RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Tokoh dan Penemuan (Tema 3) Sub Tema : Penemu yang Mengubah Dunia (Sub Tema 1) Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA, IPS Pembelajaran ke : 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020



Satuan Pendidikan       : SDN SUKAHURIP 02

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Tokoh dan Penemuan (Tema 3)

Sub Tema                   :  Penemu yang Mengubah  Dunia (Sub Tema 1)

Muatan Terpadu            :  Bahasa Indonesia, IPA, IPS

Pembelajaran ke        :  1

Alokasi waktu             :  1 hari

 

 

A.    TUJUAN

1.     Dengan membaca, siswa  mampu  menyebutkan informasi penting dari teks eksplanasi yang dibaca  tentang penemu yang mengubah dunia dengan mandiri.

2.     Setelah membaca, siswa mampu  mempresentasikan informasi penting dari teks eksplanasi yang dibaca  tentang penemu yang mengubah dunia dengan peta pikiran yang tepat.

3.     Dengan  mengamati, siswa mampu mengidentifikasi komponen-komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana dengan tepat.

4.     Setelah pengamatan, siswa mampu menyajikan hasil pengamatan tentang  komponen-komponen listrik dalam rangkaian listrik sederhana dan fungsinya dengan tepat.

5.     Dengan mengamati dan melakukan wawancara, siswa mampu  mengidentifikasi perubahan sosial budaya dalam kehidupan masyarakat atas ditemukannya listrik dengan tepat.

6.     Dengan mengamati dan melakukan wawancara, siswa mampu  melaporkan perubahan sosial budaya masyarakat dengan ditemukannya listrik dalam bentuk peta pikiran dengan sistematis.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

 

Ayo Membaca

·         Siswa diminta mengamati lampu di ruangan kelas.

·         Guru mengajukan pertanyaan pembuka:

·         Tahukah kamu tokoh  penemu listrik?

·         Bagaimana proses arus listrik hingga dapat menyalakan lampu di kelas?

·         Siswa secara berpasangan diminta  berdiskusi untuk menemukan jawaban.

·         Siswa diminta membaca senyap teks tentang penemu listrik yang terdapat di buku.

(Critikal Thinking and Problem Formulation)

·         Setelah membaca senyap, guru dapat meminta satu atau beberapa siswa membaca kembali teks tersebut dengan suara dikeraskan.

·         Siswa menjawab pertanyaan bacaan.

·         Siswa secara berpasangan mendiskusikan jawaban dengan satu atau beberapa orang teman di dekatnya.  Siswa kemudian saling melengkapi jawaban mereka untuk mendapatkan jawaban yang lengkap.

·         Siswa dan guru mendiskusikan jawaban siswa secara klasikal. Guru mengarahkan siswa untuk mendapatkan jawaban yang lengkap dan tepat.

·         Siswa menyimpan jawaban pertanyaan untuk digunakan pada kegiatan lanjutan di pembelajaran tiga.

 

Ayo Berdiskusi

·         Siswa mengamati gambar rangkaian  seri pada lampu dan baterai di dalam senter yang terdapat di buku.

·         Siswa menuliskan proses perjalanan arus listrik dari rangkaian seri berdasarkan hasil pengamatan pada  senter. Siswa diharapkan melengkapi tulisan mereka dengan gambar rangkaian seri pada senter.

(Creativity and Innovation)

 

·         Siswa mendiskusikan tulisan dan gambar mereka dengan teman dalam kelompok untuk mendapatkan jawaban yang benar.

·         Guru memberikan penguatan.

 

·         Siswa kemudian menuliskan alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat percobaan rangkaian seri pada pembelajaran ketiga.

·         Siswa mendiskusikan alat dan bahan yang diperlukan bersama teman dengan bimbingan guru.

(Critical Thinking and Problem Solving)

 

 

Ayo Mengamati

·         Guru meminta satu siswa untuk menyalakan lampu di kelas.

·         Siswa diminta untuk mengamati lampu tersebut.

·         Guru mengajukan pertanyaan:

 » Apa perbedaan kehidupan antara masa sebelum ada listrik dan setelah ada listrik?

  » Bagaimana listrik dapat memengaruhi kehidupan di dunia?

(HOST)

·         Siswa mendiskusikan pertanyaan dengan teman dan menuliskannya pada tabel yang tersedia.

·         Siswa kemudian melakukan wawancara untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap tentang pengaruh listrik terhadap perubahan kehidupan sosial budaya masyarakat Indonesia.

·         Siswa menuliskan informasi yang didapat pada tabel yang tersedia.

·         Guru memeriksa hasil wawancara siswa.

 

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

1.     Bahasa Indonesia

Jawaban siswa menemukan informasi penting dari teks eksplanasi ilmiah tentang penemuan listrik, diperiksa dengan menggunakan rubrik berikut.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Isi teks

eksplanasi

Pernyataan

Umum

Menuliskan

topik utama

bacaan

dengan tepat

Menuliskan topik

utama bacaan

dengan cukup 

tepat

Menuliskan topik

utama bacaan

dengan kurang 

tepat

Belum mampu

menuliskan topik

utama bacaan

dengan tepat

Deret

Penjelasan

Menuliskan

fakta yang

mendukung

topik bacaan

dengan

lengkap dan

berurutan

Menuliskan

fakta yang

mendukung

topik bacaan

dengan cukup

lengkap dan

cukup  berurutan

Menuliskan fakta

yang mendukung

topik bacaan

dengan kurang

lengkap dan 

kurang berurutan

Belum mampu

menuliskan fakta

yang mendukung

topik bacaan

dengan lengkap

dan berurutan

Kesimpulan

Umum

Menuliskan

kesimpulan

umum dan

pendapat

penulis

dengan tepat

Menuliskan

kesimpulan

umum dan

pendapat

penulis dengan

cukup  tepat

Menuliskan

kesimpulan

umum dan

pendapat penulis

dengan kurang

tepat

Belum mampu

menuliskan

kesimpulan umum

dan pendapat

penulis dengan

tepat

Penyajian tulisan

Tulisan  rapi

dan sistematis

Tulisan  cukup

rapi dan

sistematis

Tulisan  kurang 

rapi dan kurang 

sistematis

Belum mampu

menyajikan tulisan

dengan rapi dan

sistematis

Sikap Kemandirian

Tugas

diselesaikan

dengan

mandiri

Sebagian

besar tugas 

diselesaikan

dengan mandiri

Tugas

diselesaikan

dengan motivasi

dan bimbingan

guru

Belum dapat 

menyelesaikan

tugas meski telah

diberikan motivasi

dan bimbingan

 

2.     IPA

Penjelasan tertulis hasil pengamatan rangkaian seri pada senter diperiksa menggunakan daftar periksa berikut.

Kriteria

5

4

3

2

1

Komponen listrik dan fungsinya (KD 3.4)

 

 

 

 

 

·         Menjelaskan baterai dan fungsiny

 

 

 

 

 

·         Menjelaskan lampu, dudukan lampu,dan fungsinya

 

 

 

 

 

·         Menjelaskan lempengan logam dan fungsinya (pada rangkaian biasa bukan senter digantikan oleh kabel)

 

 

 

 

 

·         Menjelaskan sakelar dan fungsinya

 

 

 

 

 

Penyajian tulisan hasil pengamatan (KD 4.4)

 

 

 

 

 

·         Terdapat gambar rangkaian seri

 

 

 

 

 

·         Penjelasan sistematis

 

 

 

 

 

Keterangan :

1.     Tidak pernah menunjukkan kriteria yang diharapkan

2.     Sesuai kriteria sebesar 50%

3.     Sesuai kriteria lebih dari 50%, namun kurang dari 75%

4.     Sesuai kriteria lebih dari 75%, namun kurang dari 100%

5.     Sesuai kriteria yang diharapkan

 

 

 

 

 

 

 

 

3.     IPS

Peta pikiran hasil wawancara mengenai pengaruh listrik pada kehidupan sosial budaya masyarakat Indonesia diperiksa menggunakan rubrik

berikut.

Aspek

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Informasi

perubahan

sosial budaya

dalam rangka

modernisasi

bangsa

Indonesia.

Menuliskan

informasi tentang

perubahan

kehidupan

masyarakat

sekitar dengan

adanya listrik 

berdasarkan

hasil wawancara

dengan lengkap.

Menuliskan

informasi

tentang

perubahan

kehidupan

masyarakat

sekitar dengan

adanya listrik 

berdasarkan

hasil wawancara

dengan cukup

lengkap.

Menuliskan

informasi

tentang

perubahan

kehidupan

masyarakat

sekitar dengan

adanya listrik 

berdasarkan

hasil wawancara

dengan kurang 

lengkap.

Belum mampu

menuliskan

informasi

tentang

perubahan

kehidupan

masyarakat

sekitar dengan

adanya listrik 

berdasarkan

hasil wawancara

dengan lengkap.

perubahan

sosial budaya

dalam rangka

modernisasi

bangsa

Indonesia.

Mengomunikasi-

kan secara lisan

hasil wawancara 

tentang

perubahan

sosial budaya

di lingkungan

sekitar dengan

adanya listrik

dengan

sistematis.

Mengomunika-

sikan secara

lisan hasil

wawancara 

tentang

perubahan

sosial budaya

di lingkungan

sekitar dengan

adanya listrik

dengan cukup

sistematis.

Mengomunika

sikan secara

lisan hasil

wawancara 

tentang

perubahan

sosial budaya

di lingkungan

sekitar dengan

adanya listrik

dengan kurang

sistematis.

Belum mampu

mengomunikasi-

kan secara lisan

hasil wawancara 

tentang

perubahan

sosial budaya

di lingkungan

sekitar dengan

adanya listrik

dengan

sistematis.

Sikap

kerja sama.

Menunjukkan

sikap kerja sama 

secara konsisten.

Menunjukkan

sikap kerja

sama dengan

cukup 

konsisten.

Menunjukkan

sikap kerja sama,

namun kurang

konsisten.

Perlu dimotivasi

untuk dapat

bekerjasama.

Santun

dan saling

menghargai.

Menunjukkan

sikap santun

dan saling

menghargai

saat wawancara

secara konsisten.

Menunjukkan

sikap santun

dan saling

menghargai

saat wawancara

dengan cukup

konsisten.

Menunjukkan

sikap santun

dan saling

menghargai

saat wawancara,

namun kurang

konsisten.

Belum mampu

menunjukkan

sikap santun

dan saling

menghargai saat

wawancara.

 

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

·         Jika memiliki waktu, bagi siswa yang belum memahami konsep dasar rangkaian seri sederhana, akan mengulang materi tersebut dengan bimbingan guru.

2.     Pengayaan

·         Jika terdapat perpustakaan atau sumber bacaan lainnya, siswa dapat menambah informasi pada kegiatan IPS dengan melakukan studi pustaka, tentang pengaruh listrik terhadap kehidupan sosial budaya masyarakat Indonesia.

 

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.     Lingkungan sekitar

4.     kertas HVS dan alat tulis

5.     Jenis-jenis tumbuhan dan habitatnya

6.     Lampu senter untuk kegiatan IPA

7.     Narasumber: guru-guru, staf sekolah, dan pegawai sekolah lainnya untuk kegiatan IPS

 

 

E.    MATERI

  1. Teks bacaan  yang berjudul ” Listrik, Pengubah Wajah Dunia”.
  2. teks eksplanasi.
  3. Perubahan sosial budaya dalam kehidupan masyarakat atas ditemukannya listrik.
  4. Komponen- komponen listrik dan fung

 

F.    PENDEKATAN & METODE

       Pendekatan            : Scientific

Strategi                  : Cooperative Learning

Teknik                    : Example Non Example

Metode                  : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

 

 

 

 

 

Comments