RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Persatuan dalam Perbedaan (Tema 2) Sub Tema : Rukun dalam Perbedaan (Sub Tema 1) Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA, IPS Pembelajaran ke : 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020



Satuan Pendidikan       : SDN SUKAHURIP 02  

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Persatuan dalam Perbedaan (Tema 2)

Sub Tema                   : Rukun dalam Perbedaan (Sub Tema 1)

Muatan Terpadu            :  Bahasa Indonesia, IPA, IPS

Pembelajaran ke        :  1

Alokasi waktu             :  1 hari

 

A.    TUJUAN

1.     Setelah membaca teks tentang Proklamasi Kemerdekaan, siswa mampu menyebutkan informasi penting menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana pada peta pikiran dengan tepat.

2.     Setelah berdiskusi, siswa mampu mengembangkan informasi pada peta pikiran melalui tulisan dengan detail.

3.     Setelah membaca teks, siswa mampu menyebutkan makna Proklamasi Kemerdekaan dengan benar.

4.     Setelah berdiskusi, siswa mampu melaporkan dan mempresentasikan makna Proklamasi Kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

5.     Setelah mengamati tumbuhan dan habitatnya, siswa mampu menyebutkan ciri-ciri tumbuhan terkait habitatnya.

6.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menulis laporan hasil pengamatan terhadap ciri-ciri satu jenis tumbuhan terkait habitatnya.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

·         Guru membawa bendera Merah Putih ke dalam kelas.

·         Guru mengajukan pertanyaan:

 ‘Kapan bendera Merah Putih dikibarkan?’

‘Apa makna bendera Merah Putih bagi Indonesia?’

 

Ayo Membaca

·         Siswa diminta untuk mengamati gambar tulisan asli dari teks proklamasi selama satu menit.

·         Kemudian, setiap siswa menjawab pertanyaan dan menukarkannya dengan teman di sebelahnya dan mendiskusikan jawabannya. (Critical Thinking and Problem Solving)

·         Guru membimbing diskusi, berjalan berkeliling dari kelompok satu ke Kelompok lain untuk memastikan bahwa setiap anggota berpartisipasi secara aktif.

·         Guru mengajak satu atau dua siswa untuk menyampaikan hasil diskusinya. Kemudian, memberi penguatan kepada seluruh siswa mengenai jawaban yang diharapkan. Guru dapat memberi kesempatan kepada seluruh siswa untuk memberikan komentar dari jawaban yang ada. Guru tidak menjawab langsung, namun memberi kesempatan kepada siswa lain untuk mencoba menjawab pertanyaan yang diajukan oleh temannya. Guru dapat menguatkan jawaban-jawaban yang ada.

·         Siswa kemudian membaca teks tentang Proklamasi Kemerdekaan dan mengisi peta pikiran.

·         Bersama temannya, siswa mendiskusikan peta pikiran masing-masing.  Guru berkeliling untuk memastikan semua siswa aktif.

·         Guru meminta satu atau dua siswa untuk menyampaikan hasil diskusinya.

·         Siswa mengembangkan informasi pada peta pikiran dalam bentuk tulisan. (Mandiri)

·         Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mempresentasikannya di kelompok masing-masing.

Ayo Berdiskusi

·         Siswa melanjutkan kegiatan dengan membaca ulang teks tentang Proklamasi Kemerdekaan dan menuliskan maknanya bagi bangsa Indonesia.

·         Guru membimbing diskusi secara klasikal dan memberikan penguatan.

·         Siswa menuliskan paling sedikit tiga makna Proklamasi Kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari mereka.

·         Guru mengajak siswa untuk mendiskusikannya dan memberikan saran apabila dibutuhkan.

Ayo Mengamati

·         Setiap siswa membaca teks tentang Bunga Teratai.

·         Siswa secara berkelompok akan berpetualang di lingkungan sekolah. (HOST)

·         Guru telah menyiapkan beberapa pos. Pada setiap pos sudah tersedia berbagai jenis tumbuhan atau gambar tumbuhan beserta informasi tentang cara tumbuhan tersebut beradaptasi.

·          Tugas setiap kelompok adalah mengumpulkan informasi sebanyak mungkin, mencatatnya, dan mendiskusikannya dalam kelompok. (Creativity and Innovation)

·         Guru meminta siswa memilih satu jenis tanaman dan membuat catatan tentang ciri tanaman tersebut serta bagaimana tanaman tersebut beradaptasi. 

·         Siswa kemudian menulis laporan berdasarkan informasi pada peta pikiran.

·         Siswa mempresentasikan hasil temuan mereka di depan kelas.

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

  1. Diskusi

Saat berdiskusi, siswa dinilai dengan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Mendengarkan

 

Selalu

mendengarkan teman yang

sedang berbicara.

 

Mendengarkan

teman yang

berbicara, namun

sesekali masih

perlu diingatkan.

 

Masih perlu

diingatkan untuk

mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Sering

diingatkan untuk

mendengarkan teman yang

sedang berbicara,

namun tidak

mengindahkan.

 

Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur,ekspresi wajah, suara).

 

Merespon dan

menerapkan

komunikasi non verbal dengan tepat.

Merespon dengan

tepat terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Sering merespon

kurang tepat

terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Membutuhkan bantuan dalam

memahami

bentuk

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Partisipasi

(menyampaikan ide,perasaan,

pikiran)

Isi pembicaraan

menginspirasi

teman. Selalu

mendukung

dan memimpin

lainnya saat

diskusi.

Berbicara dan

menerangkan

secara rinci,

merespon sesuai

dengan topik.

Berbicara dan

menerangkan secara rinci,

namun terkadang

merespon kurang

sesuai dengan

topik.

Jarang berbicara

selama

proses diksusi

berlangsung.

Catatan : Centang  (v) pada bagian yang memenuhi kriteria.

 

  1. Bahasa Indonesia

Tulisan siswa dinilai dengan menggunakan daftar periksa.

Indikator Penilaian

Ada

Tidak Ada

Menyebutkan informasi penting dengan unsur APA secara tepat

 

 

Menyebutkan informasi penting dengan unsur SIAPA secara tepat

 

 

Menyebutkan informasi penting dengan unsur DI MANA secara tepat

 

 

Menyebutkan informasi penting dengan unsur KAPAN secara tepat

 

 

Menyebutkan informasi penting dengan unsur MENGAPA secara tepat

 

 

Menyebutkan informasi penting dengan unsur BAGAIMANA secara tepat

 

 

 

  1. IPS

Tugas dinilai dengan daftar periksa.

Indikator Penilaian

Ada dan Benar

Tidak Benar

Menyebutkan makna Proklamasi

Kemerdekaan

 

 

Tulisan memuat makna Proklamasi

Kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari

 

 

 

  1. IPA

Laporan IPA dinilai dengan daftar periksa

Indikator Penilaian

Ada dan Benar

Tidak Benar

Menyebutkan satu jenis tanaman

 

 

Menyebutkan ciri-ciri fisik tanaman

 

 

Menyebutkan manfaat bagian tanaman

terkait habitatnya

 

 

 

  1. Catatan pengamatan sikap (Peduli)

(Contoh terlampir di bagian lampiran Buku Guru).

 

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

·         Siswa yang masih kesulitan menemukan informasi penting dari bahan bacaan dengan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana dapat berlatih dengan guru.

·         Guru membantu siswa dengan memberikan teks dan meminta siswa untuk membacanya berulang kali berdasarkan unsur yang difokuskan.

 

2.     Pengayaan

Mintalah siswa untuk membawa tanaman yang berbeda dan memperlihatkannya kepada temannya, kemudian mendiskusikan cara tanaman tersebut beradaptasi.

 

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.     Lingkungan sekitar

4.     kertas HVS dan alat tulis

5.     Jenis-jenis tumbuhan dan habitatnya

6.     Bendera Merah Putih

 

 

Comments