyampaikan hasil pekerjaannya di depan kelas. Siswa
kelompok lain diberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapat. ·
Guru menguatkan bahwa
warga negara Indonesia berhak untuk mendapatkan pendidikan, menyampaikan
pendapat, hidup aman, serta memperoleh kasih sayang dari lingkungannya.
Hak-hak tersebut sangat dipengaruhi lingkungan terdekat kita. ·
Siswa menuliskan
contoh-contoh hak dalam kehidupan sehari-hari yang ada di rumah, sekolah, dan
di tengah masyarakat. ·
Siswa juga menjelaskan
hal-hal yang memengaruhi hak mereka. ·
Siswa saling
mendiskusikan jawaban mereka dalam kelompok. (Critical Thinking nad
Problem Formulation) Ayo Berkreasi ·
Awalnya guru
memperdengarkan lagu Mariam Tomong kepada siswa. Guru bertanya kepada siswa
hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat menyanyikan sebuah lagu. Siswa
menjawab secara bergantian. ·
Guru menyampaikan
bahwa ketika bernyanyi haruslah memperhatikan interval nada. Guru menuliskan
di papan tulis solmisasi tangga nada. ·
Guru mencontohkan cara
menyanyikan solmisasi tangga nada dengan benar. Siswa menirukan secara
bersama sama. ·
Siswa berlatih secara
berpasangan. Siswa berlatih ketepatan nada. ·
Siswa berlatih
nada-nada yang memiliki interval 3 dan 5. Kegiatan ini dilatih terus menerus
dalam kelompok. ·
Guru meminta beberapa
siswa untuk maju ke depan. Siswa lain diminta memberikan pendapatnya. ·
Di akhir kegiatan,
guru bertanya kepada siswa: (Creativity and Innovation) ·
Siswa menuliskan
jawaban di buku siswa. |
140 menit |
|
|
|||
Kegiatan Penutup |
A. Kerja Sama dengan
Orang Tua Siswa bersama kedua
orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di
lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15 menit |
|
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
1.
PPKn: Hak
Aspek |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Pengertian hak |
Menuliskan pengertian tentang hak dengan benar, terperinci, dan mudah dimengerti. |
Menuliskan pengertian tentang hak dengan hanya memenuhi 2 kriteria yang diharapkan. |
Menuliskan pengertian tentang hak dengan hanya memenuhi 1 kriteria yang diharapkan. |
Belum memenuhi kriteria yang diharapkan. |
Contoh hak |
Menuliskan 6 contoh hak dan memasukkannya ke dalam kolom(rumah, sekolah, dan tengah masyarakat) dengan benar. |
Menuliskan 4-5 contoh hak dan memasukkannya ke dalam kolom(rumah, sekolah, dan tengah masyarakat) dengan benar. |
Menuliskan 2-3 contoh hak dan memasukkannya ke dalam kolom(rumah, sekolah, dan tengah masyarakat) dengan benar. |
Menuliskan 1 contoh hak dan memasukkannya ke dalam kolom(rumah, sekolah, dan tengah masyarakat) dengan benar. |
Yang memengaruhi hak |
Menuliskan 6 hal yang memengaruhi hak dan memasukkannya ke dalam kolom(rumah, sekolah, dan tengah masyarakat) dengan benar. |
Menuliskan 4-5 hal yang memengaruhi hak dan memasukkannya ke dalam kolom(rumah, sekolah, dan tengah masyarakat) dengan benar. |
Menuliskan 2-3 hal yang memengaruhi hak dan memasukkannya ke dalam kolom(rumah, sekolah, dan tengah masyarakat) dengan benar. |
Menuliskan 1 hal yang memengaruhi hak dan memasukkannya ke dalam kolom(rumah, sekolah, dan tengah masyarakat) dengan benar. |
2.
SBdP: Catatan anekdot untuk mencatat kemampuan siswa dalam
hal menyanyikan solmisasi berdasarkan interval nada.
3.
Diskusi saat membahas tentang gambar-gambar yang terkait
dengan hak.
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
|
Mendengarkan |
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Mendengarkan teman yang berbicara, namun sesekali masih perlu diingatkan. |
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara, namun tidak mengindahkan. |
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur,ekspresi wajah,
suara). |
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. |
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan ide,perasaan, pikiran) |
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. |
Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung. |
4.
Catatan anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung
jawab).
(Contoh terlampir di bagian lampiran
Buku Guru).
C. Remedial dan Pengayaan
1. Remedial
- Siswa
yang belum paham Pengertian dan contoh hak dalam kehidupan sehari-
hari.dapat mengulang kegiatan
bersama guru. Kegiatan dapat dilakukan seusai jam belajar. Kegiatan
dilakukan sekitar 30 menit – 60 menit. Kegiatan dapat dilakukan untuk beberapa siswa
sekaligus.
2. Pengayaan
·
Siswa menemukan macam- macam interval nada melaui
lagu.
D. SUMBER DAN MEDIA
1. Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan
Buku Siswa Tema 3 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
2. Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3. Lingkungan sekitar
4. kertas
HVS dan
alat tulis
5. Jenis-jenis tumbuhan dan habitatnya
6. Lampu senter untuk kegiatan IPA
7. Narasumber: guru-guru, staf sekolah, dan pegawai sekolah
lainnya untuk kegiatan IPS
E. MATERI
- Hak- hak warga masyrakat dalam kehidupan sehari- hari.
- Pengertian dan contoh hak dalam kehidupan sehari- hari.
- Interval nada.
- Lagu Mariam Tomong.
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
Comments