RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Persatuan dalam Perbedaan (Tema 2) Sub Tema : Rukun dalam Perbedaan (Sub Tema 1) Muatan Terpadu : PPkN, Bahasa Indonesia Pembelajaran ke : 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020



Satuan Pendidikan       : SD/MI

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Persatuan dalam Perbedaan (Tema 2)

Sub Tema                   : Rukun dalam Perbedaan (Sub Tema 1)

Muatan Terpadu            :  PPkN, Bahasa Indonesia

Pembelajaran ke        :  4

Alokasi waktu             :  1 hari

 

A.    TUJUAN

1.     Setelah membaca teks tentang peristiwa penting menjelang Proklamasi Kemerdekaan, siswa mampu menyebutkan informasi penting menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana pada peta pikiran dengan tepat.

2.     Setelah berdiskusi, siswa mampu mengembangkan informasi pada peta pikiran melalui tulisan dengan detail.

3.     Setelah mengamati gambar situasi, siswa mampu menemukan contoh pelaksanaan nilai persatuan dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

4.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menerapkan tiga kegiatan yang sesuai dengan nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Guru menunjukkan gambar Soekarno sedang membaca teks proklamasi dan mengajak siswa untuk bercurah pendapat.

‘Ceritakan tentang gambar yang sedang

kalian amati’!

Guru kemudian menyampaikan informasi kepada siswa bahwa hari ini mereka akan membaca teks tentang peristiwa penting menjelang Proklamasi Kemerdekaan.

Ayo Membaca

·         Siswa melanjutkan kegiatan dengan membaca teks dan mengisi peta pikiran.

·         Di dalam kelompoknya, siswa menyampaikan peta pikirannya. (Creativity and Innovation)

·         Guru meminta salah seorang siswa untuk membacakan peta pikirannya di depan kelas dan memberikan masukan. Siswa lain diberi kesempatan untuk berkomentar. Guru memberikan penguatan.

·         Setiap siswa kemudian mengembangkan peta pikirannya dan membacakannya di depan kelas.

·         Siswa melanjutkan kegiatan dengan membaca teks dan mengisi peta pikiran. (Mandiri)

·         Di dalam kelompoknya, siswa menyampaikan peta pikirannya

·         Guru meminta salah seorang siswa untuk membacakan peta pikirannya di depan kelas dan memberikan masukan. Siswa lain diberi kesempatan untuk berkomentar. Guru memberikan penguatan.

·         Setiap siswa kemudian mengembangkan peta pikirannya dan membacakannya di depan kelas. (Creativity and Innovation)

Ayo Berdiskusi

·         Siswa melanjutkan kegiatan dengan mengamati gambar dan menjawab pertanyaan dan mendiskusikannya dengan teman kelompoknya.

·         Guru mendiskusikan jawaban siswa secara klasikal. Guru meminta salah seorang dari siswa untuk mempresentasikan hasilnya. Siswa lain bisa memberikan komentar atau mempertanyakan isi dari yang dipresentasikan.

·         Guru menerangkan daftar periksa yang akan digunakan dalam penilaian.

·         Di akhir kegiatan, guru bersama siswa mendiskusikan kembali tentang pengamalan nilai persatuan dan kesatuan.

(Critical Thinking and Problem Formulation)

 

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

  1. Bahasa Indonesia

Tulisan siswa dinilai dengan menggunakan daftar periksa.

Indikator Penilaian

Ada

Tidak Ada

Menyebutkan informasi penting dengan unsur APA secara tepat

 

 

Menyebutkan informasi penting dengan unsur SIAPA secara tepat

 

 

Menyebutkan informasi penting dengan unsur DI MANA secara tepat

 

 

Menyebutkan informasi penting dengan unsur KAPAN secara tepat

 

 

Menyebutkan informasi penting dengan unsur MENGAPA secara tepat

 

 

Menyebutkan informasi penting dengan unsur BAGAIMANA secara tepat

 

 

 

 

2.     PPKn

Produk dinilai dengan daftar periksa setelah disosialisasikan

Indikator Penilaian

Ada

Tidak Ada

Memberikan 3 contoh perbedaan yang ada

 

 

Menuliskan kegiatan yang dilakukan

 

 

Memberikan 3 contoh sikap yang diterapkan

 

 

Menuliskan 3 manfaat dari persatuan dan kesatuan

 

 

 

3.     Catatan pengamatan sikap (Peduli)

(Contoh terlampir di lampiran pada Buku Guru).

 

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

·         Siswa yang belum memahami konsep hitung campur dapat dibimbing oleh guru. Pertama, guru harus memastikan bahwa siswa memahami soal cerita yang ada. Kemudian, dibimbing untuk memahami konsep urutanoperasi hitungnya.

·         Kegiatan dapat dilakukan untuk beberapa siswa sekaligus.

2.     Pengayaan

Guru dapat membuat kartu soal cerita sebanyak-banyaknya dan menyimpannya di pojok kelas. Siswa dapat memilih satu kartu dan menyelesaikan jawabannya. Jawaban dapat disampaikan kepada guru.  Siswa dapat memilih kartu setiap pagi.

 

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.     Lingkungan sekitar

4.     kertas HVS dan alat tulis

5.     Teks bacaan tentang peristiwa penting menjelang Proklamasi Kemerdekaan.

6.     Gambar terkait kerukunan dan persatuan.

 

 

E.    MATERI

  1. Teks bacaan tentang peristiwa penting menjelang Proklamasi Kemerdekaan.
  2. Nilai- nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari- hari.
  3. Langkah- langkah mengembangkan informasi pada peta pikiran.

 

F.    PENDEKATAN & METODE

       Pendekatan            : Scientific

Strategi                  : Cooperative Learning

Teknik                    : Example Non Example

Metode                  : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

 

 

 

 

 

Comments