RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Tokoh dan Penemuan (Tema 3) Sub Tema : Penemuan dan Manfaatnya (Sub Tema 2) Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA, IPS Pembelajaran ke : 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020


Satuan Pendidikan       : SDN SUKAHURIP 02

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Tokoh dan Penemuan (Tema 3)

Sub Tema                   : Penemuan dan Manfaatnya (Sub Tema 2)

Muatan Terpadu            :  Bahasa Indonesia, IPA, IPS

Pembelajaran ke        :  1

Alokasi waktu             :  1 hari

 

A.    TUJUAN

1.     Dengan membaca, siswa mampu  nenyebutkan informasi penting dari teks eksplanasi  yang dibaca  tentang  manfaat penemuan televisi   dengan tepat.

2.     Setelah membaca, siswa mampu menulis informasi penting dari  teks eksplanasi yang dibaca  tentang   manfaat penemuan televisi  dalam bentuk peta pikiran dengan sistematis.

3.     Dengan diskusi, siswa mampu mengidentifikasi perubahan sosial budaya dalam kehidupan masyarakat dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia bidang Iptek, dan pendidikan dengan mandiri.

4.     Setelah membaca dan diskusi, siswa mampu  mempresentasikan perubahan sosial budaya dalam kehidupan masyarakat dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia bidang Iptek, dan pendidikan dengan mandiri.

5.     Dengan membuat rangkaian listrik paralel,  siswa mampu menguji model rangkaian tersebut dengan tepat.

6.     Dengan membuat rangkaian listrik paralel, siswa mampu menyajikan laporan hasil percobaan rangkaian  paralel dengan sistematis.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Ayo Membaca

·         Siswa diminta membaca senyap teks eksplanasi ilmiah tentang penemu  televisi  yang terdapat di buku.

·         Siswa menemukan informasi penting dari teks dan menuliskan pada diagram berdasarkan urutan paragrafnya. (Creativity and Innovation)

·         Siswa menemukan kalimat bercetak miring di dalam teks, kemudian menuliskan dalam tabel yang tersedia untuk pembelajaran kedua.

Ayo Berdiskusi

·         Siswa diminta mengamati gambar/foto televisi yang diperlihatkan guru.Guru mengajukan pertanyaan pembuka:

·         Bagaimana pengaruh televisi terhadap kehidupan kita?

·         Bagaimana cara kita menyikapi banyak dan beragamnya informasi yang berasal dari televisi?

·         Bagaimana dampak positif dan dampak negatif televisi terhadap kehidupan masyarakat?

·         Siswa secara berpasanganmendiskusikan jawaban dengan satu/beberapa orang teman di dekatnya. Siswa kemudian saling melengkapi jawaban mereka untuk mendapatkan jawaban yang tepat.

(Critical Thinking and Problem Formulation)

·         Siswa dan guru mendiskusikan jawaban siswa secara klasikal. Guru mengarahkan siswa untuk mendapatkan jawaban yang lengkap dan tepat.

·         Siswa melakukan perenungan sikap mereka selama ini terhadap keberada  an televisi di rumah.

·         Siswa menuliskan rencana ke depan untuk memiliki sikap lebih bertanggung jawab dalam menggunakan pesawat telivisi di rumah, sehingga akan memberikan manfaat  positif bagi kehidupan mereka. ( Mandiri)

 

Ayo Mengamati

·         Siswa menyiapkan bahan dan alat yang telah dibawa dari rumah untuk membuat rangkaian listrik sederhana.

·         Siswa menggambar rancangan listrik paralel. Siswa dapat mencermati contoh dasar dari rangkaian paralel yang ada di buku.

·         Jika gambar rancangan telah tepat, siswa dapat membuat model rangkaian paralel berdasarkan rancangannya.

·         Siswa kemudian menguji model rangkaian mereka dengan mengikuti instruksi yang terdapat di buku, untuk memastikan jika rangkaian yang dibuat telah menyala dengan baik.

(Creativity and Innovation)

 

Ayo Menulis

·         Siswa menuliskan laporan hasil percobaan membuat rangkaian paralel.

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

1.     Bahasa Indonesia

Diagram siswa menemukan informasi penting dari teks tulis eksplanasi ilmiah tentang penemuan televisi, diperiksa  menggunakan rubrik:

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Isi teks

eksplanasi

Pernyataan

Umum

Menuliskan

topik utama

bacaan

dengan tepat

Menuliskan topik

utama bacaan

dengan cukup 

tepat

Menuliskan topik

utama bacaan

dengan kurang 

tepat

Belum mampu

menuliskan topik

utama bacaan

dengan tepat

Deret

Penjelasan

Menuliskan

fakta yang

mendukung

topik bacaan

dengan

lengkap dan

berurutan

Menuliskan

fakta yang

mendukung

topik bacaan

dengan cukup

lengkap dan

cukup  berurutan

Menuliskan fakta

yang mendukung

topik bacaan

dengan kurang

lengkap dan 

kurang berurutan

Belum mampu

menuliskan fakta

yang mendukung

topik bacaan

dengan lengkap

dan berurutan

Kesimpulan

Umum

Menuliskan

kesimpulan

umum dan

pendapat

penulis

dengan tepat

Menuliskan

kesimpulan

umum dan

pendapat

penulis dengan

cukup  tepat

Menuliskan

kesimpulan

umum dan

pendapat penulis

dengan kurang

tepat

Belum mampu

menuliskan

kesimpulan umum

dan pendapat

penulis dengan

tepat

Penyajian isi teks

dalam peta pikiran

Menyajikan

peta pikiran

dengan rapi

dan sistematis.

Menyajikan peta

pikiran dengan

cukup rapi dan

sistematis.

Menyajikan peta

pikiran dengan

kurang  rapi

dan kurang 

sistematis.

Belum mampu

menyajikan peta

pikiran dengan rapi

dan sistematis.

Sikap Kemandirian

Tugas

diselesaikan

dengan

mandiri

Sebagian

besar tugas 

diselesaikan

dengan mandiri

Tugas

diselesaikan

dengan motivasi

dan bimbingan

guru

Belum dapat 

menyelesaikan

tugas meski telah

diberikan motivasi

dan bimbingan

 

2.     IPS

Peta pikiran hasil wawancara mengenai pengaruh televisi  pada kehidupan  masyarakat Indonesia di bidang pendidikan dan ilmu pengetahuan, diperiksa menggunakan rubrik.

Aspek

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Informasi

perubahan

sosial budaya

dalam rangka

modernisasi

bangsa

Indonesia.

Menuliskan

informasi tentang

perubahan

kehidupan

masyarakat

sekitar dengan

adanya listrik 

berdasarkan

hasil wawancara

dengan lengkap.

Menuliskan

informasi

tentang

perubahan

kehidupan

masyarakat

sekitar dengan

adanya listrik 

berdasarkan

hasil wawancara

dengan cukup

lengkap.

Menuliskan

informasi

tentang

perubahan

kehidupan

masyarakat

sekitar dengan

adanya listrik 

berdasarkan

hasil wawancara

dengan kurang 

lengkap.

Belum mampu

menuliskan

informasi

tentang

perubahan

kehidupan

masyarakat

sekitar dengan

adanya listrik 

berdasarkan

hasil wawancara

dengan lengkap.

Komunikasi

lisan tentang 

perubahan

sosial budaya

dalam rangka

modernisasi

bangsa

Indonesia

Mengomunikasi-

kan secara lisan

hasil wawancara 

tentang

perubahan

sosial budaya

di lingkungan

sekitar dengan

adanya listrik

dengan

sistematis.

Mengomunika-

sikan secara

lisan hasil

wawancara 

tentang

perubahan

sosial budaya

di lingkungan

sekitar dengan

adanya listrik

dengan cukup

sistematis.

Mengomunika

sikan secara

lisan hasil

wawancara 

tentang

perubahan

sosial budaya

di lingkungan

sekitar dengan

adanya listrik

dengan kurang

sistematis.

Belum mampu

mengomunikasi-

kan secara lisan

hasil wawancara 

tentang

perubahan

sosial budaya

di lingkungan

sekitar dengan

adanya listrik

dengan

sistematis.

Sikap

kerja sama.

Menunjukkan

sikap kerja sama 

secara konsisten.

Menunjukkan

sikap kerja

sama dengan

cukup 

konsisten.

Menunjukkan

sikap kerja sama,

namun kurang

konsisten.

Perlu dimotivasi

untuk dapat

bekerjasama.

Santun

dan saling

menghargai.

Menunjukkan

sikap santun

dan saling

menghargai

saat wawancara

secara konsisten.

Menunjukkan

sikap santun

dan saling

menghargai

saat wawancara

dengan cukup

konsisten.

Menunjukkan

sikap santun

dan saling

menghargai

saat wawancara,

namun kurang

konsisten.

Belum mampu

menunjukkan

sikap santun

dan saling

menghargai saat

wawancara.

 

3.     IPA

Laporan hasil percobaan membuat rangkaian paralel diperiksa menggunakan rubrik

Aspek

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Komponen­

komponen

listrik dan

fungsinya

dalam

rangkaian

listrik paralel

Menjelaskan 

semua komponen

listrik dan

fungsinya dalam

rangkaian listrik

paralel dengan

tepat.

Menjelaskan 

sebagian besar

komponen listrik

dan fungsinya

dalam rangkaian

listrik paralel 

dengan tepat.

Menjelaskan 

sebagian kecil

komponen listrik

dan fungsinya

dalam rangkaian

listrik paralel

dengan tepat.

Belum mampu

menjelaskan  semua

komponen listrik

dan fungsinya dalam

rangkaian listrik

paralel  dengan tepat.

Rangkaian

listrik

sederhana

paralel

Model rangkaian

paralel rapi, tepat

dan bekerja

dengan baik.

Model rangkaian

paralel kurang 

rapi, namun 

tepat dan

bekerja dengan

baik.

Model rangkaian

tidak   rapi, namun

tepat dan bekerja

dengan baik.

Model rangkaian

tidak  bekerja dengan

baik.

Sikap:

Kemandirian

Model rangkaian

paralel

diselesaikan

dengan mandiri.

Sebagian besar

rangkaian

paralalel

diselesaikan

dengan mandiri.

Model rangkaian 

paralel diselesaikan

dengan motivasi

dan bimbingan

guru.

Belum dapat 

menyelesaikan

rangkaian paralel 

meski telah diberikan

motivasi dan

bimbingan.

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

·         Bagi siswa yang belum mampu membuat rangkaian listrik paralel akan mendapatkan pendampingan guru. 

2.     Pengayaan

·         Siswa dapat berdiskusi saling memberikan masukan tentang potensi/bakat yang dimiliki teman yang lain, dan memberikan saran tentang langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mengembangkan potensi diri mereka.

 

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.     Lingkungan sekitar

4.     kertas HVS dan alat tulis

5.     Lampu, baterai, kabel untuk membuat rangkaian paralel pada pelajaran IPA

 

E.    MATERI

  1. Teks bacaan  yang berjudul ” Si Kotak Ajaib”.
  2. Teks eksplanasi tentang penemuan televisi.
  3. Perubahan sosial budaya dalam kehidupan masyarakat dalam rangka modernisasi bangsa Indonesia bidang Iptek, dan pendidikan.
  4. Rangkaian listrik parallel,
  5. Langkah- langkah membuat rangkaian listrik paralel.

 

 

F.    PENDEKATAN & METODE

       Pendekatan            : Scientific

Strategi                  : Cooperative Learning

Teknik                    : Example Non Example

Metode                  : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

 

 

 

 

 

Comments