RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Tokoh dan Penemuan (Tema 3) Sub Tema : Ayo, Menjadi Penemu (Sub Tema 3) Muatan Terpadu : PPkN, Bahasa Indonesia Pembelajaran ke : 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020



Satuan Pendidikan       : SD/MI

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            : Tokoh dan Penemuan (Tema 3)

Sub Tema                   : Ayo, Menjadi Penemu (Sub Tema 3)

Muatan Terpadu            :  PPkN, Bahasa Indonesia

Pembelajaran ke        :  4

Alokasi waktu             :  1 hari

 

A.    TUJUAN

1.     Setelah membaca teks, siswa mampu mengidentifikasi kalimat efektif dan kosakata baku dengan benar.

2.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menulis informasi penting dari teks eksplanasi yang dibaca tentang penemuan dan manfaatnya dengan menggunakan kalimat efektif dan kosakata baku dengan benar.

3.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menyebutkan contoh-contoh tindakanyang menunjukkan tanggung jawab atas hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

4.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menceritakan pengalaman diri bertanggung jawab atas hak dan kewajiban dengan terperinci.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Ayo Berlatih

·         Siswa membaca teks tentang “Rambu Lalu Lintas” dengan membaca dalam hati. Siswa mengidentifikasi kata-kata non baku dan kalimat tidak efektif pada teks yang dibacanya. Siswa menuliskan pada tabel yang ada di buku siswa. (Mandiri)

·         Siswa duduk secara berkelompok. Satu kelompok terdiri dari 5 siswa. Dengan kelompoknya siswa mencocokkan apakah hasil temuan mereka sama.(Collaburation)

·         Siswa secara berkelompok mencari informasi dari kamus atau melakukan wawancara untuk menemukan kosakata baku.

·         Siswa juga mengubah kalimat tidak efektif menjadi kalimat efektif. (Critical Thinking and Problem Formulation)

·         Siswa menyampaikan hasil diskusi kelompoknya kepada kelompok lain.Perwakilan siswa akan mempresentasikan kepada kelompok lain. Guru memberikan aba-aba tepuk tangan. Siswa berputar searah jarum jam.

·         Siswa diminta menceritakan kembali isi teks tersebut dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif. Siswa menuliskan di kertas terpisah.

·         Guru berkeliling untuk melihat siswa mengerjakan tugasnya. Guru memastikan bahwa siswa mengerjakan tugas yang diberikan dengan tertib.

·         Di akhir kegiatan, siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku siswa. (Mandiri)

·         Guru menguatkan siswa bahwa dalam suasana formal kita harus menggunakan kosakata baku.

Ayo Berdiskusi

·         Siswa menuliskan pertanyaan tentang lampu lalu lintas terkait dengan tanggung jawab melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga negara.

·         Siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan kelompok-nya, siswa dapat mencari informasi dari berbagai sumber untuk menemukan jawabannya.

(Critical Thinking and Problem Formulation)

·         Guru menguatkan bahwa

·         Siswa mendiskusikan contoh sikap warga yang sudah menunaikan kewajiban sebagai warga yang baik di jalan raya. Berikan pula contoh pengguna jalan yang tidak melaksanakan kewajibannya. Siswa menuliskan hasil diskusinya pada tabel yang ada di buku siswa.

 

Ayo Mengamati

·         Siswa mengamati rambu-rambu lalu lintas.

·         Siswa mendiskusikan pertanyaan yang ada di BUKU (HOTS)

·         Siswa mempresentasikan pekerjaannya di depan kelas.

·         Siswa akan menceritakan pelaksanaan hak dan kewajiban dengan tanggung jawab saat di jalan raya.

·         Hal-hal yang perlu siswa tulis adalah:

1.     Contoh hak yang sudah siswa dapatkan.

2.     Contoh kewajiban yang sudah siswa laksanakan.

3.     Penilaian siswa mengenai hak dan kewajiban tersebut. Apakah hak yang siswa dapatkan sudah seimbang dengan kewajiban yang siswa laksanakan?

4.     Manfaat dari melaksanakan hak dan kewajiban secara tanggung jawab.

5.     Hal-hal yang masih perlu siswa perbaiki dalam melaksanakan hak dankewajiban dengan tanggung jawab.

6.     Apa yang dapat siswa perbaiki dari diri siswa di masa yang akan datang?

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

1.     Bahasa Indonesia: menceritakan kembali dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Isi teks

eksplanasi

Pernyataan

Umum

Menuliskan

topik utama

bacaan

dengan tepat

Menuliskan topik

utama bacaan

dengan cukup 

tepat

Menuliskan topik

utama bacaan

dengan kurang 

tepat

Belum mampu

menuliskan topik

utama bacaan

dengan tepat

Penjelasan

Menuliskan

fakta yang

mendukung

topik bacaan

dengan

lengkap dan

berurutan

Menuliskan

fakta yang

mendukung

topik bacaan

dengan cukup

lengkap dan

cukup  berurutan

Menuliskan fakta

yang mendukung

topik bacaan

dengan kurang

lengkap dan 

kurang berurutan

Belum mampu

menuliskan fakta

yang mendukung

topik bacaan

dengan lengkap

dan berurutan

Kesimpulan

Umum

Menuliskan

kesimpulan

umum dan

pendapat

penulis

dengan tepat

Menuliskan

kesimpulan

umum dan

pendapat

penulis dengan

cukup  tepat

Menuliskan

kesimpulan

umum dan

pendapat penulis

dengan kurang

tepat

Belum mampu

menuliskan

kesimpulan umum

dan pendapat

penulis dengan

tepat

Penyajian tulisan

Tulisan  rapi

dan sistematis

Tulisan  cukup

rapi dan

sistematis

Tulisan  kurang 

rapi dan kurang 

sistematis

Belum mampu

menyajikan tulisan

dengan rapi dan

sistematis

Kalimat efektif

Seluruh kalimat

ditulis dengan

menggunakan

kalimat efektif.

Sebagian

besar kalimat

ditulis dengan

menggunakan

kalimat efektif.

Sebagian kalimat

ditulis dengan

menggunakan

kalimat efektif.

Sebagian

kecil kalimat

ditulis dengan

menggunakan

kalimat efektif.

Kosakata baku

Seluruh Kosakata baku Seluruh

Sebagian Kosakata baku Seluruh

Sebagian Kosakata baku Seluruh

Sebagian Kosakata baku Seluruh

Sikap Kemandirian

Tugas

diselesaikan

dengan

mandiri

Sebagian

besar tugas 

diselesaikan

dengan mandiri

Tugas

diselesaikan

dengan motivasi

dan bimbingan

guru

Belum dapat 

menyelesaikan

tugas meski telah

diberikan motivasi

dan bimbingan

 

2.     PPKn: Menceritakan pengalaman diri melaksanakan hak dan kewajiban secara bertanggung jawab.

Kriteria

1

2

3

4

Menuliskan contoh hak yang sudah didapatkan

 

 

 

 

Menuliskan contoh kewajiban yang sudah dilaksanakan

 

 

 

 

Menjelaskan apakah hak yang didapatkan sudah seimbang dengan kewajiban yang dilaksanakan dengan terperinci

 

 

 

 

Menjelaskan 3 manfaat melaksanakan hak dan

kewajiban secara tanggung jawab dengan benar

 

 

 

 

Menjelaskan hal­hal yang masih perlu diperbaiki dari diri ketika  melaksanakan hak dan kewajiban dengan tanggung jawab dan terperinci

 

 

 

 

Menuliskan rencana perbaikan diri dengan terperinci

 

 

 

 

 

3.     Diskusi saat mendiskusikan kewajiban di jalan raya.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Mendengarkan

 

Selalu

mendengarkan teman yang

sedang berbicara.

 

Mendengarkan

teman yang

berbicara, namun

sesekali masih

perlu diingatkan.

 

Masih perlu

diingatkan untuk

mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Sering

diingatkan untuk

mendengarkan teman yang

sedang berbicara,

namun tidak

mengindahkan.

 

Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur,ekspresi wajah, suara).

 

Merespon dan

menerapkan

komunikasi non verbal dengan tepat.

Merespon dengan

tepat terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Sering merespon

kurang tepat

terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Membutuhkan bantuan dalam

memahami

bentuk

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Partisipasi

(menyampaikan ide,perasaan,

pikiran)

Isi pembicaraan

menginspirasi

teman. Selalu

mendukung

dan memimpin

lainnya saat

diskusi.

Berbicara dan

menerangkan

secara rinci,

merespon sesuai

dengan topik.

Berbicara dan

menerangkan secara rinci,

namun terkadang

merespon kurang

sesuai dengan

topik.

Jarang berbicara

selama

proses diksusi

berlangsung.

 

4.     Catatan singkat untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab)

(Contoh terlampir di bagian lampiran Buku Guru).

 

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

Siswa yang belum paham  tentang pelajaran hari ini  dapat mengulang kegiatan bersama guru. Kegiatan dapat dilakukan seusai jam belajar. Kegiatan dilakukan sekitar 30 menit–60 menit. Kegiatan dapat dilakukan untuk beberapa siswa sekaligus.

 

2.     Pengayaan

Siswa dapat mengerjakan soal-soal yang tingkat kesulitannya lebih tinggi.

 

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.     Lingkungan sekitar

4.     kertas HVS dan alat tulis

5.     kertas bekas

 

 

E.    MATERI

  1. Teks eksplanasi tentang penemuan dan manfaatnya.
  2.  Kalimat efektif dan kosakata baku.
  3. Tindakan yang menunjukkan hak dan kewajiban warga asyarakat.
  4.  

 

F.    PENDEKATAN & METODE

       Pendekatan            : Scientific

Strategi                  : Cooperative Learning

Teknik                    : Example Non Example

Metode                  : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

 

 

Comments