RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Kelas / Semester : IV/ 1 (Satu) Tema 2 : Selalu Berhemat Energi Sub Tema 3 : Energi Alternatif Muatan Terpadu : SBdP dan IPS Pembelajaran ke : 5
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN
SUKAHURIP 02
Kelas / Semester :
IV/ 1 (Satu)
Tema 2 : Selalu Berhemat Energi
Sub Tema 3 : Energi Alternatif
Muatan Terpadu :
SBdP dan IPS
Pembelajaran ke : 5
Alokasi waktu : 1 hari
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan
tetangga.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar,
melihat, membaca) dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
SBdP
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.2 Memahami tanda tempo dan
tinggi rendah nada. |
3.3.2 Mengidentifikasi tinggi rendah nada dari
teks lagu “Kring-Kring Ada Sepeda”. |
4.2 Menampilkan tempo lambat, sedang, dan cepat
melalui lagu. |
4.3.2 Menyanyikan notasi lagu “Kring-Kring Ada Sepeda” sesuai dengan tinggi rendah
nada. |
IPS
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya
alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/ kabupatensampai
tingkat provinsi. |
3.2.2 Menjelaskan karakteristik ruang dan
pemanfaatan sumber daya alam untuk |
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan
pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi. |
4.2.2 Mengomunikasikan karakteristik ruang dan
pemanfaatan sumber daya |
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Dengan mengamati contoh yang diberikan guru, siswa mampumemahami
tempo dan tinggi rendah nada dalam menyanyikan lagu “Kring-Kring Ada Sepeda”dengan nada dan tempo yang tepat.
2.
Dengan mengamati contoh yang diberikan guru, siswa mampu menyanyikan
lagu “Kring-Kring Ada Sepeda” dengan tempo
dan tinggi rendah nada yang tepat.
3.
Setelah mengamati gambar dan membaca teks, siswa mampu menjelaskan
karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan
masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
4.
Setelah mengamati gambar dan membaca teks, siswa mampu mengomunikasikan
karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan
masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
D. MATERI POKOK
1.
Sumber daya alam sebagai bahan pangan.
2.
Manfaat singkong bagi kegiatan ekonomi masyarakat.
3.
Menyanyikan syair lagu “Kring-Kring Ada Sepeda”.
E. METODE
PEMBELAJARAN
PendekatanPembelajaran : Saintifik.
MetodePembelajaran :Simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan, dan ceramah.
F. MEDIA/ ALAT
BANTU DAN SUMBER BELAJAR
Media :
Teks lagu “Kring-Kring Ada Sepeda”.
Bahan :
-.
Sumber Belajar : 1.Buku Guru dan Buku Siswa Kelas
IV, Tema2: Selalu Berhemat Energi,
Subtema 3: Energi
Alternatif, Pembelajaran 5. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi
2017). Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
Kegiatan
Pembuka |
1.
Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar, dan mengecek
kehadiran siswa. 2.
Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa. 3.
Siswa difasilitasi untuk bertanya jawab pentingnya mengawali
setiap kegiatan dengan doa. Selain berdoa, guru dapat memberikan penguatan
tentang sikap syukur. 4.
Menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan
tentang pentingnya menanamkan semangat kebangsaan. 5.
Mintalah siswa untuk memeriksa kerapian diri dan kebersihan
kelas. 6.
Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat, dan
aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan. 7.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap disiplindantanggungjawabyang
akan dikembangkan dalam pembelajaran. 8.
Pembiasaan membaca. Siswa dan guru mendiskusikan perkembangan
kegiatan literasi yang telah dilakukan. 9.
Siswa memperhatikan
penjelasan tentang pemanfaatan sumber daya alam sebagai makanan pokok. Salah
satunya adalah singkong. |
15 menit |
|
Kegiatan Inti |
1.
Siswa
diminta mengamati berbagai makanan yang terbuat dari singkong. 2.
Siswa
menjawab pertanyaan: “Apakah kamu mengetahui berbagai jenis makanan lain yang
terbuat dari singkong di lingkungan tempat tinggalmu?” 3.
Siswa
diminta mendiskusikan pertanyaan tersebut dengan teman.Siswa juga menuliskan
hasil diskusi mereka pada Buku Siswa. 4.
Siswa
dianjurkan mencari tahu lebih lanjut tentang singkong. 5.
Siswa
membaca teks tentang singkong yang terdapat dalam Buku Siswa. 6.
Siswa
menjawab pertanyaan yang terdapat di Buku Siswa berdasarkan teks.Siswa
kembali mendiskusikan jawaban mereka. 7.
Untuk
kegiatan pelajaran seni, guru memperkenalkan kepada siswa lagu “Kring-Kring
Ada Sepeda” (Siswa mendengarkan audio lagu “Kring-Kring Ada Sepeda” dari
Rumah Juara) a.
8.
Selanjutnya,
siswa diminta menyanyikan syair lagu tersebut. 9.
Siswa
belum tepat dalam menyanyikan syair lagu akan dibetulkan oleh guru. Siswa
mendengarkan kembali lagu “Kring-Kring Ada Sepeda” dari Rumah Juara. 10.
Siswa
akan memperhatikan cara guru menyanyikan lagu tersebut. Siswa mencermati
penjelasan guru tentang tempo dan tinggi rendah nada pada lagu tersebut. 11.
Siswa
kemudian diminta menyanyikan lagu secara berpasangan. |
110 menit |
|
Kegiatan
Penutup |
1. Siswa melakukan perenungan dengan menjawab
pertanyaan yang terdapat dalam Buku Siswa halaman 130 dan pertanyaan dari
guru berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran pertama Buku Guru
halaman 173-174. 2. Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran. 3.
Siswa
menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan
selanjutnya. Termasuk menerima penjelasan tentang kegiatan bersama orangtua,
yaitu siswa diminta mewawancarai orang tuanya untuk mencari tahu
cara membuat salah satu makanan dari singkong. Kemudian, siswa akan
menuliskan jawabannya pada kolom yang tersedia di Buku Siswa. 4. Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap disiplindan
tanggungjawab. 5. Siswa melakukan operasi untuk menjaga kebersihankelas. 6. Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa. |
15 menit |
H. PENILAIAN
1.
TeknikPenilaian
a.
Penilaian Sikap
Mencatat hal-hal menonjol (positif atau negatif) yang ditunjukkan siswa
dalam sikap disiplin dan tanggungjawabmelaluijurnal.
b. Penilaian
Pengetahuan
Muatan |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instumen |
SBdP |
3.3.2 Mengidentifikasi tinggi rendah nada dari
teks lagu “Kring-Kring Ada Sepeda”. |
Tes tertulis |
Soal pilihanganda Soalisian Soaluraian |
IPS |
3.2.2 Menjelaskan karakteristik ruang dan
pemanfaatan sumber daya alam untuk |
Tes tertulis |
Soal pilihanganda Soalisian Soaluraian |
c.
Unjuk Kerja
Muatan |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instumen |
SBdP |
4.3.2 Menyanyikan notasi lagu “Kring-Kring Ada
Sepeda” sesuai dengan tinggi rendah nada. |
Unjuk kerja |
Rubrik penilaian pada BG halaman 138. |
IPS |
4.2.2 Mengomunikasikan karakteristik ruang dan
pemanfaatan sumber daya |
Unjuk hasil |
Rubrik penilaian pada BG halaman
138. |
d.
Pengayaan
Apabila ada waktu tersisa, siswa bisa berlatih menyanyikan
lagu Kring-Kring Ada Sepeda secara berpasangan.
e. Remedial
Bagi siswa yang belum terampil menjelaskan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk
kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi, akan diberikan pendampingan oleh guru.
2.
BentukInstrumenPenilaian
a.
Jurnal
Penilaian Sikap
No. |
Tanggal |
Nama Siswa |
Catatan Perilaku |
Butir Sikap |
Tindak Lanjut |
1. |
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
4. |
|
|
|
|
|
5. |
|
|
|
|
|
b.
Rubrik
Penilaian IPS
Diskusi dan presentasi dinilai dengan rubrik.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan |
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Mendengarkan teman yang berbicara namun |
Masih perlu diingatkan untuk |
Sering diingatkan untuk mendengarkan |
Komunikasi non |
Merespon dan |
Merespon dengan |
Sering merespon |
Membutuhkan |
Partisipasi |
Isi pembicaraan |
Berbicara dan |
Berbicara dan |
Jarang berbicara |
Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.
c.
Rubrik
Penilaian Seni Budaya dan Prakarya
Proses pembelajaran
menyanyi dinilai dengan catatan anekdot.
No. |
Tanggal |
Nama Siswa |
Catatan Kemampuan Siswa |
Tindak Lanjut |
1. |
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
4. |
|
|
|
|
Refleksi Guru: |
Mengetahui, Kepala SDN SUKAHURIP 02 .................................................... NIP.
............................................ |
..............., ..................20... Guru Kelas IV NIP.
........................................3 2 007 |
Comments