RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Tokoh dan Penemuan (Tema 3) Sub Tema : Penemuan dan Manfaatnya (Sub Tema 2) Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA, IPS Pembelajaran ke : 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : 6 /1
Tema : Tokoh dan Penemuan
(Tema 3)
Sub Tema : Penemuan dan Manfaatnya (Sub
Tema 2)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA, IPS
Pembelajaran ke
: 1
Alokasi waktu
: 1 hari
A. TUJUAN
1. Dengan membaca, siswa mampu nenyebutkan informasi penting dari teks
eksplanasi yang dibaca tentang
manfaat penemuan televisi dengan
tepat.
2. Setelah membaca, siswa mampu menulis informasi
penting dari teks eksplanasi yang
dibaca tentang manfaat penemuan televisi dalam bentuk peta pikiran dengan sistematis.
3. Dengan diskusi, siswa mampu mengidentifikasi
perubahan sosial budaya dalam kehidupan masyarakat dalam rangka modernisasi
bangsa Indonesia bidang Iptek, dan pendidikan dengan mandiri.
4. Setelah membaca dan diskusi, siswa mampu mempresentasikan perubahan sosial budaya
dalam kehidupan masyarakat dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia bidang
Iptek, dan pendidikan dengan mandiri.
5. Dengan membuat rangkaian listrik paralel, siswa mampu menguji model rangkaian tersebut
dengan tepat.
6. Dengan membuat rangkaian listrik paralel, siswa mampu
menyajikan laporan hasil percobaan rangkaian
paralel dengan sistematis.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
|
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran Ayo Membaca ·
Siswa diminta membaca
senyap teks eksplanasi ilmiah tentang penemu
televisi yang terdapat di buku. ·
Siswa menemukan
informasi penting dari teks dan menuliskan pada diagram berdasarkan urutan
paragrafnya. (Creativity and Innovation) ·
Siswa menemukan
kalimat bercetak miring di dalam teks, kemudian menuliskan dalam tabel yang
tersedia untuk pembelajaran kedua. Ayo Berdiskusi ·
Siswa diminta
mengamati gambar/foto televisi yang diperlihatkan guru.Guru mengajukan
pertanyaan pembuka: ·
Bagaimana pengaruh
televisi terhadap kehidupan kita? ·
Bagaimana cara kita
menyikapi banyak dan beragamnya informasi yang berasal dari televisi? ·
Bagaimana dampak
positif dan dampak negatif televisi terhadap kehidupan masyarakat? ·
Siswa secara
berpasanganmendiskusikan jawaban dengan satu/beberapa orang teman di
dekatnya. Siswa kemudian saling melengkapi jawaban mereka untuk mendapatkan
jawaban yang tepat. (Critical Thinking and
Problem Formulation) ·
Siswa dan guru mendiskusikan
jawaban siswa secara klasikal. Guru mengarahkan siswa untuk mendapatkan
jawaban yang lengkap dan tepat. ·
Siswa melakukan
perenungan sikap mereka selama ini terhadap keberada an televisi di rumah. ·
Siswa menuliskan
rencana ke depan untuk memiliki sikap lebih bertanggung jawab dalam
menggunakan pesawat telivisi di rumah, sehingga akan memberikan manfaat positif bagi kehidupan mereka. ( Mandiri) Ayo Mengamati ·
Siswa menyiapkan bahan
dan alat yang telah dibawa dari rumah untuk membuat rangkaian listrik
sederhana. ·
Siswa menggambar
rancangan listrik paralel. Siswa dapat mencermati contoh dasar dari rangkaian
paralel yang ada di buku. ·
Jika gambar rancangan
telah tepat, siswa dapat membuat model rangkaian paralel berdasarkan
rancangannya. ·
Siswa kemudian menguji
model rangkaian mereka dengan mengikuti instruksi yang terdapat di buku,
untuk memastikan jika rangkaian yang dibuat telah menyala dengan baik. (Creativity and
Innovation) Ayo Menulis ·
Siswa menuliskan
laporan hasil percobaan membuat rangkaian paralel. |
140 menit |
|
|
|||
Kegiatan Penutup |
A. Kerja Sama dengan
Orang Tua Siswa bersama kedua
orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di
lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15 menit |
|
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru
untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian
digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
1. Bahasa Indonesia
Diagram siswa menemukan informasi penting dari teks tulis
eksplanasi ilmiah tentang penemuan televisi, diperiksa menggunakan rubrik:
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
|
Isi teks eksplanasi |
Pernyataan Umum |
Menuliskan topik utama bacaan dengan tepat |
Menuliskan topik utama bacaan dengan cukup
tepat |
Menuliskan topik utama bacaan dengan kurang
tepat |
Belum mampu menuliskan topik utama bacaan dengan tepat |
Deret Penjelasan |
Menuliskan fakta yang mendukung topik bacaan dengan lengkap dan berurutan |
Menuliskan fakta yang mendukung topik bacaan dengan cukup lengkap dan cukup
berurutan |
Menuliskan fakta yang mendukung topik bacaan dengan kurang lengkap dan
kurang berurutan |
Belum mampu menuliskan fakta yang mendukung topik bacaan dengan lengkap dan berurutan |
|
Kesimpulan Umum |
Menuliskan kesimpulan umum dan pendapat penulis dengan tepat |
Menuliskan kesimpulan umum dan pendapat penulis dengan cukup
tepat |
Menuliskan kesimpulan umum dan pendapat penulis dengan kurang tepat |
Belum mampu menuliskan kesimpulan umum dan pendapat penulis dengan tepat |
|
Penyajian isi teks dalam peta pikiran |
Menyajikan peta pikiran dengan rapi dan sistematis. |
Menyajikan peta pikiran dengan cukup rapi dan sistematis. |
Menyajikan peta pikiran dengan kurang
rapi dan kurang
sistematis. |
Belum mampu menyajikan peta pikiran dengan rapi dan sistematis. |
|
Sikap Kemandirian |
Tugas diselesaikan dengan mandiri |
Sebagian besar tugas
diselesaikan dengan mandiri |
Tugas diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru |
Belum dapat
menyelesaikan tugas meski telah diberikan motivasi dan bimbingan |
2. IPS
Peta pikiran hasil wawancara mengenai pengaruh televisi pada kehidupan masyarakat Indonesia di bidang pendidikan dan
ilmu pengetahuan, diperiksa menggunakan rubrik.
Aspek |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Informasi perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia. |
Menuliskan informasi tentang perubahan kehidupan masyarakat sekitar dengan adanya listrik
berdasarkan hasil wawancara dengan lengkap. |
Menuliskan informasi tentang perubahan kehidupan masyarakat sekitar dengan adanya listrik
berdasarkan hasil wawancara dengan cukup lengkap. |
Menuliskan informasi tentang perubahan kehidupan masyarakat sekitar dengan adanya listrik
berdasarkan hasil wawancara dengan kurang
lengkap. |
Belum mampu menuliskan informasi tentang perubahan kehidupan masyarakat sekitar dengan adanya listrik
berdasarkan hasil wawancara dengan lengkap. |
Komunikasi lisan tentang
perubahan sosial budaya dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia |
Mengomunikasi- kan secara lisan hasil wawancara
tentang perubahan sosial budaya di lingkungan sekitar dengan adanya listrik dengan sistematis. |
Mengomunika- sikan secara lisan hasil wawancara
tentang perubahan sosial budaya di lingkungan sekitar dengan adanya listrik dengan cukup sistematis. |
Mengomunika sikan secara lisan hasil wawancara
tentang perubahan sosial budaya di lingkungan sekitar dengan adanya listrik dengan kurang sistematis. |
Belum mampu mengomunikasi- kan secara lisan hasil wawancara
tentang perubahan sosial budaya di lingkungan sekitar dengan adanya listrik dengan sistematis. |
Sikap kerja sama. |
Menunjukkan sikap kerja sama secara konsisten. |
Menunjukkan sikap kerja sama dengan cukup konsisten. |
Menunjukkan sikap kerja sama, namun kurang konsisten. |
Perlu dimotivasi untuk dapat bekerjasama. |
Santun dan saling menghargai. |
Menunjukkan sikap santun dan saling menghargai saat wawancara secara konsisten. |
Menunjukkan sikap santun dan saling menghargai saat wawancara dengan cukup konsisten. |
Menunjukkan sikap santun dan saling menghargai saat wawancara, namun kurang konsisten. |
Belum mampu menunjukkan sikap santun dan saling menghargai saat wawancara. |
3. IPA
Laporan hasil percobaan membuat rangkaian paralel diperiksa
menggunakan rubrik
Aspek |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Komponen komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik paralel |
Menjelaskan
semua komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik paralel dengan tepat. |
Menjelaskan
sebagian besar komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik paralel
dengan tepat. |
Menjelaskan
sebagian kecil komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik paralel dengan tepat. |
Belum mampu menjelaskan
semua komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik paralel
dengan tepat. |
Rangkaian listrik sederhana paralel |
Model rangkaian paralel rapi, tepat dan bekerja dengan baik. |
Model rangkaian paralel kurang
rapi, namun
tepat dan bekerja dengan baik. |
Model rangkaian tidak
rapi, namun tepat dan bekerja dengan baik. |
Model rangkaian tidak
bekerja dengan baik. |
Sikap: Kemandirian |
Model rangkaian paralel diselesaikan dengan mandiri. |
Sebagian besar rangkaian paralalel diselesaikan dengan mandiri. |
Model rangkaian
paralel diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru. |
Belum dapat
menyelesaikan rangkaian paralel meski telah diberikan motivasi dan bimbingan. |
C. Remedial dan Pengayaan
1. Remedial
·
Bagi siswa yang belum mampu membuat rangkaian
listrik paralel akan mendapatkan pendampingan guru.
2. Pengayaan
·
Siswa dapat berdiskusi saling memberikan masukan
tentang potensi/bakat yang dimiliki teman yang lain, dan memberikan saran
tentang langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mengembangkan potensi diri
mereka.
D. SUMBER DAN MEDIA
1. Buku
Pedoman Guru Tema 1
Kelas 6 dan
Buku Siswa Tema 1
Kelas 6
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2018).
2. Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3. Lingkungan sekitar
4. kertas
HVS dan
alat tulis
5. Lampu, baterai, kabel untuk membuat rangkaian paralel
pada pelajaran IPA
E. MATERI
- Teks bacaan yang berjudul ” Si
Kotak Ajaib”.
- Teks eksplanasi tentang penemuan televisi.
- Perubahan
sosial budaya dalam kehidupan masyarakat dalam rangka modernisasi bangsa
Indonesia bidang Iptek, dan pendidikan.
- Rangkaian
listrik parallel,
- Langkah-
langkah membuat rangkaian listrik paralel.
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
Comments