RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Globalisasi (Tema 4) Sub Tema : Globalisasi dan Manfaatnya (Sub Tema 2) Muatan Terpadu : Bahsasa Indonesia, IPA Pembelajaran ke : 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020



Satuan Pendidikan       : SDN SUKAHURIP 02

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Globalisasi (Tema 4)

Sub Tema                   :  Globalisasi dan Manfaatnya (Sub Tema 2)

Muatan Terpadu            :  Bahsasa Indonesia, IPA

Pembelajaran ke        :  3

Alokasi waktu             :  1 hari

 

A.    TUJUAN

1.     Dengan menyimak, siswa mampu menyebutkan informasi penting dari teks ekplanasi yang didengar dengan benar.

2.     Dengan meyimak, siswa mampu menulis informasi penting dari teks ekplanasi yang didengar dalam bentuk peta pikiran dengan sistematis.

3.     Dengan membuat poster, siswa mampu menjelaskan cara menghemat energi listrik dengan mandiri.

4.     Dengan membuat poster, siswa mampu melakukan kegiatan hemat listrik dengan mandiri.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Ayo Mengamati

·         Siswa mengamati gambar yang berisi tentang kebiasaan hidup boros listrik.

·         Siswa berdiskusi menjawab pertanyaan terkait gambar tersebut dan menuliskan jawabannya di buku.

(Critical Thinking and Problem Formulation)

 

Ayo Menulis

·         Guru membacakan teks eksplanasi ilmiah tentang sikap hidup hemat listrik. Siswa akan menyimak dan menuliskan informasi penting dari setiap paragraf tersebut.

·         Siswa menuliskannya dalam diagram yang tersedia.

(Creativity and Innovation)

 

 

Ayo Mencoba

·           Siswa membuat poster ajakan hidup hemat listrik dengan memperhatikan kriteria yang tersedia di buku.

·           Siswa mengampanyekan poster, kemudian menempel poster tersebut di sekitar sekolah.

(Creativity and Innovation)

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

1.     Bahasa Indonesia

Tulisan siswa menyajikan informasi penting dari teks tulis eksplanasi ilmiah yang dibacakan pentingnya hidup hemat listrik, diperiksa menggunakan rubrik pada halaman 10.

2.     IPA

Poster siswa berisi ajakan hemat listrik, diperiksa menggunakan rubrik:

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Cara

menghemat

energi listrik

 

Menjelaskan

cara

menghemat

energi listrik

dengan jelas

dan tepat.

Menjelaskan

cara

menghemat

energi listrik

dengan cukup

jelas dan tepat.

Menjelaskan

cara

menghemat

energi listrik

dengan kurang

jelas dan tepat.

Belum mampu

menjelaskan

cara

menghemat

energi listrik

dengan jelas

dan tepat.

Penyajian

karya tentang

berbagai cara

melakukan

penghematan

energi listrik

Isi poster:

Tepat, jelas,

sistematis, dan

menarik.

Isi poster

memenuhi tiga

kriteria di kolom

4.

Isi poster

memenuhi dua

kriteria di kolom

4.

Isi poster hanya

memenuhi satu

kriteria di kolom

4.

Sikap :

Kemandirian

Poster

diselesaikan

dengan

mandiri.

Poster

diselesaikan

dengan cukup

mandiri.

Poster

diselesaikan

dengan

bimbingan.

Belum mampu

membuat poster

meski dengan

bimbingan.

 

Penilaian Sikap

Guru dapat menambahkan catatan penilaian sikap, contoh terlampir pada lampiran pertama Buku Guru.

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

Siswa yang belum mampu membuat poster, akan mendapat pendampingan guru untuk menyelesaikan tugasnya.

2.     Pengayaan

Siswa dapat melakukan kampanye hemat listrik ke seluruh kelas yang ada di sekolah.

 

 

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.     Lingkungan sekitar

4.     kertas HVS dan alat tulis

5.     Karton putih/kalender bekas, alat tulis untuk membuat poster.

 

E.    MATERI

  1. Teks bacaan  tentang mengapa harus hemat listrik.
  2. Gambar yang berisi tentang kebiasaan hidup boros listrik.
  3. Cara menghemat energi listrik.
  4. Poster tentang ajakan hidup hemat listrik.

 

 

F.    PENDEKATAN & METODE

       Pendekatan            : Scientific

Strategi                  : Cooperative Learning

Teknik                    : Example Non Example

Metode                  : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

 

 

 

Comments