RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Persatuan dalam Perbedaan (Tema 2) Sub Tema : Bersatu Kita Teguh Tujuan (Sub Tema 3) Muatan Terpadu : IPS, SBdP Pembelajaran ke : 5
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : 6 /1
Tema : Persatuan dalam
Perbedaan (Tema 2)
Sub Tema
: Bersatu Kita Teguh Tujuan (Sub Tema 3)
Muatan Terpadu :
IPS, SBdP
Pembelajaran ke
: 5
Alokasi waktu
: 1 hari
A.
TUJUAN
1. Setelah membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu
mengidentifikasi makna upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera
di awal masa kemerdekaan Indonesia menggunakan diagram.
2. Setelah membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu
menulis makna upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera di masa
awal kemerdekaan Indonesia dalam bentuk diagram.
3.
Setelah mengamati gambar, membaca penjelasan, dan memperhatikan peragaan
oleh guru, siswa mampu mengidentifikasi gerakan dan pola lantai pada tari
Indang.
4.
Setelah mengamati gambar, membaca penjelasan, dan memperhatikan peragaan
oleh guru, siswa mampu mempraktikkan gerakan dan pola lantai pada tari Indang.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran Ayo
Berdiskusi ·
Siswa diminta membaca teks tentang
makna upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera di masa awal
kemerdekaan Indonesia. ·
Siswa
menuliskan informasi penting berdasarkan teks dalam bentuk bagan. ·
Siswa
mendiskusikan bagan dalam kelompok. (Critical Thinking and Problem Formulation) Ayo Berkreasi ·
Siswa
diminta menampilkan tari Indang secara berkelompok. (Creativity and Innovation) |
140 menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
A. Kerja Sama dengan Orang
Tua Siswa bersama kedua
orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di
lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15 menit |
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian
sebagai berikut.
Diskusi dinilai dengan
rubrik.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan |
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Mendengarkan teman yang berbicara, namun sesekali masih perlu diingatkan. |
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara, namun tidak mengindahkan. |
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur,ekspresi wajah,
suara). |
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. |
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan ide,perasaan, pikiran) |
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. |
Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung. |
Catatan : Centang (v) pada bagian
yang memenuhi kriteria.
2. SBdP
Penampilan gerakan tari dan pola lantai dinilai dengan
rubrik.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Pola Lantai |
Siswa dapat melakukan seluruh pola lantai tari In- dang dengan baik. ( ) |
Siswa dapat melakukan se- bagian besar pola lantai tari Indang de- ngan baik. ( ) |
Siswa dapat melakukan sebagian kecil pola lantai tari Indang dengan baik. ( ) |
Siswa belum dapat melakukan pola lantai tari Indang dengan baik. ( ) |
Gerakan |
Siswa dapat melakukan seluruh gerakan tari Indang dengan baik.
( ) |
Siswa dapat melakukan sebagian besar gerakan tari Indang dengan baik. ( ) |
Siswa dapat melakukan sebagian besar gerakan tari indang Siswa dapat melakukan sebagian kecil gerakan tari Indang dengan baik. ( ) |
Siswa belum dapat melakukan gerakan tari ndang dengan baik. ( ) |
Kekompakan |
Seluruh gerakan dan pola tari Indang sesuai dengan irama musik. ( ) |
Sebagian besar gerakan dan pola tari Indang sesuai dengan irama musik. ( ) |
Sebagian kecil gerakan dan pola tari Indang sesuai dengan irama musik. ( ) |
Gerakan dan pola tari Indang tidak sesuai dengan irama musik. ( ) |
Catatan : Centang () pada bagian yang memenuhi kriteria.
3.
Catatan anekdot untuk mencatat sikap
(peduli, santun)
Contoh dapat dilihat pada bagian akhir
(lampiran) buku ini.
C. Remedial dan Pengayaan
1.
Remedial
Siswa yang belum mampu memahami makna Upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang
sejahtera di awal masa kemerdekaan Indonesia.
2.
Pengayaan
Siswa dapat berlatih gerakan tari Indang
di Rumah.
D. SUMBER DAN MEDIA
1. Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan
Buku Siswa Tema 2 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
2. Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3. Lingkungan sekitar
4. kertas
HVS dan
alat tulis
5. Teks bacaan tentang upaya bangsa Indonesia
meningkatkan kesejahteraan rakyat di awal masa kemerdekaan.
E. MATERI
- Upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan
yang sejahtera di awal masa kemerdekaan Indonesia.
- Gerakan dan pola lantai pada tari Indang.
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
Comments