RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Persatuan dalam Perbedaan (Tema 2) Sub Tema : Rukun dalam Perbedaan (Sub Tema 1) Muatan Terpadu : PPkN, Bahasa Indonesia Pembelajaran ke : 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester :
6 /1
Tema : Persatuan dalam
Perbedaan (Tema 2)
Sub Tema : Rukun dalam Perbedaan (Sub
Tema 1)
Muatan Terpadu : PPkN, Bahasa Indonesia
Pembelajaran ke :
4
Alokasi waktu :
1 hari
A.
TUJUAN
1.
Setelah membaca teks tentang peristiwa penting menjelang Proklamasi
Kemerdekaan, siswa mampu menyebutkan informasi penting menggunakan aspek apa,
di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana pada peta pikiran dengan tepat.
2.
Setelah berdiskusi, siswa mampu mengembangkan informasi pada peta pikiran
melalui tulisan dengan detail.
3.
Setelah mengamati gambar situasi, siswa mampu menemukan contoh
pelaksanaan nilai persatuan dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
4.
Setelah berdiskusi, siswa mampu menerapkan tiga kegiatan yang sesuai
dengan nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran Guru menunjukkan gambar Soekarno sedang membaca teks
proklamasi dan mengajak siswa untuk bercurah pendapat. ‘Ceritakan tentang gambar yang sedang kalian amati’! Guru kemudian menyampaikan informasi kepada siswa bahwa
hari ini mereka akan membaca teks tentang peristiwa penting menjelang
Proklamasi Kemerdekaan. Ayo Membaca ·
Siswa melanjutkan
kegiatan dengan membaca teks dan mengisi peta pikiran. ·
Di dalam kelompoknya,
siswa menyampaikan peta pikirannya. (Creativity and Innovation) ·
Guru meminta salah
seorang siswa untuk membacakan peta pikirannya di depan kelas dan memberikan
masukan. Siswa lain diberi kesempatan untuk berkomentar. Guru memberikan
penguatan. ·
Setiap siswa kemudian
mengembangkan peta pikirannya dan membacakannya di depan kelas. ·
Siswa melanjutkan kegiatan
dengan membaca teks dan mengisi peta pikiran. (Mandiri) ·
Di dalam kelompoknya,
siswa menyampaikan peta pikirannya ·
Guru meminta salah
seorang siswa untuk membacakan peta pikirannya di depan kelas dan memberikan
masukan. Siswa lain diberi kesempatan untuk berkomentar. Guru memberikan
penguatan. ·
Setiap siswa kemudian
mengembangkan peta pikirannya dan membacakannya di depan kelas. (Creativity
and Innovation) Ayo Berdiskusi ·
Siswa melanjutkan
kegiatan dengan mengamati gambar dan menjawab pertanyaan dan mendiskusikannya
dengan teman kelompoknya. ·
Guru mendiskusikan
jawaban siswa secara klasikal. Guru meminta salah seorang dari siswa untuk
mempresentasikan hasilnya. Siswa lain bisa memberikan komentar atau
mempertanyakan isi dari yang dipresentasikan. ·
Guru menerangkan
daftar periksa yang akan digunakan dalam penilaian. ·
Di akhir kegiatan,
guru bersama siswa mendiskusikan kembali tentang pengamalan nilai persatuan
dan kesatuan. (Critical
Thinking and Problem Formulation) |
140
menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
A.
Kerja Sama dengan Orang Tua Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai
warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15
menit |
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian
terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur
tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai
bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses
pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
Tulisan siswa dinilai dengan menggunakan daftar periksa.
Indikator Penilaian |
Ada |
Tidak Ada |
Menyebutkan
informasi penting dengan unsur APA secara tepat |
|
|
Menyebutkan
informasi penting dengan unsur SIAPA secara tepat |
|
|
Menyebutkan
informasi penting dengan unsur DI MANA secara tepat |
|
|
Menyebutkan
informasi penting dengan unsur KAPAN secara tepat |
|
|
Menyebutkan
informasi penting dengan unsur MENGAPA secara tepat |
|
|
Menyebutkan
informasi penting dengan unsur BAGAIMANA secara tepat |
|
|
2.
PPKn
Produk dinilai dengan daftar periksa
setelah disosialisasikan
Indikator
Penilaian |
Ada
|
Tidak
Ada |
Memberikan
3 contoh perbedaan yang ada |
|
|
Menuliskan
kegiatan yang dilakukan |
|
|
Memberikan 3 contoh sikap yang diterapkan |
|
|
Menuliskan 3 manfaat dari persatuan dan kesatuan |
|
|
3.
Catatan
pengamatan sikap (Peduli)
(Contoh terlampir di lampiran pada Buku
Guru).
C. Remedial dan Pengayaan
1. Remedial
·
Siswa yang belum memahami konsep hitung campur dapat
dibimbing oleh guru. Pertama, guru harus memastikan bahwa siswa memahami soal
cerita yang ada. Kemudian, dibimbing untuk memahami konsep urutanoperasi
hitungnya.
·
Kegiatan dapat dilakukan untuk beberapa siswa
sekaligus.
2. Pengayaan
Guru dapat membuat kartu soal cerita sebanyak-banyaknya dan menyimpannya
di pojok kelas. Siswa dapat memilih satu kartu dan menyelesaikan jawabannya.
Jawaban dapat disampaikan kepada guru. Siswa dapat memilih kartu
setiap pagi.
D. SUMBER DAN MEDIA
1.
Buku
Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 6 (Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
2.
Media
Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3.
Lingkungan
sekitar
4.
kertas
HVS
dan alat tulis
5.
Teks
bacaan tentang peristiwa penting menjelang Proklamasi Kemerdekaan.
6.
Gambar
terkait kerukunan dan persatuan.
E. MATERI
- Teks bacaan tentang
peristiwa penting menjelang Proklamasi Kemerdekaan.
- Nilai- nilai persatuan dan kesatuan dalam
kehidupan sehari- hari.
- Langkah- langkah mengembangkan informasi
pada peta pikiran.
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
Comments