RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema : Ayo, Selamatkan Hewan dan Tumbuhan (Sub Tema 3) Muatan Terpadu : PPkN, SBdP Pembelajaran ke : 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020


Satuan Pendidikan       : SDN SUKAHURIP 02

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1)

Sub Tema                   : Ayo, Selamatkan Hewan dan Tumbuhan (Sub Tema 3)

Muatan Terpadu            :  PPkN, SBdP

Pembelajaran ke        :  4

Alokasi waktu             :  1 hari

 

A.    TUJUAN

1.     Setelah membaca kesimpulan dari teks laporan hasil pengamatan, siswa mampumenyebutkan pokok-pokok penting dengan tepat.

2.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menilai kesimpulan teman dari teks yang dibaca dengan rinci.

3.     Setelah membaca komik tentang penerapan sila Pancasila, siswa mampu menemukan contoh pelaksanaan sila Pancasila terkait peduli tumbuhan/hewan.

4.     Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat komik terkait tentang peduli tumbuhan/hewan.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Ayo Berdiskusi

·         Siswa memulai kegiatan dengan membaca komik tentang peduli hewan/tumbuhan.  Siswa kemudian menuliskan pendapatnya.

·         Guru mendiskusikan jawaban siswa secara klasikal. Guru meminta salah seorang dari siswa untuk mempresentasikan hasilnya. Siswa lain bisa memberikan komentar atau mempertanyakan isi dari yang dipresentasikan.

 

·         Secara individu siswa harus menemukan contoh pengamalan sila Pancasila terkait menyayangi tumbuhan/hewan dalam bentuk komik.

·         Guru dan siswa berdiskusi tentang komik.

(Critical Thinking and Problem Formulation)

·         Siswa kemudian membuat cerita dan memikirkan gambar serta percakapan yang dibutuhkan untuk komiknya.

 

Ayo Menulis

·         Pada kesempatan ini, guru menyampaikan informasi kepada siswa bahwa mereka akan menilai kesimpulan teman.

·         Siswa membaca teks dalam hati. Guru memberi dua menit kepada siswa.

·         Siswa kemudian membuat kesimpulan dan menukarkannya dengan teman sebelah. 

·         Siswa menilai kesimpulan teman. Setelah itu mereka saling mendiskusikan penilaian. Guru memberikan arahan kepada yang membutuhkan.

·         Kesimpulan dan komentar terhadap hasil kesimpulan teman disampaikan kepada guru. (Critical Thinking and Problem Formulation, Creativity and Innovation)

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

1.     Bahasa Indonesia

Penilaian produk dinilai dengan daftar periksa.

 

Indikator Penilaian

Ada dan Benar

Tidak Benar

Menyebutkan ide pokok untuk setiap paragraf dengan benar

 

 

Tulisan memuat seluruh ide pokok

 

 

Tulisan memuat fakta bukan opini

 

 

Sebagian besar tulisan menggunakan kosakata baku

 

 

 

2.     PPKn

Produk belum bisa dinilai karena belum selesai. Rubrik dapat diberitahukan kepada siswa saat akan membuat komik.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Konsep sila

Pancasila

Komik memuat

konsep

penerapan

sila Pancasila 

terkait

pelestarian

hewan/

tumbuhan.

Komik memuat

konsep

penerapan

sila Pancasila 

terkait

pelestarian

hewan/

tumbuhan,

namun kurang

tepat.

Komik memua

konsep

penerapan

sila Pancasila,

namun

tidak terkait

pelestarian

hewan/

tumbuhan.

Komik tidak

memuat

konsep

penerapan

sila Pancasila

terkait

pelestarian

hewan/

tumbuhan.

Konsep

pelestarian

Pelestarian

hewan/

tumbuhan

diceritakan

melalui contoh

dengan benar

seluruhnya.

Pelestarian

hewan/

tumbuhan

diceritakan

melalui contoh

namun hanya

sebagian besar

saja.

Pelestarian

hewan/

tumbuhan

diceritakan

melalui contoh,

namun hanya

sebagian kecil

saja.

Pelestarian

hewan/

tumbuhan

diceritakan

melalui

contoh,

namun tidak

berhubungan.

Gambar

Gambar dan

pesan memiliki

kesesuaian

yang sangat

kuat.

Gambar dan

pesan memiliki

kesesuaian

yang kuat.

Gambar dan

pesan memiliki

kesesuaian

yang tidak

kuat. 

Gambar dan

pesan tidak

memiliki

kesesuaian.

 

3.     Catatan anekdot untuk mencatat sikap  (tanggung jawab)

(Contoh terlampir di lampiran pada  Buku Guru).

 

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

·         Siswa yang belum memahami konsep hitung campuran dapat dibimbing oleh guru. Pertama, guru harus memastikan bahwa siswa memahami soal cerita yang ada. Kemudian dibimbing untuk memahami konsep urutan operasi bilangannya.

·         Kegiatan dapat dilakukan untuk beberapa siswa sekaligus.

2.     Pengayaan

Setiap siswa membuat soal hitung campuran dan meletakkannya di pojok kelas. Setiap pagi siswa dapat memilih soal tersebut dan mengerjakannya.

 

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.     Lingkungan sekitar

4.     kertas HVS dan alat tulis

5.     Contoh komik singkat

 

 

 

 

Comments