RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Persatuan dalam Perbedaan (Tema 2) Sub Tema : Rukun dalam Perbedaan (Sub Tema 1) Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA, IPS Pembelajaran ke : 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : 6 /1
Tema : Persatuan dalam
Perbedaan (Tema 2)
Sub Tema : Rukun dalam Perbedaan (Sub
Tema 1)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA, IPS
Pembelajaran ke
: 1
Alokasi waktu
: 1 hari
A.
TUJUAN
1.
Setelah membaca teks tentang Proklamasi Kemerdekaan, siswa mampu
menyebutkan informasi penting menggunakan aspek apa, di mana, kapan,
siapa, mengapa, dan bagaimana pada peta pikiran dengan tepat.
2.
Setelah berdiskusi, siswa mampu mengembangkan informasi pada peta pikiran
melalui tulisan dengan detail.
3.
Setelah membaca teks, siswa mampu menyebutkan makna Proklamasi
Kemerdekaan dengan benar.
4.
Setelah berdiskusi, siswa mampu melaporkan dan mempresentasikan makna
Proklamasi Kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
5.
Setelah mengamati tumbuhan dan habitatnya, siswa mampu menyebutkan
ciri-ciri tumbuhan terkait habitatnya.
6.
Setelah berdiskusi, siswa mampu menulis laporan hasil pengamatan terhadap
ciri-ciri satu jenis tumbuhan terkait habitatnya.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran ·
Guru membawa bendera
Merah Putih ke dalam kelas. ·
Guru mengajukan
pertanyaan: ‘Kapan bendera Merah Putih dikibarkan?’ ‘Apa makna bendera
Merah Putih bagi Indonesia?’ Ayo Membaca ·
Siswa diminta untuk
mengamati gambar tulisan asli dari teks proklamasi selama satu menit. ·
Kemudian, setiap siswa
menjawab pertanyaan dan menukarkannya dengan teman di sebelahnya dan mendiskusikan
jawabannya. (Critical Thinking and Problem Solving) ·
Guru membimbing
diskusi, berjalan berkeliling dari kelompok satu ke Kelompok lain untuk
memastikan bahwa setiap anggota berpartisipasi secara aktif. ·
Guru mengajak satu
atau dua siswa untuk menyampaikan hasil diskusinya. Kemudian, memberi
penguatan kepada seluruh siswa mengenai jawaban yang diharapkan. Guru dapat
memberi kesempatan kepada seluruh siswa untuk memberikan komentar dari
jawaban yang ada. Guru tidak menjawab langsung, namun memberi kesempatan
kepada siswa lain untuk mencoba menjawab pertanyaan yang diajukan oleh
temannya. Guru dapat menguatkan jawaban-jawaban yang ada. ·
Siswa kemudian membaca
teks tentang Proklamasi Kemerdekaan dan mengisi peta pikiran. ·
Bersama temannya,
siswa mendiskusikan peta pikiran masing-masing. Guru berkeliling untuk memastikan semua
siswa aktif. ·
Guru meminta satu atau
dua siswa untuk menyampaikan hasil diskusinya. ·
Siswa mengembangkan
informasi pada peta pikiran dalam bentuk tulisan. (Mandiri) ·
Guru memberi kesempatan
kepada siswa untuk mempresentasikannya di kelompok masing-masing. Ayo Berdiskusi ·
Siswa melanjutkan
kegiatan dengan membaca ulang teks tentang Proklamasi Kemerdekaan dan
menuliskan maknanya bagi bangsa Indonesia. ·
Guru membimbing
diskusi secara klasikal dan memberikan penguatan. ·
Siswa menuliskan
paling sedikit tiga makna Proklamasi Kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari
mereka. ·
Guru mengajak siswa
untuk mendiskusikannya dan memberikan saran apabila dibutuhkan. Ayo Mengamati ·
Setiap siswa membaca
teks tentang Bunga Teratai. ·
Siswa secara
berkelompok akan berpetualang di lingkungan sekolah. (HOST) ·
Guru telah menyiapkan
beberapa pos. Pada setiap pos sudah tersedia berbagai jenis tumbuhan atau
gambar tumbuhan beserta informasi tentang cara tumbuhan tersebut beradaptasi. ·
Tugas setiap kelompok adalah mengumpulkan
informasi sebanyak mungkin, mencatatnya, dan mendiskusikannya dalam kelompok.
(Creativity
and Innovation) ·
Guru meminta siswa
memilih satu jenis tanaman dan membuat catatan tentang ciri tanaman tersebut
serta bagaimana tanaman tersebut beradaptasi.
·
Siswa kemudian menulis
laporan berdasarkan informasi pada peta pikiran. ·
Siswa mempresentasikan
hasil temuan mereka di depan kelas. |
140 menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
A. Kerja Sama dengan
Orang Tua Siswa bersama kedua
orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di
lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15 menit |
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Saat berdiskusi, siswa dinilai dengan rubrik.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan |
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Mendengarkan teman yang berbicara, namun sesekali masih perlu diingatkan. |
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara, namun tidak mengindahkan. |
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur,ekspresi wajah,
suara). |
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. |
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan ide,perasaan, pikiran) |
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. |
Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung. |
Catatan : Centang (v) pada bagian
yang memenuhi kriteria.
Tulisan
siswa dinilai dengan menggunakan daftar periksa.
Indikator
Penilaian |
Ada
|
Tidak
Ada |
Menyebutkan informasi penting dengan unsur APA secara
tepat |
|
|
Menyebutkan informasi penting dengan unsur SIAPA secara
tepat |
|
|
Menyebutkan informasi penting dengan unsur DI MANA
secara tepat |
|
|
Menyebutkan informasi penting dengan unsur KAPAN secara
tepat |
|
|
Menyebutkan informasi penting dengan unsur MENGAPA
secara tepat |
|
|
Menyebutkan informasi penting dengan unsur BAGAIMANA
secara tepat |
|
|
- IPS
Tugas dinilai dengan daftar periksa.
Indikator Penilaian |
Ada dan Benar |
Tidak Benar |
Menyebutkan makna Proklamasi Kemerdekaan |
|
|
Tulisan
memuat makna Proklamasi Kemerdekaan
dalam kehidupan sehari-hari |
|
|
- IPA
Laporan IPA dinilai dengan daftar periksa
Indikator Penilaian |
Ada dan Benar |
Tidak Benar |
Menyebutkan satu jenis tanaman |
|
|
Menyebutkan
ciri-ciri fisik tanaman |
|
|
Menyebutkan
manfaat bagian tanaman terkait
habitatnya |
|
|
- Catatan pengamatan sikap (Peduli)
(Contoh terlampir di bagian lampiran
Buku Guru).
C. Remedial dan Pengayaan
1. Remedial
·
Siswa yang masih kesulitan menemukan informasi
penting dari bahan bacaan dengan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan
bagaimana dapat berlatih dengan guru.
·
Guru membantu siswa dengan memberikan teks dan
meminta siswa untuk membacanya berulang kali berdasarkan unsur yang difokuskan.
2. Pengayaan
Mintalah siswa untuk membawa
tanaman yang berbeda dan memperlihatkannya kepada temannya, kemudian
mendiskusikan cara tanaman tersebut beradaptasi.
D. SUMBER DAN MEDIA
1. Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan
Buku Siswa Tema 2 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
2. Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3. Lingkungan sekitar
4. kertas
HVS dan
alat tulis
5. Jenis-jenis tumbuhan dan habitatnya
6. Bendera Merah Putih
Comments