RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Globalisasi (Tema 4) Sub Tema : Globalisasi dan Manfaatnya (Sub Tema 2) Muatan Terpadu : Bahsasa Indonesia, IPA Pembelajaran ke : 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : 6 /1
Tema : Globalisasi (Tema 4)
Sub Tema
: Globalisasi dan Manfaatnya (Sub Tema 2)
Muatan Terpadu : Bahsasa Indonesia, IPA
Pembelajaran ke
: 3
Alokasi waktu
: 1 hari
A.
TUJUAN
1. Dengan menyimak, siswa mampu menyebutkan informasi
penting dari teks ekplanasi yang didengar dengan benar.
2. Dengan meyimak, siswa mampu menulis informasi
penting dari teks ekplanasi yang didengar dalam bentuk peta pikiran dengan
sistematis.
3. Dengan membuat poster, siswa mampu menjelaskan cara
menghemat energi listrik dengan mandiri.
4. Dengan membuat poster, siswa mampu melakukan
kegiatan hemat listrik dengan mandiri.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
|
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran Ayo Mengamati ·
Siswa mengamati gambar
yang berisi tentang kebiasaan hidup boros listrik. ·
Siswa berdiskusi
menjawab pertanyaan terkait gambar tersebut dan menuliskan jawabannya di
buku. (Critical Thinking and
Problem Formulation) Ayo Menulis ·
Guru membacakan teks
eksplanasi ilmiah tentang sikap hidup hemat listrik. Siswa akan menyimak dan
menuliskan informasi penting dari setiap paragraf tersebut. ·
Siswa menuliskannya
dalam diagram yang tersedia. (Creativity and
Innovation) Ayo Mencoba ·
Siswa membuat poster
ajakan hidup hemat listrik dengan memperhatikan kriteria yang tersedia di
buku. ·
Siswa mengampanyekan
poster, kemudian menempel poster tersebut di sekitar sekolah. (Creativity and Innovation) |
140 menit |
|
|
|||
Kegiatan Penutup |
A. Kerja Sama dengan
Orang Tua Siswa bersama kedua
orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di
lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15 menit |
|
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru
untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian
digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
1.
Bahasa Indonesia
Tulisan siswa menyajikan informasi penting dari teks tulis
eksplanasi ilmiah yang dibacakan pentingnya hidup hemat listrik, diperiksa
menggunakan rubrik pada halaman 10.
2.
IPA
Poster siswa berisi ajakan hemat listrik, diperiksa
menggunakan rubrik:
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Cara menghemat energi listrik |
Menjelaskan cara menghemat energi listrik dengan jelas dan tepat. |
Menjelaskan cara menghemat energi listrik dengan cukup jelas dan tepat. |
Menjelaskan cara menghemat energi listrik dengan kurang jelas dan tepat. |
Belum mampu menjelaskan cara menghemat energi listrik dengan jelas dan tepat. |
Penyajian karya tentang berbagai cara melakukan penghematan energi listrik |
Isi poster: Tepat, jelas, sistematis, dan menarik. |
Isi poster memenuhi tiga kriteria di kolom 4. |
Isi poster memenuhi dua kriteria di kolom 4. |
Isi poster hanya memenuhi satu kriteria di kolom 4. |
Sikap : Kemandirian |
Poster diselesaikan dengan mandiri. |
Poster diselesaikan dengan cukup mandiri. |
Poster diselesaikan dengan bimbingan. |
Belum mampu membuat poster meski dengan bimbingan. |
Penilaian Sikap
Guru dapat menambahkan catatan penilaian sikap, contoh
terlampir pada lampiran pertama Buku Guru.
C. Remedial dan Pengayaan
1. Remedial
Siswa yang belum mampu membuat
poster, akan mendapat pendampingan guru untuk menyelesaikan tugasnya.
2. Pengayaan
Siswa dapat melakukan kampanye
hemat listrik ke seluruh kelas yang ada di sekolah.
D. SUMBER DAN MEDIA
1. Buku
Pedoman Guru Tema 4
Kelas 6 dan
Buku Siswa Tema 4
Kelas 6
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2018).
2. Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3. Lingkungan sekitar
4. kertas
HVS dan
alat tulis
5. Karton putih/kalender bekas, alat tulis untuk membuat
poster.
E. MATERI
- Teks bacaan tentang mengapa
harus hemat listrik.
- Gambar yang berisi tentang kebiasaan hidup boros
listrik.
- Cara
menghemat energi listrik.
- Poster tentang ajakan hidup hemat listrik.
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
Comments