RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Persatuan dalam Perbedaan (Tema 2) Sub Tema : Bersatu Kita Teguh (Sub Tema 3) Muatan Terpadu : PPkN, SBdP Pembelajaran ke : 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020


Satuan Pendidikan       : SDN SUKAHURIP 02

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Persatuan dalam Perbedaan (Tema 2)

Sub Tema                   : Bersatu Kita Teguh (Sub Tema 3)

Muatan Terpadu            : PPkN, SBdP

Pembelajaran ke        :  2

Alokasi waktu             :  1 hari

 

 

A.    TUJUAN

1.     Setelah mengamati gambar, siswa mampu menyebutkan manfaat persatuan dalam kehidupan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan benar.

2.     Setelah berdiskusi, siswa mampu menulis cerita tentang persatuan dalam kehidupan sehari-hari dan manfaatnya dengan detail.

3.     Setelah membaca informasi tari Indang, siswa mampu menyebutkan pola lantai tariannya dan langkah gerakan pola dengan benar.

4.     Setelah berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan pola lantai tari Indang dengan benar.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Sebelum memulai pembelajaran, guru meminta siswa untuk memperhatikan kelas dan meminta salah satu siswa untuk menyapu lantai menggunakan satu batang lidi.

Guru kemudian mengajak siswa untuk curah

pendapat:

‘Apa yang terjadi apabila pekerjaan tadi dilakukan dengan menggunakan satu lidi?’

‘Apa yang harus dilakukan agar sampah bisa cepat bersih?’

Guru memimpin curah pendapat dan menyampaikan kepada siswa bahwa hari ini mereka akan belajar tentang bagaimana persatuan dapat membantu mencapai tujuan.

Ayo Berdiskusi

·         Siswa mengamati gambar dan melanjutkannya dengan membaca teks dalam hati. Guru memberi waktu sekitar 3 menit.

·         Siswa kemudian membuat pertanyaan terkait bacaan dan gambar.  Mereka mendiskusikan pertanyaan dengan teman di sebelahnya.

·         Guru berkeliling untuk memastikan bahwa setiap siswa ikut aktif berpartisipasi.

·         Siswa kemudian melanjutkan pekerjaannya dengan membuat kesimpulan  dan menjawab pertanyaan. Siswa kemudian mendiskusikan jawaban bersama teman kelompok. Guru memberikan masukan.

·         Siswa menulis pengalamannya tentang manfaat persatuan pada tempat yang disediakan. Siswa saling berbagi tulisannya kepada teman di kelompoknya dan guru meminta satu orang perwakilan untuk membacakannya dan memberi masukan.

(Critical Thinking and Problem Formulation)

 

Ayo Berkreasi

·         Siswa melanjutkan kegiatan dengan membaca teks tentang tari Indang. Guru kemudian mengajukan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman siswa.

·         Siswa mendiskusikan tentang tarian Indang dan guru kemudian membahasnya bersama.

·         Guru memberi penguatan tentang pola lantai tari.

·         Bersama teman kelompoknya, siswa kemudian mempraktikkan satu pola lantai tarian dan setiap siswa menuliskan langkah pola lantai dan menggambarnya.

(Creativity and Innovation)

·         Di akhir kegiatan, guru bersama siswa mendiskusikan kembali tentang pola lantai tari Indang. (Collaburation)

 

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

1.     PPKn

Produk siswa dinilai dengan daftar periksa.

Indikator Penilaian

Ya

Tidak

Catatan

Menuliskan kegiatan yang dilakukan

 

 

 

Memberikan 3 contoh sikap yang

diterapkan

 

 

 

Menuliskan 3 manfaat dari persatuan

dan kesatuan

 

 

 

Menuliskan tempat dan waktu

kejadian

 

 

 

 

2.     SBdP

Catatan pengamatan keterampilan praktik pola lantai

3.     Catatan pengamatan sikap (peduli)

(Contoh terlampir di lampiran pada Buku Guru).

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

Siswa yang masih kesulitan menemukan manfaat persatuan dalam kehidupan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dapat berlatih dengan guru.

 

2.     Pengayaan

Mintalah siswa untuk memajang laporan tentang tarian daerah.

           

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.     Lingkungan sekitar

4.     kertas HVS dan alat tulis

5.     Sapu lidi

 

 

E.    MATERI

  1. Manfaat persatuan dalam kehidupan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
  2. Informasi tentang tari Indang.
  3. Langkah- langkah gerakan tari Indang.

 

 

F.    PENDEKATAN & METODE

       Pendekatan            : Scientific

Strategi                  : Cooperative Learning

Teknik                    : Example Non Example

Metode                  : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

 

 

 

 

 

 

 

Comments