RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema : Ayo, Selamatkan Hewan dan Tumbuhan (Sub Tema 3) Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA Pembelajaran ke : 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020


Satuan Pendidikan       : SD/MI NEGERI SUKAHURIP 02

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1)

Sub Tema                   : Ayo, Selamatkan Hewan dan Tumbuhan (Sub Tema 3)

Muatan Terpadu            :  Bahasa Indonesia, IPA

Pembelajaran ke        :  3

Alokasi waktu             :  1 hari

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.     Setelah mengamati dan mencari informasi, siswa mampu mengidentifikasi cara pelestarian hewan/tumbuhan dengan tepat.

2.     Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat poster tentang pelestarian hewan/tumbuhan dengan detail.

3.     Setelah membaca teks, siswa mampu menemukan ide pokok dengan bantuan diagram. 

4.     Setelah menemukan ide pokok dari teks yang dibaca, siswa mampu membuat penilaian terhadap suatu kesimpulan dengan detail

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Ayo Mengamati

·         Siswa melanjutkan kegiatan dengan mengamati gambar pada buku pelajaran dan mendiskusikannya dalam kelompok.

(Critical Thinking and Problem Formulation)

·         Guru menginformasikan kepada siswa bahwa mereka sudah belajar tentang manfaat perkembangbiakan hewan dan tumbuhan.  Semua cara perkembangbiakan membawa manfaat yang besar bagi kehidupan mahluk hidup.

 

Ayo Mencoba

·         Guru menyampaikan informasi kepada siswa bahwa mereka akan membuat poster.  Mereka sudah mempelajari poster di kelas sebelumnya.

 

 

·         Siswa kemudian mempelajari bagaimana membuat poster terutama membuat desain hewan atau tumbuhan.  Siswa dapat membuat poster tentang pelestarian hewan atau tumbuhan.

·         Siswa dapat mengampanyekan pelestarian hewan atau mahluk hidup kepada adik kelasnya.

(Creativity and Innovation)

 

 

Ayo Menulis

·         Pada kesempatan ini guru menyampaikan informasi kepada siswa bahwa mereka akan menilai kesimpulan teman dengan menggunakan ciri-ciri kesimpulan yang baik.

 

·         Sebelumnya siswa mengambil kesimpulan yang telah dihasilkan di pertemuan sebelumnya.  Siswa menukarkan pekerjaannya kepada teman di sebelahnya dan saling menilai.

·         Siswa kemudian mendiskusikan hasil penilaiannya.

·         Guru menyampaikan daftar periksa penilaian kepada siswa.

 

 

 

 

 

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

  1. Diskusi

Saat berdiskusi, siswa dinilai dengan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Mendengarkan

 

Selalu

mendengarkan teman yang

sedang berbicara.

 

Mendengarkan

teman yang

berbicara, namun

sesekali masih

perlu diingatkan.

 

Masih perlu

diingatkan untuk

mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Sering

diingatkan untuk

mendengarkan teman yang

sedang berbicara,

namun tidak

mengindahkan.

 

Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur,ekspresi wajah, suara).

 

Merespon dan

menerapkan

komunikasi non verbal dengan tepat.

Merespon dengan

tepat terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Sering merespon

kurang tepat

terhadap

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Membutuhkan bantuan dalam

memahami

bentuk

komunikasi

non verbal yang

ditunjukkan

teman.

 

Partisipasi

(menyampaikan ide,perasaan,

pikiran)

Isi pembicaraan

menginspirasi

teman. Selalu

mendukung

dan memimpin

lainnya saat

diskusi.

Berbicara dan

menerangkan

secara rinci,

merespon sesuai

dengan topik.

Berbicara dan

menerangkan secara rinci,

namun terkadang

merespon kurang

sesuai dengan

topik.

Jarang berbicara

selama

proses diksusi

berlangsung.

Catatan : Centang  (v) pada bagian yang memenuhi kriteria.

 

2.     IPA

Penilaian poster dilakukan dengan menggunakan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Konsep perkem-

bangbiakan

Poster memuat

perkembang-

biakan hewan/

tumbuhan yang

disertai contoh

dan cara perkem-

bangbiakan

Poster memuat

perkembang-

biakan hewan/

tumbuhan yang

disertai contoh

atau cara perkem-

bangbiakan

Poster memuat

perkembang-

biakan hewan/

tumbuhan yang

disertai contoh

atau cara perkem-

bangbiakan

namun salah

satunya kurang

tepat

Poster memuat

perkembang-

biakan hewan/

tumbuhan yang

disertai contoh

dan cara perkem-

banbiakan namun

salah

Konsep

pelestarian

Poster memuat

cara pelestarian

hewan/tumbuhan

dan dihubungkan

dengan manfaat

dan cara perkem-

bangbiakannya

Poster memuat

cara pelestarian

hewan/tumbuhan

dandihubungkan

dengan manfaat

atau cara perkem-

bangbiakannya

Poster memuat

cara pelestarian

hewan/tumbu-

han tapi tidak

dihubungkan

dengan manfaat

atau cara perkem-

bangbiakannya

Poster memuat

cara pelestarian

hewan/tumbuhan

dan dihubungkan

dengan manfaat

dan cara perkem-

bangbiakannya

tetapi kurang

tepat.

Gambar

Gambar dan

pesan memiliki

kesesuaian yang

sangat kuat

Gambar dan

pesan memiliki

kesesuaian yang

kuat

Gambar dan

pesan memiliki

kesesuaian yang

tidak kuat

Gambar dan

pesan tidak me-

miliki kesesuaian

 

Catatan : Centang  () pada bagian yang memenuhi kriteria.

 

  1. Bahasa Indonesia

Komentar siswa dinilai dengan menggunakan daftar periksa.

Indikator Penilaian

Ada dan Benar

Tidak Benar

Komentar memuat tentang ide pokok

 

 

Komentar memuat sistematika penulisan

 

 

Komentar didukung oleh fakta bukan opini

 

 

Komentar diberikan terkait kosakata baku

 

 

 

4.     Catatan anekdot untuk mencatat sikap (peduli)

(Contoh terlampir di lampiran pada Buku Guru).

 

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

Siswa yang masih memiliki kesulitan dalam membuat kesimpulan dari teks yang dibaca dapat berlatih dengan guru.Guru memilihkan paragraf yang sederhana kemudian bersama  siswa menemukan ide pokoknya dan membuat kesimpulan.

2.     Pengayaan

Siswa dapat menempelkan poster di halaman sekolah.

 

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.     Lingkungan sekitar

4.     kertas HVS dan alat tulis

5.     Patung nusantara

 

 

 

Comments