RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Globalisasi (Tema 4) Sub Tema : Globalisasi dan Manfaatnya (Sub Tema 2) Muatan Terpadu : PPkN, SBdP Pembelajaran ke : 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020



Satuan Pendidikan       : SDN SUKAHURIP 02

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Globalisasi (Tema 4)

Sub Tema                   :  Globalisasi dan Manfaatnya (Sub Tema 2)

Muatan Terpadu            :  PPkN, SBdP

Pembelajaran ke        :  2

Alokasi waktu             :  1 hari

 

A.    TUJUAN

1.     Setelah berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi pentingnya sikap kerja keras dalam keberagaman ekonomi dengan benar.

2.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menuliskan potensi dan usaha yang perlu dilakukan terkait dengan keberagaman ekonomi dengan terperinci.

3.     Setelah mengamati poster teman, siswa mampu mengidentifikasi reklame (poster) berdasarkan ciri-ciri reklame yang baik.

4.     Setelah mengamati poster teman, siswa mampu memberikan penilaian atas reklame yang dibuat teman dengan terperinci.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Ayo Berdiskusi

·         Di awal pembelajarn guru menyampaikan bahwa era globalisasi membawa banyak manfaat bagi masyarakat dunia. Warga dunia mempunyai banyak kesempatan untuk mengembangkan dirinya. Mang Samad adalah seorang pengusaha yang berhasil mencapai kesuksesan.

·          Siswa membaca teks tentang Pengrajin Garut yang Menembus Dunia.

·         Siswa membaca teks tersebut dengan membaca dalam hati. Siswa akan duduk secara berkelompok. Satu kelompok terdiri atas 5 siswa. Dalam kelompoknya siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan di Buku Siswa.(Gotong Royong)

·         Guru menunjuk beberapa kelompok untuk menyampaikan pendapatnya. Siswa mempresentasikan hasil pekerjaan kelompoknya di depan kelas. Siswa lain bisa memberikan pertanyaan atau memberikan pendapatnya. (Critical Thinking and Problem Formulation)

·         Siswa menuliskan potensi dan hal yang ingin dikembangkan pada tabel yang ada di buku siswa. (Mandiri)

 

Ayo Berlatih

·         Siswa mengerjakan soal-soal yang ada di buku siswa. (Critical Thinking and Problem Formulation)

·         Guru berkeliling melihat strategi yang digunakan oleh siswa untuk menemukan jawaban.

·         Guru memberikan pendampingan kepada siswa yang masih membutuhkan.

 

Ayo Berkreasi

·         Siswa memilih pasangan secara acak. Siswa mempresentasikan poster yang dibuatnya kepada teman pasangannya. Siswa saling memberikan komentar atas poster yang dibuat oleh temannya.

·         Siswa menuliskan pendapatnya pada tabel yang ada di buku siswa.

(Creativity and Innovation)

·         Di akhir pembelajaran guru terus memotivasi siswa untuk kreatif, dan kerja keras supaya siap menghadapi era globalisasi.

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

1.     PPkn: Potensi diri

Aspek

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Potensi yang

dimiliki

Menjelaskan 3

potensi dengan

sesuai fakta,

Menjelaskan 2

potensi dengan

sesuai fakta,

Menjelaskan 1

potensi dengan

sesuai fakta,

Belum mampu

menjelaskan

potensi yang

dimiliki,

Hal yang perlu

dikembangkan

Menjelaskan

3 potensi

yang perlu

dikembang  kan

dari diri dengan

terperinci,

sesuai fakta,

dan logis.

Memenuhi

2 dari 3

kriteria yang

diharapkan.

Memenuhi

1 dari 3

kriteria yang

diharapkan.

Belum

memenuhi

kriteria yang

diharapkan.

Usaha

mengembang-

kan

Menuliskan 3

usaha untuk

mengembang-

kan diri dengan

benar.

Menuliskan 2

usaha untuk

mengembang-

kan diri dengan

benar.

Menuliskan 1

usaha untuk

mengembang-

kan diri dengan

benar.

Belum mampu

menjelaskan

hal yang perlu

dikembangkan.

 

2.     SBdP: Kemampuan siswa memberikan kometar poster teman bisa ditulis

pada catatan anekdot.

3.     Diskusi pertanyaan tentang Pak Samad menggunakan rubrik pada halaman 17

4.     Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (tanggung jawab dan santun)(Contoh terlampir di bagian lampiran Buku Guru).

Guru dapat menambahkan catatan penilaian sikap, contoh terlampir pada lampiran pertama Buku Guru.

 

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

Siswa yang belum memahami pentingnya sikap kerja keras dalam keberagaman ekonomi masyarakat.dapat mengulang kegiatan bersama guru. Kegiatan bisa dilakukan seusai jam belajar. Kegiatan dilakukan sekitar 30 menit–60 menit. Kegiatan dapat dilakukan untuk beberapa siswa sekaligus.

2.     Pengayaan

Siswa bisa mengamati ciri- ciri reklame.

 

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.     Lingkungan sekitar

4.     kertas HVS dan alat tulis

5.     Foto, artikel berita terbaru tentang peran Indonesia di wilayah ASEAN.

 

E.    MATERI

  1. Teks tentang Pengrajin Garut yang Menembus Dunia.
  2. Sikap kerja keras dalam keberagaman ekonomi.
  3. Potensi dan usaha yang perlu dilakukan terkait dengan keberagaman.
  4. Ciri- ciri reklame.

 

F.    PENDEKATAN & METODE

       Pendekatan            : Scientific

Strategi                  : Cooperative Learning

Teknik                    : Example Non Example

Metode                  : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

 

 

 

Comments