RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Selamatkan Makhluk Hidup (Tema 1) Sub Tema : Ayo, Selamatkan Hewan dan Tumbuhan (Sub Tema 3) Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA Pembelajaran ke : 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SD/MI NEGERI SUKAHURIP 02
Kelas / Semester :
6 /1
Tema : Selamatkan Makhluk
Hidup (Tema 1)
Sub Tema : Ayo, Selamatkan Hewan dan
Tumbuhan (Sub Tema 3)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA
Pembelajaran ke :
3
Alokasi waktu :
1 hari
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah mengamati dan mencari informasi, siswa mampu
mengidentifikasi cara pelestarian hewan/tumbuhan dengan tepat.
2. Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat poster tentang
pelestarian hewan/tumbuhan dengan detail.
3. Setelah membaca teks, siswa mampu menemukan ide pokok
dengan bantuan diagram.
4. Setelah menemukan ide pokok dari teks yang dibaca, siswa
mampu membuat penilaian terhadap suatu kesimpulan dengan detail
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran Ayo Mengamati ·
Siswa melanjutkan
kegiatan dengan mengamati gambar pada buku pelajaran dan mendiskusikannya
dalam kelompok. (Critical Thinking and Problem Formulation) ·
Guru menginformasikan
kepada siswa bahwa mereka sudah belajar tentang manfaat perkembangbiakan
hewan dan tumbuhan. Semua cara
perkembangbiakan membawa manfaat yang besar bagi kehidupan mahluk hidup. Ayo Mencoba ·
Guru menyampaikan
informasi kepada siswa bahwa mereka akan membuat poster. Mereka sudah mempelajari poster di kelas
sebelumnya. ·
Siswa kemudian
mempelajari bagaimana membuat poster terutama membuat desain hewan atau
tumbuhan. Siswa dapat membuat poster
tentang pelestarian hewan atau tumbuhan. ·
Siswa dapat
mengampanyekan pelestarian hewan atau mahluk hidup kepada adik kelasnya. (Creativity and Innovation) Ayo Menulis ·
Pada kesempatan ini
guru menyampaikan informasi kepada siswa bahwa mereka akan menilai kesimpulan
teman dengan menggunakan ciri-ciri kesimpulan yang baik. ·
Sebelumnya siswa
mengambil kesimpulan yang telah dihasilkan di pertemuan sebelumnya. Siswa menukarkan pekerjaannya kepada teman
di sebelahnya dan saling menilai. ·
Siswa kemudian
mendiskusikan hasil penilaiannya. ·
Guru menyampaikan daftar
periksa penilaian kepada siswa. |
140
menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
A.
Kerja Sama dengan Orang Tua Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai
warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15
menit |
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian
terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil
pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi
peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan
kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap
materi ini dapat dilakukan sesuai
kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
- Diskusi
Saat berdiskusi, siswa dinilai dengan rubrik.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan |
Selalu mendengarkan teman yang
sedang berbicara. |
Mendengarkan teman yang berbicara, namun sesekali masih perlu diingatkan. |
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang
sedang berbicara. |
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang
sedang berbicara, namun tidak mengindahkan. |
Komunikasi non verbal
(kontak mata, bahasa tubuh, postur,ekspresi wajah, suara). |
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal
dengan tepat. |
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Sering
merespon kurang
tepat terhadap
komunikasi
non verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan bantuan
dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan
ide,perasaan, pikiran) |
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. |
Berbicara dan menerangkan secara
rinci, namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. |
Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung. |
Catatan : Centang (v) pada bagian yang memenuhi kriteria.
2.
IPA
Penilaian poster dilakukan dengan menggunakan rubrik.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Konsep perkem- bangbiakan |
Poster memuat perkembang- biakan hewan/ tumbuhan yang disertai contoh dan cara perkem- bangbiakan |
Poster memuat perkembang- biakan hewan/ tumbuhan yang disertai contoh atau cara perkem- bangbiakan |
Poster memuat perkembang- biakan hewan/ tumbuhan yang disertai contoh atau cara perkem- bangbiakan namun salah satunya kurang tepat |
Poster memuat perkembang- biakan hewan/ tumbuhan yang disertai contoh dan cara perkem- banbiakan namun salah |
Konsep pelestarian |
Poster memuat cara pelestarian hewan/tumbuhan dan dihubungkan dengan manfaat dan cara perkem- bangbiakannya |
Poster memuat cara pelestarian hewan/tumbuhan dandihubungkan dengan manfaat atau cara perkem- bangbiakannya |
Poster memuat cara pelestarian hewan/tumbu- han tapi tidak dihubungkan dengan manfaat atau cara perkem- bangbiakannya |
Poster memuat cara pelestarian hewan/tumbuhan dan dihubungkan dengan manfaat dan cara perkem- bangbiakannya tetapi kurang tepat. |
Gambar |
Gambar dan pesan memiliki kesesuaian yang sangat kuat |
Gambar dan pesan memiliki kesesuaian yang kuat |
Gambar dan pesan memiliki kesesuaian yang tidak kuat |
Gambar dan pesan tidak me- miliki kesesuaian |
Catatan : Centang ()
pada bagian yang memenuhi kriteria.
- Bahasa Indonesia
Komentar siswa dinilai dengan menggunakan daftar periksa.
Indikator
Penilaian |
Ada
dan Benar |
Tidak
Benar |
Komentar
memuat tentang ide pokok |
|
|
Komentar
memuat sistematika penulisan |
|
|
Komentar
didukung oleh fakta bukan opini |
|
|
Komentar
diberikan terkait kosakata baku |
|
|
4. Catatan anekdot untuk
mencatat sikap (peduli)
(Contoh terlampir di lampiran pada Buku Guru).
C. Remedial dan Pengayaan
1.
Remedial
Siswa yang masih memiliki kesulitan dalam membuat kesimpulan dari teks
yang dibaca dapat berlatih dengan guru.Guru memilihkan paragraf yang sederhana
kemudian bersama siswa menemukan ide
pokoknya dan membuat kesimpulan.
2. Pengayaan
Siswa dapat menempelkan poster di halaman sekolah.
D. SUMBER DAN MEDIA
1.
Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 6
dan Buku Siswa Tema 1
Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
2.
Media
Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3.
Lingkungan
sekitar
4.
kertas
HVS
dan alat tulis
5.
Patung
nusantara
Comments