RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Tokoh dan Penemuan (Tema 3) Sub Tema : Ayo, Menjadi Penemu (Sub Tema 3) Muatan Terpadu : PPkN, Bahasa Indonesia Pembelajaran ke : 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 6 /1
Tema : Tokoh dan Penemuan (Tema 3)
Sub Tema : Ayo,
Menjadi Penemu (Sub Tema 3)
Muatan Terpadu : PPkN, Bahasa Indonesia
Pembelajaran ke
: 4
Alokasi waktu
: 1 hari
A. TUJUAN
1. Setelah membaca teks, siswa mampu mengidentifikasi
kalimat efektif dan kosakata baku dengan benar.
2. Setelah berdiskusi, siswa mampu menulis informasi
penting dari teks eksplanasi yang dibaca tentang penemuan dan manfaatnya dengan
menggunakan kalimat efektif dan kosakata baku dengan benar.
3. Setelah berdiskusi, siswa mampu menyebutkan
contoh-contoh tindakanyang menunjukkan tanggung jawab atas hak dan kewajiban
dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
4. Setelah berdiskusi, siswa mampu menceritakan
pengalaman diri bertanggung jawab atas hak dan kewajiban dengan terperinci.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
|
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran Ayo Berlatih ·
Siswa membaca teks
tentang “Rambu Lalu Lintas” dengan membaca dalam hati. Siswa mengidentifikasi
kata-kata non baku dan kalimat tidak efektif pada teks yang dibacanya. Siswa
menuliskan pada tabel yang ada di buku siswa. (Mandiri) ·
Siswa duduk secara
berkelompok. Satu kelompok terdiri dari 5 siswa. Dengan kelompoknya siswa
mencocokkan apakah hasil temuan mereka sama.(Collaburation) ·
Siswa secara
berkelompok mencari informasi dari kamus atau melakukan wawancara untuk
menemukan kosakata baku. ·
Siswa juga mengubah
kalimat tidak efektif menjadi kalimat efektif. (Critical Thinking and Problem
Formulation) ·
Siswa menyampaikan
hasil diskusi kelompoknya kepada kelompok lain.Perwakilan siswa akan
mempresentasikan kepada kelompok lain. Guru memberikan aba-aba tepuk tangan.
Siswa berputar searah jarum jam. ·
Siswa diminta
menceritakan kembali isi teks tersebut dengan menggunakan kosakata baku dan
kalimat efektif. Siswa menuliskan di kertas terpisah. ·
Guru berkeliling untuk
melihat siswa mengerjakan tugasnya. Guru memastikan bahwa siswa mengerjakan
tugas yang diberikan dengan tertib. ·
Di akhir kegiatan,
siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku siswa. (Mandiri) ·
Guru menguatkan siswa
bahwa dalam suasana formal kita harus menggunakan kosakata baku. Ayo Berdiskusi ·
Siswa menuliskan
pertanyaan tentang lampu lalu lintas terkait dengan tanggung jawab
melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga negara. ·
Siswa mendiskusikan
pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan kelompok-nya, siswa dapat mencari
informasi dari berbagai sumber untuk menemukan jawabannya. (Critical Thinking and Problem Formulation) ·
Guru menguatkan bahwa ·
Siswa mendiskusikan
contoh sikap warga yang sudah menunaikan kewajiban sebagai warga yang baik di
jalan raya. Berikan pula contoh pengguna jalan yang tidak melaksanakan
kewajibannya. Siswa menuliskan hasil diskusinya pada tabel yang ada di buku
siswa. Ayo Mengamati ·
Siswa mengamati
rambu-rambu lalu lintas. ·
Siswa mendiskusikan
pertanyaan yang ada di BUKU (HOTS) ·
Siswa mempresentasikan
pekerjaannya di depan kelas. ·
Siswa akan
menceritakan pelaksanaan hak dan kewajiban dengan tanggung jawab saat di
jalan raya. ·
Hal-hal yang perlu
siswa tulis adalah: 1. Contoh hak yang sudah siswa dapatkan. 2. Contoh kewajiban yang sudah siswa laksanakan. 3. Penilaian siswa mengenai hak dan kewajiban tersebut. Apakah hak yang
siswa dapatkan sudah seimbang dengan kewajiban yang siswa laksanakan? 4. Manfaat dari melaksanakan hak dan kewajiban secara tanggung jawab. 5. Hal-hal yang masih perlu siswa perbaiki dalam melaksanakan hak
dankewajiban dengan tanggung jawab. 6. Apa yang dapat siswa perbaiki dari diri siswa di masa yang akan datang? |
140 menit |
|
|
|||
Kegiatan Penutup |
A. Kerja Sama dengan
Orang Tua Siswa bersama kedua
orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di
lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15 menit |
|
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru
untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian
digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
1. Bahasa Indonesia:
menceritakan kembali dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
|
Isi teks eksplanasi |
Pernyataan Umum |
Menuliskan topik utama bacaan dengan tepat |
Menuliskan topik utama bacaan dengan cukup
tepat |
Menuliskan topik utama bacaan dengan kurang
tepat |
Belum mampu menuliskan topik utama bacaan dengan tepat |
Penjelasan |
Menuliskan fakta yang mendukung topik bacaan dengan lengkap dan berurutan |
Menuliskan fakta yang mendukung topik bacaan dengan cukup lengkap dan cukup
berurutan |
Menuliskan fakta yang mendukung topik bacaan dengan kurang lengkap dan
kurang berurutan |
Belum mampu menuliskan fakta yang mendukung topik bacaan dengan lengkap dan berurutan |
|
Kesimpulan Umum |
Menuliskan kesimpulan umum dan pendapat penulis dengan tepat |
Menuliskan kesimpulan umum dan pendapat penulis dengan cukup
tepat |
Menuliskan kesimpulan umum dan pendapat penulis dengan kurang tepat |
Belum mampu menuliskan kesimpulan umum dan pendapat penulis dengan tepat |
|
Penyajian tulisan |
Tulisan
rapi dan sistematis |
Tulisan
cukup rapi dan sistematis |
Tulisan
kurang rapi dan kurang
sistematis |
Belum mampu menyajikan tulisan dengan rapi dan sistematis |
|
Kalimat efektif |
Seluruh kalimat ditulis dengan menggunakan kalimat efektif. |
Sebagian besar kalimat ditulis dengan menggunakan kalimat efektif. |
Sebagian kalimat ditulis dengan menggunakan kalimat efektif. |
Sebagian kecil kalimat ditulis dengan menggunakan kalimat efektif. |
|
Kosakata baku |
Seluruh Kosakata
baku Seluruh |
Sebagian Kosakata
baku Seluruh |
Sebagian Kosakata
baku Seluruh |
Sebagian Kosakata
baku Seluruh |
|
Sikap Kemandirian |
Tugas diselesaikan dengan mandiri |
Sebagian besar tugas
diselesaikan dengan mandiri |
Tugas diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru |
Belum dapat
menyelesaikan tugas meski telah diberikan motivasi dan bimbingan |
2.
PPKn: Menceritakan
pengalaman diri melaksanakan hak dan kewajiban secara bertanggung jawab.
Kriteria |
1 |
2 |
3 |
4 |
Menuliskan contoh hak
yang sudah didapatkan |
|
|
|
|
Menuliskan contoh
kewajiban yang sudah dilaksanakan |
|
|
|
|
Menjelaskan apakah hak yang didapatkan sudah seimbang
dengan kewajiban yang dilaksanakan dengan terperinci |
|
|
|
|
Menjelaskan 3 manfaat melaksanakan hak dan kewajiban secara
tanggung jawab dengan benar |
|
|
|
|
Menjelaskan halhal yang masih perlu diperbaiki dari diri
ketika melaksanakan hak dan kewajiban
dengan tanggung jawab dan terperinci |
|
|
|
|
Menuliskan rencana
perbaikan diri dengan terperinci |
|
|
|
|
3.
Diskusi saat
mendiskusikan kewajiban di jalan raya.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan |
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Mendengarkan teman yang berbicara, namun sesekali masih perlu diingatkan. |
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara, namun tidak mengindahkan. |
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa
tubuh, postur,ekspresi wajah, suara). |
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. |
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan ide,perasaan, pikiran) |
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. |
Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung. |
4.
Catatan singkat untuk
mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab)
(Contoh
terlampir di bagian lampiran Buku Guru).
C. Remedial dan Pengayaan
1. Remedial
Siswa yang belum paham tentang pelajaran hari ini dapat mengulang kegiatan bersama guru.
Kegiatan dapat dilakukan seusai jam belajar. Kegiatan dilakukan sekitar 30
menit–60 menit. Kegiatan dapat dilakukan untuk beberapa siswa sekaligus.
2. Pengayaan
Siswa dapat mengerjakan soal-soal
yang tingkat kesulitannya lebih tinggi.
D. SUMBER DAN MEDIA
1. Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
2.
Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3.
Lingkungan sekitar
4.
kertas HVS dan alat tulis
5.
kertas bekas
E. MATERI
- Teks eksplanasi tentang penemuan dan manfaatnya.
- Kalimat efektif dan kosakata
baku.
- Tindakan yang menunjukkan hak dan kewajiban warga asyarakat.
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
Comments