RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Kelas / Semester : IV/ 1 (Satu) Tema 1 : Indahnya Kebersamaan Sub Tema 3 : Bersyukur atas Keberagaman Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPS, dan IPA Pembelajaran ke : 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester :
IV/ 1 (Satu)
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 3 : Bersyukur atas Keberagaman
Muatan Terpadu :
Bahasa Indonesia, IPS,
dan IPA
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 hari
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan
logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan
dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa
Indonesia
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.2
Mencermati keterhubungan antar-gagasan yang didapat dari teks lisan, tulis,
atau visual. |
3.2.2
Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari
teks lisan. |
4.2
Menyajikan hasil pengamatan tentang keterhubungan antargagasan ke dalam
tulisan. |
4.2.2
Menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks
lisan dalam bentuk peta pikiran. |
IPS
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.2
Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di
provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia; serta hubungannya
dengan karakteristik ruang. |
3.2.4
Menjelaskan pengalaman sikap menghargai makanan tradisional sebagai identitas
bangsa Indonesia. |
4.2
Menyajikan hasil identifikasi mengenai keragaman sosial, ekonomi, budaya,
etnis, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia;
serta hubungannya dengan karakteristik ruang. |
4.2.4
Mengomunikasikan pengalaman sikap menghargai makanan tradisional sebagai
identitas bangsa Indonesia. |
IPA
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.6 Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indra
pendengaran. |
3.6.5
Menjelaskan sifat-sifat bunyi memantul dan menyerap. |
4.6
Menyajikan laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat bunyi. |
4.6.5
Menyajikan laporan percobaan tentang sifat bunyi memantul dan menyerap. |
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Dengan menyimak teks lisan, siswa mampu mengidentifikasi
gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks lisan
denganmandiri.
2.
Dengan menyimak teks lisan, siswa mampu menyajikan gagasan pokok
dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks lisan dalam bentuk petapikiran
dengan tepat.
3.
Dengan diskusi dan membaca, siswa mampu menjelaskan
pengalamansikap menghargai makanan tradisional sebagai identitas
bangsaIndonesia dengan sistematis.
4.
Setelah diskusi dan membaca, siswa mampu
mengomunikasikanpengalaman sikap menghargai makanan tradisional sebagai
identitasbangsa Indonesia dengan sistematis.
5.
Dengan percobaan, siswa mampu mengidentifikasi sifat-sifat
bunyimemantul dan menyerap dengan lengkap.
6.
Setelah percobaan, siswa mampu menyajikan laporan sifat-sifat
bunyimemantul dan menyerap dengan sistematis.
D. MATERI PEMBELAJARAN
1.
Gagasan pokok dan gagasan pendukung paragraf dalam
teks lisan.
2.
Hubungan antargagasan paragraf dalam teks lisan.
3.
Keragaman sosial dan budaya di Indonesia.
4.
Sifat pemantulan bunyi.
5.
Sifat penyerapan bunyi.
E. METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran : Saintifik.
Metode Pembelajaran :
Simulasi, percobaan, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.
F. MEDIA/ALAT, BAHAN,
DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat : 1. Laptop dan
pengeras suara/speaker.
2. Gambar/foto makanan tradisional daerah untuk kegiatan IPS.
3. Arloji/jam tangan, tabung kertas, dan empat buah buku tebal untuk
percobaan IPA.
4. Kertas HVS.
Bahan : Piring
kaleng, cermin datar, papan alas ujian, bantal, boneka, selimut untuk percobaan
IPA.
Sumber Belajar : 1. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas IV, Tema 1: IndahnyaKebersamaan, Subtema 3: Bersyukur
atas Keberagaman, Pembelajaran 1. Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi |
Alokasi Waktu |
||
Pendahuluan |
1.
Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek
kehadiran siswa. 2.
Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa. 3.
Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali
setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan
tentang sikap syukur. 4.
Siswa diajak menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan
penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan. 5.
Siswa diminta memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas. 6.
Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat, dan
aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan. 7.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap santunyang
akan dikembangkan dalam pembelajaran. 8.
Pembiasaan membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan
kegiatan literasi yang telah dilakukan. 9.
Siswa diingatkan kembali tentang keragaman budaya Indonesia,
seperti alat musik dan permainan tradisional. Salah satu jenis keragaman yang
memperkaya kebudayaan bangsa Indonesia adalah makanan tradisional. |
15 menit |
||
Kegiatan inti |
1.
Siswa
diajak melihatgambar/foto berbagai makanan tradisional daerah yang ada di
Indonesia. Guru mengajukan pertanyaan pembuka: · Siapakah di antara kalian yang mengetahui jenis
makanan tradisional ini? · Bagaimana bahan dasarnya dan proses
pembuatannya? 2.
Siswa
yang mengangkat tangan kanannya diminta untuk menerangkan secara singkat
informasi tentang makanan tradisional tersebut. 3.
Siswa
diminta duduk secara berkelompok terdiri dari empat sampai lima siswa. Siswa kemudian
diminta menyimak cerita tentang tentang seorang ibu pembuat dodol, makanan tradisional
Betawi. Siswa dapat dimotivasi untuk menyimak audio cerita tentang dodol
Betawi dari Rumah Juara.
4.
Siswa
diminta untuk menyimak dengan telitiparagraf demi paragraf dari teks yang
didengar.Agar lebih jelas, audio setiap paragraf dapat diulang dua kali. 5.
Masing-masing
siswa diberi waktu untuk menuliskan inti paragraf 1. Kemudian, siswa diminta
menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari paragraf 1 tersebut.
Gagasan pokok dan gagasan pendukung dapat ditulis dalam peta pikiran yang
terdapat pada Buku Siswa (BS) T1 ST3 P1 halaman 130. 6.
Setelah
selesai memetakan hasil paragraf 1, siswa mendiskusikan jawaban bersama teman
kelompoknya. 7.
Selama
siswa melakukan diskusi, guru berkeliling untuk memastikan diskusi
berlangsung tertib dan melakukan penilaian. 8.
Siswa
diminta melakukan hal yang sama untuk paragraf 2. Selesai menyimak teks
paragraf 2 dan menuliskan jawaban dalam peta pikiran yang tersedia pada BS
halaman 131, siswa diminta mendiskusikan dengan teman kelompoknya. 9.
Siswa
diminta menyimak teks paragraf 3 dan menuliskan jawaban dalam peta pikiran
yang tersedia pada BS halaman 132. Kemudian, hasil pekerjaan siswa langsung
diserahkan kepada guru untuk dinilai. 10.
Siswa
diingatkan kembali tentang keragaman makanan tradisional yang menjadi
identitas bangsa Indonesia.Guru mengajukan pertanyaan: · Siapa yang mengetahui jenis makanan tradisional yang dimiliki bangsa
Indonesia? · Dari mana asalnya? 11. Siswa diminta membaca senyap informasi tentang beberapa jenis makanan
tradisional yang ada padaBS halaman 133. 12. Siswa secara berpasangan diminta untuk saling berbagi informasi tentang
jenis makanan tradisional yang mereka ketahui dan nama daerah tempat makanan
tersebut berasal. 13. Siswa bersama gurumembahas hasil diskusi secara klasikal dan menyimpulkan
bersama: · Makanan tradisional yang berasal dari berbagai suku bangsa di Indonesia
juga merupakan bagian dari identitas bangsa kita. · Tentunya kita bangga dengan kekayaan budaya Indonesia. Salah satu wujud
kebanggaan tersebut adalah dengan mempelajari dan mencoba beragam makanan
tradisional. 14. Siswa diminta menuliskan pengalaman mereka saat mencicipi makanan
tradisional dari daerah lain (secara mandiri) pada kertas HVS. Isi tulisan memuat
informasi tentang nama makanan, daerah asal makanan, waktu dan tempat siswa
mendapatkan makanan tersebut, serta bahan dasar dan proses pembuatan makanan. 15. Siswa dimotivasi untuk menulis dengan rinci, rapi, dan boleh disertai
dengan ilustrasi yang menarik. 16. Tulisan siswa dapat dipajang di kelas sebagai bahan belajar teman yang
lain. 17. Siswa menyimak saat guru menjelaskan bahwa ada makanan tradisional yang
dijajakan denganbunyi-bunyian khas. 18. Kemudian, siswa diingatkan kembali pada pembelajaran sebelumnya tentang
sifat rambat bunyi. 19. Siswa dimotivasi dengan pertanyaan: · Apakah bunyi memiliki sifat-sifat yang lain? 20. Siswa dibagi dalam kelompok kecil yang terdiri dari empat hingga lima
siswa. 21. Siswa diajak melakukan percobaan tentang sifat bunyi yang lain yaitu
bunyi memantul dan bunyi menyerap, berdasarkan instruksi yang terdapat pada
BS halaman 135.Sebelum hari percobaan, siswa sudah diberi tahu untuk berbagi
tugas menyiapkan alat dan bahan percobaan. Kegiatan ini dapat menumbuhkan
karakter. 22. Selama siswa melakukan percobaan, guru berkeliling ke setiap kelompok
untuk memastikan siswa berperan aktif dan melakukan tugas dengan tertib. 23. Masih dalam kelompok yang sama, siswa kemudian berdiskusi untuk menjawab
pertanyaan pada BS halaman 135-136 berdasarkan hasil percobaan. 24. Siswa menyimak saat guru memberikan penguatan dengan memperlihatkan
animasi percobaan pemantulan dan penyerapan bunyi dari Rumah Juara.
25. Siswa menuliskan laporan kegiatan percobaan tentang pemantulan dan
penyerapan bunyi berdasarkan hasil percobaan dalam kolom yang disediakan pada
BS halaman 137. |
180 menit |
||
Penutup |
1.
Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang
telah berlangsung: ·
Apa saja yang telah dipelajari dari kegiatan hari ini? ·
Kesulitan apa yang dihadapi pada pembelajaran hari ini? 2.
Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada hari
ini. 3.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran
pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orang tua
yaitu:
berdiskusi dengan orang tua mengenai
contoh-contoh makanan tradisional di Indonesia dan menuliskan hasilnya. 4.
Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap santun. 5.
Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas. 6.
Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa. |
15 menit |
H. PENILAIAN
1.
Teknik Penilaian
a.
Penilaian Sikap
Mencatat hal-hal menonjol (positif atau negatif) yang ditunjukkan siswa
dalam sikap santun.
b.
Penilaian Pengetahuan
Muatan |
Indikator |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instumen |
Bahasa Indonesia |
3.2.2
Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari
teks lisan. |
Tes tertulis |
Soal pilihan ganda Soal isian Soal uraian |
IPS |
3.2.4
Menjelaskan pengalaman sikap menghargai makanan tradisional sebagai identitas
bangsa Indonesia. |
Tes tertulis |
Soal pilihan ganda Soal isian Soal uraian |
IPA |
3.6.5
Menjelaskan sifat-sifat bunyi memantul dan menyerap. |
Tes tertulis |
Soal pilihan ganda Soal isian Soal uraian |
c.
Unjuk Kerja
Muatan |
Indikator |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instumen |
Bahasa Indonesia |
4.2.2
Menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks
lisan dalam bentuk peta pikiran. |
Diskusi dan unjuk hasil |
Rubrik penilaian pada BG halaman 154-155. |
IPS |
4.2.4
Mengomunikasikan pengalaman sikap menghargai makanan tradisional sebagai
identitas bangsa Indonesia. |
Unjuk hasil |
Rubrik penilaian pada BG halaman 156. |
IPA |
4.6.5
Menyajikan laporan percobaan tentang sifat bunyi memantul dan menyerap. |
Unjuk kerja dan hasil |
Rubrik penilaian pada BG halaman 157-158. |
d.
Remedial
Siswa yang belum memahami sifat bunyi merambat dan memantul akan mendapatkan
penguatan dari guru. Siswa dapat dibantu oleh siswa lain yang telah menguasai
konsep tersebut.
e.
Pengayaan
1)
Apabila memiliki waktu, siswa dapat
mengadakan acara ‘Hari Makanan Tradisional Nusantara’.
2)
Setiap siswa membawa satu jenis makanan
tradisional dari daerah yang berbeda. Siswa juga dimotivasi untuk mencari
informasi sederhana tentang makanan tersebut seperti nama daerah makanan
berasal, bahan dasar dan proses pembuatan, serta manfaat makanan tersebut bagi
kesehatan.
3)
Siswa dapat saling berbagi informasi
tentang makanan tersebutkemudian makan bersama.
4)
Kegiatan ini dapat dilakukan bersama
semua teman dari kelas paralel.
2.
Bentuk Instrumen Penilaian
a.
Jurnal
Penilaian Sikap
No. |
Tanggal |
Nama Siswa |
Catatan Perilaku |
Butir Sikap |
Tindak Lanjut |
1. |
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
4. |
|
|
|
|
|
5. |
|
|
|
|
|
b.
Rubrik
PenilaianDiskusi
Saat siswa melakukan diskusi, guru menilai mereka menggunakan rubrik.
Kriteria |
Baik Sekali (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan |
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Mendengarkan teman yang berbicara, namun sesekali masih
perlu diingatkan. |
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang
berbicara. |
Sering diingatkan untuk mendengar-kan teman yang sedang
berbicara namun tidak mengindahkan. |
Komunikasi nonverbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur,
ekspresi wajah, suara) |
Merespon dan menerapkan komunikasi nonverbal dengan tepat. |
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman. |
Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi
nonverbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi
nonverbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran) |
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin teman lainnya saat diskusi. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, namun terkadang merespon kurang sesuai dengan
topik. |
Jarang berbicara Selama proses diskusi berlangsung. |
Penilaian (penskoran):
c.
Rubrik Penilaian Bahasa Indonesia
Tugas siswa
menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari setiap paragraf dinilai
menggunakan rubrik.
Kriteria |
Baik Sekali (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Gagasan pokok |
Menemukan gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar. |
Menemukan sebagian besar gagasan pokok pada semua paragraf
dengan benar. |
Menemukan sebagian kecil gagasan pokok pada semua paragraf
dengan benar. |
Belum dapat menemukan gagasan pokok. |
Gagasan pendukung |
Menemukan gagasan
pendukung pada semua paragraf dengan benar. |
Menemukan sebagian besar gagasan pendukung pada semua paragraf dengan
benar. |
Menemukan sebagian kecil gagasan pendukung pada semua
paragraf dengan benar. |
Belum dapat menemukan gagasan pendukung. |
Penyajian gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran |
Menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran
dengan tepat. |
Menyajikan
sebagian besar gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan
tepat. |
Menyajikan
sebagian kecil gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan
tepat. |
Belum
dapat menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran. |
Sikap: Mandiri |
Tugas diselesai-kan dengan mandiri. |
Sebagian besar tugas diselesai-kan dengan mandiri. |
Tugas diselesai-kan dengan motivasi dan bimbingan guru. |
Belum dapat menyelesaikan tugas meski telah diberikan motivasi dan
bimbingan. |
Penilaian (penskoran):
d.
Rubrik Penilaian IPS
Tugas
siswa menemukan dan menuliskan informasi tentang keragaman makanan tradisional,
serta mengomunikasikannya dinilai menggunakan rubrik.
Kriteria |
Baik Sekali (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Informasi tentang pengalaman
menghargai keragaman makanan tradisional |
Menuliskan informasi tentang pengalaman menghargai keragaman makanan tradisionaldengan sistematis. |
Menuliskan informasi tentang pengalaman menghargai keragaman makanan tradisionalcukup sistematis. |
Menuliskan informasi tentang pengalaman menghargai keragaman makanan tradisionalkurang sistematis. |
Belum mampu menuliskan informasi tentang pengalaman menghargai keragaman makanan tradisional dengan
sistematis. |
Komunikasi lisan tentang pengalaman menghargai keragaman makanan tradisional |
Mengomunikasikan secara lisan tentang pengalaman menghargai keragaman makanan tradisional
dengan sistematis. |
Mengomunikasikan secara lisan tentang pengalaman menghargai keragaman makanan tradisionalcukup sistematis. |
Mengomunikasikan secara lisan
tentang pengalaman menghargai
keragaman makanan tradisionalkurang sistematis. |
Belum mampu mengomunikasikan secara lisan tentang pengalaman
menghargai keragaman makanan tradisional dengan sistematis. |
Sikap kerja sama |
Menunjukkan sikap kerja sama dengan semua teman secara
konsisten. |
Menunjukkan
sikap kerja sama dengan semua teman, namun belum konsisten. |
Menunjukkan
sikap kerja sama hanya dengan beberapa teman. |
Perlu
dimotivasi untuk dapat bekerja sama. |
Sikap menghargai makanan tradisional |
Mau mencoba makanan tradisional dan menunjukkan sikap bangga
dengan keragaman budaya Indonesia. |
Mau mencoba makanan tradisional dan tampak cukup bangga
dengan keragaman budaya Indonesia. |
Dimotivasi untuk mau mencoba makanan tradisional Indonesia. |
Belum mau mencoba makanan tradisional Indonesia. |
Penilaian (penskoran):
e.
Rubrik Penilaian IPA
1)
Tugas siswa menjelaskan dan menyajikan laporan hasil percobaan
tentang sifat bunyi memantul dan menyerap dinilai menggunakan rubrik.
Kriteria |
Baik Sekali (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Sifat bunyi memantul dan menyerap |
Menjelaskan sifat bunyi memantul dan menyerap berdasarkan hasil percobaan
dengan lengkap. |
Menjelaskan sifat bunyi memantul dan menyerap berdasarkan
hasil percobaan dengan cukup lengkap. |
Menjelaskan sifat bunyi memantul dan menyerap berdasarkan
hasil percobaan kurang lengkap. |
Belum mampu menjelaskan sifat bunyi memantul dan menyerap
berdasarkan hasil percobaan. |
Laporan percobaan tentang sifat bunyi memantul dan menyerap |
Menyajikan laporan percobaan tentang sifat bunyi
memantul dan menyerap dengan sistematis. |
Menyajikan laporan percobaan tentang sifat bunyi memantul dan menyerap
dengan cukup sistematis. |
Menyajikan laporan percobaan tentang
sifat bunyi memantul dan menyerap kurang sistematis. |
Belum mampu menyajikan laporan
percobaan tentang sifat bunyi memantul dan menyerap dengan sistematis. |
Sikap rasa ingin tahu dan berpikir kritis |
Tampak antusias dan mengajukan banyak ide dan pertanyaan
selama kegiatan. |
Tampak
cukup antusias dan terkadang mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan. |
Tampak
kurang antusias dan tidak mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan. |
Tidak
tampak antusias dan perlu dimotivasi untuk mengajukan ide dan pertanyaan. |
Penilaian (penskoran):
2)
Percobaan IPA dinilai menggunakan rubrik.
Kriteria |
Baik Sekali (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Penerapan konsep |
Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti
pendukung dan menyampai-kan pemahaman inti dari konsep yang sedang dipelajari
dengan benar. |
Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti
pendukung namun perlu bantuan saat menyampaikan pemahaman inti dari konsep
yang sedang dipelajari. |
Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti
yang terbatas dan penyampaian pemahaman inti dari konsep tidak jelas. |
Perlu bimbingan saat menyampaikan bukti dan pemahaman inti
dari konsep yang sedang dipelajari. |
Komunikasi |
Hasil percobaan
disampaikan dengan jelas, obyektif dengan didukung data penunjang. |
Hasil percobaan disampaikan dengan jelas dan didukung sebagian data
penunjang. |
Hasil percobaan disampaikan dengan
jelas namun hanya didukung sebagian kecil data penunjang. |
Hasil percobaan disampaikan dengan
kurang jelas dan tanpa data penunjang. |
Prosedur dan strategi |
Seluruh data dicatat, langkah kegiatan dilaku-kan secara
sistematis dan strategi yang digunakan membuat percobaan berhasil. |
Seluruh
data dicatat, langkah kegiatan dilaku-kan secara sistematis namun masih
membutuh-kan bimbingan dalam menemu-kan strategi agar percobaan berhasil. |
Sebagian
besar data dicatat, langkah kegiatan dan strategi dilakukan secara sistematis
setelah mendapat bantuan guru. |
Sebagian
kecil data dicatat, langkah kegiatan tidak sistematis dan strategi yang
dipilih tidak tepat. |
Penilaian (penskoran):
Refleksi Guru: |
Mengetahui, Kepala SDN SUKAHURIP 02 .................................................... NIP.
............................................ |
..............., ..................20... Guru Kelas II NIP.
........................................3 2 007 |
Comments