RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema : Ayo, Selamatkan Hewan dan Tumbuhan (Sub Tema 3) Muatan Terpadu : PPkN, SBdP Pembelajaran ke : 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester :
6 /1
Tema : Selamatkan Makhluk
Hidup (Tema 1)
Sub Tema : Ayo, Selamatkan Hewan dan
Tumbuhan (Sub Tema 3)
Muatan Terpadu : PPkN, SBdP
Pembelajaran ke :
4
Alokasi waktu :
1 hari
A.
TUJUAN
1. Setelah membaca kesimpulan dari teks laporan hasil
pengamatan, siswa mampumenyebutkan pokok-pokok penting dengan tepat.
2. Setelah berdiskusi, siswa mampu menilai kesimpulan
teman dari teks yang dibaca dengan rinci.
3. Setelah membaca komik tentang penerapan sila
Pancasila, siswa mampu menemukan contoh pelaksanaan sila Pancasila terkait peduli
tumbuhan/hewan.
4. Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat komik
terkait tentang peduli tumbuhan/hewan.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran Ayo Berdiskusi ·
Siswa memulai kegiatan
dengan membaca komik tentang peduli hewan/tumbuhan. Siswa kemudian menuliskan pendapatnya. ·
Guru mendiskusikan
jawaban siswa secara klasikal. Guru meminta salah seorang dari siswa untuk
mempresentasikan hasilnya. Siswa lain bisa memberikan komentar atau
mempertanyakan isi dari yang dipresentasikan. ·
Secara individu siswa
harus menemukan contoh pengamalan sila Pancasila terkait menyayangi
tumbuhan/hewan dalam bentuk komik. ·
Guru dan siswa
berdiskusi tentang komik. (Critical Thinking and Problem Formulation) ·
Siswa kemudian membuat
cerita dan memikirkan gambar serta percakapan yang dibutuhkan untuk komiknya. Ayo Menulis ·
Pada kesempatan ini,
guru menyampaikan informasi kepada siswa bahwa mereka akan menilai kesimpulan
teman. ·
Siswa membaca teks
dalam hati. Guru memberi dua menit kepada siswa. ·
Siswa kemudian membuat
kesimpulan dan menukarkannya dengan teman sebelah. ·
Siswa menilai kesimpulan
teman. Setelah itu mereka saling mendiskusikan penilaian. Guru memberikan
arahan kepada yang membutuhkan. ·
Kesimpulan dan
komentar terhadap hasil kesimpulan teman disampaikan kepada guru. (Critical
Thinking and Problem Formulation, Creativity and Innovation) |
140
menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
A.
Kerja Sama dengan Orang Tua Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai
warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15
menit |
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil
pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi
peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan
kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap
materi ini dapat dilakukan sesuai
kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1. Bahasa Indonesia
Penilaian produk dinilai dengan daftar
periksa.
Indikator
Penilaian |
Ada
dan Benar |
Tidak
Benar |
Menyebutkan
ide pokok untuk setiap paragraf dengan benar |
|
|
Tulisan
memuat seluruh ide pokok |
|
|
Tulisan
memuat fakta bukan opini |
|
|
Sebagian
besar tulisan menggunakan kosakata baku |
|
|
2. PPKn
Produk belum bisa dinilai karena belum
selesai. Rubrik dapat diberitahukan kepada siswa saat akan membuat komik.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Konsep sila Pancasila |
Komik memuat konsep penerapan sila Pancasila terkait pelestarian hewan/ tumbuhan. |
Komik memuat konsep penerapan sila Pancasila terkait pelestarian hewan/ tumbuhan, namun kurang tepat. |
Komik memua konsep penerapan sila Pancasila, namun tidak terkait pelestarian hewan/ tumbuhan. |
Komik tidak memuat konsep penerapan sila Pancasila terkait pelestarian hewan/ tumbuhan. |
Konsep pelestarian |
Pelestarian hewan/ tumbuhan diceritakan melalui contoh dengan benar seluruhnya. |
Pelestarian hewan/ tumbuhan diceritakan melalui contoh namun hanya sebagian besar saja. |
Pelestarian hewan/ tumbuhan diceritakan melalui contoh, namun hanya sebagian kecil saja. |
Pelestarian hewan/ tumbuhan diceritakan melalui contoh, namun tidak berhubungan. |
Gambar |
Gambar dan pesan memiliki kesesuaian yang sangat kuat. |
Gambar dan pesan memiliki kesesuaian yang kuat. |
Gambar dan pesan memiliki kesesuaian yang tidak kuat. |
Gambar dan pesan tidak memiliki kesesuaian. |
3. Catatan anekdot untuk
mencatat sikap (tanggung jawab)
(Contoh terlampir di lampiran pada Buku Guru).
C. Remedial dan Pengayaan
1.
Remedial
·
Siswa yang belum memahami konsep hitung campuran
dapat dibimbing oleh guru. Pertama, guru harus memastikan bahwa siswa memahami
soal cerita yang ada. Kemudian dibimbing untuk memahami konsep urutan operasi
bilangannya.
·
Kegiatan dapat dilakukan untuk beberapa siswa
sekaligus.
2. Pengayaan
Setiap siswa membuat soal hitung campuran dan meletakkannya di pojok
kelas. Setiap pagi siswa dapat memilih soal tersebut dan mengerjakannya.
D. SUMBER DAN MEDIA
1.
Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6
dan Buku Siswa Tema 1
Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
2.
Media
Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3.
Lingkungan
sekitar
4.
kertas
HVS
dan alat tulis
5.
Contoh
komik singkat
Comments