RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2018 Kelas / Semester : 5 /1 Tema : Organ Gerak Hewan Dan Manusia(Tema 1) Sub Tema : Organ Gerak Hewan (Sub Tema 1) Pembelajaran ke : 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2018
Satuan Pendidikan : SD/MI SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : 5 /1
Tema : Organ Gerak Hewan Dan
Manusia(Tema 1)
Sub Tema : Organ Gerak Hewan (Sub
Tema 1)
Pembelajaran ke :
1
Alokasi waktu : 1 Hari
A. TUJUAN
- Dengan membaca teks tentang organ gerak hewan dan manusia, siswa dapat menyebutkan alat gerak hewan dan manusia
secara benar.
- Dengan kegiatan membaca, siswa dapat menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan secara tepat.
- Dengan menulis, siswa dapat mengembangkan ide pokok menjadi sebuah
paragraf secara runtut.
- Dengan berdiskusi, siswa dapat menebutkan pengertian, fungsi, dan cara
menentukan ide pokok bacaan secara percaya diri.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pembukaan |
|
15 menit |
Inti |
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran ·
Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara
klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang
merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari. ·
Siswa mengamati gambar
dan percakapan tentang organ gerak hewan dan manusia. ·
Biarkan siswa
mengamati dan menganalisa gambar dan percakapan secara cermat. ·
selesai membaca, siswa mencari dan menentukan ide pokok tiap paragraf dari bacaan yang telah dibacanya. . A. Ayo Menulis ·
Pada kegiatan: Ayo Menulis, secara mandiri siswa
mencoba membuat paragraf berdasarkan ide pokok yang telah ditentukan. B.
Ayo Berdiskusi ·
Siswa membentuk
kelompok untuk berdiskusi tentang pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide
pokok bacaan. · Pada kegiatan Ayo Berdiskusi, secara mandiri siswa membuat kesimpulan hasil
diskusi. · Cara membuat kesimpulan dengan mencatat dan memerhatikan semua pendapat
yang disampaikan dalam diskusi kemudian membandingkan pendapat tersebut. · Setelah membandingkan, carilah pendapat yang banyak didukung oleh peserta
diskusi dan yang dirasa mendekati kebenaran. · Siswa meminta penguatan kepada guru mengenai kesimpulan yang telah
diambil. · Siswa diberikan kesempatan untuk bertaya dan memberikan tanggapan. Hasil yang diharapkan -
Siswa memahami konsep
dan memiliki ketrampilan untuk menyimpulkan suatu kejadian atau peristiwa. -
Kemandirian dalam
mengerjakan tugas serta kepekaan dan berpikir kritis. Hasil yang diharapkan -
Kemandirian dan
ketekunan dalam mengerjakan tugas. -
Siswa mengisi tabel
mengenai kompetensi yang sudah dipelajari, berkaitan dengan organ gerak
manusia dan hewan. Catatan : ·
Kegiatan ini merupakan
media untuk mengukur seberapa banyak materi yang sudah dipelajari dan
dipahami siswa. ·
Pada ativitas ini
lebih ditekankan pada sikap siswa setelah mempelajari materi. ·
Sebagai tindaklanjut
dari kegiatan ini, guru dapat memberikan REMEDIAL dan PENGAYAAN sesuai dengan
tingkat pencapaian masing-masing siswa. Hasil yang diharapkan -
Siswa meningkatkan
kegiatan belajarnya sesuai dengan tingkat pencapaian yang dicapainya. C. Keja Sama Dengan Orang Tua ·
Dengan bantuan orang
tuanya, siswa mengamati hewan-hewan yang ada di sekitar tempat tinggalnya.
Siswa mengidentifikasi organ gerak hewan-hewan tersebut. Hasil yang diharapkan -
Mengetahui organ gerak
hewan. -
Menambah rasa ingin
tahu. -
Kerja sama. -
Keterampilan mengumpulkan
dan mengolah data atau informasi melalui kegiatan pengamatan. |
140 menit |
|
||
Penutup |
1. Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini 2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan 3. Siswa diberikan kesempatan
berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya 4.
Menyanyikan salah satu
lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi. 5.
Salam dan do’a penutup
di pimpin oleh salah satu siswa. |
15 menit |
C.
PENILAIAN
(ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, .......................................... NIP.
.................... |
.........., Juli .... Guru Kelas 5 ................................... NIP. .................... |
Comments