RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Persatuan dalam Perbedaan (Tema 2) Sub Tema : Bersatu Kita Teguh (Sub Tema 3) Muatan Terpadu : PPkN, SBdP Pembelajaran ke : 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : 6 /1
Tema : Persatuan dalam
Perbedaan (Tema 2)
Sub Tema : Bersatu Kita Teguh (Sub
Tema 3)
Muatan Terpadu :
PPkN, SBdP
Pembelajaran ke
: 2
Alokasi waktu
: 1 hari
A.
TUJUAN
1.
Setelah mengamati gambar, siswa mampu menyebutkan manfaat persatuan dalam
kehidupan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
dengan benar.
2.
Setelah berdiskusi, siswa mampu menulis cerita tentang persatuan dalam
kehidupan sehari-hari dan manfaatnya dengan detail.
3.
Setelah membaca informasi tari Indang, siswa mampu menyebutkan pola
lantai tariannya dan langkah gerakan pola dengan benar.
4.
Setelah berdiskusi, siswa mampu mempraktikkan pola lantai tari Indang
dengan benar.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran Sebelum memulai
pembelajaran, guru meminta siswa untuk memperhatikan kelas dan meminta salah
satu siswa untuk menyapu lantai menggunakan satu batang lidi. Guru kemudian mengajak
siswa untuk curah pendapat: ‘Apa yang terjadi
apabila pekerjaan tadi dilakukan dengan menggunakan satu lidi?’ ‘Apa yang harus
dilakukan agar sampah bisa cepat bersih?’ Guru memimpin curah
pendapat dan menyampaikan kepada siswa bahwa hari ini mereka akan belajar
tentang bagaimana persatuan dapat membantu mencapai tujuan. Ayo Berdiskusi ·
Siswa mengamati gambar
dan melanjutkannya dengan membaca teks dalam hati. Guru memberi waktu sekitar
3 menit. ·
Siswa kemudian membuat
pertanyaan terkait bacaan dan gambar.
Mereka mendiskusikan pertanyaan dengan teman di sebelahnya. ·
Guru berkeliling untuk
memastikan bahwa setiap siswa ikut aktif berpartisipasi. ·
Siswa kemudian
melanjutkan pekerjaannya dengan membuat kesimpulan dan menjawab pertanyaan. Siswa kemudian
mendiskusikan jawaban bersama teman kelompok. Guru memberikan masukan. ·
Siswa menulis
pengalamannya tentang manfaat persatuan pada tempat yang disediakan. Siswa
saling berbagi tulisannya kepada teman di kelompoknya dan guru meminta satu
orang perwakilan untuk membacakannya dan memberi masukan. (Critical Thinking and Problem Formulation) Ayo Berkreasi ·
Siswa melanjutkan
kegiatan dengan membaca teks tentang tari Indang. Guru kemudian mengajukan
pertanyaan untuk mengetahui pemahaman siswa. ·
Siswa mendiskusikan
tentang tarian Indang dan guru kemudian membahasnya bersama. ·
Guru memberi penguatan
tentang pola lantai tari. ·
Bersama teman
kelompoknya, siswa kemudian mempraktikkan satu pola lantai tarian dan setiap
siswa menuliskan langkah pola lantai dan menggambarnya. (Creativity and Innovation) ·
Di akhir kegiatan,
guru bersama siswa mendiskusikan kembali tentang pola lantai tari Indang. (Collaburation) |
140 menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
A. Kerja Sama dengan
Orang Tua Siswa bersama kedua
orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di
lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15 menit |
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Produk siswa dinilai dengan daftar periksa.
Indikator
Penilaian |
Ya
|
Tidak
|
Catatan
|
Menuliskan
kegiatan yang dilakukan |
|
|
|
Memberikan 3 contoh sikap yang diterapkan |
|
|
|
Menuliskan 3 manfaat dari persatuan dan kesatuan |
|
|
|
Menuliskan tempat dan waktu kejadian |
|
|
|
2. SBdP
Catatan pengamatan keterampilan praktik
pola lantai
3. Catatan pengamatan
sikap (peduli)
(Contoh terlampir di lampiran pada Buku
Guru).
C. Remedial dan Pengayaan
1. Remedial
Siswa yang masih kesulitan
menemukan manfaat persatuan dalam kehidupan Negara
Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dapat berlatih dengan guru.
2. Pengayaan
Mintalah siswa untuk memajang
laporan tentang tarian daerah.
D. SUMBER DAN MEDIA
1. Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan
Buku Siswa Tema 1 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
2. Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3. Lingkungan sekitar
4. kertas
HVS dan
alat tulis
5. Sapu lidi
E. MATERI
- Manfaat persatuan dalam
kehidupan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
- Informasi tentang tari Indang.
- Langkah- langkah gerakan tari Indang.
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
Comments