RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Globalisasi (Tema 4) Sub Tema : Globalisasi di Sekitarku (Sub Tema 1) Muatan Terpadu : IPS, SBdP Pembelajaran ke : 5
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SDN SUKAHURIP 02
Kelas / Semester : 6 /1
Tema : Globalisasi (Tema 4)
Sub Tema
: Globalisasi di Sekitarku (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : IPS, SBdP
Pembelajaran ke
: 5
Alokasi waktu
: 1 hari
A.
TUJUAN
- Setelah mencari informasi, siswa mampu
menjelaskan berbagai bentuk kerja sama di bidang sosial budaya dalam
lingkup ASEAN dengan benar
- Setelah mencari informasi, siswa mampu
menyajikan informasi tentang berbagai bentuk kerja sama di bidang sosial
budaya dalam lingkup ASEAN dengan terperinci.
- Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan
ciri-ciri reklame yang baik dengan benar
- Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat poster
berdasarkan masalah yang diberikan dan menarik
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
|
Kegiatan Inti |
Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran Ayo
Membaca ·
Guru menyampaikan bahwa di era
globalisasi, Indonesia memegang peran penting. Budaya Indonesia semakin
dikenal. Apa dampak dari hal tersebut bagi masyarakat Indonesia? Siswa
menjawab secara bergantian. (Critical Thinking and Problem Solving) ·
Secara individu, siswa mambaca tentang
“Batik, Seni Tradisional Indonesia yang Mendunia” pada teks yang ada di buku
siswa. (Mandiri) ·
Secara berpasangan
siswa menuliskan 3 pertanyaan berdasarkan teks yang dibacanya. Siswa
pasangannya akan menjawab pertanyaan yang diberikan.(Collaburatuion) ·
Siswa mendiskusikan
pertanyaan-pertanyaan yang ada di buku siswa. Siswa bisa menemukan informasi
pada teks atau menemukan informasi dari sumber lainnya. (Creativity and Innovation) ·
Siswa mempresentasikan
hasil pekerjaannya di depan kelas. ·
Guru memberikan
penguatan bahwa sebagai warga Indonesia tentunyakita sangat bangga dengan
pengakuan dunia terhadap batik. Indonesiaterus mengembangkan kerja samanya di
bidang kebudayan dengan negara lain. Hal ini tentunya akan membuat kebudayaan
Indonesia semakin berkembang. ·
Siswa mencari
informasi mengenai satu kerja sama Indonesia yang dilakukan dengan
negara-negara ASEAN dalam bidang kebudayaan. Siswa bisa menemukan informasi
dari berbagai sumber. (HOST) ·
Siswa mempresentasikan
kepada teman pasangannya. Ayo Berkreasi ·
Siswa mendiskusikan
langkah-langkahmembuat poster. ·
Siswa membuat poster
berdasarkan kasus tentang kebudayaan tempat tinggal masing-masing. ·
Guru memotivasi siswa
untuk membuat postersesuai dengan kriteria poster yang baik. Guru memberikan
semangat kepada siswa supaya kebudayaan daerah mereka terkenal. ·
Siswa meminta pendapat
dari temannya tentang poster yang dibuatnya(Creativity and Innovation) |
140 menit |
|
|
|||
Kegiatan Penutup |
A. Kerja Sama dengan
Orang Tua Siswa bersama kedua
orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di
lingkungan tempat tinggal. Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15 menit |
|
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, ………………………. NIP. ……………………. |
…………………. Guru Kelas 6 ……………………………… NIP. …………………….. |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru
untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian
digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari
pengamatan sikap, tes pengetahuan dan
presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai
berikut.
1.
Diskusi tentang batik
sebagai kebudayaan Indonesia yang mendunia menggunkan rubrik halaman 17.
2.
IPS: Kerja sama Indonesia
dengan ASEAN dalam kebudayaanPenilaian menggunakan instrumen pada halaman 9.
3.
SBdP: Poster tentang
Kebudayaan setempat
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Bahasa |
Bahasa yang digunakan baik, menarik dan mudah diingat |
Memenuhi 2 dari 3 kriteria yang diharapkan |
Memenuhi 1 dari 3 kriteria yang diharapkan |
Belum memenuhi kriteria yang diharapkan |
Penyajian |
Susunan gambar dan huruf menarik dan proporsional |
Memenuhi 2 dari 3 kriteria yang diharapkan |
Memenuhi 1 dari 3 kriteria yang diharapkan |
Belum memenuhi kriteria yang diharapkan |
Ilustrasi |
Ilustrasi menarik, mudah di ingat dan sesuai tema |
Memenuhi 2 dari 3 kriteria yang diharapkan |
Memenuhi 1 dari 3 kriteria yang diharapkan |
Belum memenuhi kriteria yang diharapkan |
4.
Catatan Anekdot untuk mencatat
sikap (tanggung jawab dan santun)
(Contoh terlampir di bagian lampiran Buku Guru).
C. Remedial dan Pengayaan
1. Remedial
Siswa yang belum bisa
mengidentifikasi ciri- ciri reklame dapat mengulang kegiatan bersama guru.
Kegiatan bisa dilakukan seusai jam belajar. Kegiatan dilakukan sekitar 30
menit–60 menit. Kegiatan dapat dilakukan untuk beberapa siswa sekaligus.
2. Pengayaan
Siswa bisa mencari informasi
lain tentang kerja sama Indonesia dengan ASEAN dalam bidang kebudayaan.Siswa
membuat poster sesuai tema yang mereka minati.
D. SUMBER DAN MEDIA
1. Buku
Pedoman Guru Tema 4
Kelas 6 dan
Buku Siswa Tema 4
Kelas 6
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2018).
2. Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6
3. Lingkungan sekitar
4. kertas
HVS dan
alat tulis
5. Lidi, kertas bekas, dan benang kasur
E. MATERI
- Teks bacaan yang berjudul
” “Batik, Seni Tradisional Indonesia yang Mendunia” .
- Berbagai
bentuk kerja sama di bidang sosial budaya dalam lingkup ASEAN.
- Ciri- ciri
reklame.
- Langkah- langkah pembuatan poster.
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
Comments