RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Globalisasi (Tema 4) Sub Tema : Globalisasi dan Cinta Tanah Air (Sub Tema 3) Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA Pembelajaran ke : 3 Alokasi waktu : 1 hari

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020



Satuan Pendidikan       : SDN SUKAHURIP 02

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Globalisasi (Tema 4)

Sub Tema                   :  Globalisasi dan Cinta Tanah Air (Sub Tema 3)

Muatan Terpadu            :  Bahasa Indonesia,  IPA

Pembelajaran ke        :  3

Alokasi waktu             :  1 hari

 

A.    TUJUAN

1.     Dengan membaca, siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri kosakata baku pada teks yang dibaca dengan tepat.

2.     Dengan membaca, siswa mampu menulis informasi penting dari teks ekplanasi yang dibaca dalam bentuk tulisan dan visual dengan kalimat efektif dan kosakata baku dengan sistematis.

3.     Dengan percobaan membuat kompor tenaga surya, siswa mampu menjelaskan manfaat sumber alternatif energi listrik dengan tepat.

4.     Dengan percobaan membuat kompor tenaga surya, siswa mampu menyajikan karya tentang cara melakukan penghematan energi dan usulan sumber alternatif energi listrik dengan mandiri.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Ayo Membaca

·         Siswa melengkapi teks eksplanasi ilmiah tentang teknologi hijau/tenaga sel surya, sehingga menjadi satu teks yang utuh. (Mandiri, Creativity and Innovation)

·         Siswa mengingat kembali ciri-ciri dari teks eksplanasi:

·         Paragraf 1: Pernyataan umum dari topik masalah yang akan disajikan.

·         Paragraf 2: Deret penjelas, berisi fakta, pembuktian, proses dari masalah yang disajikan secara berurutan dan sistematis.

·         Pargraf 3 : simpulan dan pesan/kesan penulis tentang topik tersebut.

 

·         Siswa dapat menggunakan informasi dari teks eksplanasi pada pembelajaran 1 sebagai sumber informasi.

 

·         Siswa diingatkan untuk memperhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif pada tulisan mereka.

 

 

Ayo Berkreasi

·         Siswa melakukan project percobaan membuat kompor/oven tenaga surya.

(Creativity and Innovation)

 

·         Siswa kemudian menguji model kompor mereka, dan menuliskan laporan hasil percobaan.

 

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

1.     Bahasa Indonesia

Tulisan siswa berisi informasi dari paragraf 2 (deret penjelas) diperiksa

menggunakan rubrik:

Kriteria

Baik Sekali

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Isi teks

ekspla-

nasi

Deret

Penje-

las

Menuliskan

fakta yang

mendukung

topik bacaan

dengan

lengkap dan

berurutan.

Menuliskan

fakta yang

mendukung

topik bacaan

dengan cukup

lengkap

dan cukup

berurutan.

Menuliskan

fakta yang

mendukung

topik bacaan

dengan kurang

lengkap

dan kurang

berurutan.

Belum mampu

menuliskan

fakta yang

mendukung

topik bacaan

dengan lengkap

dan berurutan.

Kalimat efektif

dan kosakata

baku

Menuliskan

semua

kalimat

menggunakan

kosakata baku

dan kalimat

efektif dengan

benar.

Menuliskan

sebagian

besar kalimat

menggunakan

kosakata baku

dan kalimat

efektif dengan

benar.

Menuliskan

sebagian

kecil kalimat

menggunakan

kosakata baku

dan kalimat

efektif dengan

benar.

Belum mampu

menuliskan

kalimat

menggunakan

kosakata baku

dan kalimat

efektif dengan

benar.

 

2.     IPA

Tulisan laporan siswa berdasarkan hasil percobaan membuat kompor energi surya diperiksa menggunakan rubrik:

Aspek

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Cara

menghemat

energi listrik

 (KD 3.6)

Mampu

menuliskan

proses

percobaan

hemat listrik

dengan lengkap

Mampu

menuliskan

proses

percobaan

hemat listrik

dengan cukup

lengkap

Mampu

menuliskan

proses

percobaan

hemat listrik

dengan kurang

lengkap.

Belum mampu

menuliskan

proses

percobaan

hemat listrik

dengan jelas

dan sistematis.

Penyajian karya

tentang cara

hemat energi

listrik

 

Mampu

menuliskan

laporan proses

percobaan

hemat listrik

dengan jelas

dan sistematis.

Mampu

menuliskan

laporan proses

percobaan

hemat listrik

dengan cukup

jelas dan

sistematis.

Mampu

menuliskan

laporan proses

percobaan

hemat listrik

dengan

kurang jelas

dan kurang

sistematis.

Belum mampu

menuliskan

laporan proses

percobaan

hemat listrik

dengan jelas

dan sistematis.

Sikap :

Kemandirian

Tulisan dan

gambar

diselesaikan

dengan

mandiri.

Tulisan dan

gambar

diselesaikan

dengan cukup

mandiri.

Tulisan dan

gambar

diselesaikan

dengan

bimbingan.

Belum mampu

membuat

tulisan dan

gambar

meski dengan

bimbingan.

 

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

Siswa yang belum dapat melanjutkan tulisan teks eksplanasi ilmiah akan mendapatkan tugas rumah.

2.     Pengayaan

Siswa dapat melanjutkan/menyelesaikan tugas membuat kompor energi surya.

 

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.     kertas HVS dan alat tulis

4.     2 kotak kayu/tripleks, berbeda ukuran.

5.     Koran/sobekan kertas, kertas konstruksi warna hitam

6.      4 lembar kardus

7.     Aluminium/pelat logam/aluminium foil

 

E.    MATERI

  1. Teks eksplanasi ilmiah tentang teknologi hijau/tenaga sel surya.

2.     Manfaat sumber alternatif energi listrik.

3.     Ciri- ciri kosakata baku.

4.     Langkah- langkah membuat kompor tenaga surya.

 

 

 

F.    PENDEKATAN & METODE

       Pendekatan            : Scientific

Strategi                  : Cooperative Learning

Teknik                    : Example Non Example

Metode                  : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

 

 

 

 

 

 

Comments