RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Tokoh dan Penemuan (Tema 3) Sub Tema : Penemu yang Mengubah Dunia (Sub Tema 1) Muatan Terpadu : PPkN, SBdP Pembelajaran ke : 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020


Satuan Pendidikan       : SDN SUKAHURIP 02

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Tokoh dan Penemuan (Tema 3)

Sub Tema                   : Penemu yang Mengubah  Dunia (Sub Tema 1)

Muatan Terpadu            :  PPkN, SBdP

Pembelajaran ke        :  2

Alokasi waktu             :  1 hari

 

 

A.    TUJUAN

1.     Setelah berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi 6 contoh hak dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

2.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menuliskan pengertian, contoh, yang memengaruhi hak dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

3.     Setelah mengamati partitur, siswa mampu mengidentifikasi berbagai contoh interval nada dengan benar.

4.     Setelah berlatih, siswa mampu menyanyikan nada-nada sesuai intervalnya dengan tepat.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Ayo Mengamati

·         Di awal pembelajaran guru membahas tentang Michael Faraday yang menemukan arus listrik. Banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan dari kehidupan sehari-hari berkat temuan tersebut.

·         Siswa secara individu diminta mengamati gambar rumah Edo yang ada di buku siswa. Siswa diminta untuk mengidentifikasi benda-benda yang menggunakan listrik. Siswamenuliskannya di buku siswa.

·         Siswa menuliskan manfaat listrik untuk Edo. Guru menunjuk beberapa siswa untuk menyampaikan jawabannya di depan kelas.

·         Guru bertanya kepada siswa, “Apakah kalian juga merasakan manfaat listrik?”. Siswa menjawab secara bergantian.

·         Siswa menuliskan manfaat listrik yang mereka temukan di sekitar mereka. Siswa menuliskan jawaban pada tabel yang sudah disiapkan di buku siswa. Siswa akan membentuk sebuah kelompok yang terdiri dari 3 orang. Siswa saling menyampaikan manfaat listrik yang mereka rasakan sehari-hari. Siswa akan menyimpulkan manfaat listrik yang mereka rasakan sama atau tidak.

·         Guru menyampaikan bahwa listrik banyak membantu manusia dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya listrik kita dapat menonton televisi, menyalakan radio, menyalakan lampu, dan lain-lain. Setiap orang berhak merasakan manfaat listrik. Guru akan mengajak siswa untuk belajar tentang konsep hak.

(Critical Thinking and Problem Formulation)

 

Ayo Berdiskusi

·         Siswa akan duduk secara berkelompok. Satu kelompok terdiri atas 4 siswa. Dalam kelompok, siswa mengamati 4 gambar yang ada di buku siswa dan mendiskusikan pertanyaan berdasarkan gambar. Siswa menuliskan jawabankelompoknya pada sehelai kertas Guru memotivasi siswa untuk aktif memberikan pendapatnya.

·         Salah satu perwakilan kelompok diminta untuk menyampaikan hasil pekerjaannya di depan kelas. Siswa kelompok lain diberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapat.

·         Guru menguatkan bahwa warga negara Indonesia berhak untuk mendapatkan pendidikan, menyampaikan pendapat, hidup aman, serta memperoleh kasih sayang dari lingkungannya. Hak-hak tersebut sangat dipengaruhi lingkungan terdekat kita.

·         Siswa menuliskan contoh-contoh hak dalam kehidupan sehari-hari yang ada di rumah, sekolah, dan di tengah masyarakat.

·         Siswa juga menjelaskan hal-hal yang memengaruhi hak mereka.

·         Siswa saling mendiskusikan jawaban mereka dalam kelompok.

(Critical Thinking nad Problem Formulation)

 

Ayo Berkreasi

·         Awalnya guru memperdengarkan lagu Mariam Tomong kepada siswa. Guru bertanya kepada siswa hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat menyanyikan sebuah lagu. Siswa menjawab secara bergantian.

·         Guru menyampaikan bahwa ketika bernyanyi haruslah memperhatikan interval nada. Guru menuliskan di papan tulis solmisasi tangga nada.

·         Guru mencontohkan cara menyanyikan solmisasi tangga nada dengan benar. Siswa menirukan secara bersama sama.

·         Siswa berlatih secara berpasangan. Siswa berlatih ketepatan nada.

·         Siswa berlatih nada-nada yang memiliki interval 3 dan 5. Kegiatan ini dilatih terus menerus dalam kelompok.

·         Guru meminta beberapa siswa untuk maju ke depan. Siswa lain diminta memberikan pendapatnya.

·         Di akhir kegiatan, guru bertanya kepada siswa:

(Creativity and Innovation)

·      Siswa menuliskan jawaban di buku siswa.

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

1.     PPKn: Hak

Aspek

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Pengertian hak

Menuliskan

pengertian

tentang hak

dengan benar,

terperinci,

dan mudah

dimengerti.

Menuliskan

pengertian

tentang hak

dengan hanya

memenuhi 2

kriteria yang

diharapkan.

Menuliskan

pengertian

tentang hak

dengan hanya

memenuhi 1

kriteria yang

diharapkan.

Belum memenuhi

kriteria yang

diharapkan.

Contoh hak

Menuliskan 6

contoh hak dan

memasukkannya

ke dalam

kolom(rumah,

sekolah,

dan tengah

masyarakat)

dengan benar.

Menuliskan 4-5

contoh hak dan

memasukkannya

ke dalam

kolom(rumah,

sekolah,

dan tengah

masyarakat)

dengan benar.

Menuliskan 2-3

contoh hak dan

memasukkannya

ke dalam

kolom(rumah,

sekolah,

dan tengah

masyarakat)

dengan benar.

Menuliskan 1

contoh hak dan

memasukkannya

ke dalam

kolom(rumah,

sekolah, dan

tengah masyarakat)

dengan benar.

Yang

memengaruhi hak

Menuliskan

6 hal yang

memengaruhi

hak dan

memasukkannya

ke dalam

kolom(rumah,

sekolah,

dan tengah

masyarakat)

dengan benar.

Menuliskan

4-5 hal yang

memengaruhi

hak dan

memasukkannya

ke dalam

kolom(rumah,

sekolah,

dan tengah

masyarakat)

dengan benar.

Menuliskan

2-3 hal yang

memengaruhi

hak dan

memasukkannya

ke dalam

kolom(rumah,

sekolah,

dan tengah

masyarakat)

dengan benar.

Menuliskan 1 hal

yang memengaruhi

hak dan

memasukkannya

ke dalam

kolom(rumah,

sekolah, dan

tengah masyarakat)

dengan benar.

 

2.     SBdP: Catatan anekdot untuk mencatat kemampuan siswa dalam hal menyanyikan solmisasi berdasarkan interval nada.

3.     Diskusi saat membahas tentang gambar-gambar yang terkait dengan hak.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Mendengarkan

 

Selalu

mendengarkan teman yang

sedang berbicara.

 

Mendengarkan

teman yang

berbicara, namun

sesekali masih

perlu diingatkan.

 

Masih perlu

diingatkan untuk

mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Sering

diingatkan untuk

mendengarkan teman yang

sedang berbicara,

namun tidak

mengindahkan.

 

Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur,ekspresi wajah, suara).

 

Merespon dan

menerapkan

komunikasi non verbal dengan tepat.

Merespon dengan

tepat terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Sering merespon

kurang tepat

terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Membutuhkan bantuan dalam

memahami

bentuk

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Partisipasi

(menyampaikan ide,perasaan,

pikiran)

Isi pembicaraan

menginspirasi

teman. Selalu

mendukung

dan memimpin

lainnya saat

diskusi.

Berbicara dan

menerangkan

secara rinci,

merespon sesuai

dengan topik.

Berbicara dan

menerangkan secara rinci,

namun terkadang

merespon kurang

sesuai dengan

topik.

Jarang berbicara

selama

proses diksusi

berlangsung.

 

4.     Catatan anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab).

(Contoh terlampir di bagian lampiran Buku Guru).

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

  1. Siswa yang belum paham Pengertian dan contoh hak dalam kehidupan sehari- hari.dapat mengulang kegiatan bersama guru. Kegiatan dapat dilakukan seusai jam belajar. Kegiatan dilakukan sekitar 30 menit – 60 menit. Kegiatan dapat dilakukan untuk beberapa siswa sekaligus.

 

2.     Pengayaan

·         Siswa menemukan macam- macam interval nada melaui lagu.

 

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 3 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.     Lingkungan sekitar

4.     kertas HVS dan alat tulis

5.     Jenis-jenis tumbuhan dan habitatnya

6.     Lampu senter untuk kegiatan IPA

7.     Narasumber: guru-guru, staf sekolah, dan pegawai sekolah lainnya untuk kegiatan IPS

 

E.    MATERI

  1. Hak- hak warga masyrakat dalam kehidupan sehari- hari.
  2. Pengertian dan contoh hak dalam kehidupan sehari- hari.
  3. Interval nada.
  4.  Lagu Mariam Tomong.

 

F.    PENDEKATAN & METODE

       Pendekatan            : Scientific

Strategi                  : Cooperative Learning

Teknik                    : Example Non Example

Metode                  : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

 

 

 

 

Comments