RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Tokoh dan Penemuan (Tema 3) Sub Tema : Penemu yang Mengubah Dunia (Sub Tema 1) Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA, IPS Pembelajaran ke : 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : 6 /1
Tema : Tokoh dan Penemuan
(Tema 3)
Sub Tema : Penemu yang Mengubah Dunia (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA, IPS
Pembelajaran ke
: 1
Alokasi waktu
: 1 hari
A.
TUJUAN
1.
Dengan membaca, siswa mampu menyebutkan informasi penting dari teks
eksplanasi yang dibaca tentang penemu
yang mengubah dunia dengan mandiri.
2.
Setelah membaca, siswa mampu
mempresentasikan informasi penting dari teks eksplanasi yang dibaca tentang penemu yang mengubah dunia dengan
peta pikiran yang tepat.
3.
Dengan mengamati, siswa mampu
mengidentifikasi komponen-komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian
listrik sederhana dengan tepat.
4.
Setelah pengamatan, siswa mampu menyajikan hasil pengamatan tentang komponen-komponen listrik dalam rangkaian
listrik sederhana dan fungsinya dengan tepat.
5.
Dengan mengamati dan melakukan wawancara, siswa mampu mengidentifikasi perubahan sosial budaya
dalam kehidupan masyarakat atas ditemukannya listrik dengan tepat.
6.
Dengan mengamati dan melakukan wawancara, siswa mampu melaporkan perubahan sosial budaya masyarakat
dengan ditemukannya listrik dalam bentuk peta pikiran dengan sistematis.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
|
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran Ayo Membaca ·
Siswa diminta
mengamati lampu di ruangan kelas. ·
Guru mengajukan
pertanyaan pembuka: ·
Tahukah kamu
tokoh penemu listrik? ·
Bagaimana proses arus
listrik hingga dapat menyalakan lampu di kelas? ·
Siswa secara
berpasangan diminta berdiskusi untuk
menemukan jawaban. ·
Siswa diminta membaca
senyap teks tentang penemu listrik yang terdapat di buku. (Critikal Thinking and
Problem Formulation) ·
Setelah membaca
senyap, guru dapat meminta satu atau beberapa siswa membaca kembali teks
tersebut dengan suara dikeraskan. ·
Siswa menjawab
pertanyaan bacaan. ·
Siswa secara
berpasangan mendiskusikan jawaban dengan satu atau beberapa orang teman di
dekatnya. Siswa kemudian saling
melengkapi jawaban mereka untuk mendapatkan jawaban yang lengkap. ·
Siswa dan guru
mendiskusikan jawaban siswa secara klasikal. Guru mengarahkan siswa untuk
mendapatkan jawaban yang lengkap dan tepat. ·
Siswa menyimpan
jawaban pertanyaan untuk digunakan pada kegiatan lanjutan di pembelajaran
tiga. Ayo Berdiskusi ·
Siswa mengamati gambar
rangkaian seri pada lampu dan baterai
di dalam senter yang terdapat di buku. ·
Siswa menuliskan
proses perjalanan arus listrik dari rangkaian seri berdasarkan hasil
pengamatan pada senter. Siswa
diharapkan melengkapi tulisan mereka dengan gambar rangkaian seri pada
senter. (Creativity and
Innovation) ·
Siswa mendiskusikan
tulisan dan gambar mereka dengan teman dalam kelompok untuk mendapatkan
jawaban yang benar. ·
Guru memberikan
penguatan. ·
Siswa kemudian
menuliskan alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat percobaan rangkaian
seri pada pembelajaran ketiga. ·
Siswa mendiskusikan
alat dan bahan yang diperlukan bersama teman dengan bimbingan guru. (Critical Thinking and Problem Solving) Ayo Mengamati ·
Guru meminta satu
siswa untuk menyalakan lampu di kelas. ·
Siswa diminta untuk
mengamati lampu tersebut. ·
Guru mengajukan
pertanyaan: » Apa perbedaan kehidupan antara
masa sebelum ada listrik dan setelah ada listrik? » Bagaimana listrik dapat
memengaruhi kehidupan di dunia? (HOST) ·
Siswa mendiskusikan
pertanyaan dengan teman dan menuliskannya pada tabel yang tersedia. ·
Siswa kemudian
melakukan wawancara untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap tentang
pengaruh listrik terhadap perubahan kehidupan sosial budaya masyarakat
Indonesia. ·
Siswa menuliskan
informasi yang didapat pada tabel yang tersedia. ·
Guru memeriksa hasil
wawancara siswa. |
140 menit |
|
|
|||
Kegiatan Penutup |
A. Kerja Sama dengan
Orang Tua Siswa bersama kedua
orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di
lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15 menit |
|
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
1. Bahasa Indonesia
Jawaban siswa menemukan informasi
penting dari teks eksplanasi ilmiah tentang penemuan listrik, diperiksa dengan
menggunakan rubrik berikut.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
|
Isi teks eksplanasi |
Pernyataan Umum |
Menuliskan topik utama bacaan dengan tepat |
Menuliskan topik utama bacaan dengan cukup
tepat |
Menuliskan topik utama bacaan dengan kurang
tepat |
Belum mampu menuliskan topik utama bacaan dengan tepat |
Deret Penjelasan |
Menuliskan fakta yang mendukung topik bacaan dengan lengkap dan berurutan |
Menuliskan fakta yang mendukung topik bacaan dengan cukup lengkap dan cukup
berurutan |
Menuliskan fakta yang mendukung topik bacaan dengan kurang lengkap dan
kurang berurutan |
Belum mampu menuliskan fakta yang mendukung topik bacaan dengan lengkap dan berurutan |
|
Kesimpulan Umum |
Menuliskan kesimpulan umum dan pendapat penulis dengan tepat |
Menuliskan kesimpulan umum dan pendapat penulis dengan cukup
tepat |
Menuliskan kesimpulan umum dan pendapat penulis dengan kurang tepat |
Belum mampu menuliskan kesimpulan umum dan pendapat penulis dengan tepat |
|
Penyajian tulisan |
Tulisan
rapi dan sistematis |
Tulisan
cukup rapi dan sistematis |
Tulisan
kurang rapi dan kurang
sistematis |
Belum mampu menyajikan tulisan dengan rapi dan sistematis |
|
Sikap Kemandirian |
Tugas diselesaikan dengan mandiri |
Sebagian besar tugas
diselesaikan dengan mandiri |
Tugas diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru |
Belum dapat
menyelesaikan tugas meski telah diberikan motivasi dan bimbingan |
2. IPA
Penjelasan tertulis hasil pengamatan
rangkaian seri pada senter diperiksa menggunakan daftar periksa berikut.
Kriteria |
5 |
4 |
3 |
2 |
1 |
Komponen listrik dan fungsinya (KD
3.4) |
|
|
|
|
|
·
Menjelaskan baterai
dan fungsiny |
|
|
|
|
|
·
Menjelaskan lampu, dudukan lampu,dan fungsinya |
|
|
|
|
|
·
Menjelaskan lempengan logam dan fungsinya (pada rangkaian
biasa bukan senter digantikan oleh kabel) |
|
|
|
|
|
·
Menjelaskan sakelar
dan fungsinya |
|
|
|
|
|
Penyajian tulisan hasil pengamatan (KD
4.4) |
|
|
|
|
|
·
Terdapat gambar
rangkaian seri |
|
|
|
|
|
·
Penjelasan sistematis |
|
|
|
|
|
Keterangan : 1. Tidak pernah menunjukkan kriteria yang
diharapkan 2.
Sesuai kriteria
sebesar 50% 3. Sesuai kriteria lebih dari 50%, namun
kurang dari 75% 4. Sesuai kriteria lebih dari 75%, namun
kurang dari 100% 5.
Sesuai kriteria yang
diharapkan |
|
|
|
|
|
3. IPS
Peta pikiran hasil wawancara mengenai pengaruh listrik pada
kehidupan sosial budaya masyarakat Indonesia diperiksa menggunakan rubrik
berikut.
Aspek |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Informasi perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia. |
Menuliskan informasi tentang perubahan kehidupan masyarakat sekitar dengan adanya listrik
berdasarkan hasil wawancara dengan lengkap. |
Menuliskan informasi tentang perubahan kehidupan masyarakat sekitar dengan adanya listrik
berdasarkan hasil wawancara dengan cukup lengkap. |
Menuliskan informasi tentang perubahan kehidupan masyarakat sekitar dengan adanya listrik
berdasarkan hasil wawancara dengan kurang
lengkap. |
Belum mampu menuliskan informasi tentang perubahan kehidupan masyarakat sekitar dengan adanya listrik
berdasarkan hasil wawancara dengan lengkap. |
perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia. |
Mengomunikasi- kan secara lisan hasil wawancara
tentang perubahan sosial budaya di lingkungan sekitar dengan adanya listrik dengan sistematis. |
Mengomunika- sikan secara lisan hasil wawancara
tentang perubahan sosial budaya di lingkungan sekitar dengan adanya listrik dengan cukup sistematis. |
Mengomunika sikan secara lisan hasil wawancara
tentang perubahan sosial budaya di lingkungan sekitar dengan adanya listrik dengan kurang sistematis. |
Belum mampu mengomunikasi- kan secara lisan hasil wawancara tentang perubahan sosial budaya di lingkungan sekitar dengan adanya listrik dengan sistematis. |
Sikap kerja sama. |
Menunjukkan sikap kerja sama secara konsisten. |
Menunjukkan sikap kerja sama dengan cukup konsisten. |
Menunjukkan sikap kerja sama, namun kurang konsisten. |
Perlu dimotivasi untuk dapat bekerjasama. |
Santun dan saling menghargai. |
Menunjukkan sikap santun dan saling menghargai saat wawancara secara konsisten. |
Menunjukkan sikap santun dan saling menghargai saat wawancara dengan cukup konsisten. |
Menunjukkan sikap santun dan saling menghargai saat wawancara, namun kurang konsisten. |
Belum mampu menunjukkan sikap santun dan saling menghargai saat wawancara. |
C. Remedial dan Pengayaan
1. Remedial
·
Jika memiliki waktu, bagi siswa yang belum memahami
konsep dasar rangkaian seri sederhana, akan mengulang materi tersebut dengan
bimbingan guru.
2. Pengayaan
·
Jika terdapat perpustakaan atau sumber bacaan
lainnya, siswa dapat menambah informasi pada kegiatan IPS dengan melakukan
studi pustaka, tentang pengaruh listrik terhadap kehidupan sosial budaya
masyarakat Indonesia.
D. SUMBER DAN MEDIA
1. Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan
Buku Siswa Tema 1 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
2. Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3. Lingkungan sekitar
4. kertas
HVS dan
alat tulis
5. Jenis-jenis tumbuhan dan habitatnya
6. Lampu senter untuk kegiatan IPA
7. Narasumber: guru-guru, staf sekolah, dan pegawai sekolah
lainnya untuk kegiatan IPS
E. MATERI
- Teks bacaan yang berjudul ”
Listrik, Pengubah Wajah Dunia”.
- teks eksplanasi.
- Perubahan sosial budaya dalam kehidupan
masyarakat atas ditemukannya listrik.
- Komponen- komponen listrik dan fung
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
Comments