RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Globalisasi (Tema 4) Sub Tema : Globalisasi dan Cinta Tanah Air (Sub Tema 3) Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA Pembelajaran ke : 3 Alokasi waktu : 1 hari
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : 6 /1
Tema : Globalisasi (Tema 4)
Sub Tema
: Globalisasi dan Cinta Tanah Air (Sub Tema 3)
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA
Pembelajaran ke
: 3
Alokasi waktu
: 1 hari
A. TUJUAN
1. Dengan membaca, siswa mampu mengidentifikasi
ciri-ciri kosakata baku pada teks yang dibaca dengan tepat.
2. Dengan membaca, siswa mampu menulis informasi
penting dari teks ekplanasi yang dibaca dalam bentuk tulisan dan visual dengan
kalimat efektif dan kosakata baku dengan sistematis.
3. Dengan percobaan membuat kompor tenaga surya, siswa
mampu menjelaskan manfaat sumber alternatif energi listrik dengan tepat.
4. Dengan percobaan membuat kompor tenaga surya, siswa
mampu menyajikan karya tentang cara melakukan penghematan energi dan usulan
sumber alternatif energi listrik dengan mandiri.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
|
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran Ayo Membaca ·
Siswa melengkapi teks
eksplanasi ilmiah tentang teknologi hijau/tenaga sel surya, sehingga menjadi
satu teks yang utuh. (Mandiri, Creativity and Innovation) ·
Siswa mengingat
kembali ciri-ciri dari teks eksplanasi: ·
Paragraf 1: Pernyataan
umum dari topik masalah yang akan disajikan. ·
Paragraf 2: Deret
penjelas, berisi fakta, pembuktian, proses dari masalah yang disajikan secara
berurutan dan sistematis. ·
Pargraf 3 : simpulan
dan pesan/kesan penulis tentang topik tersebut. ·
Siswa dapat
menggunakan informasi dari teks eksplanasi pada pembelajaran 1 sebagai sumber
informasi. ·
Siswa diingatkan untuk
memperhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif pada tulisan
mereka. Ayo Berkreasi ·
Siswa melakukan
project percobaan membuat kompor/oven tenaga surya. (Creativity and
Innovation) ·
Siswa kemudian menguji
model kompor mereka, dan menuliskan laporan hasil percobaan. |
140 menit |
|
|
|||
Kegiatan Penutup |
A. Kerja Sama dengan
Orang Tua Siswa bersama kedua
orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan
tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15 menit |
|
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru
untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian
digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
1. Bahasa Indonesia
Tulisan siswa berisi informasi dari paragraf 2 (deret
penjelas) diperiksa
menggunakan rubrik:
Baik Sekali (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
||
Isi teks ekspla- nasi |
Deret Penje- las |
Menuliskan fakta yang mendukung topik bacaan dengan lengkap dan berurutan. |
Menuliskan fakta yang mendukung topik bacaan dengan cukup lengkap dan cukup berurutan. |
Menuliskan fakta yang mendukung topik bacaan dengan kurang lengkap dan kurang berurutan. |
Belum mampu menuliskan fakta yang mendukung topik bacaan dengan lengkap dan berurutan. |
Kalimat efektif dan kosakata baku |
Menuliskan semua kalimat menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan benar. |
Menuliskan sebagian besar kalimat menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan benar. |
Menuliskan sebagian kecil kalimat menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan benar. |
Belum mampu menuliskan kalimat menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan benar. |
|
2.
IPA
Tulisan laporan siswa berdasarkan hasil percobaan membuat
kompor energi surya diperiksa menggunakan rubrik:
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
|
Cara menghemat energi listrik (KD 3.6) |
Mampu menuliskan proses percobaan hemat listrik dengan lengkap |
Mampu menuliskan proses percobaan hemat listrik dengan cukup lengkap |
Mampu menuliskan proses percobaan hemat listrik dengan kurang lengkap. |
Belum mampu menuliskan proses percobaan hemat listrik dengan jelas dan sistematis. |
Penyajian karya tentang cara hemat energi listrik |
Mampu menuliskan laporan proses percobaan hemat listrik dengan jelas dan sistematis. |
Mampu menuliskan laporan proses percobaan hemat listrik dengan cukup jelas dan sistematis. |
Mampu menuliskan laporan proses percobaan hemat listrik dengan kurang jelas dan kurang sistematis. |
Belum mampu menuliskan laporan proses percobaan hemat listrik dengan jelas dan sistematis. |
Sikap : Kemandirian |
Tulisan dan gambar diselesaikan dengan mandiri. |
Tulisan dan gambar diselesaikan dengan cukup mandiri. |
Tulisan dan gambar diselesaikan dengan bimbingan. |
Belum mampu membuat tulisan dan gambar meski dengan bimbingan. |
C. Remedial dan Pengayaan
Siswa yang belum dapat melanjutkan tulisan teks
eksplanasi ilmiah akan mendapatkan tugas rumah.
2. Pengayaan
Siswa dapat melanjutkan/menyelesaikan tugas membuat
kompor energi surya.
D. SUMBER DAN MEDIA
1. Buku
Pedoman Guru Tema 4
Kelas 6
dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013,
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
2. Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3. kertas
HVS dan
alat tulis
4. 2 kotak kayu/tripleks, berbeda ukuran.
5. Koran/sobekan kertas, kertas konstruksi warna hitam
6. 4 lembar kardus
7. Aluminium/pelat logam/aluminium foil
E. MATERI
- Teks eksplanasi
ilmiah tentang teknologi hijau/tenaga sel surya.
2. Manfaat sumber alternatif energi listrik.
3. Ciri- ciri kosakata baku.
4. Langkah- langkah membuat kompor tenaga surya.
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
Comments