RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020 Kelas / Semester : 6 /1 Tema : Globalisasi (Tema 4) Sub Tema : Globalisasi di Sekitarku (Sub Tema 1) Muatan Terpadu : IPS, SBdP Pembelajaran ke : 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020



Satuan Pendidikan       : SDN SUKAHURIP 02

Kelas / Semester           :  6 /1

Tema                            :  Globalisasi (Tema 4)

Sub Tema                   :  Globalisasi di Sekitarku (Sub Tema 1)

Muatan Terpadu            :  IPS, SBdP

Pembelajaran ke        :  5

Alokasi waktu             :  1 hari

 

 

A.    TUJUAN

  1. Setelah mencari informasi, siswa mampu menjelaskan berbagai bentuk kerja sama di bidang sosial budaya dalam lingkup ASEAN dengan benar
  2. Setelah mencari informasi, siswa mampu menyajikan informasi tentang berbagai bentuk kerja sama di bidang sosial budaya dalam lingkup ASEAN dengan terperinci.
  3. Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan ciri-ciri reklame yang baik dengan benar
  4. Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat poster berdasarkan masalah yang diberikan dan menarik

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Ayo Membaca

·         Guru menyampaikan bahwa di era globalisasi, Indonesia memegang peran penting. Budaya Indonesia semakin dikenal. Apa dampak dari hal tersebut bagi masyarakat Indonesia? Siswa menjawab secara bergantian. (Critical Thinking and Problem Solving)

·         Secara individu, siswa mambaca tentang “Batik, Seni Tradisional Indonesia yang Mendunia” pada teks yang ada di buku siswa. (Mandiri)

 

·         Secara berpasangan siswa menuliskan 3 pertanyaan berdasarkan teks yang dibacanya. Siswa pasangannya akan menjawab pertanyaan yang diberikan.(Collaburatuion)

·         Siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan yang ada di buku siswa. Siswa bisa menemukan informasi pada teks atau menemukan informasi dari sumber lainnya. (Creativity and Innovation)

·         Siswa mempresentasikan hasil pekerjaannya di depan kelas.

·         Guru memberikan penguatan bahwa sebagai warga Indonesia tentunyakita sangat bangga dengan pengakuan dunia terhadap batik. Indonesiaterus mengembangkan kerja samanya di bidang kebudayan dengan negara lain. Hal ini tentunya akan membuat kebudayaan Indonesia semakin berkembang.

·         Siswa mencari informasi mengenai satu kerja sama Indonesia yang dilakukan dengan negara-negara ASEAN dalam bidang kebudayaan. Siswa bisa menemukan informasi dari berbagai sumber. (HOST)

·         Siswa mempresentasikan kepada teman pasangannya.

 

Ayo Berkreasi

·         Siswa mendiskusikan langkah-langkahmembuat poster.

·         Siswa membuat poster berdasarkan kasus tentang kebudayaan tempat tinggal masing-masing.

·         Guru memotivasi siswa untuk membuat postersesuai dengan kriteria poster yang baik. Guru memberikan semangat kepada siswa supaya kebudayaan daerah mereka terkenal.

·         Siswa meminta pendapat dari temannya tentang poster yang dibuatnya(Creativity and Innovation)

 

 

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

A.    Kerja Sama dengan Orang Tua

Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :                   

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………….

NIP. …………………….

………………….

Guru Kelas 6

 

 

 

………………………………

NIP. ……………………..

 


LAMPIRAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

1.     Diskusi tentang batik sebagai kebudayaan Indonesia yang mendunia menggunkan rubrik halaman 17.

2.     IPS: Kerja sama Indonesia dengan ASEAN dalam kebudayaanPenilaian menggunakan instrumen pada halaman 9.

3.     SBdP: Poster tentang Kebudayaan setempat

Kriteria

Sangat Baik

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu

Pendampingan

(1)

Bahasa

Bahasa yang

digunakan baik,

menarik dan

mudah diingat

 

Memenuhi

2 dari 3

kriteria yang

diharapkan

Memenuhi

1 dari 3

kriteria yang

diharapkan

Belum

memenuhi

kriteria yang

diharapkan

Penyajian

Susunan

gambar

dan huruf

menarik dan

proporsional

Memenuhi

2 dari 3

kriteria yang

diharapkan

Memenuhi

1 dari 3

kriteria yang

diharapkan

Belum

memenuhi

kriteria yang

diharapkan

Ilustrasi

Ilustrasi

menarik, mudah

di ingat dan

sesuai tema

Memenuhi

2 dari 3

kriteria yang

diharapkan

Memenuhi

1 dari 3

kriteria yang

diharapkan

Belum

memenuhi

kriteria yang

diharapkan

 

4.     Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (tanggung jawab dan santun)

(Contoh terlampir di bagian lampiran Buku Guru).

C.    Remedial dan Pengayaan

1.     Remedial

Siswa yang belum bisa mengidentifikasi ciri- ciri reklame dapat mengulang kegiatan bersama guru. Kegiatan bisa dilakukan seusai jam belajar. Kegiatan dilakukan sekitar 30 menit–60 menit. Kegiatan dapat dilakukan untuk beberapa siswa sekaligus.

 

2.     Pengayaan

Siswa bisa mencari informasi lain tentang kerja sama Indonesia dengan ASEAN dalam bidang kebudayaan.Siswa membuat poster sesuai tema yang mereka minati.

D.    SUMBER DAN  MEDIA

1.     Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.     Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 6

3.     Lingkungan sekitar

4.     kertas HVS dan alat tulis

5.     Lidi, kertas bekas, dan benang kasur

 

 

E.    MATERI

  1. Teks bacaan  yang berjudul ”  “Batik, Seni Tradisional Indonesia yang Mendunia” .             
  2. Berbagai bentuk kerja sama di bidang sosial budaya dalam lingkup ASEAN.
  3. Ciri- ciri  reklame.
  4. Langkah- langkah pembuatan poster.

                      

F.    PENDEKATAN & METODE

       Pendekatan            : Scientific

Strategi                  : Cooperative Learning

Teknik                    : Example Non Example

Metode                  : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

 

 

 

 

 

Comments